Story Of My Life

15 October 2021 12:07:05 Dibaca : 29

Hai, I’m Nur Rahmawati Hasrin H, people always call me Ama.

I’m currently away from home because I was studying in another province. And now, I live in Gorontalo specifically in Tilong Kabila, Bone Bolango. Because I’m staying in the boarding house now, there’s not much to do. So, I will tell you about my daily activity when I was at home. I come from Batui District, Central Sulawesi. When I was at home, I rarely got up early. I usually wake up around 7.30 A.M and immediately I make up my bed. After that, I helped my mom cook in the kitchen. To be honest, I’m not much of a cook. So, I just helped clean up the seasoning my mother going to use. Sometimes, my sister helps out in the kitchen too, she does the dishes. At home, I only cook rice. My mom used to make me fry fish but honestly, I was still afraid to fry fish. On weekends, I washed my clothes in the washing machine. 

My father was a farmer. When he came home from the fields, I would prepare tea for him. After dinner, we always get together and talk about today. It was my dad who used to talk about things that happened when he worked. I like that moment because my family’s all together, including my brother. 

I’m currently away from home, so I usually remember the atmosphere in my house when I get bored. Well, it’s all about my daily activity when I was at home.

Sejarah Universitas Negeri Gorontalo

04 August 2021 21:41:24 Dibaca : 14

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.

Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).

Pada masa pemerintahan gubernur provinsi gorontalo Rusli Habibie, pergantian nama Universitas Negeri Gorontalo sempat diusulkan menjadi UBJ Habibie (Universitas BJ Habibie). Namun kemudian para mahasiswanya menolak. Sebab dianggap akan menghilangkan entitas jati diri rakyat Provinsi Gorontalo.

1. Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi adalah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik unggul. Seleksi Bidikmisi terdiri atas beberapa jalur, antara lain SNMPT, UMPN dan Jalur Mandiri. Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

-Lulusan tahun 2017 atau tahun 2016 bukan penerima Bidikmisi-Usia maksimal 21 tahun-Tidak mampu secara ekonomi-Pendidikan orangtua maksimal S1-Memiliki potensi akademik

2. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) ditujukan bagi mahasiswa yang berprestasi, baik akademik atau non akademik, dengan IPK minimal 3,00. Penerima beasiswa akan mendapat bantuan biaya pendidikan selama satu semester. Seleksi beasiswa PPA baru dapat diikuti oleh mahasiswa program S1/Diploma IV yang duduk di semester II-semester VIII. Sementara untuk yang menempuh pendidikan Diploma III, beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa semester II-semester VI. Kamu juga harus menyiapkan berkas-berkas persyaratan, sebagai berikut:

-Surat permohonan dari mahasiswa-Surat keterangan berkelakuan baik dari kampus-Surat pernyataan belum berkeluarga-Surat keterangan pendapatan orangtua/wali-Fotokopi identitas dan fotokopi kartu keluarga.-Fotokopi Kartu Rencana Studi (KRS) dan transkrip nilai yang menunjukkan IPK

3. Beasiswa Lippo

Universitas Negeri Gorontalo termasuk ke dalam 10 Perguruan Tinggi Negeri yang menerima Beasiswa Lippo Group nih Quipperian. Pihak kampus akan menyeleksi mahasiswa yang dinilai berhak mendapat beasiswa.

Persyaratannya yaitu memiliki prestasi akademik atau non akademik dan berpotensi melanjutkan studi ke luar negeri. Beasiswa ini umumnya diberikan pada mahasiswa yang sudah menjelang akhir studi. Penerima beasiswa akan mendapat pembekalan. Seperti pelatihan bahasa asing dan pendampingan untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri.

4. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa Bank Indonesia hanya dibuka untuk yang menempuh studi di Fakultas Ekonomi, Hukum, Komunikasi, Kesehatan Masyarakat, dan Pertanian. Persyaratan lain yang harus kamu penuhi yaitu IPK minimal 3,00 dan telah duduk di semester IV.  Kalau kamu termasuk di antaranya, bisa langsung mempersiapkan diri. Kalian yang menerima dana pendidikan nantinya akan tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI), yaitu komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. 

5. Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa Djarum Plus adalah salah satu beasiswa idaman mahasiswa karena jejaringnya tersebar luas di seluruh Indonesia. Mahasiswa berkesempatan lolos beasiswa Djarum Plus, kalau minimal duduk di semester III dengan standar IPK 3.00. Peraih beasiswa ini akan memperoleh bantuan dana selama 1 tahun. Keuntungan lainnya, ada pelatihan softskill yang bisa kamu ikuti sebagai bekal menjadi calon pemimpin masa depan.

6. Beasiswa Putera Sampoerna Foundation

Untuk kalian yang barus lulus SMA, punya prestasi cemerlang, berkepribadian baik dan jiwa kepemimpinan tinggi, kamu berpeluang mendapat Beasiswa Sampoerna. Bantuan dana pendidikan ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1 dan S2, khususnya di bidang ekonomi dan teknik.

Pendaftaran Beasiswa Sampoerna mulai dibuka pada Januari hingga pertengahan Maret. Kalian bisa mulai melakukan pendaftaran di Bulan Januari sampai pertengahan Maret. Jangan lupa akses tentang beasiswa Sampoerna di http://www.sampoernafoundation.org/en

Arti dan Makna dari Logo Universitas Negeri Gorontalo

04 August 2021 21:24:00 Dibaca : 16

Berikut adalah arti dan makna dari logo Universitas Negeri Gorontalo

1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}

2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.

3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.

4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.

5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.

6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.

7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong