PENULISAN FEATURE

19 September 2017 11:40:25 Dibaca : 67

PENULISAN FEATURE

Oleh : Ratna Abdullah dan Sri Eka Mohammad

Apa kalian pernah mendengar Penulisan Feature ? Atau pernah mencoba menulis sebuah Feature ? Feature merupakan tulisan atau karangan khas . Feature bermanfaat dalam menunjang organisasi beserta layanan produk atau jasanya . Feature mengabaikan pegangan utama 5W+1H dan lebih fokus terhadap beberapa unsure yang dianggap menarik . Suatu tulisan disebut feature apabila isinya terkait dengan berita atau bernilai berita dan disampaikan secara mendalam berdasarkan angle yang dianggap menarik .

Secara definisi , menurut Prof . Atar Semi(1995) ‘ Feature merupakan tulisan yang membahas suatu aspek yang menarik dari suatu berita atau aspek lain dari suatu berita “. Menurut Bland , Theaker dan Wragg(2005) “ Feature memperluas berita dan memperdalam daya tarik “. Menurut Djuroto(2002) “Feature sebagai bagian dari penyajian berita yang cara menulisnya dapat mengabaikan pegangan utama penulisan berita”,dan menurut Nur Zain(2012) “Mendefinisikan Feature sebagai tulisan khas yang sifatnya bisa menghibur, mendidik, memberi informasi, dan sebagai aspek kehidupan dengan gaya bervariasi .

Bright berupa tulisan pendek yang menonjolkan sisi human interst dari suatu kejadian .Feature Berita suatu tulisan yang memperdalam sisi tertentu.Feature Biografi tulisan yang menampilkan profil seseorang.Feature Human Interest merupakan sebuah tulisan yang mampu membangkitkan emosi seseorang.Feature Pengalaman Pribadi tulisan yang hanya berisi tentang pengalaman penulis.Feature Perjalanan berkaitan dengan laporan kunjungan ataupun petualangan.Feature Sejarah tulisan yang mampu memunculkan tafsir baru tentang sejarah sehingga terasa baru.Feature Promosi Sebuah tulisan yang brhubungan dengan suatu Organisasi .Feature Petunjuk Praktis berisi petunjuk tentang sesuatu.

Referensi :
1. (Sopian, 2016). Public Relation Writing. (Jakarta : PT Grasindo),hlm. 60.
2. (Sopian, 2016).Public Relation Writing. (Jakarta : PT Grasindo),hlm. 61
3. (Sopian, 2016).Public Relation Writing. (Jakarta : PT Grasindo),hlm. 62