UJI KORELASI MENGGUNAKAN RSTUDIO

17 November 2024 03:27:11 Dibaca : 12

Nama (NIM)              : Meliyanti (411422091)

Kelas (Prodi)               : A (Pendidikan Matematika)

Semester                      : 5 (Lima)

Mata Kuliah                : Aplikasi Komputer

Dosen Pengampuh      : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd., M.Si

 

PRAKTEK MENGGUNAKAN R-STUDIO

A. Teori

RStudio  R adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk analisis statistik. Salah satu aspek penting dalam analisis statistik adalah menyajikan hasil dengan cara yang mudah dipahami. Saat ini, berbagai aplikasi analisis statistik berbasis open source semakin berkembang. Aplikasi open source memungkinkan pengguna untuk menambah atau memodifikasi fitur melalui paket-paket (packages) yang tersedia dan dapat diakses secara gratis. Salah satu aplikasi berbasis open source yang berkembang pesat yaitu R Studio. Dalam bahasa pemrograman R, RStudio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) open source untuk membuat dan menjalankan kode R yang berorientasi statistik. RStudio tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, dan Linux, sehingga dapat diakses oleh berbagai pengguna.Korelasi Korelasi adalah metode statistik untuk melihat hubungan antara dua variabel. Jika perubahan dalam satu variabel diikuti oleh perubahan yang konsisten dalam variabel lainnya, maka kedua variabel tersebut dikatakan berkorelasi. Korelasi dapat bersifat positif, negatif, atau nol. Korelasi Positif ketika satu variabel meningkat variabel lainnya juga meningkat, korelasi negatif Ketika satu variabel meningkat variabel lainnya menurun, dan korelasi nol ketika Tidak ada hubungan yang jelas antara perubahan kedua variabel.B. Praktik

Pengujian korelasi ini dilakukan menggunakan metode Pearson melalui aplikasi RStudio. Data yang digunakan diambil dari skripsi berjudul " KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENULIS KARANGAN NARASI". Tujuan pengujian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat dan hasil belajar matematika siswa.

Skripsi yang saya gunakan dapat diunduh melalui tautan berikut:

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5352

 

Hasil uji korelasi menggunakan aplikasi RStudio di tampilkan pada gambar di bawah ini:

 

 

Berikut penjelasan hasil uji korelasi berdasarkan gambar di atas:

Koefisien Korelasi : Estimasi sampel koefisien korelasi adalah 0,51405846 . Nilai ini menunjukkan korelasi positif sedang antara kedua variabel, kemampuan membaca pemahaman meningkat maka kemampuan menulis karangan narasi juga meningkatSignifikansi Statistik : Nilai t-statistik sebesar 2,9965 yang diperoleh dalam uji korelasi ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara "kemampuan membaca pemahaman" dan " kemampuan menulis karangan narasi ". Dalam konteks uji hipotesis, nilai t ini digunakan untuk menentukan apakah kita dapat menolak hipotesis nol (H0), yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut. Dengan derajat kebebasan (df) sebesar 25, nilai p yang terkait dengan t-statistik ini adalah 0,006089, yang jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi umum 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kita dapat menolak hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif (H1), yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi.Interval Kepercayaan : Interval kepercayaan 95% untuk koefisien korelasi berkisar antara 0,1665846 hingga 0,7479579 . Karena interval ini tidak mencakup angka nol, hal ini semakin mendukung kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kedua variabel.Interpretasi :

Koefisien korelasi positif sekitar 0,51405846 menunjukkan hubungan sedang, artinya siswa yang menunjukkan kemampuan membaca pemahaman dengan menulis karangan narasi memperoleh hasil cukup baik dalam capaian pembelajarannya.Interval keyakinan menunjukkan bahwa kita dapat 95% yakin bahwa korelasi sebenarnya terletak antara sekitar 0,1665846 dan 0,7479579 , memperkuat gagasan hubungan positif.Mengingat nilai p yang rendah, analisis ini memberikan bukti kuat bahwa minat belajar memiliki hubungan pada hasil belajar, menjadikannya faktor penting bagi para pendidik untuk dipertimbangkan saat mengembangkan strategi pembelajaran guna meningkatkan keterlibatan siswa.Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji korelasi dengan menggunakan R Studio menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara "kemampuan membaca pemahaman" dan " kemampuan menulis karangan narasi" dengan koefisien korelasi sebesar 0,5393 yang menunjukkan hubungan sedang. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian pada skripsi tersebut yang menyatakan bahwa "Hasil pengujian yang dilakukan dengan bantuan aplikasi spss bahwa dapat diketahui antara minat belajar dan hasil belajar mempunyai hubungan yang positif, dimana hasil dari signifikansinya yaitu 0,002, karena nilai signifikansinya < 0,05 maka terdapat korelasi yang positif dan signifikan, sedangkan tingkat kekuatan hubungan yaitu 0,539 dengan kategori nilai korelasi sedang (Mahfud, 2024)".

 

Program Aplikasi Matlab_menghitung luas dan keliling persegi

21 December 2023 16:01:51 Dibaca : 30

Nama : Meliyanti

NIM : 411422091

Prodi / Kelas : Pendidikan Matematika / A

Mata Kuliah : Komputasi dan Pemograman

Dosen Pengampu : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Pd

GUI DALAM MATLAB

Pengertian GUI

Guide atau GUI (Graphical User Interface) adalah salah satu komponen dari Matlab untuk membuat interface (desain form) proses penyelesaian persoalan matematika yang lebih efisien dan menarik. Tidak seperti m-file hanya bisa bermain di Command Windows. Di sini, Anda akan membuat form (lembar kerja) untuk masing-masing program aplikasi dengan menggunakan atribut yang sudah disediakan oleh Matlab. Silahkan Anda buka Matlab dan ketikkan di Command Windows scrib berikut:

 

Program Scilab

21 December 2023 15:34:05 Dibaca : 20

Nama : Meliyanti (411422091)

Kelas : A. Pendidikan Matematika

Mata kuliah : komputasi dan Pemograman

Dosen pengampu : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Pd

 

 

 

 

 

 

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN ALGORITMA

06 September 2023 23:50:46 Dibaca : 266

Nama : MeliyantiNIM : 411422091Kelas : A (semester 3)Prodi : Pendidikan matematika MK : Komputasi Dan PemogramanDosen : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd., M.Si

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN ALGORITMA

Sejarah Perkembangan Komputer:

1. Zaman Pra-Komputer (Abad ke-17 hingga Abad ke-19): Perkembangan awal komputasi dimulai dengan penemuan alat mekanis sederhana seperti alat hitung Pascal dan mesin hitung Babbage yang dirancang untuk melakukan perhitungan matematika dasar

2. Zaman Tabung Vakum (Abad ke-20 awal): Komputer pertama yang berbasis elektronik adalah komputer tabung vakum seperti ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan pada tahun 1940-an. Komputer ini besar dan tidak efisien dalam hal konsumsi daya.

3. Zaman Transistor (Akhir Abad ke-20): Perkembangan transistor pada tahun 1950-an membuka jalan bagi komputer yang lebih kecil, lebih cepat, dan lebih efisien. Komputer-komputer seperti IBM 1401 dan IBM 360 menjadi umum digunakan dalam bisnis dan pemerintahan.

4. Zaman Mikroprosesor (1970-an): Kemunculan mikroprosesor memungkinkan komputer pribadi, seperti Altair 8800 dan IBM Personal Computer (PC), yang mendorong revolusi komputer pribadi.

5. Era Internet (1990-an dan seterusnya): Internet membawa komputasi global dan konektivitas ke seluruh dunia. Ini mengubah cara kita mengakses informasi dan berinteraksi secara online.

6. Komputasi Modern (Abad ke-21): Komputer modern menggunakan berbagai jenis teknologi seperti mikroprosesor canggih, memori besar, dan komputasi awan untuk mendukung berbagai aplikasi, termasuk kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin.

  • Sejarah Perkembangan Algoritma:

1. Zaman Kuno: Algoritma dasar telah digunakan dalam matematika kuno untuk menghitung dan memecahkan masalah. Contohnya adalah algoritma Euclidean untuk menghitung Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

2. Zaman Abad Pertengahan: Matematikawan seperti Al-Khwarizmi, yang memberikan nama kepada kata “algoritma”, berkontribusi pada pengembangan algoritma. Misalnya, Al-Khwarizmi menulis buku tentang penyelesaian persamaan linear dan kuadrat.Abad ke-20: Dengan perkembangan komputer, algoritma menjadi lebih kompleks dan bervariasi. Algoritma seperti algoritma Dijkstra untuk pencarian jalur terpendek dan algoritma Huffman untuk kompresi data dikembangkan pada periode ini.

3. Abad ke-21: Algoritma semakin penting dalam komputasi modern, terutama dalam bidang kecerdasan buatan dan analisis data. Algoritma pembelajaran mesin seperti algoritma Support Vector Machine (SVM) dan algoritma Deep Learning telah mengubah cara kita memproses data dan membuat prediksi.Itu adalah gambaran singkat tentang perkembangan komputer dan algoritma. Baik komputer maupun algoritma terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan mereka memiliki peran penting dalam dunia teknologi informasi saat ini.

 

Soal Jawab :1. Apa yang di maksud dengan algoritma?Jawab : Algoritma adalah langkah-langkah atau instruksi yang terstruktur dan terurut secara logis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu. Algoritma sering digunakan dalam pemrograman komputer untuk menggambarkan bagaimana suatu tugas atau operasi harus dilakukan. Mereka merupakan panduan untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara yang terdefinisi dengan baik.

2. Apa yang di maksud dengan program?Jawab : Program adalah serangkaian instruksi atau perintah yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer untuk menginstruksikan komputer agar melakukan tugas atau operasi tertentu. Program dapat mencakup berbagai jenis tugas, mulai dari pengolahan data hingga interaksi pengguna dengan perangkat lunak. Program dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi, mengotomatisasi tugas, mengolah informasi, dan banyak lagi. Mereka merupakan inti dari perangkat lunak yang digunakan di komputer dan perangkat teknologi lainnya.

3. Sebutkan dan jelaskan macam kelompok besar program komputer? Jawab : Dua kelompok besar program komputer adalah:a. Perangkat Lunak AplikasiIni adalah program-program yang dirancang untuk tujuan khusus atau tugas tertentu. Contoh-contohnya meliputi perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak spreadsheet, perangkat lunak desain grafis, perangkat lunak database, dan banyak lagi. Perangkat lunak aplikasi digunakan oleh pengguna akhir untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dan tugas.b. Perangkat Lunak SistemIni adalah program-program yang mengelola sumber daya komputer dan menyediakan layanan dasar bagi perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi. Contohnya adalah sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux, serta perangkat lunak utilitas seperti driver perangkat keras, sistem manajemen file, dan perangkat lunak jaringan. Perangkat lunak sistem menjalankan dan mengatur operasi dasar komputer.

4. Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman atau programmer?Jawab:Bahasa pemrograman adalah sistem komunikasi antara manusia dan komputer yang digunakan untuk menulis program komputer. Ini adalah set aturan dan sintaks yang memungkinkan programmer untuk menyusun instruksi-instruksi yang akan dieksekusi oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah Python, Java, C++, dll. Sedangkan Programmer adalah seseorang yang menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis kode komputer yang menjalankan tugas-tugas tertentu.

5. Sebutkan dan jelaskan bahasa pemrograman berdasarkan fungsi kerja pada mesin komputerJawab:a. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Languages), adalah bahasa yang berada sangat dekat dengan bahasa mesin dan perangkat keras komputer. Mereka memberikan tingkat kontrol yang tinggi terhadap perangkat keras, tetapi cenderung lebih sulit untuk dipahami dan digunakan oleh manusia.Contoh: Bahasa assembly (misalnya, x86 assembly) adalah contoh bahasa tingkat rendah yang digunakan untuk pemrograman perangkat keras dan tugas yang memerlukan kontrol tinggi terhadap perangkat keras.b. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Programming Languages), bahasa ini memberikan tingkat abstraksi yang lebih tinggi daripada bahasa tingkat rendah dan lebih mudah dimengerti oleh manusia. Mereka masih memungkinkan kontrol yang cukup terhadap perangkat keras.Contoh: Bahasa C adalah contoh bahasa tingkat menengah yang digunakan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak sistem dan aplikasi.c. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Languages), bahasa ini memberikan abstraksi yang lebih tinggi lagi dan fokus pada pemahaman masalah daripada perincian perangkat keras. Mereka lebih mudah digunakan oleh manusia dan memungkinkan pengembangan perangkat lunak dengan lebih cepat.Contoh: Python, Java, C++, dan JavaScript adalah beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan secara luas dalam pengembangan aplikasi, pemrograman web, dan kecerdasan buatan.d. Bahasa Pemrograman Tingkat Domain Khusus (Domain-Specific Programming Languages), bahasa pemrograman ini dirancang untuk tugas atau domain tertentu. Mereka menyederhanakan pengembangan perangkat lunak dalam bidang tertentu dengan menyediakan abstraksi yang tinggi dan spesifik untuk masalah yang ada di domain tersebut.Contoh: SQL digunakan untuk mengelola basis data, VHDL digunakan dalam desain sirkuit terpadu, dan MATLAB digunakan dalam komputasi teknik dan ilmu pengetahuan.

6. Sebutkan dan jelaskan 3 konsep penyelesaian masalah dengan program komputerJawab:a. Menganalisa masalah dan membuat algoritma: Analisis masalah adalah tahap awal dalam proses penyelesaian masalah. Ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah yang ingin dipecahkan. Perlu untuk mengidentifikasi permasalahan, memahami sifatnya, dan merinci kebutuhan atau tujuan yang ingin dicapai melalui solusi komputer. Setelah Anda memahami masalah, langkah selanjutnya adalah merancang algoritma yang akan menyelesaikan masalah tersebut. Algoritma adalah urutan langkah-langkah terstruktur yang menggambarkan cara mencapai solusi.b. Menuangkan algoritma dalam bentuk program: berarti mengimplementasikan atau mengkodekan algoritma yang telah dirancang sebelumnya menjadi program komputer yang dapat dijalankan. Ini adalah langkah penting dalam proses penyelesaian masalah dengan bantuan komputer, di mana ide dan rencana dalam bentuk algoritma diterjemahkan menjadi instruksi-instruksi konkret yang dapat dijalankan oleh komputer.c. Mengeksekusi dan menguji program: Program yang telah dibuat harus bisa di kompilasi menjadi suatu aplikasi untuk dapat di uji kebenarannya, dan apabila ditemukan bahwa telah terjad kesalahan, maka proram tersebut harus diperbaiki sebelum diserahkan kepada pemakai.

7. sebutkan dan jelaskan tiga alasan menggunakan algoritma?Jawab: Penggunaan algoritma dalam berbagai konteks memiliki sejumlah alasan yang sangat penting. Berikut adalah tiga alasan utama mengapa algoritma sangat penting:a. Pemecahan Masalah: Algoritma membantu dalam pemecahan masalah yang kompleks. Dalam berbagai bidang, dari ilmu komputer hingga matematika, ilmu sosial hingga ilmu alam, algoritma digunakan untuk merancang solusi yang terstruktur dan efisien. Mereka memungkinkan kita untuk mengambil masalah yang rumit dan menguraikannya menjadi langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mencapai solusi yang diinginkan.b. Optimisasi: Algoritma digunakan untuk mengoptimalkan berbagai proses dan tugas. Mereka memungkinkan kita untuk mencari solusi terbaik dalam situasi tertentu, seperti dalam pemilihan rute tercepat untuk perjalanan, penjadwalan tugas, atau pengelolaan sumber daya dalam bisnis. Algoritma membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek kehidupan.c. Kecerdasan Buatan dan Analisis Data: Algoritma adalah komponen inti dari kecerdasan buatan (AI) dan analisis data. Mereka memungkinkan komputer untuk belajar dari data, mengidentifikasi pola, membuat prediksi, dan membuat keputusan cerdas. Dalam era di mana data sangat melimpah, algoritma digunakan untuk mendapatkan wawasan berharga dari informasi yang tersedia

8. Sebutkan manfaat dari menggunakan algoritmaJawab:Manfaat dari menggunakan algoritma sangat bervariasi dan mencakup berbagai bidang. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan algoritma:a. Algoritma membantu dalam pemecahan masalah yang kompleks. Mereka memungkinkan kita untuk merancang solusi terstruktur dan logis untuk berbagai tantangan yang dihadapi dalam ilmu komputer, matematika, ilmu alam, dan bidang lainnya.b. Algoritma digunakan untuk mengoptimalkan berbagai proses. Misalnya, dalam pengiriman barang, algoritma dapat digunakan untuk menentukan rute tercepat atau meminimalkan biaya pengiriman. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan menghemat waktu dan sumber daya.c. Dalam analisis data, algoritma digunakan untuk menggali wawasan dari set data besar. Ini dapat digunakan dalam bisnis untuk mengidentifikasi tren pasar, dalam penelitian ilmiah untuk menemukan pola data, dan dalam berbagai aplikasi lainnya.d. Dalam pengembangan perangkat lunak, algoritma membantu dalam merancang aplikasi yang efisien, cepat, dan andal. Mereka membantu mengatasi masalah kompleks dalam pemrograman.e. Algoritma juga digunakan dalam pengambilan keputusan. Dalam konteks bisnis, mereka dapat membantu dalam pemilihan strategi terbaik berdasarkan data yang ada.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong