ARSIP BULANAN : October 2012

Sumber Ajaran Islam

30 October 2012 14:40:15 Dibaca : 12079

SUMBER AJARAN ISLAM

 

A.    Al-Qur’an

1.      Pengertian Al-Qur’an

Dalam agama samawi sumber ajarannya mutlak dari Tuhan yang bersifat otonom dan tidak mungkin adanya campur tangan manusia. Adanya campur tangan manusia di dalam penetapan serta pencetusan sumber ajaran berarti menghilangkan kemurnian ajaran itu sendiri, keberadaannya pun patut dipertanyakan.

Al-Qur’an secara harfiah berarti bacaan (QS. 75:17-18) memang Al-Qur’an diturunkan untuk dibaca, difahami direnungkan kemudian di amalkan. Pengertian Al-Quran menurut istilah

-          Firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw, sebagai mu’jizat untuk manusia dan disuruh untuk mempelajarinya.

-          Penjelasan Al-Qur’an sebagai firman Allah berarti seluruh isinya mutlak dari “Kalam” Allah sebagai sifat-Nya yang absolud. Juz Al-Qur’an tidak bisa dimasuki unsur “Kalam” manusia yang relatif maka itu keberadaannya tetap terjaga.

-          Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Saw secara lafaz (lisan), maka serta gaya bahasa (Uslub)nya yang dimaktub dalam mushaf (Kumpulan buku yang dinukil darinya secar mutawatir

Definisi di atas mengandung beberapa kekhususan sebagai berikut:

  1. Al-Qur’an sebagai wahyu Allah yaitu seluruh ayat Al-Qur’an adalah wahyu Allah tidak ada satu kata pun yang datangnya dari perkataan atau pikiran Nabi
  2. Al-Qur’an diturunkan dalam bentuk lisan dengan makna dan gaya bahasanya artinya isi mauun redaksi Al-Qur’an datang dari Allah sendiri.
  3. Al-Qur’an terhimpun dalam mushaf artinya Al-Qur’an tidak menckup wahyu Allah kepad Nabi Muhammad dalam bentuk hukum-hukum yang kemudian disampaikan dalam bahasa Nabi sendiri.
  4. Al-Qur’an dinukil secara mutawatir artinya Al-Qur’an disampaikan orang lain secara terus menerus oleh kelompok orang lain yang tidak mungkin berdusta karena banyaknya jumlah orang dan berbeda-bedanya tempat tinggal mereka.

Al-Qur’an diturunkan secar bertahap/ berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, terdiri dari 30 juz 114 surat dan 6236 ayat. Metode penurunan Al-Qur’an semacam ini mengandung nilai-nilai ilmiah serta terdapat berbagai hikmah. Misalnya segi keaktualan ketetapan, keluasan, fleksibel, tuntunan sosial dan lain-lain.

Periode mekah yang disebut ayat-ayat makiyah yaitu ayat-ayat makiyah pada umumnya mengandung nuansa sastra yang kental, karena itu ayat-ayatnya pendek-pendek Ayat Makiyah sebanyak 4726 ayat yang tercakup dalam 89 surat.

Periode Madinah yang disebut dengan ayat Madaniyah yaitu ayat-ayat Madaniyah menerangkan aspek syari’ah, baik menyangkut peraturan tentang ibadah muamalat dan akhlaq.

2.      Nama Al-Qur’an

  1. Bahasa Al-Qur’an yang meliputi gaya pengungkapannya, kelembutan dalam jalinan huruf dan kata-kata ayat-ayat yang indah untuk dibaca. Adanya keserasian bahasa Al-Qur’an dengan akal dan perasaan manusia. (Lihat QS. Fusilat 41)
  2. Aspek sejarah (cerita) misalnya, Rosul Allah, Ashabul Kahfi, Mariyam dan lain sebagainya
  3. Aspek Isyarat tentang ilmu pengetahuan misalnya. Biologi, fisika, farmasi, astronomi, geografi dan proses turunnya hujan.
  4. Kebenaran nabi Muhammad SAW yang umum.

Sedangkan komitmen terhadap Al-Qur’an adalah mengimani Al-Qur’an, mengamalkan Al-Qur’an mempelajari Al-Qur’an dan menda’wakan AL-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah dengan bahasa arab.

Al-Qur’an sebagai sumber hukum utama mengandung pokok-pokok ajaran sebagai berikut:

  1. Pokok-pokok keyakinan atau keimanan terhadap Allah, malaikat, Kitab-kitab. Rasul-rasul hari akhir dan Qada’ Qadar (yang membicarakan Ilmu Teologi/ Ilmu kalam)
  2. Prinsip-prinsip syari’ah (hukum) yaitu garis-garis besar aturan tentang hubungan dengan Allah, antar manusia dan hubungan manusia dengan alam
  3. Pokok-pokok aturan tingkah laku atau nilai dasar etika tingkah laku.
  4. Ilmu pengetahuan seperti ilmu ketuhanan, dan agama, hal-hal yang manusia masyarkat dan yang berhubungan dengan alam
  5. Sejarah seperti kisah-kisah Nabi terdahulu. Masyarakt dan bangsa terdahulu dan lain-lain.
  6. Informasi tentang alam gaib, seperti adanya Jin, Kiamat, Surga dan Neraka.

3.      Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan

Islam adalah konsepsi hidup yang lengkap tidak hanya suatu agama yang menentukan perhubungan antara manusia. Oleh karena itu sikap Islam terhadap Ilmu pengetahuan adlah positif, dimana islam menghargai akal. Akal berfungsi untuk mengungkap segala sesuatu yang misteri di dalam alam semesta ini serta apa yang terdapat di dalam Al-Qur’an seperti firman Allah dan surat Al-Imron ayat 190-191.

Al-Qur’an harus dibedakan antara tafsirul Qur’an dengan I’jazul Qur’an. Tafsir adalah keterangan tentang kata-kata dan kalimat dalam Al-Qur’an serta kandungan maknanya. Secara singkat dapat kita lihat penghargaan Qur’an terhdap manusia.

a.       Manusia diangkat sebagai khalifatullah dan dibedakan dari makhluk Allah yang lain karena ilmunya. Al-Qur’an sebagaimana Adam diberi ilmu pengetahuan tentang konsep seluruhnya (Al-Asma Kullha) dan malaikat dsuruh sujud kepadanya (QS. 2:31-33)

b.      Karena hakekat manusia tidak terpisah dan kemampuannya untuk mengembangkan ilmu pengatahuan. Maka ilmu yang disertai iman adalah ukuran derajat manusia. Manusia yang ideal dalam AL-Qur’an ialah yang mencapai ketinggian iman dan ilmu (QS. 58:11)

c.        Al-Qur’an diturunkan dengan ilmu Allah (QS.11:14) dan hanya dapat direnungkan maknanya oleh orang-orang yang berilmu (QS.29:43) Al-Qur’an hhanya jelas bagi orang-orang yang berilmu (QS.29:49).

d.      Al-Qur’an memberikan isyarat bahwa yang berhak memimpin umat adalah yang memiliki Ilmu pengetahuan thalut dipilih sebagai raja Israil karena kelebihan pengetahuan (QS.2251) Begitu juga Sulaiman (QS.21:79)

Sumber-sumber Ilmu pengetahuan

Al-Qur’an menunjuk empat unsur untuk memperoleh ilmu pengetahuan

  1. Al-Qur’an dan Sunnah keduanya merupakan sumber pertama ilmu Al-Qur’an berkali-kali mengingatkan kita untuk memikirkan ayat-ayat-Nya.
  2. Alam semesta adalah sumber kedua Ilamu Al-Qur’an menyuruh kita memikirkan keajaiban ciptaaan Allah.

4.      Al-Qur’an dan Ulul Albab

Menurut Al-Qur’an Ulul Alba adalah kelompok orang/ atau manusia tertentu yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT.

Ulul Albab dan kosnep barat mengenai intelektual:

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang Ulul Albab, Ilmuan adlaah orang yang mendalami ilmunya kemudian dikembangkan ilmunya, baik dengan pengamatan maupun dengan analisisnya sendiri.

Untuk pengertian ini AL-Qur’an sebenarnya mempunyai istilah khsuus: Ulul Albab. Al-Qur’an terjemahan Depag RI Mengartikan Ulul Albab sebagai orang-orang yang berakal, orang-orang yang mempunyai pikiran: terjemahan inggrisnya Men of Understanding, Men of wisdom.

Al-Qur’an mengajarkan kita dua hal.

-          Tafakur adalah merenungkan ciptaan langit dan Bumi. Kemudian menangkap hukum-hukum yang terdapat dalam semesta.

-          Tasyakur adalah memanfaatkan nikmat dan karunia Allah dengan menggunakan akal pikiran. Sehingga kenikmatan itu makin bertambah. Dalam istilah modern tasyakur disebut tehnologi.

B.     Assunah

1.      Pengertian As-Sunnah

Ditinjau dari segi bahasa sunah berarti cara, jalan, kebiasaan. Arti sunnah yang populer adalah “Attariqoh al-mu’tadah hasanah kenatan sayyiah”, suatu cara yang berlaku, baik cara itu bersifat terpuji maupun tercela. Makna sunnah dari segi etimologi adlaah identik dengan hadist, yaitu informasi yang disandarkan kepada asulullah Saw. berupa ucapan, (perbuatan atau keizinan, ketentuan nabi).

Untuk membedakan antara kedua wahyu tersebut dapat dianalisa sebagai berikut:

a.       Al-Qur’an secara legal dari Allah. Baik teks maupun isinya, sedangkan As-Sunnah teks dari rasul dan isinya dari Allah SWT.

b.      Al-Qur’an merupakan mu’jijat, isi maupun teknya, diperintahkan untuk dibaca (sunnah), sedangkan As-sunnah bukanlah mu’jizat dan tidak disunnahkan untuk dibaca sebagaimana AL-Qur’an.

2.      Macam-macam Hadist, As-Sunnah

  1. Dilihat dari segi bentuk

-          Qauliyah hadits yang berbentuk perbuatan Nabi

-          Fi’iliyah: hadist yang berupa perbuatan sahabat yang disaksikan atau didengarkan oleh Nabi dan Nabi tidak menegur atau menyalahkan.

  1. Dilihat dari jumlah segi orang yang menyampaikan/ meriwayatkan.

-          Mutawatir: hadist yang diriwayatkan oleh orang banyak yang tidak terhitung jumlahnya, yang karena banyak menurut akal, tidak mungkin bersepakat untuk dusta.

-          Masyhur Hadits yang perawi lapis pertamanya beberapa orang sahabat atau lapis keduanya beberapa orang tabi’in, susudah itu sersebar

  1. Dilihat dari segi kwalitasnya

-          Shahih Hadist yang bersambung-sambung sanad. Diriwayatkan oleh orang banyak yang adil dan kuat ingatan, tidak terdapat padanya keganjilan dan cacat (ilahi)

-          Hasan: Hadist yang memenuhi persyarakat hadist shoheh kecuali segi hafalan (ingatan) perawinya kurang baik

-          Dha’if Hadist tidak didapat padanya syarat shohel dan tidak didapat padanya syarat Hasan misalnya perawi-perawinya bukan orang yang dipandang adil, terkenal sering berdista. Cacat dan lain-lain.

  1. Dilihat dari segi diterima atau tidaknya:

-          Makbul: Hadist yang diterima dan dapat dijadikan hujjah/alasan

-          Mardud: hadits yang ditolak dan tidak boleh dijadikan alasan

  1. Dilihat dari segi siapa yang berperan

-          Marfu’: hadits yang benar-benar merupakan perbuatan, sabda atau taqrir Nabi

-          Matquf: jika hadist itu merupakan perbuatan ataukata-kata sahabat dan Nabi tidak menyaksikan atau mendengarkanya.

3.      Fungsi Hadist/ Keudukan Hadist

  1. Sebagai Penguat Al-Qur’an

Sunnah/ Hadist berfungsi sebagai penguat pesan-pesan atau peraturan-pelaturan yang tersurat dalam ayat-ayat Al-Qur’an misalnya AL-Qur’an menyebutkan sesuatu kewajiban dan larangan. Lalu asul dalam sunnahnya menguatkan kewajiban dan larangan tersebut dalam menguatkan pesan-pesan Al-Qur’an, As-Sunnah berperan antara lain:

-          Menegaskan kedudukan hukum, seperti penyebutan hukum wajib, fardu

-          Menerangkan posisi kewajiban atau larangan dalam syari’at Allah

  1. Sebagai Penjelas Al-Qur’an

As-Sunnah memberikan penjelasan terhadap maksud ayat-ayat Al-Qur’an antara lain:

-          Menjelaskan makna-makna yang rumit dari ayat-ayat Al-Qur’an,

-          Mengingat makna-makna yang bersifat lepas dari ayat-ayat qur’an.

-          Mengkhususkan ketetapan-ketetapan yang disebut Al-Qur’an secara umum.

-          Menjelaskan ruang lingkup masalah yang terkandung dalam nash-nash AL-Qur’an msialnya firman Allah.

C.    Ijtihad

1.      Pengertian Ijtihad

Ijtihad adalah suatu usaha penalaran atau aktifitas berfikri yang dilakukan secara optimal untuk mencari dan menemukan/ menetapkan hukum dari dalil-dalil yang ada di dalam Qur’an dan As-Sunnah. Prof. Dr. Mukti Ali: Ijtihad adalah berusaha sekeras-kerasnya untuk membentuk penilaian yang bebas tentang suatu masalah hukum. Ijtihad adalah pekerjaan akal dalam memahami masalah dan menilainya berdasarkan isyarat-isyarat Al-Qur’an dan sunnah kemudian menetapkan kesimpulan mengenai hukum tersebut.

2.      Metode Ijtihad

a.       Qiyas (analog) yaitu menerapkan hukum perbuatan tertentu kepada perbuatan lain yang memiliki kesamaan.

b.      Istihsan yaitu menetapkan hukum suatu perbuatan berdasarkan prinsip-prinsip umum ajaran Islam seperti prinsip keadilan dan kasih sayang.

c.       Masalihul Mursalah yaitu menetakan hukum berdasarkan tinjauan kegunaan atau kemamfaatannya sesuai dengan tujuan syari’ah.

3.      Syarat-Syarat Ijtihad

  1. Baliq, berakal dan mempunyai kecerdasan yang cukup
  2. Mempunyai pengetahuan tentang dalil-dalil akal, cara menyusun natijah dan alasannya
  3. Mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai bahasa arab, baik ilmu tata bahasa seperti Nahwu, syarat maupun ilmu balaghah: Bayan, Ma’ani, dan Badi’ sehingga sangup memahami lafaz-lafaz yang sungkar.
  4. Mengetahui semua ayat dan hadist hukum walaupun tidak hafal
  5. Mempunyai pengetahuan yang dalam dan luas menenai ilmu ushul fiqih. Dsb.

4.      Lapangan Ijtihad

Yang dimaksud dengan lapangan ijtihad adlaah hal-hal dapat ditetapkan hukumnya denganjalan ijtihad.

 

Tugas Bahasa Inggris

30 October 2012 14:18:33 Dibaca : 1159

Nama : Rizal Saleh

Nim    : 531412029

Kelas  : A

Dosen Pengajar : Agus Lahinta

 

3.1 Look at A opposite. Which type of computer do these descriptions refer to?

1.       A hand-held computer which can be used as a telephone, a web explorer and a personal organizer. ? PDA

2.       A typical computer found in many businesses and popular for home use ? Desktop PC

3.        A large computer  used for intensive data processing and often linkend to many terminals? Mainframes

4.       A  small computer that fist into items of clothing? wearable computer

5.       A portable computer that can be closed up like a briefcase, but it can be as powerful as a dekstop PC ? Laptop

6.       A full-function PC,though it only weighs  1.2kg – you can go to a meeting and write you notes on it,like a paper noteped;its screen mode can be changed from portrait to landscape? tablet PC

 

 

3.2 Look at the computer advertisement and find this information.

              1. what type of computer is advertised ? laptop

              2. what kind of screen does it have?  Widescreen

              3. which pointing device replacass the mouse ? Touch

              4. what type of ports does it have for connecting cameras and music players ? USB

             5. what sort of power supply does it use ? lithium – ion baterypac

 

 

             3.3 Read this interview with Adam Hawkins, an IT manager, and complete it with words from the PDA section opposite.

  Interviewer :  what are the basic features of a PDA ?

Adam           : well, a typical PDA is a (1) Hand held  device that runs on batteries and combines              

                       computing  ,phone and net capabilities.

Interviewer : and how do you enter information ?

Adam            : for input, you use a (2) small keyboard or pen to write and make selection on a (3) touch

                         Screen; they also have buttons for launching  programs .some  models have a small

                         keyboard they may have a (4)voice recognition software system that reacts to the user’s

                   voice.

Interviewer : Do they need special software ?

Adam :   yes, most of them run on windows mobile.palmtops supported by palm inc.use palms   OS.pen-

              based system include (5) hand writing recornition so you write on the screen and the computer           

               recognizes your handwriting and inserts the appropriate letters.

Interviewer:what sort of things can you do with a PDA?

Adam: you can store personal information, take notes, draw diagrams and make calculations. Many

            PDAs can access the. Net via (6)wirelless technology.

 

 

Tugas Review PTSI

16 October 2012 15:43:34 Dibaca : 2164

REVIEW MATERI PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

 

NAMA                       : RIZAL SALEH

NIM                           : 531412029

Kelas                        : A

Dosen Pengajar       : Rochmad M Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng

 

 

KONSEP BINARY

-       Komputer hanya mengenal angka 0 dan 1, yaitu 0 artinya off bit (bit mati) dan 1 artinya on bit (bit hidup)

-       Tingkatan biner sampai 8 bit, dmana 1 bit – 4 bit merupakan pecahan desimal 1-15, sedangkan 5-8 bit adalah 16-255.

-       Jika ada 8 bit maka ada kemungkinan kombinasi 0 semua (00000000), kombinasi 1 semua (11111111), ataupun kombinasi 0 dan 1 sebanyak 8 digit. Contoh :

o   10010110

o   00110100

o   11010011

o   11001000

-       Untuk menyalin bilang biner ke dalam bilangan desimal maka dari ujung sebelah kanan kekiri yang bilangan 2 di pangkatkan dari 0 sampai 7 untuk 8 bit dan seterusnya. Seperti berikut :

 

     1          0          1          0          1          1          0          1

    27        26       25      24        23        22      21        20

 

Yang di tuliskan seperti yang di atas sehingga hasilnya menjadi :

 

                   128      64       32       16        8         4         2         1

-       Apabila dalam bilangan biner tersebut adalah angka 0 sehingga tidak perli di tuliskan hasilnya seperti contoh berikut :

              128       0        32         0         8         4        0          1  = 173

 

Karena kesemua bilngan tersebut dijumlahkan sehingga bilanganbiner 10101101 jika di salin ke bilangan biner adalah 173.

-       Penjumlahan Biner : cara penjumlahan sama dengan penjumlahan dasar, akan tetapi ada langkah – langkah tertentu :

o   Jumlahlah dari kanan 0 – 1

o   Jika menemukan bilangan biner 1+1 maka menghasilkan 10 dengan 0 yang ditulis dan 1 di ingat.

o   Apabila menemukan bilangan biner dijumlah seperti ini 1+1+1 maka hasilnya adalah 11 maka yang di tukiskan 1 dan di ingat 1.

Contoh :

 

 

     1   1 1

  00101100     =    44

  10101101 +      173 +

  11011001          217

 

-       Dalam pengurangan biner mempunyai rumus sederhana:

·      0 – 0 = 0

·      1 – 0 = 1

·      1 – 1 = 0

·      0 – 1 = 1

Pada rumusan yang ke empat 0 – 1 = 1, mengapa hasilnya 1 karena 1 tersebut hasil peminjaman dari angka sesudah no berukit contoh pengurangan.

         101                            101 jika di salin ke desimal adalah 5

10                         10 jika di salin ke desimal adalah 2

11                                          maka hasilnya adalah 3.

-       Angka 1 yang bertanda merah adalah contoh rumusan yang keempat yaitu angka 1 itu di pinjam oleh angka 0 sehingga menjadi 10 dan di kurangkan dan 1 sehingga menghasilkan 1 karena 1 + 1 dalam biner adalah 10. Sehingga 5 – 2 adalah 3.

-       Dalam perkalian biner sistemnya sama juga dengan perkalian biasa

·      0 x 0 = 0

·      0 x 1 = 0

·      1 x 0 = 0

·      1 x 1 = 1

 

-       Dan setelah perkalian di lakukan sama pada dasar perkalian menurun jumlahkanlah bilangan tersebut secara menurun seperti yang di bawah ini :

10100                          10100 = 20

110                              110 = 6

00000

     10100

   10100      +

   1111000                          sehingga hasil perkalian dari 6 x 2 adalah 120

 

 

SISTEM KOMPUTER

 

-       Komputer dulunya adalah nama para pekerja, dan beralih ke nama pekerjaan.

-       Komputer memiliki awal kemunculan dan perkembangan dari masa ke masa sampai sekarang yang kita nikmati saat ini. Berikut adalah penjabaran singkat sejarah perkembangan komputer

  • Abacus
    Merupakan komputasi jaman dahulu yaitu abacus yang merupakan kalkulator tangan di temukan pada 300 SM.
  • Logarithm
  • Merupakan Stik perkalian zaman itu yang masih di gunakan sampai sekaran yang terbuat dari tulang, benda ini di buta pada tahun 1617 oleh John Napier.
  • Calculating clock
    Penghitung pertama yang menggunakan gear, pada tahun 1623 oleh professor
    Wilhelm Schickard.
  • Pascaline
  • Alat penghitung yang digunakan untuk membatu ayahnya sebagai pengumpul pajak tahun 1642 oleh BlaisePascal. Inilah inofasi pertama yang terpikirkan untuk menciptakan sebuah komputer.
  •  Punched Card
    Mesin penghitung yang menggunakan punched card oleh Joseph Marie Jacquard tahun 1801.
  • Diference Engine
    Mesin penghitung yang di usulkan dan bisa menghitung tabel layaknya logarithm. Oleh Charles Babbage tahun 1822.
  • Hollerith Desk
    Suatu penemuan yang ditemukan oleh Herman Hollerith yaitu sebuah mesin hitung untuk keperluan sensus penduduk yang mengunakan cara kerja punched cards di temukan pada tahun 1890. Dan saat itu punched card hollerith berbeda dengan yang di temukan oleh Joseph Marie Jacquard.
  • Harvard Mark I
    Komputer digital pertama dibuat di AS namun belum sepenuhnya komputer elektronik yang bisa hidup selama 15 tahun non-stop. Di buat oleh Harvard dan IBM tahun 1944.
  • ENIAC
    Merupakan penemuan yang mempunyai berat 30 ton yang masih menggunakan teknologi paper card. ENIAC atau Elektronic Numerical Itegrator dan Calculator. Dibuat oleh 2 Professor yaitu Jhon Mauchly dan J. Presper Eckert.
  • UNICAV
    Pada tahun 1950 muncul UNICAH (Universal Automatic Computer) yang menggunakan magnetic tape.
  • COBOL dan Copailer
    Penemuan bahasa tingkat tinggi yaitu COBOL dan juga merupakan Copailer pertama yang menerjemahkan ke bahasa komputer di tahun 1953 oleh Grace Hopper.
  • IBM Produk
    1959 : IBM mengeuarkan produk IBM strech menggunakan teknologi mikro eloktronik.
    1970-an : IBM mengeluarkan produk Mainframe seri 7090, IBM 360 dan IBM 370.
    1981 : IBM mengeluarkan PC berbasis microprocessor sebelumnya MITS Altair 8800 merupakan PC pertama di dunia.

-       Komponen Sistem Komputer : Hardware, Software, Brainware

-       Hardware : perangkat keras yang digunakan pada input, proses, dan output serta penyimpanan pada komputer

-       Komponen – komponen Hardware: CPU, penyimpanan Primer dan Sekunder, dan Teknologi Input, proses, dan output serta komunikasi.

-       ALU berfungsi berhitung secara matematis dan membandingkan secara logis, Register berfungsi tempat penyimpanan data yang sederhan dalam waktu yang sangat sinkat.

-       Cara kerja CPU pada dasarnya yaitu ketika kita meng Input sesuatu itu akan di proses pada microprocessor yang dimana akan masuk dalam Unit Pengendali kemudian masuk pada ALU yang merupakan angka dll dan diteruskan pada Register dimana data yang di Inputkan tadi akan di tampung sementara dengan kecepatan yang tinggi kemudian Penyimpanan sekunder setelah itu kembalipada Register kemudian akan Di tampilkan hasil di monitor atau hasil cetakan yang merupakan Output dari data yang dimasukkan atau pada alat tambahan seperti Spiker dll. Pada penyimpanan sekunder itu data tersebut akan di simpan sehingga tidak mudah hilang.

 

Insiden Berdarah

12 October 2012 11:02:59 Dibaca : 960

9 oktober 2012.. yeah.. kehidupan berjalan seperti biasa... pulang kampus, tman2 pada datang k rmh buat kerja tugas sama2.. semua berjalan normal wal afiat.. kejadian bermula saat waktu maghrib menjalang tiba.. tman2 satu per satu pulang.. tinggal satu orang.. karena dah mau masuk waktu maghrib saya pun bergegas mandi karena habis maghrib mau k acara.. nah mungkin karena buru2 jadinya segala "kegiatan" di dalam kamar mandi dilakukan secara cepat.. nah pa nge buka baju tanpa sengaja tangan menyentuh sesuatu yg ada di bagian atas.. KACA tempat sabun  pun berhasil "merobek" pergelangan tanganku.. awalnya hanya luka biasa, tapi sy langsung tercengang ketika melihat ada yg tak biasa pada luka ini.. sumpah, bru kali ini lihat urat nadiQ sendiri secara langsung tanpa lapisan kulit.. aacchh.. *sakit dan panik*..

sy pun langsung membuka pintu kamar mandi dan langsung memanggil seorang teman yang masih di rumah.. ia pun bergegas membawaku ke dapur.. koq d dapur sih..? sy juga gak tau yang jelas pas d dapur itu pikiranku sdh kacau.. bahkan sempat terbayang denah UGD RS Aloe Saboe.. tapi alhamdulillah gak sampe ksitu.. gak lama kemudian tman yang lain datang bawa P3K.. wes langsung d perban lukaku.. klo mau ngeliat posisi luka d pergelangan tangan ini orang2 mengira bahwa saya telah melakukan percobaan bunuh diri.. hahaha..