strategi media public relations

04 February 2020 13:08:19 Dibaca : 1933

STRATEGI MEDIA

TUGAS INDIVIDU

Oleh

Sasya Suryani Yusuf

(291418041)

Kelas : C (Ilmu Komunikasi)

Judul Jurnal     : Jurnal Makna

Judul               : STRATEGI MEDIA RELATIONS PUBLIC RELATIONS  PT.  LIPPO CIKARANG, TBK

Volume           : Volume 4, Nomor 1, Maret 2013

Tahun              : 2013

Penulis             : Tatik Yuniarti

Reviewer         : Sasya Suryani Yusuf

Tanggal Terbit Jurnal  : -

 

RESUME

PENDAHULUAN

Secara   eksternal,   salah   satu komunikasi   yang   dilakukan Public Relations adalah  dengan  media  massa.  Hal  itu  dilakukan  karena  melalui media massa semua kegiatan ataupun informasi  yang  berkaitan  dengan  perusahaan   dapat   disebarkan   secara massal kepada masyarakat. Informasi yang  positif  akan  mengakibatkan  citra  perusahaan  baik  di  mata  publik, sebaliknya  apabila  informasi  negatif

yang disampaikan, maka publik akan beranggapan  buruk  terhadap  perusahaan.

Salah satu cara yang bisa dignakan  oleh Public  Relations dalam memperoleh  citra  positif  dalam  pemberitaan  adalah  dengan  cara menjaga hubungan baik dengan wartawan. Hal itu  dilakukan  karena wartawan  yang bertugas  melakukan  peliputan  langsung dari kegiatan yang dilaksanakan oleh  perusahaan.  Apabila  sebuah  kegiatan  tidak  diliput oleh  wartawan, maka  sudah  bisa  dipastikan  kegiatan yang dilakukan  tidak  dimuat  dalam media  massa.  Untuk  itulah  menjaga hubungan  baik  dengan  wartawan  itu sangat  diperlukan  agar  terjadi timbal balik hubungan  yang   saling membutuhkan. Public  Relations membutuhkan  publikasi  di  media  massa,  sedangkan    wartawan    membutuhkan berita untuk dimuat di medianya. Hubungan  antara Public  Relations dengan  media  massa  lebih  dikenal  dengan media relations.

Definisi  dari media  relations adalah berhubungan    dengan  para wartawan dalam  upaya  untuk  membina hubungan yang baik dengan media siaran, cetak dan online yang merupakan  bagian  dari Public  Relations eksternal  yang  membina  dan  mengembangkan  hubungan baik  dengan media  massa  sebagai  sarana  komunikasi   antara  organisasi   dan   publik-publiknya  untuk  mencapai  tujuan  organisasi. Media  relations berkenaan dengan  media  komunikasi  yang  diperlukan  sebagai  sarana  yang  sangat penting  dan  efisien  dalam berkomunikasi dengan publik.

Media relations dilakukan  untuk  mempromosikan  organisasi melalui media  massa. Media relations pada   dasarnya   berkenaan dengan   pemberian   informasi   atau memberi tanggapan pada media pemberitaan   atas   nama   organisasi   atau klien.  (Iriantara,  Yosal, 2005;29-30). Pemberian  informasi  dan  tanggapan kepada media tersebut bukan menjadi tujuan  utama  dari  aktivitas  media  relations.

Dalam penelitian ini unit analisis  yang  dipilih  adalah Public  Relations. PT  Lippo  Cikarang,  Tbk.  Perusahaan   ini   merupakan  bagian   dari Lippo Group dan anak perusahaan PT. Lippo  Karawaci,  Tbk  yang  berada  di Tangerang.  PT  Lippo  Land  Development,  Tbk yang  berada  di  Tangerang beroperasional di Indonesia mulai  tahun  1987  sampai  dengan  2001. Mulai  tahun  2002  PT  Lippo   Land Development    Tbk    berubah    nama menjadi PT Lippo Karawaci Tbk. Perusahaan  ini  berada  di  bawah  naungan  Lippo  Group  Asia  International dengan  nama  PT  Lippo  Land  Development,   Tbk.  Selain   di   Indonesia, proyek  Lippo  Land  berada  di  Malaysia,  Singapura,  Hongkong,  Korea  Selatan dan negara asia lainnya. Proyek Lippo  Land  juga  mencakup  beberapa negara  di  Amerika,  Eropa  dan  Australia. 

METODE PENELITIAN

Jenis  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian  ini  bertujuan  membuat  deskripsi secara  sistematis,  faktual,  dan  akurat tentang  fakta-fakta  dan  sifat-sifat  populasi  atau  objek  tertentu  (Kriyantono, 2007:69).    Data  yang  dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan  bukan  angka-angka,  dengan  demikian  laporan  penelitian  akan  berisi kutian-kutipan  data  untuk memberi gambaran  penyajian  laporan  tersebut (Moleong, 2010:11).

Berkaitan  dengan  jenis  metode yang digunakan tersebut, dalam penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguraikan strategi  yang  dilakukan  oleh  PT. Lippo  Cikarang  dalam  berhubungan dengan  wartawan. Gambaran  mengenai apa saja yang dilakukan PT Lippo Cikarang  dalam  menjalin  hubungan baik  dengan  wartawan  diuraikan  secara jelas dalam penelitian ini. Uraian berasal  dari  kutipan  wawancara  PT. Lippo  Cikarang  dipadu  dengan  kutipan   wawancara   dengan   wartawan, kemudian  dianalis  dengan  teori  yang digunakan.

Teknik  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini  dilakukan  dengan beberapa cara, antara lain : wawancara mendalam (depth interiew), observasi,    dokumentasi. Pada  penelitian  ini, depth  interview dilakukan  peneliti  dengan  informan yakni Public  Relations PT.  Lippo  Cikarang,  Tbk  dan  4  wartawan.  Wawancara   dilakukan   dengan Public Relations PT  Lippo  Cikarang,  Tbk ditujukan   untuk   mengetahui   bagaimana   strategi Public   Relations PT Lippo Cikarang, Tbk dalam membina hubungan  dengan  wartawan.

PEMBAHASAN

Dalam  analisis  strategi  yang telah  dilakukan Public  Relations PT Lippo  Cikarang,  Tbk,  peneliti  menggunakan  teori  tentang the  Nine  Steps of  Strategic  Public  Relations. Teori tersebut  digunakan  untuk  menganalisis  bagaimana  strategi  yang  digunakan  oleh Public RelationsPT  Lippo Cikarang  dalam  berhubungan  dengan wartawan.  Dalam Strategic  Planning for  Public  Relations terdapat  9  lang-kah   untuk   melakukan   perencanaan dan   manajemen  komunikasi  oleh Public  Relations.  Sembilan  langkah tersebut  dikenal  dengan “The  Nine Steps of Strategic Public Relations”  adalah sebagai berikut:

”Phase One“ : Formative Research

Step 1 : Analyzing the Situation

Step 2 : Analyzing the Organization

Step 3 : Analyzing the Publics

“Phase Two” : Strategy

Step 4 : Establishing Goals and Objectives

Step 5 : Formulating Action and Response Strategies

Step 6 : Using Effective Communia-tion

 

“Phase Three” : Tactics

Step 7 : Choosing Communication Tactics

Step 8 : Implementing the Strategic Plan

“Phase Four” : Evaluative Research

Step 9 : Evaluating the

Strategic Plan

( Smith , 2005 :10 )

SIMPULAN

Berdasarkan    hasil    penelitian, membina  hubungan  baik  antara  wartawan lokal dan nasional ternyata ada perbedaan  pelayanan.  Hal  itu  dikarenakan kebijakan redaksi antara media lokal  dan  nasional  cenderung  berbeda.  Kebijakan  media  lokal  memberikan  peluang  kepada  wartawan  untuk melakukan   negosiasi   iklan   dengan Public  Relations.  Sedangkan  kebijakan  di  media  nasional,  peran  wartawan  untuk  mendapatkan  berita  dan urusan  pemasangan  iklan  di  media terpisah.  Artinya,  wartawan  dilarang untuk menawarkan  iklan  kepada  PR, karena  akan  mengganggu  obyektiitas berita. Perbedaan kebijakan media lokal  dan  nasional  tersebut  seharusnya  menjadi  tolak  ukur  bagi Public Relations Lippo Cikarang dalam berhubungan  dengan  wartawannya.  Namun dalam implementasinya, hal tersebut  tidak  dilakukan  oleh  PR  Lippo Cikarang,   sehingga hubungan   baik yang  tercipta  lebih  banyak  kepada wartawan  dari  media  nasional  dibandingkan dengan wartawan dari media lokal. Dalam  kaitannya  dengan  implementasi  dari  strategi  yang  dilakukan PR  Lippo  Cikarang,  dapat  disimplkan bahwa Public Relations Lippo Cikarang  telah  memberikan  pelayanan  yang  baik  kepada  wartawan  dalam   hal   pemberian   fasilitas   yang mempermudah  wartawan  melakukan  peliputan  dan  mendapatkan  informasi.

 

sumber: http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/1122/992

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong