Tujuan dan Manfaat Mempelajari Metode Numerik
Tujuan Mempelajari Metode Numerik:
1. Memahami konsep dasar metode numerik seperti aproksimasi, propagasi kesalahan, dan kestabilan metode.
2. Menggunakan teknik numerik untuk menyelesaikan persamaan matematika yang sulit diselesaikan secara analitik.
3. Mahasiswa belajar menerapkan metode numerik menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, MATLAB, atau Excel.
4. Dengan memahami metode numerik, mahasiswa dapat melihat bagaimana konsep matematika dapat diaplikasikan dalam perhitungan praktis.
5. Mahasiswa dapat menggunakan metode numerik dalam penelitian matematika, pendidikan, atau pemecahan masalah di dunia nyata.
Manfaat Mempelajari Metode Numerik:
1. Menyelesaikan Masalah yang Tidak Memiliki Solusi Analitik
Beberapa persamaan matematika kompleks tidak memiliki solusi eksak, sehingga metode numerik membantu menemukan solusi pendekatan dengan tingkat akurasi yang dapat dikontrol.
2. Meningkatkan Efisiensi Perhitungan
Dengan metode numerik, perhitungan yang sangat rumit dapat diselesaikan lebih cepat dibandingkan metode analitik, terutama jika menggunakan komputer.
3. Meminimalkan Kesalahan Perhitungan
Metode numerik memungkinkan kontrol terhadap error (galat), baik error pembulatan maupun error pemotongan, sehingga hasilnya lebih akurat dibandingkan perhitungan manual.
4. Membantu dalam Pengembangan Teknologi dan Inovasi
Banyak software teknik dan sains berbasis metode numerik, seperti simulasi CFD (Computational Fluid Dynamics), metode elemen hingga (Finite Element Method), dan machine learning.
Tugas Komputasi dan Pemograman (Tuple)
PENJELASAN PROGRAM
1. Tuple untuk menyimpan data barang
a. Setiap elemen tuple berisi informasi barang dalam format (Kode Barang, Nama Barang, Stok, Harga per Unit).
b. Data ini immutable untuk menghindari perubahan tidak disengaja.
2. Menampilkan data barang
a. Menggunakan loop for untuk mencetak data barang secara terformat.
b. { b [ 3 ] : , } digunakan untuk menampilkan angka dengan pemisah ribuan.
3. Menghitung total nilai stok
a. b [ 2 ] : Stok barang.
b. b [ 3 ] Harga per unit barang.
c. Mengalikan keduanya untuk mendapatkan total nilai stok.
4. Mencari barang dengan stok terbanyak
a. Fungsi max ( ) dengan parameter key=lambda x: x [2] mencari barang dengan stok terbesar (kolom ke-2 dalam tuple)
5. Filter barang dengan stok kurang dari 10
a. Mengecek stok barang ( b [ 2 ] ) dan mencetak hanya barang dengan stok kurang dari 10.
6. Menghitung total nilai seluruh barang di gudang
a. Menggunakan sum ( ) untuk menjumlahkan total nilai stok semua barang di gudang.
HASIL EKSEKUSI PROGRAM
Jika program berhasil dijalankan, hasilnya:
PKKMB2023
PKKMB 2023 ini pastinya pengalaman yang baru untuk saya, mendapat banyak ilmu dan juga pelajaran-pelajaran yang berharga. Suatu kebanggaan bagi saya bertemu dengan para pemateri salah satunya ibu menteri ketenagakerjaan dan juga bisa bertemu dengan orang nomor satu di UNG, yaitu bapak Rektor. Dan pada PKKMB Tingkat Fakultas dan jurusan cukup membuat saya terkesan, banyak pelajaran yang saya dapat salah satunya pelajaran tentang kekuatan mental. Saya sangat berterima kasih kepada semua yang terlibat di PKKMB UNG Tahun 2023, khususnya kepada kakak-kakak panitia yang sudah meluangkan waktunya demi adik-adiknya.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong