ARSIP BULANAN : September 2023

TUGAS 1 APLIKASI KOMPUTER

17 September 2023 20:55:41 Dibaca : 11

Nama : Novia Apsari

NIM : 411421051

Tugas : Pengenalan Latex

Kelas : A Pendidikan Matematika

 

1. Apa itu Latex ? 

Latex adalah sistem persiapan dokumen khusus yang berguna untuk membuat dan menerbitkan dikumen ilmiah. Perangkat lunak ini menawarkan banyak kemampuan melebihi perangkat lunak pembuatan dokumen standar seperti MS Word. Latex bukanlah bahan karet yang digunakan untuk pakaian, apalagi gaya-gayaan. Latex adalah software seperti Word yang digunakan untuk membuat dokumen seperti buku, laporan, tesis dan makalah. Perbedaan utama antara Latex  dan Word adalah Microsoft Word menyediakan teks yang sudah diformat khusus yang bisa dipilih dari menu-menunya sehingga:

Class option digunakan untuk mengkastemisasi class document yang akan kita gunakan, misalnya ukuran kerta serta ukuran jenis font, seperti pada contoh berikut.\documentclass[a4paper]{article}atau\documentclass[a4paper,11pt]{book}Adapun default class option pada LATEX antara lain:• ukuran kertas, misalnya a4paper• ukuran font, misalnya 11point, 11pt• layout halaman, yang dapat dibuat dengan dua pilihan ebagai berikut:– oneside, ika ingin menggunakan oneside printing saat menggunakan classdocument document book dan report– twoside, jika ingin menggunakan layout two-sided printing pada class document article– titlepage, jika ingin menggunakan halaman judul pada class documentarticle.

Dalam document class book dan report, struktur atau hirarki dokumen dapat dibagimenjadi 7 tingkatan, seperti berikut. Sedangkan khusus untuk class article, definisihirarki dokumen biasanya menggunakan\section{......}\subsection{......}\subsubsection{.....}

Daftar Tabel

Tabel dalam LATEX lebih fleksibel dan konsisten. Untuk membuatnya dapat menggunakan perintah:\begin{table}.......\end{table}

Judul abstract juga dapat diubah sesuai kebutuhan\begin{document}.................\renewcommand{\abstractname}{Judul Abstract}\begin{abstract}isi dari abstract\end{abstract}..................\end{document}

Untuk menuliskan judul dari sebuah artikel ataupun report harus didefinsikan padaawal document environment sebagai berikut:\documentclass[a4paper]{article}\usepackage{graphicx}\begin{document}\title{Judul Dokumen}\author{Nama Penulis}\date{Tanggal Pembuatan}\maketitle..............\end{document}

Apa yang dilihat di layar monitor akan sangat menyerupai hasilnya ketika dicetak.

Pada Latex teks masih berbentuk plaintext, yaitu teks yang belum diformat. Proses formatting teks dilakukan dengan menggunakan bahasa markup. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah tabel, anda dapat memulai dengan tag berikut:

\begin{table}[position]

 …

\end{table}

Alhasil, pengerjaan karya ilmiah dengan LaTeX memerlukan upaya yang lebih besar. Tentunya inilah yang menyebabkan LaTeX kalah populer dibandingkan Word.

Langkah I: mendaftar akunJadi, hal pertama yang pertama. Untuk menggunakan Overleaf, Anda perlu membuat nama pengguna dan akun di Overleaf. Anda bisa mendapatkan akun sendiri secara gratis di halaman berikut:

Langkah II: Setelah Anda mendaftar, masuk dan buat proyek baruSaat Anda masuk, Anda akan melihat kotak bertuliskan “Proyek Baru”. Klik pada "Proyek Baru" untuk memulai.Jika Anda menerima URL di email Anda dari seseorang yang memiliki dokumen, dan Anda diminta mengklik URL tersebut untuk membuka dokumen, maka Anda sudah memiliki dokumen untuk dikerjakan, jadi masuk saja akan mengarahkan Anda ke dokumen tersebut.Untuk membuat dokumen baru, mulailah dengan membuat proyek baru. Sebuah proyek di Overleaf adalah folder yang berisi sejumlah file berbeda.Saat Anda mengklik “Buat Proyek Baru”, Anda akan melihat beberapa templat standar yang telah dibuat oleh Overleaf untuk Anda. Pilih satu. Saya biasanya memulai dengan templat kosong dan kemudian mengisinya dengan file lateks saya sendiri. Perhatikan juga bahwa ada puluhan template artikel jurnal, buku, tesis, dll di situs Overleaf. Karena kami ingin fokus pada dasar-dasarnya di sini (sangat sederhana), mulailah dengan templat artikel jurnal. Saat Anda melakukannya, Anda akan melihat layar seperti berikut:

Langkah III : Untuk menuliskan judul dari sebuah artikel ataupun report harus didefinsikan pada awal document environment sebagai berikut:\documentclass[a4paper]{article}\usepackage{graphicx}\begin{document}\title{Judul Dokumen}\author{Nama Penulis}\date{Tanggal Pembuatan}\maketitle..............\end{document}

Untuk membuat bab dalam dokumen LaTeX, Anda perlu menggunakan perintah \chapterJudul Bab. Di bawah ini adalah contoh penggunaannya: Perintah \chapter{} akan membuat bab dengan nomor bab yang sesuai (misalnya, Bab 1, Bab 2) dan akan menambahkannya ke daftar isi otomatis.

Untuk membuat subsubbab dalam dokumen LaTeX, Anda perlu menggunakan perintah \subsection{Judul Subsubbab}. Subsubbab juga digunakan dalam dokumen berjenis article, report, atau book. Contoh penggunaannya: Perintah \subsection{} akan membuat subsubbab dengan nomor subsubbab yang sesuai (misalnya, 1.1.1, 1.1.2) dan juga akan ditambahkan ke daftar isi secara otomatis.

\subsection{SubsubBab}

Untuk membuat paragraf baru, cukup sisipkan satu atau lebih baris kosong di antara dua blok teks. LaTeX akan secara otomatis mengenali ini sebagai awal paragraf baru.Untuk membuat baris baru dalam paragraf (atau garis baru), Anda dapat menggunakan perintah (double backslash " \\ "). Ini akan membuat teks berlanjut ke baris berikutnya dalam paragraf yang sama.

 

Dalam LaTeX, Anda dapat mengatur penataan teks dengan menggunakan beberapa perintah yang memungkinkan Anda untuk membuat teks rata kiri (justify left), ratatengah (center), atau rata kanan (justify right). Berikut adalah cara melakukan masing-masing penataan teks:

1. Rata KiriUntuk membuat teks rata kiri, Anda dapat menggunakan perintah \flushleft sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata kiri.

\begin{flushleft}

Untuk membuat teks rata kiri, Anda dapat menggunakan perintah \flushright sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata kiri.

\end{flushleft}

 

Untuk membuat teks rata kanan, Anda dapat menggunakan perintah \flushright sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata kanan.

\begin{flushright}

Untuk membuat teks rata kanan, Anda dapat menggunakan perintah \flushright sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata kanan.

\end{flushright}

 

Untuk membuat teks rata tengah, Anda dapat menggunakan perintah \center sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata tengah.

\begin{center}

Untuk membuat teks rata tengah, Anda dapat menggunakan perintah \center sebelum teks yang ingin Anda atur menjadi rata tengah.

\end{center}

Membuat tabel dalam LaTeX cukup mudah, namun memerlukan beberapa kode unuk mengatur tampilan tabel dan data yang ingin ditampilkan. Berikut adalah caramembuat tabel dalam LaTeX:

\begin{table}[posisi]

\centering

\caption{Judul Tabel}

\begin{tabular}{alignment}

\hline

Kolom 1 & Kolom 2 & Kolom 3 \\

\hline

Baris 1 & Data 1 & Data 2 \\

Baris 2 & Data 3 & Data 4 \\

\hline

\end{tabular}

\end{table}

 

untuk membuat format teks dengan berbagai cara, seperti membuat teks tebal, miring, teks bergaris bawah dan lain sebagainya. Berikut contohnya:

\textbf{Teks Tebal}

\textit{Teks Miring}

\underline{Teks Garis Bawah}

\textcolor{red}{Teks Warna Merah}

\textsc{Teks Huruf Kecil}

\begin{large}Teks Huruf Besar \end{large}

\begin{huge}Teks Huruf Lebih Besar\end{huge}

Hasilnya adalah berikut:

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong