materi UNIX,arsitektur dan cara kerja

20 November 2013 00:02:03 Dibaca : 574

Assalam,,,

Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Unix, Arsitekturnya, dan juga Cara kerjanya.

ð Pengertian Unix

Unix adalah sistem operasi computer. Yang dimaksud dengan system operasi computer itu merupakan program yang berguna untuk mengendalikan system computer. System operasi akan mengalokasikan sumber daya kom;pputer dan penjadwlan proses. Sistem Operasi UNIX dibuat oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie di Bell Laboratories (At&T Bell Labs). Filosofi rancangan UNIX adalah untuk membuat sebuah sistem operasi yang efisien untuk mengembangkan program aplikasi.

ð Arsitektur Unix

UNIX sebagai penghubung antara pemakai dan mesin komputer, terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Arsitektur UNIX Secara Umum

ð Cara kerja Unix

Lapisan yang paling dalam merupakankomputer ddan piranti pendukungnya seperti disk, tape, printer dan lain-lain. Ini semua disebut perangkat keras system.

Di seputar perangkat keras tersebut terdapat sejumlah program yang menangani secara detail seperti sumber daya computer, lapisan ini disebut kernel kernel merupakan otakdari system operasi, kernel juga sebagai bagian yang langsung berhubungan dengan semua perangkat keras yang ada.Kernel menyediakan lapis dukungan, yaitu berupa utility. Utility berfungsi untuk melakukan akses system bagi pemakai. Utility juga merupakan himpunan program yang masing-masing bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.Lapisan terluar dari system Unix adalah Shell. Shell merupakan penghubung antara pemakai dan system. Bila pemakai mengetikkan sebuah perintah, shell menerjemahkan perintah tersebuut dan mengatakan kepada kernel apa yang harus dilakukan. Sesungguhnya shell merupakan bagian dari utulitas. Namun karena kerumitannya dan fungsinya yang sangat sedikit unik, maka shell cenderung dianggap sebagai lapis terpisah. Shell juga disebut sebagai sebuah program utility khusus untuk menerima perintah dari pemakai dan meneruskannya kepada kernel supaya menjalankan utility lain serta melaporkan keadaan sistem kepada pemakai.

Sekian dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Wassalam..

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong