Percobaan Difusi dan Osmosis Berdasarkan Pada Solanum Tuberosum. Sifat Zat dan Konsentrasi Larutan Berbeda

27 September 2024 23:13:52 Dibaca : 27

A. Tujuan

     Mengamati proses terjadinya difusi dan osmosis

B. Alat dan Bahan

1. Gelas beaker

2. Pipet tetes

3. Pengaduk

4. Stopwatch

5. Larutan NaCl 30% 40% 50%

6.Kristal CuSo4

7. Larutan Eosin

8. Aquadest

9. Tuber Solanum Tuberosum

C. Prosedur Kerja

D. Hasil dan Pembahasan

    Pada pengamatan yang pertama, difusi yaitu dengan memasukan aquadest sebagai bahan pelarut sekitar 50 - 30 ml. Kemudian masukkan kristal CuSo4 (Nutrisari) tanpa diaduk dan diaduk. Didapatkan yang diaduk hanya memerlukan waktu sekitar 34 detik, sementara yang tidak diaduk penyebarannya lama walaupun sudah 60 menit. Kemudian masukkan aquadest kembali dan tambahkan larutan Eosin ( pewarna makanan ) sekitar 10 tetes tanpa diaduk dan diaduk. Hasilnya larutan yang diaduk hanya memerlukan waktu sekitar 41 detik untuk penyebarannya, sementara yang tidak diaduk sekitar 60 menit walaupun belum sempurna.

    Pada pengamatan kedua osmosis yaitu melubangi kentang dengan stinless stell dan memotong sekitar 2 cm lalu dimasukkan kedalam gelas. Kemudian masukkan kentang tersebut kedalalam larutan yang berbeda-beda seperti NaCl dan aquadest dengan ukuran yang sama. Setelah diukur di timbangan hitung berat dan panjang didapatkan kentang yang di NaCl panjangnya berkurang menjadi 1,5 cm dan berat 2,19 gram menjadi 1,,61 gram. Sedangkan aquadest didapatkan panjang akhir 2,3 cm dan berat awal 1,12 gram menjadi 1,25 gram.

     NaCl mengakibatkan pengurangan berat maupun panjang pada kentang. karena NaCl bersifat Higrokopis pada kentang, artinya ia dapat menarik air dari sel-sel kentang. sedangkan aquadest mengakibatkan penambahan berat dan panjang pada kentang karena bersifat netral, yaitu kentang dapat masuk atau menyerap air yang membuatnya menjadi kenyal. 

E. Dokumentasi

                                        ( menulis hasil pengamatan )

                                             ( proses pengukuran aquadest )

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong