PENDIDIKAN MASA KINI, LEBIH EFEKTIF ATAU TIDAK?

18 November 2020 19:56:57 Dibaca : 39

Era digital adalah era dimana manusia mulai memiliki keretagantungan  dengan semua hal yang berhubungan dengan teknologi dan internet, kini segala sesuatu dimulai dengan internet dan tidak ada yang tahu bagaimana untung rugi saat kita menggunakan internet. Hal ini membuat sebagian orang cenderung tidak memperoleh manfaat dari penggunaan internet.

Masa kini orang-orang mulai menjadikan internet dan tegnologi menjadi kebutuhan yang wajib dimanapun berada tak terkecuali di llingkungan pendidikan, internet memiliki peran penting bagi dunia pendidikan masa kini, sejak terbukanya jalan masuk internet ke dunia pendidikan secara perlahan internet merubah system pendidikan yang ada, mulai dari proses belajar,mengajar bahkan ekstrakulikuler dan keterampilan peserta didik.

Ada keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh melalui penggunaan internet, salah satunya dari sisi kecepatan perkembangan memahami materi. Masa kini internet mempermudah pelajar dalam memahami informasi yang ada, karena adanya teknologi yang memudahkan pelajar membaca materi dimanapun berada dengan menggunakan Smartphone.

Namun disisi lain, proses belajar mengajar menggunakan internet tidaklah merata, maka dari itu hal inilah yang menjadi kekurangan yang ada dalam proses pendidikan masa kini, banyak masyarakat dipelosok negeri yang tidak memperoleh kebutuhan internet yang tentunya dapat mempercepat kinerja belajar mengajar.

Dikutip dari detik.com, Kurie Suditomo selaku pendiri codingcamp.id berharap dapat memberikan pelayanan pendidikan bagi mereka yang masih tertinggal, menurutnya”anak-anak yang berada dikampung yang pakai smartphone sekali-sekali itu juga Cuma bisa main, terus lihat laptop keyboard bahkan tidak pernah, terus tiba-tiba pada saat mereka sudah bekerja mereka diharapkan sudah mampu mengetik kan mustahil”.

Hal ini merupakan hal yang perlu diperhatikan bersama dalam memperoleh keunggulan pendidikan dimasa kini yang merata dan semua unsur masyarakat dapat merasakan dampak akan adanya perkembangan teknologi yang ada dimasa sekarang. Melihat hal ini pada tahun 2019 kemarin  pemerintah telah berupaya mengefektifkan perkembangan yang ada dengan mengalirkan anggaran pendidikan sebesar 492,5 Triliun Rupiah, dengan rincian 163,1 T untuk pusat, 308,4 T untuk daerah, dan 21 T untuk pembiayaan. Angka ini bertembah 11,4 persen disbanding tahun sebelumnya.(detik.com)

 Semoga dengan adanya anggaran ini dapat menjawab permesalahan pendidikan dimasa kini khususnya bagi Indonesia, agar tujuan negeri ini dapat terlaksana sesuai yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll