Harga Kacang Panjang

13 April 2021 13:40:01 Dibaca : 40

Kacang panjang memiliki banyak kandungan nutrisi yang tidak hanya mencukupi kebutuhan gizi harian, namun juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah:

1.       Meringankan nyeri haid

Kacang panjang memiliki kandungan mineral yang memiliki peran penting dalam siklus reproduksi wanita, dam bisa mengurangi frekuensi atau meringakan rasa sakit karena kram perut selama menstruasi.

2.       Menyehatkan kulit dan mengurangi risiko asam urat

Kacang panjang memiliki kandungan vitamin C yang bisa mengurangi munculnya keriput, menyembuhkan kulit kering dan kemerahan, serta memperlambat proses penuaan. Karena adanya vitamin C yang dimilikinya, kacang panjang juga memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan kanker kulit. Vitamin C ini juga bisa membantu mengurangi risiko asam urat

3.       Baik untuk kesehatan jantung

Kacang panjang memiliki kandungan serat larut yang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat (LDL). Kacang panjang juga bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kebutuhan serat harian kamu bisa terpenuhi sampai 12 persen dengan satu porsi kacang panjang atau setara 100 gram.

4.       Mencegah kanker

Kacang panjang memiliki kandungan berbagai antioksidan nabati, termasuk flavonoi  dan riboflavin (vitamin B2) yang diketahui bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Selain itu, kacang panjang juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker pada usus besar, payudara, serviks, paru-paru, dan kanker otak.

5.       Mencegah cacat lahir

Kacang panjang memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang sangat baik dikonsumsi selama masa subur dan kehamilan sehingga bisa mencegah risiko cacat lahir seperti spina bifida dan anencephaly pada bayi.

Kacang panjang sendiri adalah tumbuhan yang mudah ditemukan di kawasan tropis di Asia yang sering dijadikan sayur atau juga lalapan. Kacang panjang tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak adalah bagian dari tanaman kacang panjang yang dijadikan sayur atau lalapan. Daunnya sendiri disebut dengan lembayung dan bisa juga dijadikan sayuran hijau. Adapun update dari harga kacang panjang adalah dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp15.000 per kilogram, namun ada juga yang menjualnya Rp10.000 per kilogram.

Kacang panjang adalah sayuran yang sangat enak diolah menjadi masakan. Untuk dapat mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengkonsinya dengan cara dijadikan lalapan atau juga dimasak menjadi berbagai olahan masakan. Berikut ini adalah olahan masakan dari kacang panjang yaitu sambal teri kacang panjang. Masakan ini bisa kamu praktikkan sendiri di rumah dan cocok dijadikan teman santap bersama nasi hangat. Selamat mencoba!

Bahan yang diperlukan:

·         5 helai kacang panjang

·         6 sdm teri medan

·         1 sdm baceman bawang putih

·         Garam gula secukupnya

·         Minyak secukupnya

·         15 buah cabai merah keriting

·         7 buah bawang merah

·         1 buah tomat (dibuang bijinya)

Cara membuat:

1.       Pertama, porong-potong terlebih dahulu kacang panjang. Kemudian dicuci bersih lalu tiriskan.

2.       Setelah agak kering, tumis sebentar kacang panjang tadi menggunakan api besar, setelah itu angkat dan sisihkan.

3.       Bilas teri dengan air bersih lalu goreng sampai kering. Angkat, lalu sisihkan.

4.       Di ulekan, cabai merah, bawang merah, dan tomat masukkan lalu ulek sampai agak halus. Kemudian panaskan sedikit minyak di wajan, lalu tumis bumbu yang sudah diulek dan baceman bawang putih sampai harum dan keluar minyaknya. Bumbui dengan garam dan gula lalu aduk rata.

5.       Masukkan kacang panjang dan teri, kemudian aduk sampai tercampur rata.

6.       Cek rasanya, bila sudah pas, bisa diangkat dan sajikan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong