ARSIP BULANAN : September 2020

Blog mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo

17 September 2020 22:38:35 Dibaca : 2

Dalam mendukung pelaksanaan perkuliahan dan nuansa akademik yang lebih Modern. Maka Universitas Negeri Gorontalo menyediakan fasilitas Blog khusus bagi mahasiswa, dengan adanya blog ini mahasiswa diharapkan lebih rajin membuat tulisan ilmiah ataupun sebagai media sharing ilmu pengetahuan dan juga dapat dimanfaatkan sebagai mendia pembuatan tugas. Hal ini dikarenakan hampir seluruh kegiatan akademik yang ada telah menggunakan media internet. Blog mahasiswa dikelola langsung oleh mahasiswa sendiri dengan server yang berada di dalam kampus tepatnya di Gedung Pustikom UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Universitas Negeri Gorontalo. Untuk masuk kehalaman administrator silahkan akses melalui alamat : http://mahasiswa.ung.ac.id/admin dengan menggunakan USER-ID serta PASSWORD yang anda gunakan pada SIAT UNG.Setelah berhasil anda akan diarahkan ke halama Administrator sesuai dengan akun yang anda miliki, perhatikan menu yang tersedia pada bagian kiri. Terdapat 4 menu utama yakni :1. Terbitan, digunakan untuk membuat tulisan baru.2. Kategori, untuk membuat sub kategori dari tulisan.3. Galeri, untuk mengatur Galeri foto blog.4. Blogroll, untuk menambahkan link dari website lain.Untuk membuat tulisan sendiri, selain dengan menggunakan menu Terbitan pada menu sebelah kiri anda juga dapat menggunakan tombol Tambah yang terdapat pada bagian sebelah kanan pada halaman utama akses anda pada saat pertama kali masuk pada halaman blog mahasiswa ini. Selain menu utama yang terdapat pada bagian sebelah kiri. Untuk pengaturan blog, dan ada pula menggunakan menu yang tersedia pada menu bagian kanan atas yang di perlihatkan pada NIM yang ada. Pada menu pilihan ini terdapat 4 sub menu yang antara lain :1. Pengaturan Umum, untuk mengatur Sub Title dari Blog.2. Gambar Banner, untuk mengatur banner pada halaman blog.3. Avatar Profil, untuk mengatur avatar tampilan blog.4. Logout, untuk keluar dari halaman dashboard akun anda.

Sejarah Fakultas Teknik

17 September 2020 21:08:33 Dibaca : 1

Pada awalnya sesuai SK Mendiknas No. 140/0/2001 Tanggal 5 September 2001 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, merupakan Fakultas yang mempunyai hak dan kewenangan menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga (D-III) Non Keguruan atau Non Kependidikan. Pada Tahun Akademik 2000-2001, dibuka beberapa Program Studi di bidang Teknik yang berada di bawah naungan Program Diploma STKIP Gorontalo dengan Koordinator Prof. Dr. Yasin Tuloli, M. Pd. Program Studi yang menjadi cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik tersebut sesuai SK Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Tanggal : 18 Agustus tahun 2000; adalah :1) No. 275/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D-1 Kriya Kain; 2) No. 278/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Teknik Sipil, 3) No. 279/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3Teknik Elektro; dan 4) No. 281/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Manajemen Informatika. Perjuangan dan tekad lembaga dalam upaya Alih Status STKIP menjadi IKIP Negeri Gorontalo terealisasi dengan diresmikannya IKIP Negeri Gorontalo pada tahun 2001. Sebagai konsekwensinya adalah perubahan perangkat organisasi. Jurusan pada masa STKIP menjadi Fakultas. Salah satu Fakultas tersebut adalah Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Teknik Kriya dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3). Pada tahun akademik 2003/2004 FPTK menambah Program Studi baru yaitu D3 Teknik Arsitektur. Pada tahun akademik 2004/2005, terlahir Program Studi D3 Teknik Industri. Seiring dengan percepatan proses peralihan status IKIP ke Universitas, FPTK menjadi salah satu primadona dilihat dari segi Non Kependidikannya. Karena salah satu syarat Perguruan Tinggi berbentuk IKIP bisa berubah status menjadi Universitas adalah harus tersedianya Program Studi Non Kependidikan. Mulai tahun akademik 2005/2006, sesuai OTK UNG, FPTK berubah menjadi Fakultas Teknik. Sejak berdirinya pada tahun 2001, Fakultas Teknik pernah dipimpin oleh sejumlah Dekan yaitu :

-Drs. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (2001-2002)-Dra. Rama Hiola, M.Kes (2002-2006)-Drs. Nawir Sune, M. Si (2006-2009)-Ir. Rawiyah Husnan, MT, (2009-2014)-Moh. Hidayat Koniyo, ST., M.Kom (2014-sekarang)

Target akreditas ung yang sukses tercapai pada tahun 2018

17 September 2020 20:45:27 Dibaca : 0

Tahun 2018 menjadi masa pencapaian berbagai prestasi diberbagai bidang oleh Universitas Negeri Gorontalo, salah satu prestasi yang terbilang sukses ditorehkan yakni pencapaian akreditasi. Tidak tanggung-tanggung prestasi akreditasi yang berhasil ditorehkan meliputi akreditasi Program Studi (Prodi) dan juga Akreditasi Insititusi.

Dalam hal akreditasi Prodi, total Prodi yang telah terakreditasi A mengalami peningkatan menjadi 9 Prodi, sedangkan sisanya seluruhnya telah terakreditasi B. Sementara itu catatan gemilang juga ditorehkan akreditasi Institusi yang sebelumnya terakredtasi B telah meningkat menjadi akreditasi A institusi.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, tahun 2018 menjadi masa yang penuh dengan kerjakeras dari seluruh civitas akademika UNG, yang mana tahun tersebut bisa dikatakan sebagai tahun kesuksesan akreditasi bagi UNG.

Keberhasil akreditasi tersebut kata Rektor ditandai dengan capaian akreditasi Prodi yang terus mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan hingga saat ini tidak ada lagi Prodi di UNG yang terakreditasi C. Catatan manis tersebut juga disempurnakan dengan akreditasi UNG yang berhasil meraih akreditasi A institusi untuk pertama kalinya.

“Bisa kita dikatakan bahwa ditahun 2018 sangat luar biasa bagi UNG sekaligus merupakanan tahun kesuksesan akreditasi UNG. Fakta tersebut tidak bisa terbantahkan catatan kesuksesan UNG ditahun tersebut memiliki bukti dan harus kita syukuri bersama,” ungkap Rektor.

Berbagai pencapaian ditahun 2018 khususnya dalam akreditasi menjadi catatan keberhasilan yang teramat manis bagi seluruh civitas akademika UNG. Terlebih dalam mewujudkan pencapaian tersebut berbagai daya dan upaya dikerahkan agar memperoleh hasil maksimal.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong