Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Adapun komponen komputer meliputi: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan sebagai pengolah data, namun terbatas terlihat di layar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abacus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." 

Sejarah Dan Penemuan Komputer

Komputer mulai ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage yang merupakan seorang ahli matematika asal Inggris . Babbage yang juga disebut sebagai Bapak Komputer, awalnya ingin membuat sebuah mesin hitung yang dapat menghitung tabel angka dengan menggunakan tenaga uap. Hingga kemudian jadilah mesin hitung tersebut yang diberi nama Difference Engine 0. Mesin tersebut memiliki bentuk yang jauh berbeda dari model komputer saat ini, akan tetapi digadang-gadang sebagai komputer pertama di dunia.

Ada yang menyebutkan bahwa Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama. Alat ini disebut abacus atau sempoa. Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalam sejarah Babilonia kuno, berbentuk belahan papan diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau menghitung. Oleh karena itu maka alat ini disebut abakus, asal kata dari bahasa Yunani ABACOS, artinya menghapus debu. Oleh bangsa Cina mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada terali atas dimasukkan 2 bijian dan 5 bijian pada terali bawah. bentuk inilah yang yang populer hingga saat ini untuk melakukan perhitungan aritmatika. sampai saat ini penemuan Abacus atau sempoa ini dapat dianggap sebagai awal mula Sejarah Komputer.

KOMPUTER DARI GENERASI KEGENERASI

GENERASI I (1940 – 1959)

   

Sumber : teknodroid.my.id

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti dioda kristal, relai, resistor, dan kapasitor yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt UNIVAC I. Komputer generasi pertama dikarakteristikkan dengan keistimewaan yang ENIAC–tabung hampa udara.Sampai tahun 1950, beberapa komputer lain menggunakan tabung tersebut, setiap komputer memberikan kemajuan yang berarti dalam pengembangan komputer. Pengembangan tersebut termasuk binary aritmetic, random access, dan konsep dari program yang tersimpan. 1951 AS Bureau of Cencus pada tahun 1951 menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama Universal Automatic Computer – UNIVAC I. UNIVAC I dikembangkan oleh Mauchly dan 3 Eckert untuk Remington-Rand Corporation. IBM memasuki Pasar Komputer Komputer elektromekanik pertama merupakan hasil dari penelitian yang kami lakukan IBM. Hasilnya, Mark I, rampung pada tahun 1944 oleh seorang profesor Universitas Harvard, Howard Aiken. Pada saat itu, IBM memonopoli peralatan pemroses data punched-card. Pimpinam IBM tidak merasa bahwa komputer tersebut (UNIVAC I) bisa memanfaatkan mesin punched-card, untuk itu mereka tidak mau memasuki pasar. Belum sempat UNIVAC Saya sukses, IBM membuat keputusan baru untuk mengembangkan dan memasuki Pasarkomputer. Produk IBM pertama yang di jual di pasaran adalah IBM 701 pada tahun 1953. Hebatnya, IBM 650 memperkenalkan pada tahun berikutnya yang mungkin dengan alasan IBM mencapai keuntungan yang besar pada tahun sebelumnya. Untuk pesaingnya, IBM 650 dibuat supaya bisa meng-upgrade mesin-mesin punched-card yang. Itu karena IBM 650 memproses data dengan sebuah cara yang mirip dengan cara tradisional pada mesin punched-card. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

 

GENERASI II (1959-1965)

 

Sumber: nesabamedia.com

Setelah awal sejarah dari generasi pertama komputer dibuat beberapa komputer dengan masih banyak kekurangan yang ada. Pada tahun 1948 komputer terus berkembang karena telah ditemukannya transistor. Dengan penemuan transistor ini maka barang-barang seperti televisi, radio dan komputer mengalami perubahan yaitu ukuran alat-alat elektronik tersebut berkurang drastis. Karena tabung vakum disediakan oleh transistor. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Pada tahun 1946 transtor mulai digunakan pada komputer. Pada saat itu ada penemuan lainnya di antaranya pengembangan memori inti-magnetik yang membuat ukuran komputer pada generasi ini menjadi lebih kecil, cepat dan hemat energi dari ukuran generasi komputer sebelumnya. 

Komputer di generasi kedua menggunakan komponen berupa transistor yang lebih kecil daripada tabung hampa udara. Meski begitu, kapasitas memori utamanya cukup besar dengan proses operasi yang lebih cepat. Selain itu, komputer di generasi kedua juga sudah memiliki kemampuan proses real-time, dan time sharing. Perkembangan lain dari komputer generasi pertama ke generasi kedua terletak pada magnetic disk dan magnetic tape-nya yang sudah berbentuk removable disk. Contoh komputer generasi kedua diantaranya komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat sebagai komputer mini komersial pertama pada tahun 1963. Contoh lainnya yaitu IBM 1400, IBM 7070, NCR 300, dan sebagainya.

 

GENERASI III (1965-1970)

 

Sumber: sodagarkomputer.com

Penemuan Sirkuit Terpadu (IC) atau dikenal juga dengan microchip, buka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchip tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan. Munculnya komputer mini pertama yang didasarkan pada transistor dan microchip kedua seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya. Komputer Generasi Ketigadikenal sebagai komputer mainframe IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments danFairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah dirancang prosesor dengan transistor miliaran. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah: Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10. 000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama. Peningkatan dari sisi software. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu). Menggunakan media penyimpanan luar disket jenis (external disk) yang sifatnya pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter). Penggunaan listrik lebih hemat. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking. Telah menggunakan tampilan visual terminal dan dapat mengeluarkan suara. 

 

GENERASI IV (1970)

 

Sumber: indotekmultimedia.com

Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Personal Computer (PC) sudah mulai berkembang di generasi ini, contoh produknya adalah Apple II. Memori komputernya sudah menggunakan bentuk chip dari mikroprosesor dan semikonduktor dengan teknologi Large Scale Integration (LSI) yang juga disebut dengan Bipolar Large Scale Integration. Contoh komputer yang telah menggunakan chip mikroprosesor adalah komputer IBM 370. Sedangkan mulai tahun 1981, banyak komputer yang sudah menggunakan mouse dan sistem Windows.

 

GENERASI V (sekarang)

 

Komputer generasi kelima dipelopori oleh negara Jepang. Telah menggunakan Very Large Scale Integration dan Artificial Intelligence supaya komputer dapat memecahkan masalah sendiri. Selain itu, komputer pada generasi ini juga mempunyai jutaan warna dengan resolusi yang sangat tajam. Lalu, perkembangan teknologi komputer generasi kelima juga memungkinkan untuk dibuat jenis komputer portabel alias laptop.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

· Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan dari mikroprosesor ke dalam sebuah mikroprosesor

· Peningkatan kecepatan akses data juga tampilan gambar beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia. 

· Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang meningkatkan.. · Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana

 

Komputer Era Sekarang Dan Implementasinya

Komputer pribadi mulai berkembang sejak 1970, yakni dengan munculnya Xerox Alto yang dapat melakukan pengiriman email dan pencetakan dokumen. Desainnya juga sudah menyerupai selayaknya komputer zaman sekarang, yaitu memiliki layar, keyboard dan mouse. Pada era ini juga muncul banyak penemuan baru di antara chip Dynamic Access Memory, Ethernet dan disket.

Lalu di tahun 1976 berdirilah perusahaan Apple yang memperkenalkan Apple I sebagai komputer single-circuit pertama. Kemudian di tahun 1983 secara resmi hadirlah CD-ROM yang ditetapkan sebagai standar umum komputer, digunakan sebagai alat penyimpanan yang dapat menampung data hingga 550MB. Dan di tahun yang sama Microsoft secara resmi memperkenalkan Word. Perkembangan komputer tidak berhenti sampai di situ. Setiap tahun selalu ada update hingga menjadi secanggih sekarang ini. Di tahun 1984, Apple merilis Macintosh yang merupakan komputer pertama dengan mouse sebagai pengendalinya, dan dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis.

Microsoft juga kemudian mengeluarkan sistem operasi Windows yang telah dibekali antarmuka grafis serta keunggulan multitasking. Tak lama kemudian Apple merilis seri laptop portabel bernama Powerbook yang dapat dibawa kemana-mana. Dulu untuk menyimpan data, pengguna komputer masih menggunakan disket dan CD-ROM. Meskipun era sekarang juga masih cukup banyak yang menggunakannya, akan tetapi popularitasnya tersisihkan oleh penyimpanan portabel yaitu USB drive. Bahkan lebih canggih lagi, karena adanya internet kini tak sedikit yang menggunakan penyimpanan cloud computing untuk menyimpan data dan file penting supaya tidak hilang.

Implementasi penggunaan komputer juga semakin berkembang untuk berbagai bidang. Rasanya sangat sulit memisahkan penggunaan komputer untuk kegiatan sehari-hari dan sudah menjelma menjadi kebutuhan masyarakat di era modern. Baik untuk kebutuhan sekolah, bekerja, hiburan, dan sebagainya, komputer sangat dibutuhkan. Tidak mengherankan apabila komputer menjadi salah satu jenis elektronik yang sangat penting saat ini.

 

SUMBER;

http://ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/.09-10-2014. Juanita, Prima. Teknologi informasi dan Komunikasi.

https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/n-sejarah-perkembangan-komputer/

Program pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 12:44:39 Dibaca : 19

 Terdapat 20 program pasca sarjana universitas negeri Gorontalo, yaitu;

1. Program S2 Pendidikan Bahasa Inggris (Akreditasi B)

2. Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Akreditasi B)

3. Program S2 Pendidikan Matematika (Akreditasi B)

4. Program S2 Pendidikan Dasar (Akreditasi B)

5. Program S2 Pendidikan Biologi (Akreditasi B)

6. Program S2 Pendidikan Fisika (Akreditasi B)

7. Program S2 Administrasi Pendidikan (Akreditasi B)

8. Program S2 Agribisnis (Akreditasi B)

9. Program S2 Ilmu Kelautan dan Perikanan (Akreditasi B)

10. Program S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Akreditasi B)

11. Program S2 Teknologi Pendidikan (Akreditasi B)

12.Program S2 Pendidikan Ekonomi (Akreditasi B)

13.Program S2 Ilmu Administrasi (Akreditasi B)

14. Program S2 Ilmu Hukum (Akreditasi B)

15. Program S2 Pendidikan Luar Sekolah (Akreditasi B)

16. Program S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Akreditasi B)

17. Program S3 Ilmu Administrasi

18. Program S3 Ilmu Pendidikan

19. Program S3 Pendidikan Bahasa

20. Program S3 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 12:37:50 Dibaca : 18

Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas, yaitu:

1.Fakultas Ilmu Pendidikan

2.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

3.Fakultas Ilmu Sosia

l4.Fakultas Sastra dan Budaya

5.Fakultas Teknik

6.Fakultas Pertanian

7.Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan

8.Fakultas Ekonomi

9.Fakultas Hukum

10.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Universitas Terbaik

18 September 2020 12:24:01 Dibaca : 20

Menurut industudent, pada tahun 2016 UNG termaksud 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur. Sedangkan untuk ditingkat Nasional UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4Internasional  Colleges and universitas tahun 2016 UNG menempati rangking 71 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong