PENGARUH IPTEK PADA PERKEMBANGAN MEDIA PENDIDIKAN
Kemajuan Ilmu dan Teknologi yang semula bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, tetapi kenyataannya teknologi telah menimbulkan keresahan dan ketakutan baru bagi kehidupan manusia. Ketakutan yang dirasakan oleh manusia akibat perkembangan Teknologi ini disebabkan adanya kekhawatiran akan adanya penyalah gunaannya oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Berbicara tentang dampak dan perkembangan IPTEK, maka kita akan dihadapkan pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan di dunia ini yang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, seorang dosen kalau pergi kekampus tidak lupa membawa Laptop dan LCD, setiap orang selalu berdampingan dengan HP (Hand Pone), saat jam istirahat di rumah, selalu ditemani dengan tayangan televisi, dan lain sebagainya, kesemuanya itu hanya sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
Dengan adanya perkembangan IPTEK menusia mendapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari. Bahkan saat sekarang ini hampir setiap orang itu tidak bisa terpisah dari adanya teknologi, setiap orang memanfaatkan alat kounikasi langsung jarak jauh seperti penggunaan HP untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan. Orang kalau ingin bepergian keluar negeri tidak lagi memerlukan waktu yang lama, karena mereka tinggal naik pesawat dengan beberapa menit saya mereka sudah sampai di tempat tujuan, selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan IPTEK semua itu dapat teratasi dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu yang relative lebih cepat dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya perkembangan IPTEK manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya perkembangan IPTEK tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.
Pengaruh Positif Perkembangan IPTEK
Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain. Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.
Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan Teknologi. Dulu, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti Komputer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang telah di installkan.
Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat. Dalam bidang pendidikan tentu banyak hal dan bahan yang harus dipersiapkan, salah satu contoh, yaitu ; Penggandaan soal Ujian, dengan adanya mesin foto copy, untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya kalau dilakukan secara manual. Tapi dengan perkembangan teknologi semuanya itu dapat dilakukan hanya dalam waktu yang singkat.
Pengaruh Negatif Perkembangan IPTEK
Disamping dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;
Siswa Menjadi Malas Belajar
Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Frienster dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh erhadap minat belajar siswa.
Terjadinya Pelanggaran Asusila.
Sering kita dengar di berita-berita, dimana terjadi pelaku pelanggaran asusila dilakukan oleh seorang pelajar terhadap pelajar lainnya, seperti terjadinya tawuran antar pelajar, terjadi priseks, pemerkosaan siswi dan lain-lain.
Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar.
Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS, main Facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain, sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia. Akhirnya semuanya itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar siswa dan bahkan terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas.
Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi malas dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga siswa menjadi malas berusaha dan belajar.
Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.
Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan yang bersifat positif, namun pada akhirnya sering kali tujuan itu diselewengkan dengan berbagai alasan. Contohnya ; seorang Heker dengan kemampuannya melakukan penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank atau kekantor-kantor, cukup dengan melakukan pembobolan system keuangan atau informasi penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya
Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Dengan adanya pengolahan data dengan system Teknologi, sering kali kita temukan adanya terjadi kecurangan dalam melakukan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh siswa dan bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan untuk mempermudah kepentingan pribadi, dengan mengabaikan hasil penelitian yang dilakukan.
Pengaruh IPTEK Pada Perkembangan Media Pendidikan
Pada uraian di atas telah disebutkan mengenai pengaruh positif dan negatif perkembangan IPTEK, namun belum mengarah pada judul makalah ini. Untuk itu penulis akan mencoba menguraikan bagian selanjutnya agar makalah ini atau judul makalah ini dapat lebih dipahami dan mudah-mudahan dapat dijadikan bahan untuk dipelajari dan lebih dipahami berkaitan dengan media pendidikan maupun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
Setelah di ketahui pengaruh positif dan negatif mengenai perkembangan IPTEK secara global, kemudian bagaimana pengaruhnya terhadap media pendidikan? Untuk menjawab apa Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada Perkembangan Media Pendidikan tentu kita harus pahami dahulu perkembangan media untuk saat ini, dan media apa yang dimaksud. Pengaruh IPTEK pada media pendidikan tentu mengarah pada baik buruknya proses pembelajaran. Pendidik menggunakan media pembelajaran tujuannya tentu agar penyampaian materi yang diajarkan lebih mudah dipahami oleh peserta didik dan tentu agar penyampaian materi tersebut lebih mudah dilakukan dengan adanya media tersebut. Karena fungsi media salah satunya adalah sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Mengenai apa saja media pembelajaran, dalam makalah ini tidak penulis cantumkan secara detail, penulis hanya menguraikan secara umum saja agar pembahasan tema makalah ini dapat lebih fokus dan lebih mudah dipahami. Secara umum, media pembelajaran adalah segala benda, alat, bahan yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Untuk pendidik medianya misalnya Spidol, Kapur, LCD Proyektor, Laptop, dan lain-lain. Dan untuk peserta didik media yang dapat digunakan misalnya Buku tulis, Pena, Mistar, dan lain-lain.
KESIMPULAN
Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perkembangan IPTEK, yaitu :
1. Pembelajaran menjadi lebih efektif, simulatif dan menarik
2. Dapat menjelaskan sesuatu yang sulit / Kompleks
3. Mempercepat proses yang lama
4. Menghadirkan peristiwa yang jarang terjadi
5. Menunjukkan peristiwa yang berbahaya atau diluar jangkauan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi- inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan- peraturan atau melalui suatu konvensti internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
Landasan Yuridis Pelaksanaan Pendidikan Lokal Dalam Masyarakat
Pendidikan secara praktis tak dapat dipisahkan dengan nilai-nilai budaya. Dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan sendiri, secara proses mantransfernya yang paling efektif dengan cara pendidikan. Keduanya sangat erat sekali hubungannya karena saling melengkapi dan mendukung antara satru sama lainnya.
Tujuan pendidikan pun adalah melestarikan dan selalu meningkatkan kebudayaan itu sendiri, dengan adanya pendidikanlah kita bisa mentransfer kebudayaan itu sendiri dari generasi ke generasi selanjutnya.
Dan juga kita sebagai masyarakat mencita-citakan terwujudnya masyarakat dan kebudayaan yang lebih baik ke depannya, maka sudah dengan sendirinya pendidikan kitapun harus lebih baik lagi
Satuan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal, merupakan paradigma baru pendidikan, untuk mendorong percepatan pembangunan di daerah berdasarkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat lokal. Dalam hal ini pewilayahan komoditas harus dibarengi dengan lokalisasi pendidikan dengan basis keunggulan lokal. Hak ini bukan saja berkaitan dengan kurikulum yang memperhatikan juga muatan lokal (pasal 37 ayat 1 huruf j), melainkan lebih memperjelas spesialisasi peserta didik, untuk segera memasuki dunia kerja di lingkungan terdekatnya, dan juga untuk menjadi ahli dalam bidang tersebut. Dengan demikian persoalan penyediaan tenaga kerja dengan mudah teratasi dan bahkan dapat tercipta secara otomatis.
Selain itu pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah wajib menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikanm yang bertaraf internasional (pasal 50 ayat 3). Hal ini dimaksudkan agar selain mengembangkan keunggulan lokal melalui penyediaan tenaga-tenaga terdidik, juga menyikapi perlunya tersedia satuan pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan kaliber dunia di Indonesia.
Untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas, maka pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah wajib memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang diperlukan (pasal 42 ayat 2). Dalam hal ini termasuk memfasilitasi dan/atau menyediakan pendidik dan/atau guru yang seagama dengan peserta didik dan pendidik dan/atau guru untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuan peserta didik (pasa 12 ayat 1 huruf a dan b). Pendidik dan tenaga kependidikan dapat bekerja secara lintas daerah, yang pengangkatan, penempatan dan penyebarannya diatur oleh lembaga yang mengangkatnya berdasarkan kebutuhan satuan pendidikan formal (pasal 41 ayat 1 dan 2)).
Selain itu pemerintah (pusat) atau pemerintah daerah memiliki kewenangan mengeluarkan dan mencabut izin bagi semua satuan pendidikan formal maupun non formal (pasal 62 ayat 1), sesuai dengan lingkup tugas masing-masing. Dengan adanya desentralisasi perizinan akan semakin mendekatkan pelayanan kepada rakyat, sesuai dengan tujuan otonomi pemerintahan daerah.
Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa
Nama : Alwiyandri muda
Kelas : A
Prodi : Pendidikan Biologi
Tugas : Mengarang
Tema : “Kedudukan dan Struktur Ilmu Dalam Pendidikan Biologi”
Menjadi Guru Yang Disenangi Siswa
Menjadi guru menurut saya tangguang jawabnya begitu besar,karena guru tidak hanya memberikan pelajaran atau ilmu pendidikan,guru harus mengetahui sifat atau tingka laku siswa tersebut agar bisa kosentrasi dalam pelajaran. Guru adalah orang tua kedua bagi siswa-siswa,seperti ibu ataupun ayah.
Tips agar bisa jadi guru yang disenangi siswa :
1. Selalu tersenyum walaupun terbawa emosi dari rumah
2. Mengajar dengan adanya permainan agar siswa tidak merasa bosan
3. Mengajar dengan gaya yang menarik
4. Selalu berpakaian rapi
5. Dandanan gak harus menor
6. Lebih diperbanyak diskusi
7. Santai dalam mengejar tetapi serius
8. Mengadakan teka teki yang menarik
9. Senantiasa mendengarkan siswa yang lagi galau
10. Menasehati dalam hal-hal yang positif
Menurut saya itulah tips menjadi guru yang disenangi siswa. Ada guru yang hanya mementingkan siswa yang ekonominya lumayan. Saya sangat sangat tidak suka dengan guru yang seperti itu karena dalam keluarga itu dinamakan pilih kasih.
Sekian terima kasih
sekolah menjadi alasan
Nama : Alwiyandri Muda
Nim : 431416003
Kelas : A
Prodi : Pendidikan Biologi
Tugas M.K : Penagantar pendidikan Biologi (PPB)
Sekolah Menjadi Alasan
Menurut saya sekolah adalah tempat kedua bagi anak untuk mengenal dunia luar, sekolah juga bisa mengajarkan bagaimana kita bisa jadi anak yang lebih baik nanti kedepannya. Di sekolah kita bisa mengenal apa itu tata karma dan sopan santun, di sekolah pun kita bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai suku bangsa. Tetapi kalau kita salah bergaul dengan teman, kita bisa terjerumus di jalan yang salah, seperti kita mendapatkan teman yang biasa merokok, minum minuman keras, dan yang lebih parahnya kabur atau yang biasa kita sebut dengan loncat pagar. Kita tidak bisa mengikuti teman yang gayanya seperti itu, kita harus mengingat orang tua kita yang suadah susah payah menyekolahkan kita dari kita masi SD, SMP, dan SMA. Dan ada lagi satu kasus yang saya ketahui bahwa sekolah sudah menjadi alasan untuk anak-anak keluar rumah dengan jam yang tidak memungkinkan. Contohnya, anaknya pamitan sama orang tua kalau mau kerja tugas sekolah, dan orang tua pun memberikan kesempatan kepada anaknya untuk mengerjakan tugas sekolahnya, karena orang tua begitu percaya kepada anaknya, dan si anak pun pergi yang katanya mau mengerjakan tugas dengan teman teman-teman sekolahnya, akan tetapi anak tersebut malah keluyuran bersama teman-teman dan pacarnya. Hal semacam ini orang tua harus lebih tegas kepada anak-anaknya, karena semakin anaknya di biarkan atau diberi kebebasan yang besar, mereka akan mempergunakan kebebasan yang di berikan kepada anaknya. Orang tua harus lebih berjaga- jaga dan tidak membiarkan anaknya berteman dengan orang yang salah bagi orang tuanya. Tetapi orang tua tidak bisa ketat atau tegas sekali kepada anak-anaknya, supaya anak-anaknya tidak merasa berada di dalam penjara.
Menurut saya Tips orang tua agar anaknya bisa dekat dengan orang tua mereka :
1. Harus lebih dekat bersama anaknya, bila lihat anaknya murung kita harus bertanya apa masalahnya di sekolah.
2. Orang tua harus dekat dengan teman – temannya, agar tau siapa saja teman yang gak baik untuknya.
3. Orang tua harus selalu dengan anaknya, seperti membeli buku, agar anaknya ketahuan bila berbohong.
4. Orang tua jangan terlalu manjakan kepada anaknya.
5. Harus lebih memastikan anaknya selalu bahagia.
Itulah menurut saya tips menjadi orang tua yang selalu di senangi anak-anaknya.
BIOLOGI
PENDIDIKAN BIOLOGI ADALAH PELAJARAN YANG PALING ISTIMEWA