Pengamatan Fase Mitosis dan Letak kromosom Pada Allium Cepa L

04 October 2024 06:08:45 Dibaca : 9

A.Tujuan

1.Mengenal fase-fase mitosis dengan mengamati letak kromosom 

2.Mengenal tahapan dalam pembuatan preparat metode squash yang di gunakan dalam pengamatan mikroskop

B.Alat dan Bahan

1.Ujung akar bawang merah (Allium cepa L)

2.Botol flakon 

3.HCL 1N

4.Alkohol 70%

5.Acetocarmin 

6.oven

7.Silet atau cutter berkarat

8. Tissu

9. Kuas

10. Gelas benda atau gelas penutup

11. Bunsen

C. Prosedur kerja

D. Hasil dan Pembahasan

     Berdasarkan hasil yang di dapatkan pada praktikum lll yaitu tentang pengamatan pada fase mitosis dan letak kromosom pada allium cepa L. Diperlukan alat dan bahan seperti, ujung akar bawang merah (allium cepa L), botol flakon, HCL 1N, alkohol 70%, acetocarmin, oven, silet atau cutter berkarat, tisu, kuas, gelas benda dan gelas penutup dan bunsen.

     Pada pengamatan ini kita meletakkan bawang tersebut kedalam cawan hingga akarnya tumbuh. Kemudian, kita memotong ujung akar yang tumbuh dengan kater yang berkarat tepat pukul 24:00 dan kita menyimpan potongan akar tersebut kedalam botol, lalu pada saat praktikum kita meletakkannya kedalam gelas arloji yang berisi 70% alkohol yang di rendam selama 5 menit. Setelah itu kita keringkan dengan tisu, lalu kita ambil kita rendam lagi dengan larutan acetocarmin, kemudian kita cacah ujung akarnya dengan kater berkarat dan ditutupi dengan kaca penutup. Kemudian, kaca preparat di lewatkan diatas bunsen selama 5 kali dan di amati di atas mikroskopi.

    Di dapatkan fase profase dan telofase diperbesaran 40 atau 4 x 10. pada fase profase kita menemukan adanya nukleus dan dinding sel profase adalah tahap awal dari mitosis, pada saat ini benang spindel mulai terbentuk, dan membran inti sel mulai menghilang. Sedangkan pada telofase di temukan nukleus walaupun cuman kecil pada fase ini adalah tahap akhir dari mitosis. Pada telofase kromosom yang telah terpisah akan mulai dekondensasi kembali menjadi kromatin, dan membran inti akan terbentuk kembali di sekitar kromosom,

E. Dokumentasi

                                                                ( Menulis Hasil Pengamatan )

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong