REVIEW DISTRO LINUX

09 January 2014 16:56:13 Dibaca : 19

Assalam,,,

Untuk postingan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang distro linux yang sayagunakan dan saya kembangkan pada tugas Sistem Operasi. Saya menggunakan distro linux Ubuntu 13.04, dengan tujuan untuk belajar bahasa inggris dan juga bahasa latin, dan remaster yang saya gunakan yaitu remastersys.

1. Sebelumnya saya menginstal remastersys melalui terminal dengan perintah:

- Sudo gedit /etc/apt/sources.list

Perintah ini untuk menambahkan repository remastersys ke sources.list, setelah itu ketik lagi

- Sudo apt-get update

Ini untuk mengupdate repository , kemudian masukkan perintah

- Sudo apt-get install remastersys

Untuk menginstal remastersys, setelah itu ketik lagi

- Sudo apt-get install remastersys-gui

Setelah selesai lihat didash home akan tampil aplikasi Remastersysnya.

2. Selanjutnya untuk mempercantik tampilan desktop diubuntu ada beberapa aplikasi yang harus diinstal terlebih dahulu yaitu:a. Conky manager, cara menginstalnya yaitu melalui terminal dengan perintah berikut satu persatu:

- Sudo add-apt-repository ppa:teejee2008/ppa

- Sudo apt-get update

- Sudo apt-get install conky-manager

Setelah itu lihat didash home akan muncul Conky Manager dan untuk menggunakannya klik Conky tersebut kemudian pilih conky yang ingin digunakan di desktop, lalu terakhir aktifkan ke starup.

b. Cairo dock, ini untuk mengubah tampilan home di desktop dan untuk menginstalnya ketik perintah ini di terminal:

- Sudo apt-get-repository ppa:cairo-dock-team/ppa

- Sudo apt-get update

- Sudo apt-get install cairo-dock cairo-dock-plug-ins

Nah jika telah selesai menginstall cairo dock selanjutnya untuk mengganti fonts, themes, dan pengaturan lainnya saya menginstal aplikasi Tweak tool melalui terminal:

- Sudo apt-get install git-core

- Sudo apt-get install gnome-tweak-tool

Apabila telah selesai install lagi super boot manager yang berfungsi untuk mengedit grub, dll. Untuk menginstalnya yaitu dengan menjalankan perintah ini ke terminal:

- Sudo apt-get-repository ppa:ingalex/super-boot-manager

- Sudo apt-get update

- Sudo apt-get install super-boot-manager.

kemudian yang terakhir saya menginstal aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam distro saya yaitu Language translator, Latin-French dictionary, dan gkamus, dll…

Saya mengambil tujuan ini untuk lebih mempermantap cara berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Sekian dari saya, :) wassalam…

[PERTEMUAN 12-KELAS A-SISTEM OPERASI]

27 November 2013 20:25:46 Dibaca : 20

Assalam,,, Kali ini kami telah memasuki pertemuan ke 12 tepatnya pada tanggal 21-nov-2013 dimana pada pertemuan ini ada 2 kelompok yang mempresentasikan tugas yang di berikan pada minggu sebelumnya. Yang membahas tentang materi distro Antergos dan distro Mandriva. Antergos Antergos merupakan distribusi Linux dari Galicia asal didasarkan pada sistem operasi Linux Arch. Awalnya proyek ini dimulai sebagai Cinnarch dan lingkungan desktop yang digunakan oleh distribusi ini adalah Cinnamon , yang merupakan cabang dari GNOME Shell dikembangkan oleh tim Linux Mint. Antergos mudah digunakan dan sangat dapat dikustomisasi, Ini adalah open source dan didasarkan pada cepat dan ringan Arch Linux. Seperti dengan sistem GNU / Linux lainnya, Antergos hampir bebas dari virus dan spyware. Mandriva Linux-Mandriva juga merupakan salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia, hingga 60 negara. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Mandriva Linux menggunakan manajer paket disebut urpmi , yang berfungsi sebagai pembungkus untuk sistem manajemen paket RPM. Kebanyakan pengembang Mandriva Linux telah di-PHK untuk penggantinya, Mageia. Salah satu kelebihannya yaitu mudah digunakan untuk pengguna Linux yang newbie atau masih baru berkenalan dengan OpenSource. Dan Kekurangannya yaitu Jika di bandingin dengan ubuntu, paket aplikasi nya kalah banyak, karena mandriva/mandrake hanya memerlukan paket yang sudah terbukti di pakai oleh orang banyak dan Kalo rata-rata distro linux lainnya punya pakem sendiri-sendiri, mandriva tidak. mandriva lebih flexible, dalam artian, mandriva bias menerima paketan aplikasi dari distro lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat. Wassalam,,,

materi UNIX,arsitektur dan cara kerja

20 November 2013 00:02:03 Dibaca : 577

Assalam,,,

Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Unix, Arsitekturnya, dan juga Cara kerjanya.

ð Pengertian Unix

Unix adalah sistem operasi computer. Yang dimaksud dengan system operasi computer itu merupakan program yang berguna untuk mengendalikan system computer. System operasi akan mengalokasikan sumber daya kom;pputer dan penjadwlan proses. Sistem Operasi UNIX dibuat oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie di Bell Laboratories (At&T Bell Labs). Filosofi rancangan UNIX adalah untuk membuat sebuah sistem operasi yang efisien untuk mengembangkan program aplikasi.

ð Arsitektur Unix

UNIX sebagai penghubung antara pemakai dan mesin komputer, terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

Arsitektur UNIX Secara Umum

ð Cara kerja Unix

Lapisan yang paling dalam merupakankomputer ddan piranti pendukungnya seperti disk, tape, printer dan lain-lain. Ini semua disebut perangkat keras system.

Di seputar perangkat keras tersebut terdapat sejumlah program yang menangani secara detail seperti sumber daya computer, lapisan ini disebut kernel kernel merupakan otakdari system operasi, kernel juga sebagai bagian yang langsung berhubungan dengan semua perangkat keras yang ada.Kernel menyediakan lapis dukungan, yaitu berupa utility. Utility berfungsi untuk melakukan akses system bagi pemakai. Utility juga merupakan himpunan program yang masing-masing bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu.Lapisan terluar dari system Unix adalah Shell. Shell merupakan penghubung antara pemakai dan system. Bila pemakai mengetikkan sebuah perintah, shell menerjemahkan perintah tersebuut dan mengatakan kepada kernel apa yang harus dilakukan. Sesungguhnya shell merupakan bagian dari utulitas. Namun karena kerumitannya dan fungsinya yang sangat sedikit unik, maka shell cenderung dianggap sebagai lapis terpisah. Shell juga disebut sebagai sebuah program utility khusus untuk menerima perintah dari pemakai dan meneruskannya kepada kernel supaya menjalankan utility lain serta melaporkan keadaan sistem kepada pemakai.

Sekian dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Wassalam..

[PERTEMUAN 11-SISTEM OPERASI-KELAS A]

19 November 2013 16:04:17 Dibaca : 33

Assalam,,,

Pada pertemuan kali ini tepatnya pada tanggal 14 november 2013 saya akan menjelaskan sedikit dari materi yang telah saya pelajari pada mata kuliah Sistem Operasi yang membahas tentang Konsep Distribusi, Pemaketan, dan Repository di linux.

Berikut akan saya jelaskan secara singkat mengenai konsep-konsep tersebut ;

=> Konsep Distribusi

Linux pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds, dimana linux ini merupakan sebuah inti (kernel) sistem operasi yang di kembangkan berbasis Unix-Sys. UNIX adalah sistem operasi komputer. Yang dimaksud dengan sistem operasi komputer adalah program yang berguna untuk mengendalikan sistem komputer. Sistem operasi akan mengalokasikan sumber daya komputer dan penjadualan proses.

=> Konsep Pemaketan

Pada awalnya sebuah aplikasi (Source Code) dilinux, belum terbentuk sebuah package untuk itu kita perlu melakukan buil terlebih dahulu, sebelum di compile dan dapat digunakan.

- Alur Sistem Pemaketan diLinux

- Management paket ini berfungsi untuk membantu pengguna dalam memanage sebuah aplikasi yang masih berbentuk code sehingga pengguna tidak perlu melakukan build dan compile sebuah software secara manual.

=> Repository

Repository merupakan sebuah kumpulan aplikasi-aplikasi, library maupun source code yang diinginkan oleh linux.

Sekian apa yang saya ketahui Tentang pemaketan pada Linux. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Wassalam…

[PERTEMUAN 5-SISTEM OPERASI-KELAS A]

06 November 2013 18:55:54 Dibaca : 17

Assalam..

Pada pertemuan SO kali ini tepatnya pada hari kamis tanggal 31 oktober 2013, dimana Kami belajar tentang BASH SHELL DI LINUX. Dan saya akan menjelaskan sedikit dari apa yang saya dapatkan pada saat pembelajaran tersebut. Namun sebelum memulai pembelajaran Tugas yang minggu sebelumnya harus dikumpul.

Bash Shell pada Linux ini terdapat beberapa macam, termasuk sudo cp.Bash di Linux ini berfungsi untuk menampilkan data yang akan direkam. Biasa di C++ itu masih dideklarasikan kalau di Bash itu sudah tidak perlu lagi untuk dideklarasikan.Terdapat juga beberapa variabel yaitu;

- Variabel 1

Di dalam pemrograman Bash kita dapat membuat Bash dengan aturan-aturan seperti;

A=”belajar” dan B= 5

Dan untuk memanggil 2 variabel tersebut kita bisa menggunakan symbol $

- Variabel 2

Membuat satu buah file dengan ekstensi Bash dengan ketikkan baris berikut dan lihat hasil dari menjalankan program.

Dan Untuk mencari tipe file kita bias mengetik SHELL, dan untuk tampil ketik sh.variabel.sh . Sh di sini berfungsi untuk mengeksekusiSelain itu kita bisa memasukkan fungsi-funsi Bash contohnya whoami dan pwd

- Cat ; yang berfungsi untuk melihat isi file

- >> ; tanda ini berfungsi untuk menambahkan data dibawah file sebelumnya

- > ; dan tanda ini berfungsi untuk menghilangkan tambahan data dibawah file sebelumnya

Perintah CLI juga bisa dikombinasikan dengan bahasa pemrograman.

Kemudian untuk menggabungkan File 1dan File 2 kita bias langsung mengetik cat file1 file2 > gabungan file . maka file file tersebut akan tergabung bersama.

Dan terakhir kami di berikan Latihan 1 Praktikum Struktur Direktori dan dikerjakan bersama.

Setelah pembelajaran selesai Kami di berikan tugas lagi dimana tugas tersebut adalah yang pertama masing-masing membuat VDI untuk praktikum Bash dan yang kedua yaitu membuat Bash struktur direktori dan tugas yang kedua ini harus dikirim keblog mahasiswa UNG, batas pengirimannya hari senin tanggal 4 november 2013.

Sekian dan Trima kasih.

Wassalam…. J

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong