Similaritas Surety Bond - Bank Garansi

29 April 2021 10:05:55 Dibaca : 4

Similaritas Surety Bond - Bank Garansi. Perusahaan atau kontraktor yang mengikuti tender baik untuk kontruksi maupun pengadaan diharuskan memiliki jaminan. Dapat diterbitkan dalam bentuk bank garansi maupun surety bond. Sering disandingkan bersama, dua kosa kata ini memiliki banyak persamaan. Ketahui masing-masing pengertian keduanya terlebih dahulu.

 

Surety Bond merupakan jaminan untuk penyelenggaraan bisnis atau proyek yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Nasabah tidak perlu memiliki uang berupa tabungan untuk penerbitannya. Namun diganti dengan pembayaran premi dan surat ganti rugi legalisir notaris. Setelah selesai klaim, kontraktor tetap harus mengganti rugi untuk perusahaan asuransi.

 

Similaritas surety bond - bank garansi juga menjadi jaminan suatu pelaksanaan proyek baik kontruksi maupun non konstruksi. Jika lembaga penerbit surety bond adalah asuransi, berbeda halnya dengan bank garansi yang diterbitkan oleh perusahaan perbankan. Sehingga prosedur penerbitannya juga berbeda. Bank akan menerbitkan bank garansi ketika nasabah memiliki tabungan sejumlah jaminan atau melebihi besarnya nilai jaminan.

 

Similaritas Surety Bond dan Bank Garansi

Similaritas surety bond dan bank garansi terletak dalam beberapa aspek. Seperti pihak yang terkait, fungsi, syarat  pencairan hingga biaya yang harus dibayarkan. Lebih jelasnya simak persamaan keduanya di bawah ini.

 

Pihak yang Terlibat

 

Similaritas surety bond - bank garansi salah satunya terletak pada 3 pihak yang terlibat di dalamnya yaitu surety / bank sebagai penyelanggara asuransi. Pemilik proyek sebagai penyedia pekerajaan yang akan diserahkan kepada kontraktor. Pihak terakhir yaitu Kontraktor sebagai pelaksana dan pemberi jaminan kepada pemilik proyek.

 

Kondisi Jaminan

Surety memiliki dua kondisi jaminan yaitu bersyarat dan tidak bersayarat. Unconditional bond atau jaminan tak bersyarat memiliki sistem yang sama dengan bank garansi. Pencairan jaminan dilakukan ketika ketentuan atau perjanjian tidak dapat dipenuhi sesuai yang telah tertulis. Kegagalan yang dialami kontraktor pun tak perlu bukti atau dinamakan loss situation.

 

Jaminan Pemborongan

 

Similaritas surety bond - bank garansi, proyek yang ruang lingkupnya lebih luas baik di bidang pengadaan jasa, konsultansi, maupun kontruksi pembangunan. Kedua jaminan sama-sama dapat digunakan untuk para pelaku bisnis pemborongan dengan ketentuan yang telah disebutkan. Bisa digunakan untuk tender sekaligus pengadaan barang dan jasa.

 

Persamaan Fungsi Tender

 

Jaminan di dalam tender memiliki empat peran atau fungsi. Bid sebagai syarat mengikuti tender. Performance jaminan kontraktor menyelesaikan proyek yang dikerjakan. Advance Payment jaminan uang muka sesuai ketentuan dalam perjanjian. Maintenance untuk pemeliharaan sebagaimana yang ditawarkan https://www.bankgaransisuretybond.com/  sebagai agen bank garansi untuk menjamin pemeliharaan proyek Anda.

 

Itulah persamaan antara surety bond - bank garansi dilihat dari berbagai aspek. Banyaknya persamaan membuat kedua hal ini sering diucapkan secara berdampingan. Keduanya memiliki sisi poritif dan negatifnya. Jika Anda memiliki tabungan di bank, maka lebih baik gunakan bank garansi. Namun jika tidak memiliki dana yang cukup di bank, surety bond bisa menjadi alternatif pilihan jaminan proyek. Namun perlu membayarkan premi setiap periode tertentu.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong