Yuk, Intip Tradisi Berbagi Kopi di Italia

16 September 2013 15:26:58 Dibaca : 868

Banyak yang menyukai kopi, menikmatinya membuat suasana lebih menyenangkan. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama teman, keluarga dan kolega saat santai. Dikutip dari vemale.com ternyata kedai kopi juga memiliki tradisi derwamwan berbagai kopi kepada sesama orang.

Tradisi berbagai kopi ini ada di kota Naples, Italia. Karena krisis Eropa menyebabkan kemiskinan merajalela sehingga mereka saling berbagai kopi di coffee shop. Tradiri ini dinamakan caffe sospeso yang berarti “kopi yang ditangguhkan”.

Cara berbagai kopi ini adalah jika ada orang memesan lima cangkir kopi, orang tersebut akan hanya akan mengambil 2 cangkir kopi dan yang 3 ditangguhkan. Misalnya lagi ada yang memesan 6 cangkir kopi ia hanya mengambil 3 cangkir dan sisanya ditangguhkan dan orang tersebut pergi hanya membawa 3 cangkir kopi saja.

Ternyata sisa – sisa kopi yang ditangguhkan tersebut oleh coffee shop akan diberikan pada orang-orang papa yang mampir ke kedai kopi. Mereka biasanya meminta kopi yang ditinggalkan oleh pembeli sebelumnya dan barista akan memberinya secangkir secara cuma-cuma.

Ternyata tujuan orang-orang Naples membayar porsi lebih kopi yang ia beli karena mereka ingin berbagai kesempatan kepada orang lain tidak bisa menikmati kopi karena faktor ekonomi. Pihak coffee shop juga menyimpan kopi terbayar tersebut sampai ada orang yang bertanya kopi tersebut. Barista akan menyajikannya layaknya pembeli lain namun secara gratis.

Tradisi ini menunjukkan betapa dermawannya orang Italia meskipun hanya berbagai kopi. Kopi di Negara Italia cukup digemari sehingga dengan berbagi kopi akan semakin mempererat persaudaran meski tidak saling tatap muka. Hal ini sudah terjadi bertahun-tahun dan menjadi kebiasaan penduduk Italia serta ditiru oleh negara lain