Model Pembelajaran STAD

18 September 2013 08:12:53 Dibaca : 647

STAD (Student Teams-Achievement Division) telah digunakan secara meluas dari tingkat sekolah dasar sampai universitas. Biasanya siswa dibagi menjadi 4 atau 5 orang dalam satu kelompok.

Model pembelajaran STAD ini berguna dalam mengkaji informasi dari pelajaran dan paling efektif ketika pertanyaan memiliki jawaban yang benar secara tunggal. Siswa mampu bekerja sama secara kooperatif.

Prosedur Pelaksanaan Model Pembelajaran STAD :
Setelah mengajar pelajaran, bagi siswa menjadi beberapa kelompok dimana masing-masing kelompok mempunyai minimal empat orang anggota, campur-kemampuan anggota dalam satu tim. Setiap tim bekerja sama untuk memastikan bahwa setiap anggota kelompok telah menguasai informasi. Gunakan kuis/tes untuk menyampaikan informasi, dan berikan skor individu dan tim.

Langkah-langkah untuk proses ini adalah sebagai berikut:

Mengajarkan konsep / keterampilan - pemahaman cekTim studi - buat peringkat siswa dan kelompok sebagai berikut: satu orang berprestasi tinggi, berprestasi rata-rata sebanyak dua orang, dan satu orang yang berprestasi rendah; beri tim lembar kerja lengkap dan setiap anggota tim bertanggung jawab agar semua anggota menguasai konsepUji - memeriksa pemahaman individu; memberikan nilai tim berdasarkan perbaikan dari rata-rata sebelumnya; 10 dibawah rata-rata atau lebih = 0 poin, 10 di bawah ini untuk 1 dibawah rata-rata = 10 poin; 0 sampai 10 diatas rata-rata = 20 poin; lebih dari 10 diatas rata-rata = 30 poinBeri penghargaan untuk tim dengan skor tertinggi

Memberikan skor tim di samping nilai individu dapat memotivasi tim untuk membuat semua anggota tim memahami informasi yang telah disampaikan.

Cara Memberikan Penilaian
Gunakan diskusi, kuis, dan tes untuk memastikan tingkat pemahaman. Diskusi dapat digunakan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa dengan menilai tanggapan mereka setelah membaca. Mendorong tanggapan dari siswa yang muncul dari tugas. Siswa benar-benar harus merespon 80% dari pertanyaan selama diskusi atau yang diberikan pada kuis atau tes