Sejarah Komputer dan Perkembangannya

10 September 2022 17:15:06 Dibaca : 2516

Teknologi dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Salah satunya adalah komputer yang kita nikmati hingga saat ini.

Kecanggihan yang dimiliki, membuatnya seolah-olah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah perkembangan komputer?

Awal Penemuan Komputer

Sekitar 30 tahun setelah Pascal menemukan kalkulator otomatis, matematikawan Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz mengembangkan kalkulator sebelumnya dengan menambahkan sistem bilangan biner. Sistem tersebut membantu mesin untuk menangani perhitungan lebih mudah ketimbang sistem desimal. Leibniz juga menambahkan roda gigi untuk perhitungan perkalian dan pembagian.

George Boole kemudian mengembangkan untuk matematika biner. Ilmuwan Inggris ini memakai sistem bilangan biner dalam menemukan tipe baru pada matematika yang kemudian dikenal dengan Aljabar Boolean dan Logika Boolean. Sementara itu, keberadaan komputer modern tidak lepas dari peran Charles Babbage.

Dalam bahan ajar Modul Tema 16: Dunia di Ujung Jari (Kemdikbud, 2020), dijelaskan bahwa matematikawan Inggris ini adalah penemu komputer pertama dengan karyanya Difference Engine No. 1. Ini adalah mesin penghitung dengan ukuran besar yang didesain pada tahun 1820-an. Alat ini adalah komputer mekanik yang mampu menjadi Sebagai apresiasi atas karyanya, Babbage dinobatkan sebagai “Bapak Komputer”. Sejarah perkembangan komputer hingga saat ini telah mengalami perluasan bentuk hingga menjadi portabel seperti laptop, dan memiliki kemampuan untuk digunakan berbagi tujuan mesin penganalisa. Mesin ini adalah mesin pertama yang bisa diprogram oleh manusia.

Sejarah Perkembangan Komputer Secara Umum

Secara garis besar, sejarah perkembangan komputer terbagi dalam lima generasi, yaitu:

  • Generasi pertama dimulai ketika komputer digunakan dalam akademi dan militer, seperti Komputer Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Kemudian, ENIAC yang dibangun pada tahun 1946 menjadi komputer pertama untuk tujuan umum. Ketika komputernya dinyalakan untuk pertama kali, Philadelphia mengalami mati listrik. Komputer generasi ini menggunakan tabung vakum untuk menyimpan data dan ukurannya memakan satu ruangan. Contoh Komputer Pada Generasi Pertama ini yaitu Komputer IBM 701 buatan tahun 1953 sebagai komputer komersial berukuran besar dan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 untuk industri
  • Generasi kedua dimulai ketika transistor menggatikan tabung vakum. UNIVAC diperkenalkan ke publik tahun 1951 untuk penggunaan komersial. Kemudian, pada tahun 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan komputer mulai memiliki memori dan sistem operasi. Contoh Komputer Pada Generasi Kedua yaitu komputer PDP-5 dan PDP-8 buatan tahun 1963 sebagai komputer mini komersial pertama. Selain itu ada pula komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.
  • Generasi ketiga dimulai ketika teknologi transistor meningkat menjadi sirkuit terpadu. Komputer mini adalah inovasi yang signifikan dalam generasi ini dan mempengaruhi generasi komputer selanjutnya. NASA menggunakan komputer generasi ini untuk melancarkan Program Apollo, seperti Komputer Bimbingan Apollo untuk mempermudah kendali Apollo Command/Service Module. Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer nomor dua di belakang IBM dengan komputer PDP dan VAX-nya. Komputer ini membawa ke pengembangan sistem operasi yang berpengaruh, Unix. Contoh Komputer Pada Generasi Ketiga yaitu komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan sebagainya.
  • Generasi keempat dimulai pada dasawarsa 1970-an ketika penemuan MOSFET dan integrasi berskala besar selanjutnya membawa ke pengembangan mikroprosesor di awal 1970-an. komputer pribadi yang semakin kecil berkat mikroprosesor mulai berkembang, dimulai dari komputer rumahan dan komputer meja. Teknologi selanjutnya adalah laptop dan ponsel cerdas yang sangat fenomenal, membawa berbagai perusahaan teknologi ke dalam perang paten atas ponsel cerdas. Contoh Komputer Pada Generasi Keempat yaitu komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation.
  • Generasi kelima digadang-gadang sebagai tahapan perkembangan teknologi paling canggih saat ini dan diciptakan pertama kali pada tahun 1980-an. Peningkatan dari segi visualisasi, menjadikan tampilan visual pada komputer di generasi kelima mempunyai resolusi sangat tinggi dan begitu tajam. Negara yang mempelopori sejarah perkembangan komputer pada generasi kelima adalah Jepang. Dalam proses pengembangannya, terdapat penambahan komponen-komponen penting ke dalam sistem komputer modern saat ini. Hal ini dikarenakan komponen yang digunakan pada komputer generasi kelima adalah menerapkan ragam teknologi modern, seperti superkonduktor, ULSI, dan kecerdasan buatan (atau kalian lebih mengenalnya dengan sebutan Artificial Intelligence). Contoh Komputer Pada Generasi Kelima yaitu komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey

Raih Akreditasi A,UNG kini sejajar dengan UnHas

19 September 2020 09:30:42 Dibaca : 27

Akreditasi A,UNG kini sejajar dengan UnHasKota Gorontalo dan Bone Bolango harus mulai bersiap-siap menghadapi membanjirnya calon mahasiswa dari luar daerah. Karena dalam beberapa tahun mendatang, mahasiswa dari luar Gorontalo bisa jadi akan lebih banyak dari sekarang Ini sangat mungkin terjadi. Karena, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang kampusnya berada di Kota Gorontalo dan sedang membangun di Bone Bolango itu, telah berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan capaian itu, menjadikan UNG sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terkemuka di Indonesia. UNG kini sudah setara dan sejajar dengan kampus-kampus terkenal di Indonesia. Seperti Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Karena sudah setara dengan kampus top di Indonesia, maka sudah tentu UNG akan jadi pilihan utama para calon mahasiswa dari luar daerah. UNG mendapatkan akreditasi A dengan nilai 363.

Sejarah UNG

19 September 2020 09:29:31 Dibaca : 26

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan universitas yang dikembangkan atas dasar perluasan mandat (wider mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo. Keberadaan Universitas Negeri Gorontalo dimulai dari Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo berdasarkan surat keputusan pejabat Rektor UNSULUTTENG Nomor 1313/II/E/63 tanggal 22 Juni 1963, Cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963, IKIP Manado Cabang Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 114 tahun 1965 tanggal 18 Juni 1965, FKIP UNSRAT Manado di Gorontalo berdasarkan Keppres nomor 70 tahun 1982 tanggal 7 September 1982, STKIP Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, IKIP Negeri Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001. Perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004.Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo yaitu, tanggal 1 September 1963 sebagaimana dinyatakan dalam surat keputusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963.

Lokasi kampus UNGDimanakah alamat kampus UNG?Alamatnya terletak di Jalan Jend. Sudirman No.6, tepatnya di Dulalowo Tim., Kota Gorontalo. Dapat dikatakan bahwa kampus utama UNG berada di bagian Tengah kota Gorontalo. Sedangkan kampus yang lain berada di kawasan kota Selatan, bone bolango dan di tanggikiki Kec. Sipatana.

Fakultas yang Ada di UNGTentunya Universitas Indonesia memiliki berbagai pilihan fakultas. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai fakultas yang ada di UNG.• Fakultas Ilmu Pendidikan• Fakultas Ilmu-ilmu Pertanian• Fakultas Teknik• Fakultas Ilmu Sosial • Fakultas Sastra dan Budaya• Fakultas Matematika dan IPA• Fakultas Ekonomi dan Bisnis• Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu kamu ketahui mengenai kampus UNG. Semoga bermanfaat!

PKKMB Untuk Maba2020

19 September 2020 09:02:31 Dibaca : 25

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru untuk memperkenalkan lingkungan kampus yang akan memudahkan mahasiswa baru dalam beradaptasi. Kegiatan PKKMB tahun ini jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan kondisi pandemi di Indonesia saat ini belum mereda sehingga kegiatan PKKMB pun dilakukan secara daring. Begitupun dengan Universitas Negeri Gorontalo yang akan melaksanakan PKKMB secara daring. Tujuan umum pelaksanaan PKKMB tahun 2020 ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Kegiatan PKKMB di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo akan dilaksanakan dalam 5 (lima) hari, dari tanggal 21-25 September 2020, dimulai pukul 07.00-16.00 wita. PKKMB dilakukan secara virtual melalui platform zoom, live melalui UNG TV, facebook UNG TV, dan youtube UNG TV. Dengan rincian kegiatan sebagai berikut : - 2 hari dilaksanakan di tingkatan Universitas-1 hari di tingkatan BEM-1 hari di tingkatan Fakultas-1 hari di tingkatan Jurusan dan Program Studi

Adapun manfaat dari pelaksanaan PKKMB yaitu mengenal kondisi sosial sampus, mengenal sistem perkuliahan serta menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong