RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS VII SEMESTER I
KD 1.1, 2.1, 3.2, 4.2
DISUSUN OLEH:
1. DWI NOVITASSARI BARUWADI - 321 413 029
2. FAISAL SALEH - 321 413 115
3. MUHAMMAD REZKO S TONTOIYO - 321 413 075
4. NOVITYA FEBRIYANTY NANI - 321 413 162
5. WIWIN PASISINGI - 321 413 014
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Introducing Myself
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator Pembelajaran
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introduction my self.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introduction my self dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
D. Materi Pembelajaran
• Fungsi sosial :
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
• Struktur teks :
Myname is …, I’m …, I live in … ,What’s your name?, Where do you come from?
• Unsur kebahasaan :
 Kosa kata : name, old, live, favorite, spell
 Tata bahasa : to be (is , am , are)
 kata ganti : I, he, she, they
 kata ganti kepunyaan : my, your,his, their
 ucapan
 tekanan kata
 intonasi.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (5 menit)
1. Salam
2. Doa
3. Mengecek kehadiran
4. Apersepsi
5. Menyampaikan KD dan bentuk-bentuk kegiatan yang akan dilakukan didalam kelas.
2. Kegiatan inti
1. Mengamati :
• Peserta didik memperhatikan pemodelan tentang perkenalan yang dimodelkan langsung oleh guru
2. Menanyakan :
• Guru memberikan pertanyaan kepada siswa menyangkut pemodelan dari perkenalan diri (name, adress, religion, etc)
• Peserta menjawab beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh guru
• Peserta didik saling bertanya yang berkaitan dengan topik dengan bimbingan guru
3. Mengumpulkan informasi :
• Pesera didik mencermati dan mencatat penjelasan guru tentang konsep-konsep (yang berkaitan dengan topik introducing myself)
• Mengidentifikasi kosakata yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
• Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentu bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
4. Mengasosiasi
• Menyusun percakapan tentang perkenalan diri secara benar kemudian mendemonstrasikan.
5. Mengkomunikasikan
• Peserta didik melaksanakan diskusi tentang tugas.
• Melaporkan atau menyapaikan tentang hasil pekerjaannya kepada guru atau teman.
• Sesama teman atau guru memberikan umpan balik hasil pekerjaan.
3. Penutup
1. Melaksanakan refleksi pembelajaran
2. Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran tentang topik introducing myself.
3. Melaksanakan remedial dan pengayaan (tugas rumah).
4. Menutup pembelajaran dengan berdoa
F. Penilaian
1. Penilaian sikap
Indikator pencapaian pembelajaran Bentuk penilaian observasi Teknik penilaian Instrumen/soal
Melakukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
Observasi Lembar observasi Terlampir
2. Penilaian pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
1. Mengidentifikasi kosa kata yang terkait dengan topik pemaparan jati diri secara individual dengan memperhatikan unsur kebahasaan
2. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self. Lisan
Tulisan Short answer, dan performance.
Various Answer • Listen to your teacher and repeat after him/her
• Please practice with your classmates using the expressions below
Let me introduce myself use the clues below
3. Penilaian keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Mempraktekkan cara memeperkenalkan diri secara benar sesuai topic introducing myself dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, danunsur kebahasaan. Lisan Performance Now, please introduce yourself in front of the class.
G. Media/alat, Sumber belajar :
Media : Gambar, lembar kerja siswa, power point, video
Alat : pulpen, spidol, pensil, karton, laptop
Sumber belajar : laboratorium, buku, pemodelan,
MATERI PEMBELAJARAN
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pembelajaran
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introduction myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introduction myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Penyajian Materi
1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri.
Fungsi sosial : memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan dengan guru dan teman.
Struktur teks :
Hello, what is your name? (guru, diikuti siswa)
My name is Eko
Where do you come from?
I come from Swiss
Unsur kebahasaan :
 Kosakata
 Tata bahasa : be (am, is, are)
Kata ganti : I, she, they, you, it, he
Kata ganti kepunyaan : my, her, your, his, their, our
2. Mengidentifikasi kosakata dalam memperkenalkan diri.
Model A
Hello, my name is Edo.
I am twelve years old.
I am a student of SMP Negeri 2 Biak.
I live in Biak, Papua.
I like swimming and reading books.
My favorite collor is green.
My favorite food is fried rice.
Nice to met you.
Model B
Video Introduce Yourself – Easy English Conversation Practice – ESP
https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
Woman A : Hello! My name is Nancy
What’s your name?
Woman B : Hello! I’m a teacher.
What do you do?
Man A : Hello! I like golfing.
What do you like doing?
Woman C : Hello! I enjoy meeting new people.
Do like meeting new people?
Man B : Hello! I like reading books.
What kind of books do you like?
Man C : Hello! I’m a clown in my free-time.
What do you do in your free time?
Model C
Model D
Referensi :
• Buku Siswa Bahasa Inggris, When English Rings a Bell SMP/MTS kelas VII
• https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
• Kreasi sendiri
LEMBAR KERJA SISWA
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pembelajaran
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introducing myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
Penyajian Utama
Activity 1
Activity 2
Activity 3
Activity 4
Listen to your teacher reading the text and fill out the missing words/phrases!
Activity 5
Activity 6
Video Introduce Yourself – Easy English Conversation Practice – ESP
https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
Activity 7
Activity 8
Kunci Jawaban
Activity 1 : listening and speaking form (repeat words)
Activity 2 : various answer
Activity 3 : group performance
Activity 4 : 1. last name
2. nickname
3. play the violin
4. older than
5. monk
6. housewife
7. favorite
8. subject
9. painting
10. best people
Activity 5 : various answer
Activity 6 : various answer based on performance
Activity 7 : pairs performance
Activity 8 : individual performance
Sumber:
Activity 1, 2, 3, 5 7 : When English Rings a Bell VII (Buku Siswa)
Activity 4 : Own creation
Activity 6 : https://www.youtube.com/watch?v=jQyEabEcX9Q
Activity 8 : Own creation
PENILAIAN
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengola dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi dan membuat) dan ranh abstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.4 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulisan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan umsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator Pembelajaran
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2. Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi internasional dengan guru dan teman.
3. Mengidentifikasi kosakata atau ungkapan yang digunakan untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris (Introduction) secara individual dan kelompok sesuai topik introducing myself.
4. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introducing myself.
5. Mempraktekan cara memperkenalkan diri secara benar sesuai topik introducing myself dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
A. PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, didplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Dasar:
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Melakukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
Observasi Lembar pengamatan Terlampir
• Kriteria Penilaian Aspek Sikap
NO Butir Sikap Nilai
1. Jujur 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
2. Berani 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
3. Percaya diri 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
4. Berkomunikasi dengan baik 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
5. Kerja sama 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
6. Peduli sosial 5 = selalu
4 = sering
3 = kadang-kadang
2 = jarang
1 = tidak pernah
• Rubrik penilaian:
No Nama Item Penilaian
Jujur Berani Percaya Diri Berkomunikasi dengan Baik Kerja Sama Peduli Sosial
• Pedoman Penilaian
Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal
2. Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
1. Mengidentifikasi kosa kata yang terkait dengan topik pemaparan jati diri secara individual dengan memperhatikan unsur kebahasaan
2. Melengkapi ungkapan perkenalan diri yang tersedia dalam bentuk bubble dengan memperhatikan kosakata berdasarkan topik introduction my self. Lisan
Tulisan Short answer, dan performance.
Various Answer • Listen to your teacher and repeat after him/her
• Please practice with your classmates using the expressions below
• Let me introduce myself use the clues below
• Kriteria Penilaian Aspek Pengetahuan
NO Butir Sikap Nilai
1. Kosakata (vocabulary) 5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
2. Kelancaran (fluency) 5 = sangat lancar
4 = lancar
3 = cukup lancar
2 = kurang lancar
1 = tidak lancer
3. Pengucapan (pronunciation) 5 = hampir sempurna
4 = ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
4. Intonasi (Intonation) 5 = hampir sempurna
4 = ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
5. Pilihan Kata (diction) 5 = sangat tepat
4 = tepat
3 = cukup tepat
2 = kurang tepat
1 = tidak tepat
6. Pemahaman (understanding) 5 = sangat paham
4 = paham
3 = cukup paham
2 = kurang paham
1 = tidak paham
• Rubrik penilaian:
No Nama Item Penilaian
Kosakata Kelancaran Pengucapan Intonasi Pilihan Kata Pemahaman
• Pedoman Penilaian
Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal
3. Aspek Penilaian Keterampilan
Indikator Pencapaian Kompetensi Bentuk Penilaian Jenis Instrumen Instrumen/Soal
Mempraktekkan cara memeperkenalkan diri secara benar sesuai topic introducing myself dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, danunsur kebahasaan. Lisan Performance Now, please introduce yourself in front of the class.
• Kriteria Penilaian Aspek Pengetahuan
NO Butir Sikap Nilai
1. Tujuan Komunikatif 5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami
2. Pilihan Kosakata 5 = sangat variatif dan tepat
4 = variatif dan tepat
3 = cukup variatif dan tepat
2 = kurang variatif dan tepat
1 = tidak variatif dan tepat
3. Pilihan Tata Bahasa 5 = sangat tepat
4 = tepat
3 = cukup tepat
2 = kurang tepat
1 = tidak tepat
• Rubrik Penilaian
No Nama Item Penilaian
Tujuan Komunikatif Pilihan Kosakata Pilihan Tata Bahasa
• Pedoman Penilaian
Skor perolehan
Nilai siswa = x 100
Skor maksimal
kata mutiara dalam bahasa korea
Kata-Kata Mutiara Dalam Bahasa Korea
회ë§ì€ ê¿ˆì´ ì•„ë‹ˆë¼ ê¿ˆì„ ì‹¤í˜„í•˜ëŠ” 방법ì´ë‹¤ hweimangeun kkumi anira kkumel silhyeonhaneun bangbeobida = Harapan bukanlah impian, tetapi jalan membuat impian menjadi nyata
ì§„ì§œ 위험한 ê²ƒì€ ì•„ë¬´ê²ƒë„ í•˜ì§€ ì•Šì€ ê²ƒì´ë‹¤ jinjja wiheomhan goseun amugeotdo haji aneun geosida = Kesalahan terbesar adalah tidak melakukan suatu tindakan apapun
í° ê¿ˆì„ ê¾¸ì–´ë¼. ì˜¤ì§ í°ê¿ˆë§Œì´ ì‚¬ëžŒë“¤ì˜ ì˜í˜¼ì„ 움ì§ì¼ìˆ˜ 있는 íž˜ì„ ê°–ëŠ”ë‹¤ kheun kummeul kkueora. Ojik kheunkkummani saramdeuleui yeonghoneul umjigilsu itneun himeul gajneunda = impikan impian yang besar. Hanya impian yang besarlah yang dapat memberikan kekuatan untuk bergerak pada hati seseorang
99 번 시ë„í•˜ê³ ì‹¤ê´˜í–ˆìœ¼ë‚˜ 100 번 ì§¸ì— ì„±ê³µì´ ì°¾ì•„ 왔다 gusibgu beon sidohago silgwaehaessena baek beon jaee seonggongi chaja watda = Saya sudah berusaha 99 kali dan selalu gagal, tetapi pada ke 100 kalinya mendapatkan kesuksesan
승ìžëŠ” ê²°ì½” 시ë„하길 멈추지 않는다 seungjaneun gyeolkho sidohagil meomchuji annenda = Seorang pemenang tidak akan pernah berhenti berusaha
출발하게 만드는 íž˜ì´ ‘ë™ê¸°’ ë¼ë©´, ê³„ì† ë‚˜ì´ê°€ê²Œ 만드는 íž˜ì€ ‘습관’ ì´ë‹¤ chulbalhage mandeuneun himi 'donggi' ramyeon, gyesok naigage mandeuneun himeun 'seubgwan' ida = motivasi adalah yang memberikan suatu awalan, kebiasaan adalah yang menjaga dalam melangkah
ë‹¹ì‹ ì˜ ìƒê°ì´ ë‹¹ì‹ ì˜ ë§ì´ ë˜ê³ , ë‹¹ì‹ ì˜ ë§ì´ ë‹¹ì‹ ì˜ í–‰ë™ì´ ë˜ë©°, ë‹¹ì‹ ì˜ í–‰ë™ì´ ë‹¹ì‹ ì˜ ìŠµê´€ì´ ë˜ê³ , ë‹¹ì‹ ì˜ ìŠµê´€ì´ ë‹¹ì‹ ì˜ í’ˆì„±ì´ ë˜ë©°, ë‹¹ì‹ ì˜ í’ˆì„±ì´ ë‹¹ì‹œì˜ ìš´ëª…ì´ ëœë‹¤ dangsineui saenggagi dangsineui mari dweigo, dangsineui mari dangsineui haengdongi dweimyeo, dangsineui haengdongi dangsineui seubgwani dweigo, dangsineui seubgwani dangsineui phumseongi dweimyeo, dangsineui phumseongi dangsineui unmyeongi dweinda = pemikiranmu menjadi katamu, katamu menjadi tindakanmu , tindakanmu menjadi kebiasaanmu, kebiasaanmu menjadi karaktermu, karaktermu menjadi nasibmu
하는 것만으로는 충분하지 않다. ì 용해야만 한다. ìžë°œì ì˜ì§€ë§Œìœ¼ë¡œëŠ” 충분하지 않다. 실행해야만 한다 haneun gotmaneuroneun chungbunhaji anda. jeokyonghaeyaman handa. jabaljeok euijimaneuroneun chungbunhaji anda. silhaenghaeyamanhanda = Mengetahui saja tidaklah cukup , kita harus menerapkanya. akan bertindak tidaklah cukup, kita harus bertindak
무엇ì´ë¼ë„ ê¿ˆì„ ê¿€ 수 있다면 ê·¸ê²ƒì„ ì‹¤í–‰í•˜ëŠ” 것 ì—시 가능하다 mueosirado kkumeul kkul su itdamyeon gegeoseul silhaenghaneun geot yeoksi ganeunghada = Jika kamu bisa memimpikan itu, kamu bisa melakukanya
ë‚´ì¼ì´ ê³§ 지금ì´ë‹¤ naeiri god jigeumida = Besok adalah sekarang
ì‚ºì˜ ìœ„ëŒ€í•œ ëì€ ì§€ì‹ì´ ì•„ë‹ˆë¼ í–‰ë™ì´ë‹¤ salpeui widaehan kketeun jisigi anira haengdongida = Akhiran yang besar dalam hidup bukanlah pengetahuan, tetapi tindakan
세ìƒì„ 움ì§ì´ë ¤ë©´, ë¨¼ì € 나 ìžì‹ ì„ ì›€ì§ì—¬ì•¼ 한다 sesangeul umjigiryeomyeon, meonjeo na jasineul umjigyeoya handa = Untuk menggerakkan dunia, terlebih dahulu kita harus menggerakkan diri kita
ê¿ˆì„ ê¿€ 수 있다면 í–‰ë™í• 수 ìžˆê³ , í–‰ë™í• 수 있다면 ì›í•˜ëŠ” 대로 ë 수 있다 kkumeul kkul su itdamyeon haengdonghal su itgo, haengdonghal su itdamyeon wonhaneun daero dweil su itda = jika bisa memimpikanya, bisa melakukanya, dan jika bisa melakukanya, bisa menjadikanya nyata
ìžì§ˆì€ 행위가 ì•„ë‹ˆë¼ ìŠµì„±ì´ë‹¤ jajireun haengwiga anira seubseongida = Kualitas bukanlah pada tindakan, tetapi pada kebiasaan
기억하ë¼. ë”ê°€ 다른 결과를 ì›í•œë‹¤ë©´ ë”ê°€ 다른 ì¼ì„ 해야 한다는 ê²ƒì„ gieokhara. mweonga dareun gyeolgwareul wonhandamyeon mwonga dareun ireul haeya handaneun goseul = Ingat ! Jika ingin hasil yang berbeda, lakukan sesuatu yang berbeda.
ì‚ºì˜ ì§ˆì€ ë‹¹ì‹ ì˜ ìŠµê´€ì— ì˜í•´ ê²°ì • ëœë‹¤ salpheui jireun dangsineui seubgwane euihae gyeoljeong dweinda = Kebiasaan anda akan menentukan kualitas hidup anda
í–‰ë™ì´ 반드시 í–‰ë³µì„ ì•ˆê²¨ì£¼ì§€ 않ì„지는 몰ë¼ë„ í–‰ë™ ì—†ëŠ” 행복ì´ëž€ 없다 haengdongi bandeusi haengbokgeul angyeojuji aneuljineun mollado haengdong eobneun haengbokiran obda = Tindakan mungkin tidak membawa kebahagiaan, tetapi tanpa tindakan tidaklah bahagia
위대한 ê²ƒì„ ì„±ì·¨í•˜ë ¤ë©´ í–‰ë™í• ë¿ ì•„ë‹ˆë¼ ê¿ˆì„ ë€Œì•¼ 하며 계íší• ë¿ ì•„ë‹ˆë¼ ë¯¿ì–´ì•¼ 한다 widaehan geoseul seongchwiharyeomyeon haengdonghal pun anira kkumeul kwiya hamyeo gyehweikhal pun anira mideoya handa = Untuk menyelesaikan sesuatu yang besar, tidak hanya harus dengan tindakan, tetapi juga impian. Tidak hanya suatu rencana, tetapi harus percaya
최ìƒì˜ ì„±ê³µì€ í–‰ë³µì´ë‹¤ chweisangeui seonggongeun haengbokida = Kebahagiaan adalah level tertinggi pada kesuksesan
ë‹¹ì‹ ìžì‹ ì„ ë¯¿ì–´ë¼, 그러면 ê·¸ ë¬´ì—‡ë„ ë‹¹ì‹ ì„ ë§‰ì§€ ëª»í• ê²ƒì´ë‹¤ dangsin jasineul mideora, geureomyeon geu mueotdo dangsineul makji mothal gosida = Percaya pada dirimu sendiri, dan kamu tidak akan terhentikan
ë” ë¹ ë¥´ê³ ë” ê°•í•œ ìžê°€ ì‚ºì˜ ì „íˆ¬ì—서 늘 ì´ê¸°ëŠ” ê²ƒì€ ì´ë‹ˆë‹¤. ì´ê¸¸ 수 ìžˆë‹¤ê³ ìƒê°í•˜ëŠ” ìžê°€ 승리를 거머ì¥ëŠ” 것ì´ë‹¤ deo pareugo deo ganghan jaga salpheui jeonthueseo neul igineun geoseun inida. igil su itdago saenggakhaneun jaga seungrireul geomeojwineun geosida = Kehidupan tak selalu sebuah peperangan siapa lebih cepat melesat, ialah orang yang kuat. Orang yang menang adalah orang yang berfikir dirinya bisa
í• ìˆ˜ ìžˆë‹¤ê³ ìƒê°í•˜ê¸° ì‹œìž‘í• ë•Œ ì‚¬ëžŒë“¤ì€ ì‹¤ë¡œ 놀랄 만한 면모를 드러낸다. 스스로를 ë¯¿ì„ ë•Œë¼ì•¼ ì„±ê³µì˜ ì²« 번째 비겨를 갖게 ë˜ëŠ” 것ì´ë‹¤ hal su itdago saenggakhagi sijakhal ddae saramdeuleun sillo nollal manhan myeonmoreul deureonaenda. seuseuroreul mideul ddaeraya seonggongeui cheot beonjjae bigyeoreul gatge dweineun geosida = Orang menjadi benar benar sangat luar biasa ketika mereka mulai berfikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Ketika mereka mempercayai diri sendiri, mereka mendapatkan rahasia sukses pertama
ê°€ì§€ê³ ìžˆë‹¤ê³ ë¯¿ì–´ë¼ ê·¸ëŸ¬ë©´ 가지게 ë 것ì´ë‹¤ gajigo itdago mideora geureomyeon gajige dweil geosida = Percayalah kamu mendapatkanya, dan kamu akan mendapatkanya
만약 ë‹¹ì‹ ì˜ ì‚ºì„ ìž¥ë ¤í•œ ì´ì•¼ê¸°ë¡œ ë§Œë“¤ê³ ì‹¶ë‹¤ë©´, ë‹¹ì‹ ìžì‹ ì´ ìž‘ê°€ì´ë©° ë‚ ë§ˆë‹¤ 새로운 페ì´ì§€ë¥¼ 쓸 기회가 있ìŒì„ 깨닫는 것으로 시작하ë¼. manyak dangsineui salpheul jangryeohan iyagiro mandeulgo sipdamyeon, dangsin jasini jaggaimyeo nalmada saeroun pheijireul sseul gihweiga isseumeul ggaedadneun geoseuro sijakhara = Jika kamu ingin hidupmu menjadi kisah agung, maka mulailah dengan merealisasikan bahwa kamu adalah author dan setiap hari kamu mempunyai kesempatan untuk menulis pada lembaran baru
믿어ë¼. 그러면 ë§ˆë²•ì´ ë”°ë¥¼ 것ì´ë‹¤ mideora. gereomyeon mabeobi ddareul geosida = Percayalah ! dan keajaiban akan mengikuti
스스로ì—게 물어보ë¼. ” 난 지금 무언가를 변화사킬 준비가 ë˜ì—ˆëŠ”ê°€? ” seuseuroege mureobora. "nan jigeum mueongareul byeonhwasakhil junbiga dweieotnenga" = Tanyakan pada diri kamu ! ” Apakah saya sekarang siap melakukan suatu perubahan?
ìš°ë¦¬ì˜ ì˜ë„ê°€ ìš°ë¦¬ì˜ í˜„ì‹œë¥¼ ë§Œë“ ë‹¤ urieui euidoga urieui hyeonsireul mandeunda = Niat kita menciptakan realita kita
í–‰ë³µì€ ì›í•˜ëŠ” ê²ƒì„ ì–»ëŠ” 게 ì•„ë‹ˆë¼ ì´ë¯¸ 가진 ê²ƒì„ ì›í•˜ëŠ” 것ì´ë‹¤. haengbokeun wonhaneun geoseul eodneun ge anira imi gajin geoseul wonhaneun geosida = kebahagiaan bukanlah mendapatkan apa yang kau inginkan, tetapi menginginkan apa yang kau dapat
ë†’ì€ ê¸°ëŒ€ì¹˜ì•¼ë§ë¡œ ëª¨ë“ ê²ƒì˜ ì—´ì‡ ë‹¤ nopheun gidaechiyamallo modeun geoseui yeolsweida = Harapan yang tinggi adalah kunci dari segalanya
우리가 ì •ë³µí•˜ëŠ” ê²ƒì€ ì‚°ì´ ì•„ë‹ˆë¼ ìš°ë¦¬ ìžì‹ ì´ë‹¤ uriga jeongbokhaneun geoseun sani anira uri jasinida = Bukanlah gunung yang menjadi peghalang kita, tetapi diri kita sendiri
í¬ê²Œ ìƒê°í• 때 ì„±ê³¼ë„ í¬ê²Œ ë§ˆë ¨ì´ë‹¤ kheuge saenggakhalddae seonggwado kheuge maryeonida = Ketika kamu berfikir besar, hasilmu adalah besar
32. ë‚´ê°€ 힘들 ë• ë‹¨ì‹ ì´ ë‚˜ë¥¼ 위로해 주세요 ( naega himdeul ttaen dansini nareul wirohae juseyo )
Saat aku letih, aku mohon kau melipurku
33. 아니 ! 그냥 ì˜†ì— ìžˆì–´ 주세요! ë– ë‚˜ê°€ì§€ ë§ê³ …..( ani ! geunyang yeope isseo juseyo! tteonagaji malgo…..)
emm…tidak, hanya di sampingku saja, janganlah kau pergi
34. ë‹¹ì‹ ì´ ì‚´ì•„ì„œ 함께 있는 것만로 ì¶©ë¶„ 합니다 ( dangsini saraseo hamkke inneun geotmanno chungbun hamnida )
Engkau hidup bersamaku itu saja, sudah cukup bagiku
35. ë‚˜ë„ ì–¸ì œë‚˜ ë‹¹ì‹ ê³ì— 머물러 ë‹¹ì‹ ì—게 위로가 ë˜ê² 습니다 ( nado eonjena dangsin gyeote meomulleo dangsinege wiroga doegessseumnida)
Dan aku, kapanpun akan bersemayam di sisimu yang akan menjadi pelipur lara hatimu.
36. ì‚¬ëžŒì´ ì‚¬ëžŒì—게 위로 입니다 ( sarami saramege wiro imnida )
Manusia adalah pelipur lara bagi orang lain
37. 따뜻한 ê´€ì‹¬ì´ ë§ í•œë§ˆë””ê°€ ì‚¬ëžŒì„ ì‚´ë¦¬ëŠ” 위로가 ë©ë‹ˆë‹¤ ( ttatteutan gwansimi mal hanmadiga sarameul sallineun wiroga doemnida )
Uungkapan kata kepedulian yang hangat menjadi pelipur lara yang membangkitkan orang lain
지금 우리ì—ê² ìœ„ë¡œê°€ í•„ìš” 합니다 ( jigeum uriegen wiroga pillyo hamnida )
Sekarang kita butuh sang pelipur lara.
38. 웃ìŒì€ 가장 아름다운 ë³´ì„ ìž…ë‹ˆë‹¤ ( useumeun gajang areumdaun boseok imnida ) ”
senyuman adalah permata terindah”.
39. ì›ƒì€ ë§ˆìŒì„ 치료하는 보약 입니다 ( useun maeumeul chiryohaneun boyak imnida )
Senyuman adalah obat yang menyembuhkan hati.
40. ë§ì†Œë¦¬ëŠ” 달ë¼ë„ 웃ìŒì†Œë¦¬ëŠ” ê°™ê³ , ( malsorineun dallado useumsorineun gatgo, )
Walaupun suara ( bahasa ) yang berbeda, namun suara tawa itu tetap sama
41. ìƒê¸´ê²ƒì€ 달ë¼ë„ 웃는 ëª¨ìŠµì€ ê°™ê³ , ( saenggingeoseun dallado utneun moseubeun gatgo,)
Walaupun ketampanannya berbeda, namun penampilan senyum sama juga
42. í”¼ë¶€ìƒ‰ì€ ë‹¬ë¼ë„ ì›ƒì˜ ìƒ‰ê¹”ì€ ê°™ìŠµë‹ˆë‹¤( pibusaegeun dallado usui saekkkareun gatseumnida )
Walaupun warna kulit berbeda warna senyuman itu tetap sama.
43. 남듣처럼 … 그사람들 처럼 ë˜ê³ 싶어서” ( nam deul cheoreom..saram deul cheoreom dwego shipeoyo)
seperti orang lain…. saya ingin menjadi seperti mereka .
44; ìµœì„ ì„ ë‹¤í•˜ëŠ” ê²ƒì´ ìµœê³ ê°€ ë˜ëŠ” 것보다 ë” ì¤‘ìš”í•˜ë‹¤( choeseoneul dahaneun geosi choegoga doeneun geotboda deo jungyohada )
Berbuat yang terbaik itu lebih penting daripada menjadi yang terbaik.
45. 미안하다는ë§ì„ 하지마 ( mian handaneun marel hajima )
janganlah mengucap kata maaf
46. ê·¸ëŒ€ì˜ ë‘ëˆˆì— í르는 ëˆˆë¬¼ì„ ë³¼ìˆ˜ì—†ì–´ ( kedaeui dunune heureuneun nun mureul bulsu eopseo )
Aku tak bisa melihat air matamu yang mengalir di dua matamu.
47. ê³ ë§ˆì›Œ 그대를 ì‚¬ëž‘í• ìˆ˜ 있어서 ,하지만 못다한 ì‚¬ëž‘ì— ë‚´ë§˜ì´ ì•„íŒŒ.. ( gomawo geudaereul sarang halsuiseoseo hajiman muttahan sarange nae mami apa, )
Terima kasih aku telah bisa mencintaimu,tetapi ketidak mampuanku menjaga cinta itu membuat
hatiku sakit
via: http://kimhyunmiisheuk.blogspot.com/
essay writing
1) Social and enviroment inpact of palm oil
Summary: this article to discuse abou inpact od palm oil, Water pollution
In some states where oil palm is established, lax enforcement of environmental legislation leads to encroachment of plantations into riparian strips,[29] and release of pollutants such as (POME) in the environment More environment-friendly practices have been developed
Critik :this article ist good.
2) Enviromental demaged
Summary: one of the major reasons for the pollution of the environment is the uncontrolled use of automobiles. If individuals can make a conscious effort to change their lifestyle, by cutting down the use of private cars and using public transport, it would substantially reduce the burning of fossil fuels. In other words, serious attempts could be made by individuals to travel to work regularly by buses and trains, which are cheap and
Critik :
TOP 10 Causes Of Environmental Damage
@YouthKiAwaaz Jan 21, 2012
By Rishin Mukherjee:
From the immense amount of propaganda that goes around in the media these days, it is clear that there is a lot of environmental degradation all around us. Such is the depth of the situation that conferences are being held every year, and new tools like CDM (Clean Development Mechanism) and Carbon credits are being created to prevent further damage and to encourage protection of the environment. But what exactly is going wrong? What is it that creates all this fuss? Look no further, if you find anything familiar from the following then you might want to think again!
Top ten causes for The Environmental Damage
1) High quantity of Exhaust gases: The biggest reason by far for all kinds of environmental degradation is the exorbitant amount of gases, harmful to the environment, which is released by the various industries. Prime amongst these gases are C02, S02 and NH3. Of course there are many more, and these are the main culprits for ozone holes and global warming.
2) Deforestation: Close second comes the deforestation all over the world, to harness forest resources, to clear land, for wood and for various other reasons. Deforestation causes major problems for one simple reason; it decreases the number of trees, which clean the environment, provide oxygen and also affect rain patterns. This is the major reason why there are calls for tree plantation; it is to make up for this loss.
3) High number of industries such as mining: Mining creates a lot of pollution, mainly because it releases particulate matter, which qualifies as Respirable Particulate Matter (RPM); the particulate matter which can enter our lungs and can harm the entire respiratory system. This form causes the most direct harm to humans, also particulate matter can come from indoor pollution, as can be seen in cooking on traditional ‘choolahs’ and cottage industries like ‘bangle-making’.
4) Chemical effluents: Effluents are another by-product of industries which poses threat to the environment, leather and tanning industries, petroleum industries and chemical manufacturing industries create major waste products which are released directly into nearby streams without treatment, creating river pollution and causing harm to aquatic life.
5) Transport: As the spending power of the population increases and as cars become available more, the number of vehicles on the road increases. The amount has grown exponentially in countries like India, Brazil and China and this is a point form of pollution which directly affects humans. Smog is a nuisance that is created because of vehicular pollution, and Hydro-Carbons released from engines are the cause of creation of lower level ozone that is harmful to humans.
6) Unprecedented Construction: Urban Heat Island is a direct cause of the unprecedented construction activities that are being carried out right now, and urban heat island causes trapping of pollutants. Urban Heat island is an effect caused due to trapping of solar radiation by concrete and cement which are materials which trap heat extremely well. Construction causes removal of vegetative cover which usually allows for better exchange of heat. This heat island effect causes constricted circulation of air, which traps pollutants released in urban areas and does not allow for mixing of the air, thus decreasing the air quality.
7) Secondary Pollutants: Secondary pollutants are ones that are not directly emitted; however they get created when primary pollutants react amongst themselves. Major amongst them is the creation of ozone from reaction between non-burnt Hydrocarbons and Nitrous Oxides. There are various other secondary pollutants and the reaction between these pollutants cause reactions that lead to formation of ozone holes. Stratospheric clouds are the main reaction sites for such pollutants.
8 ) Ruinous agricultural policies: Overloading the land with fertilizers, overgrazing and shifting agriculture are ruinous agricultural policies that degrade land, creating soil erosion that leads to silting in major rivers and reservoirs. Soil degradation is a continuous cycle and it ultimately leads to desertification and degradation of land quality by allowing the direct action of eroding agents on cultivable land.
9) The Population Explosion: The increasing population creates a load that the entire environment has to support, not only in terms of food and lodging, but also in terms of the amount of waste that it generates and the ability of the environment to sustain this growth. All major activities are carried out to support this growing population, and whilst this is unavoidable, what is required is the proper planning that should come with this explosion.
10) Unplanned Land-use policies: Land models are available these days which help in proper planning and use of land resources. However, failure to use these models and land management policies can lead to land pollution and degradation of the worst kind. Extraction from mines renders them unusable for habitation and if rehabilitation work is not carried out, the piece of land is sure to lo.
Summary: ada 10 causes of environmental Damage is 1) High quantity of Exhaust gases, 2) Deforestation,3)High number of industries such as mining,4) Chemical effluents,5) Transport,6) ) Unprecedented Construction,7) Secondary Pollutants, 8) ) Ruinous agricultural policies,8)Ruinous agricultural policies,9) The Population Explosion,10) Unplanned Land-use policies
Critik : This article be related to my article because to discuse about causes of enviromental
3) Enviromental compleance and enforcement in indonesia assessment
Summary:
Critik :
4) Environmental Problem in Indonesia
Summary:
Critik :
Opsi Title:
1) Enviromental demaged
2) Environmental Problem
3) Tree Ways to Prevant Demaged to the Environment
. Damaged Environment in Indonesia caused by human activity
Introduction
The Damaged Environment in Indonesia by the caused by human activity. (Present data) pollution, pollution in Indonesia occurred Because fumes and smoke from factories, for example, air pollution caused by from factories in tolangohula PT PG Gorotalo, the air in the district hotter in comparison with other districts in illegal lodging, illegal login Excessive exploitation of sda, protected forests were protected forests example bargain and Nantu because there is a massive decision agate, even though the command has been urged not to destroy the forest, there is still some damage, However, i think, there are some things the environmental cause damage in the first in Indonesia items, namely: littering, both water pollution, deforestation third, fourth combustion Forest, This essay would like to dibiscuss about the Demaged Enviroment in indonesia caused by human activity.
Effect demaged Enviroment
The firtsly effect of the Damaged environment in Indonesia is littering,garbage disposal into the bad habit of society without regard to its adverse effects,such as waste disposal in the gutter when every day throwing garbage in the gutter can cause flooding.
Littering much happening in Indonesia, even though they already know the result, but they still littering, such as occurs in many Gorontalo city sewers clogged gutter trash and stiap times torrential rain in Gorontalo city that there must be a flood, and the public remains Just throw litter, whereas the effect of their actions intense dangerous, although there are police officers or soldiers who sometimes come to work cleaning the channels they remain unconscious as well, there is still some trash in other gutter.example are in red maroon campus UNG , many students littering though have been provided dustbins still no littering.
The secondly environment is demaged Effect of water pollution, water pollution talking about this very closely related to garbage littering because it can pollute the water especially in waste in the river, in addition to trash affluent mill can also pollute water, water that has been exposed to sewage plant is not could in use by humans for their daily needs, and can also lead to fish in the river died, because plant waste containing hazardous chemicals, for example waste plant in Tolngohula that in the waste into the river, so it is most rivers around plant has been contaminated by sewage plant, another example of the waste plant in the district natadecoco bualemo, sewage plant in river carelessly waste water around the plant is contaminated by sewage plant, finally people already can not use the water and also fish in the liver died.
Thirdly Ilegal logging,ilegal logging now it has gotten worse in Gorontalo alone was about 3.084.68 hectares of mangrove forests were damaged, as many are doing illegal gold mining and nominally using a excavator. The data mentioned mangrove destruction, the worst damage in the district Pohuwato, reaching 1836.75 hectares of mangrove forests are damaged. Average damage mangrove as intentional, since converted into a pond by a number of residents. More details about the damage that was part forests.condition also somewhat serious damage because the average forest bare, other examples are in the Nawar and Nantu forest, the forest is a protected in Gorontalo, now there is some damage in the forest among decision agate which in 2015 is more lively in society, many people in there forest and the forest was damaged as a result, when the forest was protected forest in Gorontalo and in the forest there is a wide variety of flora and fauna.
Conclution
Deforestation in Indonesia due to human activities are not responsible for the environmental damage that effect enviromental of them littering, water pollution and illegal login, environmental damage and it should be stopped and updated with improvements in the environment and way of life that damaging the environment, and they also need to know the dangers of the environment that has been damaged.
References
Bibliography
Alonso, S. W. (2012). Supply and Demand.
Bratcher, R. (2010). Tree Ways to Prevant Demaged to the Environment.
Elsevier. (2006, Desember). Marine Pollution Bulletin. Jurnarl Article , 1-21.
Fristikawati, Y. (1997). Liability on Environmental Damage from Nuclear Activity in Indonesia.
J.Galin, J. (n.d.). Environmental Demaged Liability Management.
Jonshon. (2012, Apryl 21). Enviromental demaged.
Len. (2013, january). Reducing global environmental damage.
Mukherjee, R. (2012, january). TOP 10 Causes Of Environmental Damage.
States, T. a. (2008, November). Enviromental compleance and enforcement in indonesia assessment. assessment , 1-34.
SUNARYO, T. (1985). Environmental Problem in Indonesia. Review , 1-6.
material about literure
you mom
you tought me hold
tears pouring rain