Program Scilab

15 November 2023 16:49:06 Dibaca : 56

Nama                                    : Laila N. Karim

NIM                                       : 411422016

Prodi / Kelas                    : Pendidikan Matematika / A

Mata Kuliah                     : Komputasi dan Pemograman

Dosen Pengampu        : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Pd

 

Scilab adalah sebuah perangkat lunak gratis yang dikembangkan untuk komputasi numerik dan visualisasi data. Scilab cocok digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan matematika yang sederhana maupun untuk menyelesaikan berbagai persoalan komputasi numerik yang rumit. Hal ini karena di dalamnya telah terpasang ratusan fungsi yang merupakan implementasi dari algoritma-algoritma dalam metode numerik. Selain itu Scilab juga merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Operasi Perbandingan

Operasi perbandingan adalah operasi yang dioperasikan secara elemen-dengan-elemen sehingga operasi ini hanya dapat dilakukan terhadap antara skalar dengan skalar atau vektor/matrik, atau antara dua buah matrik/vektor yang berdimensi sama.

Operasi perbandingan biasanya digunakan sebagai ekspresi yang diuji dalam suatu statemen kondisional if-else atau sebagai ekspresi yang digunakan untuk mengontrol proses iterasi dalam suatu statemen perulangan while.

Operator – Operator Perbandingan adalah sebagai berikut:

= =                   : Sama dengan

<                      : Lebih kecil dari

< =                   : Lebih kecil atau sama dengan

>                      : Lebih besar dari

> =                   : Lebih besar atau sama dengan

< > atau ~ =    : Tidak sama dengan

Pembuatan String

Sebuah string dibuat dengan menggunakan tanda kutip-tunggal (') atau kutip-ganda ("). Obyek string dapat berupa suatu skalar atau matrik.

Input dan Output

  • Memasukkan Data dengan Fungsi Input

Selain melalui baris perintah, suatu data juga dapat dimasukkan dengan fungsi input dengan sintaks sebagai berikut:

     x = input("teks")

     x = input("teks", "string")

Dimana teks adalah keterangan tentang data yang akan dimasukkan. Jika data yang dimasukkan berupa string maka "string" harus digunakan sebagai argumen kedua pada fungsi input. Argumen "string" dapat disingkat dengan karakter tunggal "s". Fungsi input dapat digunakan di dalam sebuah skrip untuk proses pemasukan data secara interaktif.

  • Menampilkan Nilai Suatu Variabel dengan Fungsi Disp

Selain dengan cara menuliskan nama variabelnya pada baris perintah, nilai dari suatu variabel var juga dapat ditampilkan pada Jendela Scilab dengan fungsi disp(var). Fungsi disp juga dapat digunakan untuk menampilkan nilai dari beberapa variabel sekaligus dengan menggunakan sintaks disp(var1, var2, ... varn), dimana var1, var2, varn adalah nama-nama variabel. Fungsi disp akan menampilkan nilai variabel-variabel dengan urutan yang terbalik dengan urutan daftar variabel pada argumen input.

  • Mencetak Nilai Variabel dengan Fungsi Print

Sebuah variabel juga dapat dicetak nama dan nilainya ke dalam suatu file dengan fungsi print yang mempunyai sintak sebagai berikut:

      print(nama_file, x1, x2, ..., xn)

Dimana nama_file adalah nama file untuk menyimpan variabel x1, x2, ..., xn. Nama file harus ditulis dengan nama direktorinya apabila filenya tidak berada pada direktori kerja, namun jika berada dalam direktori kerja maka cukup dengan nama filenya saja. Urutan dari tampilan variabel yang dihasilkan oleh fungsi print adalah terbalik dengan urutan variabel-variabel pada argumen inputnya. Fungsi print akan mencetak data numerik sesuai dengan format numerik yang sedang digunakan.

              Fungsi print juga dapat digunakan untuk menampilkan nilai sebuah variabel pada jendela Scilab dengan menggunakan angka 6 atau %io(2) sebagai argumen nama file. print(%io(2), x1, x2, ..., xn).

Perulangan dan Kondisional

Scilab menyediakan beberapa statemen yang dapat digunakan untuk mengontrol alur eksekusi terhadap serangkaian statemen. Statemen-statemen tersebut yaitu for, while, if– else, break dan continue.

  • For

Statemen for digunakan untuk melakukan eksekusi secara berulang (iterasi) dalam jumlah tertentu terhadap suatu blok-statemen. Bentuk umum statemen ini adalah sebagai berikut:

     for var = exp

          blok-statemen

     end

Dimana var adalah variabel perulangan dan exp adalah ekspresi yang digunakan untuk mengontrol suatu perulangan for. Ekspesi perulangan biasanya berupa sebuah vektor inkremental, j:k atau j:d:k.

  • While

Statemen perulangan while digunakan untuk menangani suatu proses perulangan yang jumlah perulangannya tidak dapat ditentukan secara pasti. Bentuk umum dari statemen perulangan while adalah sebagai berikut:

     while ekspresi then

         blok-statemen

     end

Blok statemen yang terdapat di dalam sebuah blok perulangan while akan dieksekusi secara berulang selama ekspresi yang diuji masih bernilai benar, proses perulangan akan dihentikan jika ekspresi yang diuji bernilai salah. Kata-kunci then dapat diganti dengan ENTER, do, simbol koma (,) atau simbol titik-koma (;).

  • Break

    Statemen break digunakan untuk menghentikan suatu proses perulangan secara paksa. Pada suatu perulangan yang bersarang, statemen break hanya akan menghentikan proses perulangan dimana statemen break berada.

  • Continue

    Di dalam suatu blok perulangan, penggunaan statemen continue akan menyebabkan statemen-statemen yang terletak di bawahnya tidak akan dieksekusi dan prosesnya dilanjutkan ke langkah perulangan berikutnya. Statemen continue yang terletak di dalam suatu perulangan yang bertingkat hanya akan berpengaruh terhadap blok perulangan yang melingkupinya saja.

         Penggunaan statemen continue di dalam suatu blok perulangan kadang dapat dihindari dengan menggunakan statemen-statemen lain yang ekuivalen. blok statemen yang tidak menggunakan statemen continue lebih ringkas dan lebih mudah dibaca daripada blok statemen yang menggunakan statemen continue.

  • If-Else

    Statemen if–else digunakan untuk mengontrol apakah suatu blok statemen akan dieksekusi atau tidak. Bentuk paling sederhana dari statemen ini adalah sebagai berikut:

         if ekspresi then

             blok-statemen

         end

    Blok statemen yang terletak di dalam blok if hanya akan dieksekusi jika ekspresi yang diuji bernilai benar. Kata-kunci then dalam blok kondisional if-else dapat diganti dengan ENTER, tanda koma (,) atau tanda titik-koma (;).

 

PRAKTEK SCILAB

1.  Deret Bilangan Genap Ganjil

Tampilan SciNotes :

 

Tampilan Console :

 

2.  Deret Bilangan Prima

Tampilan SciNotes :

 

Tampilan Console :

 

3.  Fungsi Bagi Dua

Tampilan SciNotes :

 

Tampilan Console :

 

Tampilan Grafik :

 

4.  Nilai Akhir

Tampilan SciNotes :

 

Tampilan Console :

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong