LATAR BELAKANG DAN PENGERTIAN PUBLIC SPEAKING

01 April 2017 02:42:32 Dibaca : 435


Pernahkah saat kamu melakukan public speaking tiba-tiba ada orang yang bertanya dari mana asal public speaking, siapa pencetus public speaking, nama para ahli public speaking dan apa pengetian public speaking itu sendiri?, nah jika hal itu benar-benar terjadi dan kamu tidak tau harus menjawab apa, maka otomatis forum kamu akan sunyi dan nama kamu akan diingat sebgai seorang public speaker yang gagal, ya masa iya seorang public speaker tidak tau asal usul dari public speaking itu sendiri. Nah, untuk menghindri situasi itu maka lewat artikel ini saya akan membantu kamu dengan membahas soal latar belakang public speaking dan pengertian public speaking.
Dale Carnegie adalah salah satu salah satu pioneer dalam bidang public speaking dan self development di dunia. “How To Win Friends and Influence People” adalah buku karyanya di tahun 1936 hingga sampai saat ini masih memegang gelar best seller. Ketertarikan Amerika untuk belajar public speaking dan meningkatkan kepercayaan diri membuat nama Dale Carnegie melambung sangat cepat. Hingga saat ini metode pembelajaran Carnegie masih ditetapkan di 80 negara lewat sebuah organisasi yang bernama Dale Carniege Training.
Ternyata sekitar 2.500 tahun yang lalu di Athena kuno, para pemuda diminta untuk memberikan pidato yang efektif sebagai bagian dari tugas mereka sebagai warga negara agar dapat mengapresiasikan pendapat-pendapat mereka sehingga pada saat itu membuat Socrates (469-3998 SM), Plato (427-347 SM), dan Aristoteles (384-322 SM) mengajarkan murid mereka tentang public speaking.
Secara umum kita telah mengetahui bahwa public speaking adalah berbicara di depan umum, namun seorang pelamar kerja yang sedang melakukan interviewpun dapat dikataka sebagai public speaking, karna untuk mempromosikan dirinya tentu saja ia harus membutuhkan trik-trik public speaking. Adapun public speaking menurut Webster’s Third New International Dictionary, bahwa public speaking adalah seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif bersama para pendengarnya.
Dalam pengertian public speaking inipun juga menimbulkan fikiran-fikiran dari para ahli yang tak lain David Zarefsky, Ys. Gunadi. David Zarefsky mengatakan public speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan, simbol (komunikasi dan makna) terus berinteraksi, antara pembicara dan para pendengarnya . Ys. Gunadi mengatakan public speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang .
Nah, mungkin itu adalah sebagian dari lattar belakang dan pengertian dari public speaking yang dapat membantu kamu saat situasi seperti yang sudah saya utarakan di atas tadi terjadi. Semoga kondisi yang seperti itu tidak akan membuat kamu malu sebagai public speaker.
Oleh
siskawai karim

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong