ANALISIS PERBEDAAN STRUKTUR SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN

23 September 2024 11:25:36 Dibaca : 20

Nama : Sabrian Anugrah Hamzah 

NIM : 471424020

PRODI : S1 ILMU LINGKUNGAN 

 

A. TUJUAN PRAKTIKUM 

  1. enjelaskan struktur sel hewan dan sel tumbuhan
  2. Menyebutkan bagian-bagian sel hewan dan tumbuha
  3. Menjelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

 

B. Alat

  1. Miskroskop
  2. Preparat
  3. Cover glass
  4. Piset 
  5. Alat dokumentasi
  6. Pipet tetes
  7. Tusuk gigi

C. Bahan

  1. Selaput dalam umbi allium deta
  2. Mukosa pipi
  3. Aquades

D. Prosedur Kerja 

pembuatan preparat tumbuhan

 Pembuatan Preparat Hewan 

E. Hasil dan Pembahasan 

Pada pengamatan yang pertama praktikan mengamati struktur serta bagian-bagian selaput dalam umbi lapis Allium cepa dengan menggunakan pinset struktur serta bagian-bagian selaput sebagai alat yang digunakan untuk mengambil selaput bagian dalam umbi lapis Allium cepa dan diamati dibawah mikroskop dengan menggunakan perbesaran 100 x 10.  da

Pada pengamatan sel mukosa pipi memperlihatkan bentuk sel yang tidak beraturan. Sel-sel penyusun epitel mukosa pipi berbentuk tidak teratur. Dari hasil pengamatan, sel mukosa pipi juga tidak memperlihatkan suatu warna yang khas, sehingga hanya terlihat polos tanpa ada warna-warna lain yang lebih mencolok (Emelda, 2019).

Dari penelitian ini kami menemukan perbedaan dari sel tumbuhan dan sel hewan ,dari segi ukuran , fungsi , struktur .Salah satunya perbedaan ukuran , dari hasil pengamatan ukuran sel tumbuhan cenderung lebih besar dari pada sel hewan adapun perbedaan lain yaitu fungsi dari sel hewan dan tumbuhan.Dan juga  sel tumbuhan memiliki sel yang lebih teratur dan stabil di bandingkan sel hewan . Tetapi di antara semua perbedaan tersebut di ketahui bahwa keduanya merupakan sel eukariotik yang memiliki fungsi dan struktur yang berbeda. 

 

F. Dokumentasi

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong