PENTINGNYA PENDIDIKAN BERKOMUNIKASI BAGI KEMAJUAN DESA

18 November 2020 19:52:57 Dibaca : 30

 

Desa merupakan dasar dari berdirinya system pemerintahan yang ada dinegara Indonesia, dilansir dari databoks.katadata.co.id (13 Juni 2019) berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 83.931 wilayah administrasi setingkat desa di Indonesia. Hal ini tentu menjadi angka yang tak sedikit dan mestinya menjadi perhatian pemerintah didalam mengakomodasi segala keperluan desa terkhusus demi pengembangan dasar wilayah administrasi ini.

Meningkatkan kapasitas bagi masyarakat desa yang memiliki pendidikan rendah merupakan tujuan yang harus kita penuhi, hal ini tentunya demi terwujudnya Indonesia yang maju melalui dasarnya, artinya kemajuan ternampak bukan hanya diwilayah kota saja melainkan dipelosok-pelosok negeri.

Kami meninjau salah satu desa di Kecamatan Tibawa, Gorontalo. Desa Molowahu, menurut pengakuan salah seorang aparat di desa itu (Pak. H) bahwa, mereka kesulitan mengelola desa yang diakibatkan kurangnya pemahaman dari para aparat desa didalam menyampaikan aspirasi dan ide-ide dari desa kepada masyarakat. Hal ini memicu banyak rencana desa yang tertunda karena umumnya masyarakat tidak peka dengan komunikasi yang disampaikan oleh para petugas didesa, tambahnya.

Sabtu 14 november 2020, para aparat di desa molowahu diberikan sedikit pengetahuan dari tim Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM), UNiversitas Negeri Gorontalo. Mereka dikumpulkan diaula kantor untuk diberikan sosialisasi tentang bagaimana berkomunikasi yang baik, khususnya berkomunikasi dalam ruang lingkup pemerintahan.

Banyak partisipan yang hadir didalam sosialisasi tersebut, dan materi dibawakan langsung oleh seorang lulusan mahasiswa Komunikasi (Farhan) yang juga terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Beliau memberikan pemahaman kepada apparat desa tentang pendidikan berkomunikasi yang baik dan benar, hal ini tentu demi kelancaran pemnyampaian pesan antara masyarakat dan aparat desa didalam mengelola desa. Tak sedikit tanggapan yang muncul dari hadirin yang berpartisipasi dalam sosialisai itu,salah satu tanggapan muncul dari kepala desa molowahu, beliau mengatakan bahwa betapa pentingnya pendidikan berkomunikasi bagi para anggota apparat didesanya, karena banyak rancangan dan rencana desa yang tentunya akan terealisasikan dengan baik apabila terjalin hubungan berbicara yang lancar dan tersampaikan antara masyarakat dan apparat didesanya.

Beliau menambahkan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan himpunan mahasiswa komunikasi ini merupakan langkah yang amat baik dan berterima kasih atas kedatangan didesa mereka, sehingga apparat didesa semakin mempelajari arti penting bagi masyarakat khususnya sang penyampai pesan didesa demi terwujudnya komunikasi yang baik sehingga kemajuan desa dapat terwujud melalui kelancaran pelaksanaan rancangan yang dilakukan desa. (14-11-20)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll