perbandingan logika matematik ke dalam scillab -Rahmatdani s. turuki
NAMA : RAHMATDANI S TURUKI
KELAS : B PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEMESTER III
OPERASI PERBANDINGAN
Operasi perbandingan biasanya digunakan sebagai ekspresi yang diuji dalam suatu statemen conditional if else atau sebagai ekspresi yang digunakan untuk mengontrol proses interaksi dalam suatu sistem perulangan While
Berikut ini adalah contoh penggunaan operasi perbandingan yang terdapat di dalam suatu blog konditional if-elsa
Operasi perbandingan adalah operasi yang di operasikansecara elem dengan elemen sehingga operasi ini hanya dapat di lakukan terhadap antara skalar dengan skalar atau vektor atau matriks atau antara dua buah matriks atau vektor yang berdimensi sama
OPERASI LOGIKA
Suatu operasi logika digunakan untuk menentukan nilai logika yang dihasilkan oleh kombinasi logika atau (or) ,logika dan (and) dari dua objek boolean, atau untuk melakukan operasi negasi (not) terhadap suatu objek boolean. Operasi logika adalah operasi yang bersifat elemen dengan elemen. Objek-objek yang diuji dalam suatu operasi logika dapat berupa suatu ekspresi.
Contoh operasi logika yang terkait didalam sebuah statment kondisional if
CONTOH PERULANGAN WHILE SEPERTI YANG TERDAPAT PADA GAMBAR DI BAWAH INI!
Pada Suatu operasi logika juga dapat diterapkan terhadap objek-objek numerik. Pada kasus ini, angka (0) akan dianggap sebagai konstanta boolean salah (F) dan sembarang angka lainnya selain angka nol akan dianggap sebagai konstanta boolean benar (T) . Berikut ini contoh operasi logika terhadap objek-objek dalam numerik
fungsi fungsi logika
Selain menyediakan beberapa operator logika, di dalam Scilab juga terpasang dua fungsilogika yaitu and dan or. Kedua fungsi tersebut dapat digunakan untuk melakukan operasilogika dan serta logika atau terhadap elemen-elemen suatu matrik/vektor boolean.
1. AND
Fungsi and adalah fungsi untuk operasi logika dan. Berikut ini sintak dari fungsi and:
B = and(A) atau B = and(A,'*')
B = and(A,1) atau B = and(A,'r')
B = and(A,2) atau B = and(A,'c')
dimana A adalah suatu matrik boolean. Output dari fungsi and adalah konstanta boolean Tjika semua elemen matrik yang diuji mempunyai nilai benar dan konstanta boolean F jikaterdapat sebuah elemen matrik yang diuji yang mempunyai nilai salah.
Contoh penggunaan fungsi and, yaitu:
2. Or
Fungsi or adalah fungsi untuk logika atau. Sintak dari fungsi or adalah sebagai berikut:B = or (A) atau B = or(A,'*')B = or (A,1) atau B = or(A,'r')B = or (A,2) atau B = or(A,'c')
dimana A adalah suatu matrik boolean. Output dari fungsi or adalah konstanta boolean T jika terdapat sebuah elemen matrik yang diuji mempunyai nilai benar dan konstanta boolean F jika semua elemen matrik yang diuji yang mempunyai nilai salah.
Contoh penggunaan fungsi or yaitu:
Fungsi-Fungsi Pengujian
pada Tabel dibawah ini merupakan daftar dari beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam operasi seperti memeriksa eksistensi sebuah variabel, menguji tipe dan nilai dari elemen-elemen matrik dan lain sebagainya. Output yang dihasilkan oleh fungsi-fungsi tersebut adalah konstanta boolean T (true, benar) atau konstanta boolean F (false, salah) tergantung pada hasil pengujiannya.
Berikut merupakan contoh dari penggunaan ilustrasi pengujian,
Informasi yang dihasilkan oleh suatu fungsi pengujian kadangkala diperlukan sebagai kondisi yang diuji di dalam sebuah statemen kondisional, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.
Perulangan dan Kondisional
Scilab menyediakan beberapa statemen yang dapat digunakan untuk mengontrol alur eksekusi terhadap serangkaian statemen. Statemen-statemen tersebut yaitu for, while, if–else dan select–case, break dan continue.
For
Statemen for digunakan untuk melakukan eksekusi secara berulang (iterasi) dalam jumlah tertentu terhadap suatu blok-statemen. Bentuk umum statemen ini adalah sebagai berikut:
for var = exp
blok-statemen
end
Dimana var adalah variabel perulangan dan exp adalah ekspresi yang digunakan untuk mengontrol suatu perulangan for. Ekspesi perulangan biasanya berupa sebuah vektor inkremental, j:k atau j:d:k.
Contoh perulangan for yang menggunakan vektor inkremental i:j sebagai ekspresi yang digunakan untuk mengontrol suatu perulangannya adalah sebagai berikut :
Contoh perulangan for yaitu:
Selain berupa suatu vektor inkremental, ekspresi yang digunakan untuk mengontrol suatu perulangan for juga dapat berupa sebuah vektor atau matrik sembarang. Misalkan Vadalah sebuah vektor atau matrik yang digunakan sebagai ekspresi perulangan maka statemen perulangannya secara umum dapat dinyatakan sebagai berikut:
for var = V blok-statemen end
Pada sebuah perulangan yang menggunakan suatu vektor sebagai ekspresi perulangannya maka jumlah perulangannya adalah sebanyak jumlah elemen vektor dimana pada setiap langkah perulangan ke-i nilai variabel iterasinya adalah nilai elemen ke-i, seperti yang diperlihatkan pada contoh di bawah ini.
Kemudian pada suatu perulangan yang menggunakan suatu matrik sebagai ekspresi perulangannya maka jumlah perulangannya adalah sebanyak jumlah kolom matrik dan pada setiap langkah perulangan ke-i nilai variabel iterasinya adalah vektor kolom ke-i, seperti yang diperlihatkan pada contoh berikut ini.
Statemen perulangan for juga dapat diletakkan di dalam sebuah statemen perulangan yang lain, seperti pada contoh di bawah ini.
While
Statemen perulangan while digunakan untuk menangani suatu proses perulangan yang jumlah perulangannya tidak dapat ditentukan secara pasti. Bentuk umum dari statemen perulangan while adalah sebagai berikut:
while ekspresi then blok-statemen end
Blok statemen yang terdapat di dalam sebuah blok perulangan while akan dieksekusi secara berulang selama ekspresi yang diuji masih bernilai benar, proses perulangan akan dihentikan jika ekspresi yang diuji bernilai salah. Kata-kunci then dapat diganti dengan ENTER, do, simbol koma (,) atau simbol titik-koma (;).
Berikut ini sebuah contoh operasi perulangan dengan statemen while.
kemudian contoh berikutnya yang menggambarkan penggunaan statemen perulangan while adalah sebagai berikut:
Break
Statemen break digunakan untuk menghentikan suatu proses perulangan secara paksa.Pada suatu perulangan yang bersarang, statemen break hanya akan menghentikan proses perulangan dimana statemen break berada.
Berikut ini merupakan contoh penggunaan dalam statemen break:
Continue
Dalam suatu blok yang ada pada perulangan, penggunaan statemen continue akan menyebabkan statemen-statemen yang terletak di bawahnya tidak akan dieksekusi dan prosesnya dilanjutkan ke langkah perulangan berikutnya. Statemen continue yang terletak di dalam suatu perulangan yang bertingkat hanya akan berpengaruh terhadap blok perulangan yang melingkupinya.
berikut contoh penggunaan statmen continue berikiut:
pada Penggunaan statemen continue di dalam suatu blok perulangan kadang dapat dihindari dengan menggunakan statemen-statemen lain yang ekuivalen. Sebagai contoh, perhitungan di atas dapat diselesaikan tanpa harus menggunakan statemen continue dengan statemen-statemen dibawah.
Seperti yang terlihat pada contoh diatas, blok statemen yang tidak menggunakan statemen continue lebih ringkas dan lebih mudah dibaca daripada blok statemen yang menggunakan statemen continue.
if else
Statemen if–else digunakan untuk mengontrol apakah suatu blok statemen akan dieksekusi atau tidak. Bentuk paling sederhana dari statemen ini adalah sebagai berikut:
if ekspresi then blok-statemenend
Blok statemen yang terletak di dalam blok if hanya akan dieksekusi jika ekspresi yang diuji bernilai benar. Kata-kunci then dalam blok kondisional if-else dapat diganti dengan ENTER, tanda koma (,) atau tanda titik-koma (;).
Berikut ini adalah contoh penggunaan statemen if:
Apabila terdapat dua alternatif pilihan untuk ekspresi yang diuji dalam blok kondisionalmaka blok kondisional if-else cocok untuk digunakan.
if ekspresi then
blok-statemen pertama
else
blok-statemen kedua end
Pada blok kondisional if-else jika ekspresi yang diuji mempunyai nilai benar maka blokstatemen pertama yang akan dieksekusi namun jika ekspresi yang diuji bernilai salah maka blok-statemen kedua yang akan dieksekusi.
Contoh penggunaan statemen if - else adalah sebagai berikut:
Apabila ekspresi yang diuji dalam suatu blok kondisional yang mempunyai lebih dari dua macam pilihan maka bentuk kondisional yang sesuai adalah if-elseif-else yang mempunyai bentuk umum sebagai berikut:
if ekspresi_1 then blok-statemen pertama elseif ekspresi_2 then blok-statemen kedua . . . else blok-statemen ke-n end
Pada blok kondisional if-elseif-else, suatu blok-statemen akan dieksekusi jika ekspresiyang diuji untuk blok-statemen tersebut mempunyai nilai benar. Apabila semua ekspresi yang diuji tidak ada yang mempunyai nilai logika benar maka blok-statemen yang terdapat pada blok else yang akan dieksekusi. Blok else bersifat opsional dan dapat diabaikan apabila tidak diperlukan.
Berikut ini adalah contoh penggunaan statemen if-elseif-else:
Statemen kondisional juga dapat dibuat bersarang atau berada di dalam statemen kondisional yang lainnya, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.
select case
Statemen kondisional select-case cocok untuk digunakan jika ekspresi yang diuji dalam blok kondisional mempunyai nilai diskrit, baik berupa suatu data integer maupun string. Bentuk umum dari statemen select-case adalah sebagai berikut:
select ekspresi case ekspresi_1 then blok-statemen pertama case ekspresi_2 blok-statemen kedua . . . else blok-statemen ke-n end
Pada blok kondisional select-case, jika ekspresi yang diuji mempunyai nilai yang sama dengan nilai ekspresi dari suatu case maka blok-statemen pada case tersebut yang akan di eksekusi. Namun jika nilai dari ekspresi yang diuji tidak ada yang sama dengan salah satu dari nilai ekspresi pada suatu case maka blok statemen yang terdapat pada blok else yangakan dieksekusi. Blok else bersifat opsional dan dapat tidak digunakan jika tidak diperlukan.
Berikut ini contoh penggunaan statemen select–case:
Contoh lain penggunaan statemen select–case adalah sebagai berikut:
Dalam suatu operasi kondisional, jika ekspresi yang diuji mempunyai nilai diskrit maka penggunaan statemen select-case adalah lebih cocok dibandingkan dengan statemen if elseif-else. Hal ini karena blok statemen kondisional yang dibuat dengan statemen select-case lebih mudah untuk dibaca dan mempunyai bentuk yang lebih elegan.
Bab 12Editor Teks SciNotes
SciNotes adalah sebuah program editor teks yang disediakan oleh Scilab untuk memudahkan pembuatan atau pengembangan sebuah file skrip atau fungsi. SciNotes dapat dijalankan melalui menu Applications SciNotes yang terdapat pada jendela konsolScilab atau dengan menggunakan perintah editor atau scinotes. Gambar berikut ini adalah tampilan dari jendela editor teks SciNotes.
1.1 tampilan editor teks scinotess
SciNotes menyediakan fitur-fitur menarik yang sangat berguna pada waktu pembuatan atau pengeditan suatu file skrip atau fungsi. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut:
- Penggunaan warna-warna tertentu untuk memperjelas sintaksis suatu statemen.
- Indentasi secara otomatis pada saat penulisan suatu blok statemen perulangan atau kondisional.
- Dapat memperbaiki indentasi pada statemen-statemen yang diblok.
- Autocompletion terhadap operator atau kata-kunci.
- Pencarian dan penggantian terhadap suatu kata atau frasa yang terdapat di dalam file yang sedang dibuka.
contoh sebuah gambar ilustrasi pembuatan sebuah fungsi dalam scinotes.
1.2 contoh pembuatan fungsi pada scinotes
File skrip atau fungsi yang telah selesai dibuat dalam SciNotes dapat dieksekusi ke dalam konsol Scilab melalui menu Execute atau dengan menggunakan tombol klik kanan pada mouse.
BAB 13
SKRIP
Skrip adalah sebuah file teks yang di dalamnya terdapat statemen-statemen Scilab. Pada saat suatu skrip dijalankan maka statemen-statemen yang terdapat di dalamnya akan dieksekusi seolah-olah statemen-statemen tersebut diketikkan pada Jendela Scilab.
pembuatan skrip
Pada dasarnya suatu file skrip dapat dibuat dengan menggunakan sembarang program editor teks, seperti notepad. Namun cara terbaik dalam pembuatan sebuah file skrip yaitu dengan program editor teks SciNotes karena program tersebut merupakan teks editor yang disediakan oleh Scilab untuk memudahkan pembuatan sebuah file skrip atau file fungsi.SciNotes dapat dijalankan melalui jendela Scilab melalui menu Application SciNotes.
Sebuah skrip yang telah selesai dibuat dengan teks editor SciNotes dapat disimpan denganmenggunakan menu File Save. Meskipun dapat digunakan sembarang ektensi, namumsebuah file skrip sebaiknya disimpan dengan ekstensi sce.
Contoh 1. (Deret Fibonacci). Berikut ini adalah sebuah skrip [fibo.sce] untuk menentukan sejumlah 10 suku awal dari deret Fibonacci.
bab 14
Fungsi
Suatu fungsi adalah sekumpulan statemen yang merepresentasikan sebuah komputasi tertentu. Suatu fungsi dapat dibuat dalam bentuk sebuah file teks (file-fungsi) atau dibuat secara langsung pada jendela Scilab.
File-Fungsi
File-fungsi adalah sebuah file teks yang di dalamnya terdapat statemen-statemen Scilab dimana statemen-statemen tersebut harus diitulis dengan sintaks
contoh 1 beberapa pembuatan fungsi seperti yang ada pada gambar di bawah:
Contoh 2. Beberapa fungsi trigonometri dengan argumen sudut dalam satuan derajat [trig_derajat.sci]
- Membuat Suatu Fungsi Secara Langsung pada Jendela Scilab
Selain dalam bentuk file-fungsi, sebuah fungsi juga dapat dibuat secara langsung pada jendela Scilab dengan menggunakan blok statemen function-endfunction atau dengan menggunakan fungsi deff. Fungsi-fungsi yang dibuat dengan cara ini akan tersimpan secara otomatis di dalam ruang kerja sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu dipanggil terlebih dahulu seperti pada sebuah file-fungsi. Fungsi-fungsi yang dibuat secara langsung pada jendela Scilab hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika program Scilab ditutup.
- Pembuatan Fungsi dengan Blok Statemen Function-Endfunction
Sintaks pembuatan suatu fungsi baru secara langsung pada jendela Scilab dengan menggunakan blok statemen function-endfunction adalah sama seperti sintaks penulisan suatu fungsi dalam sebuah file-fungsi.
- dibawah ini merupakan ilustrasi pembuatan fungsi secara langsung pada jendela scillab
Pembuatan Fungsi dengan Fungsi Deff
Pembuatan sebuah fungsi baru secara langsung pada jendela Scilab dengan fungsi deff dapat dilakukan dengan menggunakan sintaks sebagai berikut: deff("[out1,out2,...] = fname(in1,in2,...)", [blok_statemen])
dimana out1,out2 adalah argumen-argumen output, in1,in2 adalah argumen-argumen input dan blok_statemen adalah statemen-statemen untuk fungsi fname.
Semua statemen yang terdapat di dalam blok_statemen harus ditulis diantara tanda kutiptunggal (') atau tanda kutip-ganda (") dan untuk memisahkan statemen yang berbeda dapat digunakan tanda koma (,) atau titik-koma (;).
Berikut ini contoh-contoh pembuatan suatu fungsi dengan menggunakan perintah deff:
Variabel Lokal dan Variabel Global
Variabel-variabel yang terdapat di dalam suatu fungsi adalah variabel lokal. Variabelvariabel tersebut hanya akan ada selama proses eksekusi terhadap fungsi berlangsung dan tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel-variabel yang telah tersimpan dalam ruangkerja meskipun mempunyai nama yang sama.
berikut ini merupakan contoh Ilustrasi mengenai variabel lokal:
2.variabel global
Variabel global adalah variabel yang tersimpan baik di dalam fungsi maupun di dalamruang kerja. Sebuah variabel dapat dibuat sebagai variabel global dengan menggunakan fungsi global yang mempunyai sintaks sebagai berikut:
global('var1', 'var2', ..., 'varn') global var1 var2 ... varn
dimana var1, var2, varn adalah nama-nama variabel global. Untuk merubah nilai suatu variabel global dari dalam sebuah fungsi maka kita juga harus menambahkan fungsi global ke dalam fungsi.
- berikut merupakan contoh ilustrasi variabel global
Fungsi Rekursif
Rekursi adalah proses pemanggilan sebuah fungsi terhadap dirinya sendiri. Suatu fungsi yang di dalamnya terdapat suatu proses rekursi disebut sebagai fungsi rekursif.
- Berikut ini adalah implementasi statemen-statemen untuk fungsi faktorial.
Profil jurusan matematika Universitas negeri Gorontalo
Jurusan Matematika (Saat itu Program Studi Pendidikan Matematika) didirikan pada tanggal 11 Juli 1996 berdasarkan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 254/DIKTI/Kep/1996, sebagai salah satu Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samratulangi, Manado. Sejak saat itu Jurusan Matematika terus mengalami perkembangan hingga pada saat ini bernama, Jurusan Matematika dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Visi Jurusan Matematika FMIPA UNG adalah menjadi lembaga yang unggul dan inovatif dalam bidang Matematika yang berdaya saing di kawasan Asia Tenggara.
Untuk mewujudkan visi tersebut, maka lembaga mencanangkan beberapa misi diantaranya:
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, inovatif dan berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan profesional yang berdaya saing;Meningkatkan kegiatan penelitian dibidang matematika yang dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan, matematika, dan statistika;Meningkatkan kegiatan pengabdian berupa penyebaran hasil penelitian di bidang pendidikan, matematika, dan statistika;Menjalin kerja sama dengan pemerintah dan perguruan tinggi (dalam dan luar negeri) dalam menunjang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.Untuk mencapai visi dan misi tersebut, Jurusan Matematika FMIPA UNG memiliki tujuan sebagai berikut:
Mewujudkan sistem pengelolaan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif dan berdaya saing;Menghasilkan berbagai jenis penelitian dibidang matematika, statistika, dan pendidikan matematika yang terpublikasi ditingkat nasional maupun internasional;Berperan dalam menyelesaikan permasalahan matematika, statistika dan pembelajarannya ditingkat sekolah melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan guru berbasis hasil penelitian;Membangun kerja sama dalam meningkatkan akses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dengan institusi dalam dan luar negeri.
* PROGRAM PENDIDIKAN
Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo saat ini menawarkan tiga Program Studi, yaitu
1. Program Studi S1 Pendidikan Matematika
2. Program Studi S1 Matematika
3. Program Studi S1 Statistika
*KEUNGGULAN
Dosen tetap Jurusan Matematika yang berjumlah 38 orang seluruhnya berkualifikasi S2 atau S3, dengan bidang kepakaran yang beragam, dari pendidikan matematika, matematika murni hingga matematika terapan. Bidang kepakaran dosen tersebut meliputi pendidikan matematika, matematika murni, matematika keuangan dan pasar modal, matematika komputasi, pemodelan stokastik, pemodelan berbagai fenomena dengan persamaan diferensial, dan pemodelan masalah-masalah lingkungan
Mengetahui keunggulan/kelebihan Universitas negeri Gorontalo
Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah perguruan tinggi negeri yang memiliki beberapa keunggulan, berikut beberapa keunggulan yang dimiliki UNG;
1. UNG Mendapatkan Akreditasi A Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya Universitas Negeri Gorontalo mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.
2. Masuk Dalam 10 Besar Universitas Terbaik Di Indonesia Timur Bagi Kamu yang berasal dari Indonesia Timur dan tidak ingin terlalu jauh merantau hingga ke Jawa, Kamu bisa memilih UNG sebagai tempat berkuliah. Alasan memilih kuliah di UNG adalah karena kampus ini masuk dalam 10 besar kampus terbaik di Indonesia Timur.
3. Menempati Ranking 89 Versi 4icu Untuk tingkat nasional, UNG masuk dalam 100 besar universitas terbaik versi 4icu. Tahun 2019 ini, UNG mendapatkan peringkat ke 89 untuk tingkat nasional.
4. UNG Memiliki 10 Fakultas Tidak perlu ragu dengan UNG karena di kampus ini ada 10 fakultas yang bisa Kamu pilih, mulai dari FMIPA, FT, FE, hingga fakultas sastra dan budaya. Tahun ini, UNG menambah satu fakultas baru yaitu fakultas kedokteran.
5. Ada 71 Program Studi UNG memiliki 71 program studi dengan rincian 48 prodi untuk S1, 16 prodi untuk S2, 4 prodi untuk S3, 2 prodi untuk D3, dan 1 prodi untuk jenjang profesi.
6. Biaya Kuliah Yang Sangat Terjangkau Alasan kuliah di UNG selanjutnya adalah karena kampus ini memiliki biaya kuliah yang sangat terjangkau. UNG sudah menerapkan sistem UKT 8 golongan. Untuk UKT yang paling mahal, nominalnya tidak lebih dari Rp5 Juta per semesternya.
7. Perbandingan Jumlah Dosen Dan Mahasiswa Adalah 1:25 Perbandingan jumlah dosen dengan jumlah mahasiswa di UNG adalah 1:25, artinya setiap satu dosen, ada 25 mahasiswa bersamanya.
8. Fasilitas Kampus Yang Lengkap Fasilitas kampus UNG juga termasuk lengkap. Ada sarana ibadah, laboratorium, poliklinik, hingga pusat pelatihan bahasa.
9. Banyak Pilihan UKM Sebagai Wadah Kegiatan Mahasiswa Ada banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa Kamu pilih jika nanti diterima masuk di kampus ini. Beberapa pilihan diantaranya adalah UKM marching band, olahraga, dan mapala.
10. Memiliki Visi Mendunia Tanpa Meninggalkan Potensi Regional UNG memiliki visi Leading University di kawasan Asia tenggara. Untuk mencapai visi tersebut, pihak kampus melakukan pengembangan kebudayaan dan inovasi dengan mengutamakan potensi regional.
Demikianlah beberapa keuunggulan dari UNG. Sekian dan Terima kasih.
Mengetahui sejarah Universitas negeri gorontalo
Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.
Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.
Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.
Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.
Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).
Pada masa pemerintahan gubernur provinsi gorontalo Rusli Habibie, pergantian nama Universitas Negeri Gorontalo sempat diusulkan menjadi UBJ Habibie (Universitas BJ Habibie). Namun kemudian para mahasiswanya menolak. Sebab dianggap akan menghilangkan entitas jati diri rakyat Provinsi Gorontalo. [3]