Uji Korelasi Menggunakan Aplikasi RStudio
Nama : Nurfadila Umar
Nim : 411422041
Prodi/Kelas : Pendidikan Matematika/A
Semester : V (Lima)
Mata Kuliah : Aplikasi Komputer
Dosen Pengampu : Agusyarif Rezka Nuha, S. Pd, M. Si
Data yang digunakan dalam pengujian korelasi ini diambil dari skripsi yang berjudul : "Pengaruh Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Tombolo Pao Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa". Pengujian ini dilakukan untuk melihat adanya korelasi antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Berikut hasil pengujian korelasi menggunakan aplikasi RStudio:
Berdasarkan hasil pengujian berikut penjelasannya:
- Pearson's product-moment correlation: Uji ini mengukur hubungan linier antara dua variabel kontinu. Hasil korelasi Pearson berupa nilai antara -1 hingga 1, yang menunjukkan seberapa kuat dan arah hubungan linier antara kedua variabel tersebut.
- Data: data$Skor Minat Belajar and data$Skor Prestasi Belajar: Data yang digunakan adalah Skor Minat Belajar dan Skor Prestasi Belajar dari suatu data frame bernama data.
- t = 3.5872, df = 30, p-value = 0.001171:t = 3.5872: Nilai statistik t menunjukkan kekuatan hubungan dalam konteks distribusi t. Semakin besar nilai t, semakin signifikan hubungan antara kedua variabel.df = 30: Derajat kebebasan (degrees of freedom) dalam uji ini adalah 30, yang merupakan ukuran sampel dikurangi 2.p-value = 0.001171: Nilai p ini lebih kecil dari 0,05, yang berarti hubungan antara Skor Minat Belajar dan Skor Prestasi Belajar signifikan secara statistik pada tingkat signifikansi 5%.
- Alternative hypothesis: true correlation is not equal to 0: Hipotesis alternatif dalam uji ini adalah bahwa korelasi antara kedua variabel tidak sama dengan nol, atau ada hubungan antara kedua variabel.
- 95 percent confidence interval: 0.2462342 0.7527681: Interval kepercayaan 95% menunjukkan bahwa dengan tingkat keyakinan 95%, nilai korelasi sebenarnya berada di antara 0,246 dan 0,753. Hal ini berarti ada hubungan positif sedang antara kedua variabel.
- Sample estimates: cor 0.5478865: Estimasi korelasi sampel adalah 0,548, menunjukkan hubungan positif sedang antara Skor Minat Belajar dan Skor Prestasi Belajar.
Dari hasil analisis dengan menggunakan aplikasi RStudio menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar, dengan korelasi sedang di antara kedua variabel tersebut.
Program Aplikasi Matlab - Menghitung Luas Dan Keliling Belah Ketupat
Nama : Nurfadila Umar
Nim : 411422041
Prodi/Kelas : Pendidika Matematika/A
Mata Kuliah : Komputasi Dan Pemograman
Dosem Pengampu : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si
GUI DALAM MATLAB
Pengertian GUI
Guide atau GUI (Graphical User Interface) adalah salah satu komponen dari Matlab untuk membuat interface (desain form) proses penyelesaian persoalan matematika yang lebih efisien dan menarik. Tidak seperti m-file hanya bisa bermain di Command Windows. Di sini, Anda akan membuat form (lembar kerja) untuk masing-masing program aplikasi dengan menggunakan atribut yang sudah disediakan oleh Matlab.
Langkah-langkah Pembuatan GUI
1) Buka lembar kerja pada Matlab kemudian muncul Command Window setelah itu ketik guide, maka akan muncul tampilan di bawah ini.
2) Setelah itu klik Blank GUI kemudian tekan OK, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
3) Desain guide seperti gambar berikut ini kemudian simpan dengan nama “PerhitunganPrismaSegitiga”, dengan atribut: Statis Text (6), Edit Text (5), Push Button (2).
4) Untuk mengubah tampilan guide agar lebih menarik “Klik Kanan”. Kemudian pilih >> ”Color” pilih warna yang sesuai dengan keinginan. Begitupun dengan mengubah tampilan atribut pada guide pilih >> ”BackgroundColor” pilih warna sesuai dengan keinginan. Sehingga setelah diubah tampilannya seperti berikut:
5) Pilih tombol “Panjang sisi” kemudian klik kanan, pilih View Callbacks >> Callbacks, maka akan muncul m - file. Ketikkan scribs berikut ini:
6) Pilih tombol “Panjang diagonal1” kemudian klik kanan, pilih View Callbacks >> Callbacks, maka akan muncul m - file. Ketikkan scribs berikut ini:
7) Pilih tombol “Panjang diagonal2” kemudian klik kanan, pilih View Callbacks >> Callbacks, maka akan muncul m - file. Ketikkan scribs berikut ini:
8) Pilih tombol “Hitung” kemudian klik kanan, pilih View Callbacks >> Callbacks, maka akan muncul m - file. Ketikkan scribs berikut ini.
9) Pilih tombol“Keluar” kemudian klik kanan, pilih View CallBacks >> CallBacks, maka akan muncul m- file. Ketikkan scribs berikut ini :
10) Jika semua scribs sudah dimasukkan silahkan klik tombol running. Kemudian simulasikan dengan memasukkan nilai 1 pada Panjang Sisi , 2 pada Panjang Diagonal1, dan 3 pada Panjang Diagonal2.
Program Scilab
Nama : Nurfadila Umar
Nim : 411422041
Prodi/Kelas : Pendidikan Matematika/A
Mata Kuliah : Komputasi dan Pemograman
Dosen Pengampu : Agusyarif Rezka Nuha,S.Pd,M.Pd
Scilab merupakan nama dari perangkat lunak komputer yang memiliki arti sebagai singkatan dari "Scientific Laboratory." Dengan demikian, nama "Scilab" merujuk pada sifat ilmiah dan laboratorium dari perangkat lunak tersebut. Dengan fokus pada komputasi numerik dan ilmiah, Scilab memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai perhitungan matematika, analisis data, pemodelan, dan tugas-tugas ilmiah lainnya dalam lingkungan perangkat lunak yang terbuka dan dapat dimodifikasi.
- Pembuatan String
Dalam banyak bahasa pemrograman, pembuatan string dilakukan dengan mendeklarasikan variabel dengan tipe data string dan kemudian memberikan nilai atau menginisialisasinya. Setiap bahasa memiliki sintaksis yang sedikit berbeda, tetapi umumnya, proses ini melibatkan penggunaan tanda kutip (ganda atau tunggal) untuk menandai awal dan akhir string.
- Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan adalah operasi matematika yang membandingkan dua nilai atau ekspresi dan menghasilkan nilai kebenaran (true atau false) sebagai hasilnya. Operasi ini sering digunakan dalam struktur kontrol seperti pernyataan if dan dalam evaluasi kondisi.
Berikut adalah beberapa operator perbandingan yang umum digunakan di banyak bahasa pemrograman:
Sama dengan (=)
Tidak sama dengan (~=)
Lebih kecil dari (<)
Lebih besar dari (>)
Lebi kecil dari atau sama dengan (<=)
Lebih besar dari atau sama dengan (>=)
Input dan Output
- Memasukkan Data dengan Fungsi Input
Penggunaan fungsi 'input' bergantung pada bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Fungsi 'input' umumnya digunakan untuk menerima input dari pengguna melalui konsol atau antarmuka pengguna sederhana.
- Menampilkan NIlai Variabel dengan Fungsi Disp
Fungsi 'disp' umumnya digunakan untuk menampilkan nilai variabel atau teks pada layar dalam berbagai lingkungan pemrograman, terutama dalam lingkungan yang mendukung MATLAB atau Scilab.
Perulangan dan Kondisional
Perulangan (looping) dan kondisional (pengkondisian) adalah struktur kontrol yang umum digunakan dalam pemrograman untuk mengatur alur eksekusi program.
Perulangan (Looping):Perulangan digunakan untuk mengeksekusi serangkaian pernyataan atau blok kode berulang kali selama kondisi tertentu terpenuhi. Ada beberapa jenis perulangan, termasuk for, while, dan do-while.
Kondisional (Pengkondisian):Pengkondisian digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan suatu kondisi. Pernyataan if, else, dan else if adalah bagian umum dari struktur pengkondisian.
PRAKTEK SCILAB
1. Deret Bilangan Ganjil Genap
2. Deret Bilangan Prima
3. Fungsi Bagi Dua
4. Nilai Akhir
Sejarah Perkembangan Komputer dan Algoritma
Nama : Nurfadila Umar
Nim : 411422041
Prodi/Kelas : Pendidikan Matematika/A
Mata Kuliah : Komputasi dan Pemograman
Dosen Penganpu : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si
Sejarah Perkembangan Komputer dan Perkembangan Algoritma
Sejarah dan perkembangan komputer serta perkembangan algoritma adalah dua aspek yang terkait erat, karena perkembangan perangkat keras komputer dan perkembangan pemahaman tentang cara menjalankan tugas-tugas melalui algoritma telah saling memengaruhi. Berikut adalah sejarah perkembangan komputer dan algoritma:
Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah perkembangan komputer adalah cerita tentang bagaimana manusia terus mengembangkan teknologi untuk memproses informasi dengan lebih cepat dan lebih efisien. Perkembangan ini telah membawa perubahan besar dalam hampir semua aspek kehidupan kita, dari bisnis hingga ilmu pengetahuan, dan akan terus berlanjut seiring dengan kemajuan teknologi.
1. Zaman Pra-Komputer (Sebelum Abad ke-20):
Sebelum abad ke-20, sebelum komputer modern yang kita kenal saat ini ada, komputasi dan pemrosesan data dilakukan dengan metode manual dan peralatan sederhana. Berikut adalah ikhtisar sejarah dan perkembangan komputer zaman pra-komputer:
1) Abakus (2000 SM - 1600 M): Salah satu perangkat komputasi awal yang ditemukan adalah abakus, yang digunakan oleh berbagai peradaban kuno seperti Mesir, Babilonia, dan Cina. Abakus adalah perangkat mekanis yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan memanipulasi batang atau manik-manik pada rel.
2) Roda Perhitungan (300 SM - 1600 M): Roda perhitungan, yang dikenal sebagai cakram Napier, adalah perangkat mekanis lain yang digunakan untuk perkalian dan pembagian. John Napier, seorang matematikawan Skotlandia, mengembangkan alat ini pada abad ke-17.
3) Logaritma (1614): John Napier juga menciptakan tabel logaritma, yang mempermudah perhitungan matematika yang kompleks. Tabel logaritma digunakan secara luas oleh ilmuwan dan insinyur selama beberapa abad.
4) Mesin Pascal (1642): Blaise Pascal, seorang ilmuwan Prancis, membangun mesin Pascal pertama, yang dikenal sebagai "mesin penjumlahan mekanis pertama." Ini adalah mesin yang dirancang untuk melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan otomatis.
5) Mesin Diferensial (1822): Charles Babbage, seorang matematikawan dan ilmuwan Inggris, merancang mesin diferensial pertama, yang merupakan mesin penghitung mekanis awal yang dapat digunakan untuk menghitung tabel logaritma dan fungsi matematika lainnya. Mesin ini tidak pernah selesai dibuat, tetapi konsepnya menjadi dasar untuk perkembangan komputer selanjutnya.
6) Mesin Jacquard (1801): Joseph Marie Jacquard menciptakan mesin Jacquard, yang digunakan dalam industri tekstil untuk mengendalikan pola kain. Mesin Jacquard menggunakan kartu bergelombang yang menjadi inspirasi untuk pemrograman komputer modern dengan menggunakan instruksi dalam bentuk kode.
7) Alat-Alat Perhitungan Mekanis (Abad ke-19): Selama abad ke-19, banyak alat perhitungan mekanis lainnya dikembangkan, termasuk mesin-mesin yang digunakan untuk perhitungan navigasi, statistik, dan perhitungan lainnya. Mesin-mesin ini membantu dalam pemrosesan data dan penghitungan yang lebih efisien.
Zaman pra-komputer adalah periode penting dalam sejarah perkembangan komputasi. Meskipun belum ada komputer elektronik modern, konsep-konsep awal dalam perhitungan dan perangkat mekanis menjadi dasar bagi perkembangan komputer selanjutnya. Charles Babbage dan mesin diferensialnya, serta Alan Turing dan mesin Turing abstraknya, merupakan tokoh-tokoh kunci yang membantu membentuk fondasi pemikiran tentang komputer. Perkembangan ini pada akhirnya membawa kita ke era komputer modern yang sangat canggih yang kita nikmati saat ini.
2. Zaman Komputer Awal (Abat ke-20 Awal)
Zaman Komputer Awal (Abad ke-20 Awal) adalah periode yang penting dalam sejarah perkembangan komputer, di mana komputer pertama kali mulai berkembang menjadi perangkat elektronik yang lebih terstruktur dan dapat digunakan secara praktis. Berikut adalah sejarah dan perkembangan komputer pada zaman ini:
1) Mesin Punched Card (Tabulating Machines):
- Tahun 1890-an: Pada akhir abad ke-19, Herman Hollerith, seorang insinyur Amerika, mengembangkan mesin tabulasi yang menggunakan kartu berlubang (punched card) untuk menghitung data sensus. Mesin ini merupakan salah satu awal dari perkembangan komputasi elektronik.
- Signifikansi: Mesin ini digunakan secara luas dalam pemrosesan data, terutama untuk keperluan sensus dan pengolahan data bisnis. Konsep kartu berlubang menjadi dasar bagi perkembangan komputer selanjutnya.
2) Mesin Analytical Engine (Mesin Analitik):
- Didesain oleh Charles Babbage pada abad ke-19: Mesin Analytical Engine adalah perangkat yang dirancang oleh Charles Babbage sebagai perkembangan dari mesin diferensialnya. Mesin ini menggunakan konsep kartu berlubang untuk mengatur operasi.
- Signifikansi: Mesin Analytical Engine dianggap sebagai desain komputer pertama dalam sejarah. Meskipun tidak pernah dibangun selama masa hidup Babbage, konsepnya menjadi inspirasi bagi perkembangan komputer modern.
3) Mesin Turing (Turing Machines):
- 1936: Alan Turing, seorang matematikawan Inggris, mengembangkan konsep mesin Turing. Mesin Turing adalah model teoretis yang dapat melakukan komputasi dengan menggunakan aturan yang sederhana.
- Signifikansi: Konsep mesin Turing menjadi dasar teoretis untuk pemrograman komputer dan pemahaman dasar tentang komputabilitas dan kompleksitas algoritma. Turing Machine menjadi landasan bagi pengembangan komputer modern.
4) Konstruksi Komputer Elektronik Pertama:
- 1930-an hingga 1940-an: Sejumlah ilmuwan, termasuk John Atanasoff dan Clifford Berry di Amerika Serikat, Konrad Zuse di Jerman, dan Alan Turing di Inggris, mulai mengembangkan prototipe komputer elektronik pertama. Ini termasuk komputer seperti Atanasoff-Berry Computer (ABC), mesin Z3 Zuse, dan Colossus yang dikembangkan untuk keperluan militer.
- Signifikansi: Meskipun ini adalah komputer yang lebih sederhana daripada komputer modern, mereka mewakili tonggak awal dalam perkembangan komputer elektronik yang lebih kuat.
5) ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer):
- 1940-an: ENIAC, yang dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania, adalah salah satu komputer elektronik pertama yang digunakan secara praktis. Ini adalah komputer yang besar dan sangat cepat untuk zamannya.
- Signifikansi: ENIAC digunakan untuk berbagai aplikasi ilmiah dan militer dan membantu membuka jalan untuk perkembangan komputer generasi berikutnya.
Zaman Komputer Awal adalah periode penting dalam sejarah komputer di mana fondasi untuk perkembangan komputer modern diletakkan. Penggunaan elektronik dalam komputasi menjadi kenyataan, dan konsep-konsep seperti kartu berlubang, mesin Turing, dan komputer elektronik menjadi inti dalam perkembangan teknologi komputer. Era ini menjadi awal bagi revolusi komputasi yang terus berkembang hingga saat ini.
3. Zaman Komputer Generasi Pertama (1940-an-1950-an):
Zaman Komputer Generasi Pertama (1940-an hingga 1950-an) adalah periode penting dalam sejarah perkembangan komputer. Ini adalah masa ketika komputer pertama kali menjadi kenyataan dalam bentuk yang mirip dengan komputer modern. Berikut adalah sejarah dan perkembangan utama selama periode ini:
1) ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer):
- Tahun 1946: ENIAC, yang dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania, adalah komputer elektronik pertama yang digunakan secara praktis. Ini adalah komputer besar yang menggunakan tabung hampa udara dan dilengkapi dengan ribuan konektor kabel.
- Signifikansi: ENIAC digunakan untuk menghitung tabel logaritma, melakukan penelitian fisika nuklir, dan aplikasi ilmiah lainnya. Ini adalah tonggak penting dalam perkembangan komputer elektronik.
2) EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer):
- Tahun 1949: EDVAC, yang juga dikembangkan di University of Pennsylvania oleh John von Neumann dan timnya, adalah salah satu komputer pertama yang mengadopsi arsitektur von Neumann yang mendefinisikan konsep penyimpanan program dalam memori komputer.
- Signifikansi: Arsitektur von Neumann menjadi dasar bagi sebagian besar komputer modern. Ini memungkinkan program dan data untuk disimpan dalam memori yang sama dan diakses secara berurutan.
3) UNIVAC I (Universal Automatic Computer I):
- Tahun 1951: UNIVAC I, yang dikembangkan oleh Eckert dan Mauchly setelah meninggalkan University of Pennsylvania, adalah salah satu komputer komersial pertama yang dijual ke berbagai organisasi. Itu digunakan dalam pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 1952 untuk meramalkan hasil pemilihan.
- Signifikansi: UNIVAC I adalah salah satu komputer pertama yang diproduksi dalam jumlah besar untuk digunakan di luar laboratorium penelitian. Ini menandai awal dari industri komputer.
4) IBM 701 (IBM Defense Calculator):
- Tahun 1952: IBM 701 adalah salah satu komputer awal yang dikembangkan oleh IBM. Ini adalah komputer yang sangat penting dalam konteks militer dan ilmiah, digunakan dalam penelitian nuklir dan penelitian cuaca.
- Signifikansi: IBM 701 membantu memperkuat posisi IBM di pasar komputer dan menjadi salah satu komputer terkenal pada zamannya.
5) Komputer Generasi Pertama Lainnya:
- Selama periode ini, banyak komputer generasi pertama lainnya yang dikembangkan, termasuk UNIVAC II, UNIVAC III, dan komputer-komputer lainnya yang digunakan untuk aplikasi ilmiah, militer, dan bisnis.
Zaman Komputer Generasi Pertama menandai transisi penting dari komputasi mekanis dan elektromekanis ke komputasi elektronik. Komputer-komputer generasi pertama ini, meskipun besar dan mahal, memiliki kemampuan yang jauh lebih besar daripada pendahulunya dalam pemrosesan data dan perhitungan. Mereka menjadi cikal bakal bagi perkembangan komputer generasi berikutnya yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih terjangkau.
4. Zaman Komputer Generasi Berikutnya (1950-an-1970-an):
Zaman Komputer Generasi Berikutnya, yang berlangsung dari tahun 1950-an hingga 1970-an, adalah periode yang ditandai oleh perkembangan pesat dalam komputer dan teknologi komputasi. Selama periode ini, komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan lebih terjangkau. Berikut adalah sejarah dan perkembangan utama selama Zaman Komputer Generasi Berikutnya:
1) Transistorisasi:
- Tahun 1950-an: Pada tahun 1947, penemuan transistor oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley di Bell Laboratories menggantikan tabung hampa udara yang besar dan panas yang digunakan dalam komputer generasi sebelumnya. Transistor adalah komponen semikonduktor yang jauh lebih kecil, lebih andal, dan lebih hemat energi dibandingkan dengan tabung.
2) Pengembangan Bahasa Pemrograman:
- 1950-an dan 1960-an: Selama periode ini, bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Fortran (Formula Translation), COBOL (Common Business-Oriented Language), dan ALGOL (Algorithmic Language) dikembangkan. Ini memungkinkan programmer untuk menulis kode yang lebih mudah dibaca dan dimengerti, menggantikan bahasa mesin yang lebih sulit.
3) Komputer Mini:
- Akhir tahun 1950-an hingga 1960-an: Perusahaan seperti IBM, DEC (Digital Equipment Corporation), dan HP (Hewlett-Packard) mulai mengembangkan komputer mini yang lebih kecil dan lebih terjangkau dibandingkan dengan komputer besar generasi sebelumnya. Komputer mini ini cocok untuk digunakan dalam bisnis dan lembaga pendidikan.
4) Komputer Mainframe:
- 1950-an hingga 1960-an: Komputer mainframe tetap menjadi alat penting dalam bisnis, penelitian ilmiah, dan pemerintahan. Mereka sering digunakan untuk pemrosesan data skala besar dan komputasi ilmiah.
5) Perkembangan Sistem Operasi:
- 1960-an: Sistem operasi seperti OS/360 dari IBM dan MULTICS mengubah cara komputer digunakan dan dikelola. Sistem operasi ini memungkinkan untuk menjalankan banyak program secara bersamaan (multitasking) dan memperkenalkan konsep manajemen memori yang lebih canggih.
6) Pertumbuhan Industri Komputer Pribadi (Personal Computer):
- Akhir 1970-an: Perkembangan mikroprosesor oleh perusahaan seperti Intel membuka jalan bagi komputer pribadi (personal computer atau PC). Komputer-komputer pribadi seperti Altair 8800, Apple I, dan IBM PC memulai era komputasi pribadi yang menjadi sangat populer di seluruh dunia.
7) Munculnya Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi:
- 1970-an: Bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C dan Pascal mulai populer di antara pengembang perangkat lunak. Mereka menyediakan alat yang kuat dan efisien untuk pengembangan perangkat lunak.
Zaman Komputer Generasi Berikutnya adalah periode di mana komputer menjadi lebih terjangkau, lebih mudah digunakan, dan lebih efisien. Perkembangan bahasa pemrograman, penemuan transistor, dan munculnya komputer mini dan pribadi membawa komputasi ke berbagai sektor masyarakat. Ini adalah awal dari era komputasi modern yang telah membawa perubahan besar dalam kehidupan kita.
5. Zaman Komputer Pribadi (1970-an-1980-an):
Zaman Komputer Pribadi (Personal Computer) adalah periode penting dalam sejarah komputer di mana komputer menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses oleh individu secara luas. Periode ini berlangsung pada tahun 1970-an hingga 1980-an dan melibatkan perkembangan pesat dalam teknologi komputer. Berikut adalah sejarah dan perkembangan utama selama Zaman Komputer Pribadi:
1) Munculnya Komputer Pribadi Awal:
- Awal 1970-an: Komputer pribadi pertama, seperti Altair 8800, dipasarkan kepada hobiis dan pengembang. Mereka seringkali memerlukan perakitan manual dan memiliki antarmuka yang sangat sederhana.
2) Apple I dan Apple II:
- 1976 dan 1977: Steve Jobs dan Steve Wozniak memperkenalkan Apple I, yang merupakan komputer pribadi pertama yang dibuat dalam jumlah terbatas. Kemudian, Apple mengeluarkan Apple II, yang menjadi sangat populer di kalangan pengguna rumahan dan pendidikan.
- Signifikansi: Apple II membawa komputer ke rumah-rumah dan sekolah-sekolah, membantu memulai revolusi komputer pribadi.
3) IBM PC (Personal Computer):
- 1981: IBM memperkenalkan IBM PC, yang menjadi standar dalam industri komputer pribadi. IBM PC menggunakan arsitektur terbuka yang memungkinkan produsen lain untuk membuat perangkat keras dan perangkat lunak yang kompatibel.
- Signifikansi: IBM PC membawa komputer pribadi ke bisnis dan industri, serta memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menciptakan perangkat lunak yang dapat berjalan di berbagai komputer pribadi.
4) Kompetisi Komputer Pribadi:
- 1980-an: Era 1980-an melihat munculnya berbagai merek dan model komputer pribadi, termasuk komputer dari Commodore, Atari, Tandy (RadioShack), dan banyak lagi. Kompetisi ini membantu menurunkan harga dan meningkatkan fitur-fitur komputer pribadi.
5) Sistem Operasi MS-DOS dan Windows:
- Awal 1980-an: Microsoft mengembangkan sistem operasi MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) yang digunakan pada komputer IBM PC. Kemudian, Microsoft meluncurkan Windows pada tahun 1985, yang menjadi sistem operasi berbasis grafis yang sangat populer.
- Signifikansi: Windows membawa antarmuka grafis yang mudah digunakan ke komputer pribadi dan menjadi dasar bagi perkembangan sistem operasi Windows selanjutnya.
6) Peralihan ke Mikroprosesor Lebih Cepat:
- 1980-an: Kemajuan dalam teknologi mikroprosesor memungkinkan komputer pribadi untuk menjadi lebih cepat dan lebih kuat. Prosesor Intel 8086 dan 80286 adalah beberapa contoh mikroprosesor yang digunakan dalam komputer pribadi pada saat itu.
7) Komputer Pribadi di Rumah dan Pendidikan:
- 1980-an: Komputer pribadi mulai umum digunakan di rumah-rumah dan lembaga pendidikan. Mereka digunakan untuk pemrosesan kata, permainan, pemrograman, dan pembelajaran.
Zaman Komputer Pribadi adalah periode di mana komputer menjadi lebih terjangkau, lebih user-friendly, dan lebih banyak digunakan oleh masyarakat umum. Ini adalah periode penting dalam sejarah komputer yang membawa revolusi dalam cara kita bekerja, belajar, dan bermain. Komputer pribadi telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita.
6. Era Internet dan Komputasi Modern (1990-an-hingga sekarang):
Era Internet dan Komputasi Modern, yang dimulai pada tahun 1990-an dan berlanjut hingga saat ini, adalah periode yang ditandai oleh perkembangan teknologi komputer yang pesat, terutama dengan penyebaran internet dan evolusi komputasi. Berikut adalah sejarah dan perkembangan utama selama era ini:
1) Munculnya World Wide Web (WWW):
- 1990: Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir), mengembangkan World Wide Web, yang merupakan sistem informasi global yang menggunakan hypertext untuk menghubungkan dokumen-dokumen secara online. Ini adalah awal dari internet yang kita kenal saat ini.
2) Penyebaran Internet ke Publik:
- Awal 1990-an: Internet menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. Penyedia layanan internet (Internet Service Providers atau ISP) mulai muncul, memungkinkan individu untuk terhubung ke internet dari rumah mereka.
3) Perkembangan Browser Web:
- 1990-an: Browser web seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer mulai muncul, membuat penggunaan internet menjadi lebih intuitif dan akrab.
4) Perkembangan Komputer Pribadi:
- 1990-an hingga awal 2000-an: Komputer pribadi terus mengalami perkembangan pesat dengan peningkatan dalam kecepatan prosesor, kapasitas penyimpanan, dan kemampuan grafis. Ini memungkinkan pengembangan perangkat lunak yang lebih kompleks dan aplikasi multimedia.
5) Munculnya Perangkat Mobile:
- Awal 2000-an: Telepon seluler mulai menjadi lebih canggih dengan kemampuan internet, memungkinkan akses web melalui perangkat seluler. Ini adalah awal dari era perangkat mobile yang terhubung secara online.
6) Pengembangan Internet Broadband:
- 2000-an: Teknologi broadband memungkinkan koneksi internet yang lebih cepat dan lebih stabil, yang mendukung layanan streaming video, video konferensi, dan aplikasi daring yang lebih intensif.
7) Munculnya Layanan Cloud Computing:
- Awal 2000-an: Layanan cloud computing seperti Amazon Web Services (AWS) dan Google Cloud muncul, yang memungkinkan penyimpanan data dan komputasi jarak jauh melalui internet.
8) Pertumbuhan E-Commerce dan Media Sosial:
- 2000-an hingga 2010-an: E-commerce dan situs media sosial seperti Amazon, eBay, Facebook, dan Twitter mulai mendominasi internet, mengubah cara orang berinteraksi secara online dan berbelanja.
9) Munculnya Teknologi Kecerdasan Buatan (AI):
- 2010-an hingga sekarang: Kemajuan dalam bidang kecerdasan buatan membawa perkembangan seperti pembelajaran mesin, pengenalan wajah, dan asisten virtual seperti Siri dan Alexa.
10) Perkembangan Komputasi Kuantum:
- 2010-an hingga sekarang: Penelitian dan pengembangan komputasi kuantum semakin mendalam, membuka potensi baru dalam pemrosesan data dan penghitungan yang sangat cepat.
11) Munculnya Internet of Things (IoT):
- 2010-an hingga sekarang: Internet of Things menghubungkan berbagai perangkat, dari mobil hingga perangkat rumah pintar, ke internet, membuka peluang baru dalam pengumpulan data dan pengendalian jarak jauh.
12) Pertumbuhan Teknologi Blockchain:
- 2010-an hingga sekarang: Teknologi blockchain yang digunakan dalam kriptokurensi seperti Bitcoin mendapatkan perhatian besar dan digunakan dalam aplikasi selain mata uang digital.
Era Internet dan Komputasi Modern adalah periode di mana teknologi komputer mengalami evolusi pesat, mengubah cara kita bekerja, berkomunikasi, berbelanja, dan berinteraksi dengan dunia. Perkembangan seperti internet, komputasi awan, mobile computing, dan kecerdasan buatan telah menjadi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, dan perkembangan ini masih berlanjut hingga saat ini.
Sejarah Perkembangan Algoritma
Sejarah dan perkembangan algoritma melibatkan perkembangan konsep komputasi dan matematika dari zaman kuno hingga era modern. Berikut adalah ikhtisar singkat sejarah dan perkembangan algoritma:
1. Zaman Kuno (2000 SM - 600 M):
Matematika Kuno: Perkembangan awal dalam matematika oleh peradaban seperti Mesir, Babilonia, dan Yunani menciptakan dasar untuk pemikiran algoritmik. Misalnya, algoritma perhitungan menggunakan abakus dan metode numerasi kuno.
2. Abad Pertengahan (600 M - 1600 M):
Algoritma Matematika Arab: Matematikawan Arab seperti Al-Khwarizmi dan al-Kindi mengembangkan teknik-teknik matematika yang mengarah pada perkembangan algoritma. Kata "algoritma" berasal dari nama Al-Khwarizmi.
3. Abad ke-17 dan ke-18:
Calculus dan Logika Formal: Perkembangan kalkulus oleh matematikawan seperti Isaac Newton dan Gottfried Leibniz, serta logika formal oleh George Boole, membantu dalam pengembangan algoritma komputasi.
4. Abad ke-19:
Mesin Diferensial Babbage: Charles Babbage mengembangkan mesin diferensial dan mesin analitik, yang merupakan perangkat mekanis awal yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan berdasarkan algoritma.
5. Abad ke-20 Awal:
Kode-kode Mesin Perang: Selama Perang Dunia II, matematikawan dan ilmuwan komputer seperti Alan Turing dan John von Neumann mengembangkan kode-kode mesin perang untuk menguraikan pesan-pesan musuh dan mengelola komputer awal. Turing juga memperkenalkan mesin Turing abstraknya, yang menjadi dasar komputasi dan algoritma modern.
6. Era Komputer:
Pengembangan Algoritma pada Komputer Elektronik: Pengembangan komputer elektronik, seperti ENIAC, memungkinkan pengembangan dan implementasi algoritma yang lebih kompleks. Bahasa pemrograman seperti Fortran dan COBOL muncul, memungkinkan programmer untuk mengimplementasikan algoritma dengan lebih efisien.
7. Era Digital (1970-an-hingga sekarang):
Pemrosesan Paralel dan Kecepatan Komputasi: Kemajuan dalam pemrosesan paralel dan peningkatan kecepatan komputasi memungkinkan pengembangan algoritma yang lebih kompleks, seperti algoritma pemrosesan gambar, pemodelan data besar (big data), dan kecerdasan buatan (AI).
8. Algoritma dalam Kehidupan Sehari-hari:
Algoritma di Internet dan Media Sosial: Algoritma digunakan secara luas di internet dan media sosial untuk merekomendasikan konten, iklan, dan menyesuaikan pengalaman pengguna.
9. Pengembangan Algoritma Khusus: Berbagai algoritma telah dikembangkan untuk penyelesaian masalah khusus, seperti algoritma pencarian cepat, algoritma keamanan kriptografi, dan algoritma optimisasi.
10. Algoritma Kuantum: Penelitian dan perkembangan algoritma kuantum menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Algoritma ini memanfaatkan sifat-sifat unik dari komputasi kuantum untuk menyelesaikan masalah dengan lebih cepat daripada komputer konvensional.
Perkembangan algoritma selama berabad-abad telah memainkan peran penting dalam evolusi komputasi dan teknologi. Algoritma adalah instruksi-instruksi langkah demi langkah yang membantu komputer dan perangkat lunak dalam menyelesaikan tugas-tugas kompleks. Dalam era modern, algoritma memengaruhi banyak aspek kehidupan kita, dari pencarian web hingga pengambilan keputusan dalam kecerdasan buatan, dan akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.
Perkembangan komputer dan algoritma saling memengaruhi satu sama lain. Kemajuan dalam perangkat keras komputer telah memungkinkan algoritma yang lebih kompleks, sementara perkembangan dalam algoritma telah memanfaatkan kemampuan komputer yang lebih kuat untuk menyelesaikan masalah yang lebih rumit. Ini adalah perjalanan yang terus berlanjut, dan dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, kita dapat mengharapkan evolusi lebih lanjut dalam dunia komputasi dan algoritma.
LATIHAN
1. Apa yang dimaksud dengan algoritma?
Jawab:
Algoritma adalah urutan langkah-langkah terinci yang dirancang untuk menyelesaikan masalah atau menjalankan tugas tertentu. Algoritma merupakan panduan atau rencana yang jelas yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu dalam komputasi, matematika, ilmu komputer, dan bidang lainnya. Algoritma dapat dianggap sebagai panduan atau instruksi yang menggambarkan bagaimana suatu tugas harus dilakukan atau bagaimana suatu masalah harus dipecahkan.
2. Apa yang dimaksud dengan program?
Jawab:
Program adalah serangkaian instruksi komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk menginstruksikan komputer tentang tindakan atau operasi yang harus dilakukan. Program berperan dalam mengontrol perilaku komputer dan menjalankan tugas tertentu sesuai dengan yang telah dirancang oleh pemrogram.
3. Sebutkan dan jelaskan dua macam kelompok besar program computer!
Jawab:
1) Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software):
Perangkat lunak aplikasi adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka bertujuan untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari atau mencapai tujuan tertentu.
2) Perangkat Lunak Sistem (System Software):
Perangkat lunak sistem adalah kumpulan program yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya komputer, menjalankan operasi dasar komputer, dan memberikan platform untuk perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem membantu komputer berfungsi dengan baik.
4. Apa yang dimaksud dengan bahasa pemograman dan programmer?
Jawab:
- Bahasa pemrograman adalah sistem formal yang digunakan oleh programmer atau pengembang perangkat lunak untuk menyusun instruksi-instruksi atau kode komputer. Ini memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan komputer dan menginstruksikannya untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman memiliki sintaksis dan aturan tertentu yang harus diikuti oleh programmer saat menulis kode. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, programmer dapat merancang, membuat, dan mengendalikan perangkat lunak komputer.
- Programmer atau pengembang perangkat lunak adalah individu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan bahasa pemrograman. Mereka adalah orang-orang yang merancang, mengembangkan dan memelihara perangkat lunak komputer, aplikasi, dan sistem.
5. Sebutkan dan jelaskan bahasa pemograman berdasarkan fungsi kerja pada mesin komputer!
Jawab:
- Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Language):
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang dirancang dengan tingkat abstraksi yang lebih tinggi dari bahasa mesin atau bahasa pemrograman tingkat rendah. Mereka memungkinkan programmer untuk mengekspresikan instruksi dengan cara yang lebih dekat dengan bahasa manusia dan lebih mudah dimengerti.
Fungsi: Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dipahami dan digunakan oleh manusia. Mereka memiliki berbagai fitur seperti manajemen memori otomatis, abstraksi data, dan banyak pustaka yang dapat digunakan untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak. Mereka cenderung lebih portabel, artinya kode yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi dapat dijalankan di berbagai platform.
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Language):
Bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang mendekati bahasa mesin dan lebih dekat dengan perangkat keras komputer. Mereka memberikan kontrol yang lebih langsung terhadap sumber daya perangkat keras dan operasi tingkat rendah pada mesin komputer.
Fungsi: Bahasa pemrograman tingkat rendah memberikan kontrol yang sangat tinggi terhadap perangkat keras komputer. Mereka dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja perangkat lunak dengan cara yang sangat spesifik untuk arsitektur komputer tertentu.
6. Sebutkan dan jelaskan tiga konsep penyelesaian masalah dengan program komputer!
Jawab:
Tiga konsep utama dalam penyelesaian masalah dengan program komputer adalah:
1) Analisis Masalah (Problem Analysis)
Analisis masalah adalah langkah pertama dalam penyelesaian masalah dengan program komputer. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang akan diselesaikan. Dalam tahap ini, tujuan adalah untuk mengidentifikasi masalah dengan jelas, memahami kondisi awalnya, menentukan apa yang diinginkan sebagai hasil akhir, dan mengidentifikasi batasan atau kendala yang ada.
2) Perancangan Algoritma (Algorithm Design)
Setelah analisis masalah selesai, langkah selanjutnya adalah merancang algoritma. Algoritma adalah urutan langkah-langkah terinci yang menjelaskan bagaimana masalah akan dipecahkan atau tugas akan diselesaikan. Algoritma harus mencakup langkah-langkah yang logis dan sistematis untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3) Implementasi Program (Program Implementation)
Setelah perancangan algoritma selesai, langkah berikutnya adalah mengimplementasikan algoritma tersebut dalam bentuk kode komputer. Ini melibatkan menulis, menguji, dan menjalankan program komputer sesuai dengan algoritma yang telah dirancang sebelumnya.
7. Sebutkan dan jelaskan tiga alasan menggunakan alogaritma!
Jawab:
Penggunaan algoritma dalam pemrograman dan penyelesaian masalah komputer memiliki sejumlah alasan yang penting yaitu:
1) Keteraturan dan Konsistensi: Algoritma menyediakan cara yang terstruktur dan terorganisir untuk menyelesaikan masalah atau menjalankan tugas tertentu. Mereka menguraikan langkah-langkah yang harus diambil dalam urutan tertentu, sehingga memastikan keteraturan dan konsistensi dalam pemecahan masalah. Hal ini mengurangi peluang kesalahan manusia dan membuat solusi lebih dapat diandalkan.
2) Efisiensi: Algoritma memungkinkan programmer untuk merancang solusi yang efisien dalam hal penggunaan sumber daya seperti waktu dan memori. Dengan merinci langkah-langkah yang harus diambil, programmer dapat mengoptimalkan kode mereka untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan cara yang paling efisien. Algoritma yang baik dapat membantu menghindari pemborosan sumber daya yang berharga.
3) Kemudahan Pemahaman dan Kolaborasi: Algoritma memberikan panduan yang jelas tentang cara menyelesaikan masalah. Ini membuat pemahaman masalah dan solusinya lebih mudah bagi programmer yang berbeda atau tim pengembangan yang bekerja bersama-sama. Dengan memiliki algoritma yang baik, anggota tim dapat bekerja dengan lebih efektif dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.
8. Sebutkan manfaat dari menggunakan algoritma!
Jawab:
Menggunakan algoritma dalam pengembangan perangkat lunak dan penyelesaian masalah memiliki sejumlah manfaat signifikan yaitu :
1) Keteraturan dan Prediktabilitas: Algoritma menyediakan struktur yang terorganisir dan langkah-langkah yang jelas untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu. Ini membuat program berperilaku dengan konsistensi yang tinggi, mengurangi kesalahan manusia, dan memungkinkan hasil yang dapat diandalkan.
2) Efisiensi: Algoritma membantu dalam merancang solusi yang efisien dengan memperhatikan penggunaan sumber daya seperti waktu eksekusi, memori, dan daya komputasi. Algoritma yang baik membantu menghindari pemborosan sumber daya dan memastikan program berjalan dengan cepat.
3) Kemudahan Pemahaman: Algoritma memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang masalah yang akan diselesaikan. Ini membantu programmer dan pengembang perangkat lunak memahami masalah dengan baik sebelum mencari solusinya. Pemahaman yang mendalam tentang masalah adalah kunci untuk menghasilkan solusi yang efektif.
4) Reusabilitas: Algoritma dapat digunakan kembali dalam berbagai konteks dan permasalahan yang serupa. Ini meningkatkan efisiensi dalam pengembangan perangkat lunak karena programmer dapat memanfaatkan algoritma yang sudah ada tanpa perlu membuat ulang dari awal.
5) Kolaborasi yang Lebih Mudah: Dalam pengembangan tim, algoritma menjadi panduan yang jelas yang dapat digunakan oleh anggota tim yang berbeda. Hal ini memfasilitasi kolaborasi dan pemahaman yang bersamaan tentang langkah-langkah yang harus diambil.
6) Pemecahan Masalah yang Skalabel: Algoritma yang baik dapat diadaptasi untuk menyelesaikan masalah dengan berbagai skala dan kompleksitas. Ini memungkinkan untuk merancang solusi yang fleksibel yang dapat berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan.
7) Analisis Kinerja: Dengan merinci langkah-langkah dalam algoritma, pengembang dapat melakukan analisis kinerja yang mendalam untuk mengukur seberapa baik program berfungsi. Hal ini memungkinkan untuk mengidentifikasi potensi bottleneck atau area yang perlu dioptimalkan.
8) Pemeliharaan yang Mudah: Algoritma membantu dalam pemeliharaan program yang lebih efisien. Dengan pemahaman yang kuat tentang algoritma yang digunakan, programmer dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah, melakukan perubahan, dan meningkatkan kode.
INDAHNYA MENGIKUTI PKKMB
Pada tanggal 11 Agustus sampai dengan tanggal 16 Agustus kegiatan PKKMB diadakan, kegiatannya terasa sangat menyenangkan dari acara atraksi silat,tari,menyanyi.dan dari kegiatan tersebut saya mendapatkan teman yang berasal dari berbagai daerah dan juga bisa mengenal lingkungan yang berada di kampus 1 dan dikampus 4.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong