SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN ALGORITMA

05 September 2023 00:05:37 Dibaca : 132

Nama: Annisatul Auliya

Nim: 411422075

Prodi/ Kelas: Pendidikan Matematika/ A

Semester: III (Tiga)

Mata Kuliah: Komputasi dan Pemograman

Dosen Pengampu: Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd., M.Si.

 

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Era Pra-Komputer (Abad ke-17 hingga ke-19)

Perhitungan manusia dilakukan secara manual dengan alat seperti abakus, slide rule, dan tabel matematika.

Komputer Mekanik (Abad ke-19)

Charles Babbage merancang mesin analitik pertama, yang dianggap sebagai pendahulu komputer mekanik. Mesin ini menggunakan kartu berlubang untuk mengatur perhitungan. Sayangnya, mesin ini tidak pernah selesai dibangun.

Era Tabulating Machines (Awal Abad ke-20)

Perusahaan seperti IBM mengembangkan mesin tabulasi untuk pemrosesan data seperti sensus penduduk

Era Elektronik (1940-an)

Pada tahun 1940-an, muncul komputer elektronik pertama, termasuk ENIAC. Mereka menggunakan tabung hampa udara untuk perhitungan elektronik yang cepat

Era Transistor (Akhir 1940-an hingga 1950-an)

Transistor menggantikan tabung vakum, menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih andal, dan lebih efisien.

Era Integrasi (Akhir 1950-an hingga 1960-an)

Pengembangan sirkuit terpadu memungkinkan ribuan komponen elektronik terintegrasi dalam satu chip, mengurangi ukuran dan biaya komputer.

Era Mikroprosesor (Awal 1970-an)

Munculnya mikroprosesor memungkinkan lahirnya komputer pribadi yang terjangkau, seperti Altair 8800 dan Apple I.

Era Komputer Pribadi (1970-an hingga saat ini)

Komputer pribadi semakin populer dan terjangkau, mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berkomunikasi

Era Internet dan Komputasi Seluler (1990-an hingga saat ini)

Internet dan perangkat komputasi seluler menghadirkan revolusi baru dalam akses informasi dan konektivitas global.

Era Komputasi Kuantum (Awal Abad ke-21)

Pengembangan komputer kuantum membuka potensi baru dalam pemrosesan informasi dengan kecepatan yang jauh melebihi komputer konvensional.

 

SEJARAH PERKEMBANGAN ALGORITMA

Era Awal Matematika (Sebelum Abad ke-9)

Penggunaan algoritma dalam matematika dapat ditemukan pada periode ini, meskipun istilah "algoritma" berasal dari nama ilmuwan Muslim abad ke-9, Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi.

Abad Pertengahan (Abad ke-9 hingga ke-15)

Matematikawan seperti Al-Khwarizmi, Fibonacci, dan algoritma pionir lainnya mengembangkan teknik perhitungan yang membentuk dasar algoritma modern

Era Perkembangan Matematika (Abad ke-17 hingga ke-19)

Tokoh seperti Euler, Gauss, dan Boole membuat kontribusi penting dalam perkembangan algoritma dalam berbagai bidang matematika.

Era Komputasi Mesin (Awal Abad ke-20)

Pengembangan komputer mekanik dan elektromekanik memerlukan pengembangan algoritma untuk mengoperasikan mesin-mesin tersebut.

Pemrograman Komputer (1940-an hingga 1950-an)

Pengembangan bahasa pemrograman, seperti Fortran dan COBOL, memungkinkan programmer untuk mengekspresikan algoritma dengan lebih efisien.

Era Algoritma Kompleks (1950-an hingga saat ini)

Dengan munculnya komputer elektronik, algoritma menjadi semakin kompleks dan beragam, mendukung berbagai aplikasi seperti ilmu pengetahuan komputer, kecerdasan buatan, dan pemrosesan data besar.

Algoritma dalam Kecerdasan Buatan (1950-an hingga saat ini)

Pengembangan algoritma yang digunakan dalam pembelajaran mesin, jaringan saraf, dan teknologi kecerdasan buatan lainnya telah mengubah cara kita memproses data dan membuat keputusan.

Algoritma dalam Pemrosesan Data Besar (Abad ke-21)

Dengan ledakan data besar, algoritma seperti MapReduce dan teknik pemrosesan data besar lainnya menjadi kunci dalam mengatasi tantangan pemrosesan data skala besar. Perkembangan algoritma telah memainkan peran kunci dalam kemajuan teknologi dan komputasi, memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah yang semakin kompleks dan mengoptimalkan penggunaan komputer dalam berbagai bidang.

 

Setelah Mengetahui Bagaimana sejarah dan perkembangan Komputer dan algoritma, berikut adalah beberapa pertanyaan sekaligus jawaban terkait materi komputer dan algoritma

1.    Apa yang dimaksud dengan algoritma?

Jawab:

Algoritma adalah serangkaian instruksi langkah demi langkah yang terstruktur dan terdefinisi dengan baik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau menjalankan tugas tertentu. Algoritma adalah panduan sistematis tentang apa yang harus dilakukan, dalam urutan yang benar, untuk mencapai tujuan tertentu. Mereka dapat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk matematika, ilmu komputer, pemrograman, dan banyak bidang lainnya

2.    Apa yang dimaksud dengan program?

Jawab:

Program dalam konteks komputer dan pemrograman adalah kumpulan perintah atau instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan dimaksudkan untuk dieksekusi oleh komputer. Program komputer adalah cara untuk mengendalikan perilaku komputer dan menjalankan berbagai tugas atau fungsi sesuai dengan logika yang telah diatur dalam kode program tersebut.

3.   Sebutkan dan jelaskan dua macam kelompok besar program komputer

Jawab:

a.  Perangkat Lunak Sistem (System Software), adalah kelompok program yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengkoordinasikan sumber daya keras komputer serta menyediakan layanan dasar yang diperlukan untuk operasi komputer. Ini adalah perangkat lunak yang menjalankan dan mengendalikan komputer itu sendiri.

Contoh:

1)  Sistem Operasi: Seperti Windows, macOS, Linux, dan Android. Sistem operasi mengatur tugas-tugas dasar seperti manajemen memori, pengelolaan perangkat keras, dan antarmuka pengguna.

2)   Driver Perangkat Keras: Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi berkomunikasi dengan perangkat keras tertentu seperti kartu grafis, printer, dan mouse

b. Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software), adalah program yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka digunakan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti produktivitas, kreativitas, hiburan, atau pemecahan masalah bisnis.

Contoh:

1)   Pemrosesan Kata: Program seperti Microsoft Word atau Google Docs yang digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen teks.

2)  Perangkat Lunak Desain Grafis: Contohnya Adobe Photoshop atau CorelDRAW yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar dan grafik.

Jadi kesimpulannya yaitu perangkat lunak sistem menyediakan dasar untuk menjalankan aplikasi, sementara perangkat lunak aplikasi memberikan fungsionalitas khusus yang diperlukan oleh pengguna. Kedua kelompok program ini bekerja bersama untuk memungkinkan penggunaan komputer yang efektif dan beragam.

4.   Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman atau programmer?

Jawab:

Bahasa pemrograman adalah sistem komunikasi antara manusia dan komputer yang digunakan untuk menulis program komputer. Ini adalah set aturan dan sintaks yang memungkinkan programmer untuk menyusun instruksi-instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah Python, Java, C++, dll. Sedangkan Programmer adalah seseorang yang menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis kode komputer yang menjalankan tugas-tugas tertentu.

5. Sebutkan dan jelaskan bahasa pemrograman berdasarkan fungsi kerja pada mesin komputer

Jawab:

a. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Languages), adalah bahasa yang berada sangat dekat dengan bahasa mesin dan perangkat keras komputer. Mereka memberikan tingkat kontrol yang tinggi terhadap perangkat keras, tetapi cenderung lebih sulit untuk dipahami dan digunakan oleh manusia.

Contoh: Bahasa assembly (misalnya, x86 assembly) adalah contoh bahasa tingkat rendah yang digunakan untuk pemrograman perangkat keras dan tugas yang memerlukan kontrol tinggi terhadap perangkat keras.

b.  Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Programming Languages), bahasa ini memberikan tingkat abstraksi yang lebih tinggi daripada bahasa tingkat rendah dan lebih mudah dimengerti oleh manusia. Mereka masih memungkinkan kontrol yang cukup terhadap perangkat keras.

Contoh: Bahasa C adalah contoh bahasa tingkat menengah yang digunakan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak sistem dan aplikasi.

c. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Languages), bahasa ini memberikan abstraksi yang lebih tinggi lagi dan fokus pada pemahaman masalah daripada perincian perangkat keras. Mereka lebih mudah digunakan oleh manusia dan memungkinkan pengembangan perangkat lunak dengan lebih cepat.

Contoh: Python, Java, C++, dan JavaScript adalah beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan secara luas dalam pengembangan aplikasi, pemrograman web, dan kecerdasan buatan.

d. Bahasa Pemrograman Tingkat Domain Khusus (Domain-Specific Programming Languages), bahasa pemrograman ini dirancang untuk tugas atau domain tertentu. Mereka menyederhanakan pengembangan perangkat lunak dalam bidang tertentu dengan menyediakan abstraksi yang tinggi dan spesifik untuk masalah yang ada di domain tersebut.

Contoh: SQL digunakan untuk mengelola basis data, VHDL digunakan dalam desain sirkuit terpadu, dan MATLAB digunakan dalam komputasi teknik dan ilmu pengetahuan.

6. Sebutkan dan jelaskan 3 konsep penyelesaian masalah dengan program komputer

Jawab:

a. Menganalisa masalah dan membuat algoritma:  Analisis masalah adalah tahap awal dalam proses penyelesaian masalah. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang ingin dipecahkan. Perlu untuk mengidentifikasi permasalahan, memahami sifatnya, dan merinci kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai melalui solusi komputer. Setelah Anda memahami masalah, langkah selanjutnya adalah merancang algoritma yang akan menyelesaikan masalah tersebut. Algoritma adalah urutan langkah-langkah terstruktur yang menggambarkan cara mencapai solusi.

b. Menuangkan algoritma dalam bentuk program: berarti mengimplementasikan atau mengkodekan algoritma yang telah dirancang sebelumnya menjadi program komputer yang dapat dijalankan. Ini adalah langkah penting dalam proses penyelesaian masalah dengan bantuan komputer, di mana ide dan rencana dalam bentuk algoritma diterjemahkan menjadi instruksi-instruksi konkret yang dapat dijalankan oleh komputer.

c. Mengeksekusi dan menguji program: Program yang telah dibuat harus bisa di kompilasi menjadi suatu aplikasi untuk dapat di uji kebenarannya, dan apabila ditemukan bahwa telah terjad kesalahan, maka proram tersebut harus diperbaiki sebelum diserahkan kepada pemakai.

7. Sebutkan dan jelaskan 3 alasan menggunakan algoritma

Jawab:

a. Penyelesaian Masalah yang Sistematis: Algoritma adalah langkah-langkah terstruktur yang dapat diikuti untuk menyelesaikan masalah. Mereka menyediakan pendekatan yang sistematis dan terorganisir dalam menghadapi berbagai jenis masalah, baik yang sederhana maupun komplek

b.   Optimisasi Kinerja: Algoritma dapat dirancang untuk mencapai hasil dengan efisiensi tinggi. Dengan merancang algoritma yang tepat, Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya yang digunakan dalam menyelesaikan tugas

c.  Replikasi dan Penggunaan yang Konsisten: Algoritma dapat diimplementasikan dalam berbagai konteks dan digunakan berulang-ulang tanpa perlu direka ulang setiap kali. Ini memberikan konsistensi dalam penyelesaian masalah yang serupa.

8.   Sebutkan manfaat dari menggunakan algoritma

Jawab:

a.   Penyelesaian Masalah yang Terstruktur

b.   Optimisasi Kinerja

c.   Penggunaan yang Konsisten

d.   Pemecahan Masalah yang Abstrak