ARSIP BULANAN : October 2013

[PERTEMUAN 4-SISTEM OPERASI-KELAS A]

30 October 2013 16:58:02 Dibaca : 16

Assalam,,,

Saya akan menjelaskan kembali apa yg saya terima pada materi SO yg di adakan tepatnya hari rabu tanggal 23-10-2013..

Sebelumnya saya masuk tepat jam 07:00. Pertama kami di berikan kuis 3 nomor dan di kerjakan dalam waktu 15 menit, setelah semuanya selesai kemudian di lanjutkan dengan materi tentang File Permission dimana File Permisson ini merupakan teknik atau suatu cara untuk pengamanan sebuah linux, setelah itu tentang

User Linux yang memiliki kelas-kelas yang terbagi atas 3 bagian yaitu ;

User yaitu pengguna yang memiliki hak dari suatu file,GroupOther adalah pengguna yang lain.

Membaca (Read) Fungsinya Yaitu untuk melihat dan membaca fileMenulis (write) yang berfungsi untuk menulis atau mengganti nama dari suatu folderEksekusi (execute) yaitu untuk memamerkan

Kemudian dalam Linux ls-l itu berfungsi untuk menampilkan isi suatu folder secara detail sedangkan ls-a yaitu untuk menampilkan file yang tersembunyi.

Setelah itu tentang Konversi Bit ke Oktal

-Bit itu terdiri atas 3 digit, rangkaian bilangannya terdiri dari 0-1, dan

-oktal merupakan sebuah bilangan basis 8 , angkanya dari 0-7 dan akan di rangkai dengan bit.

Metode Pengubahan Oktal ke bit

hasil baginya apabila ada sisa maka di tulis 1, dan jika tidak ada sisa maka di tulis angkanya.

Table PermissionAngka octal

Read nilainya =4

Write nilainya =2

Excute nilainya =1

Jika di jumlahkan akan menghasilkan 7 dan 7 merupakan batas nilai octal, yang lebih dari 7 berarti itu bukan angka octal.

Study kasusCHMOD yaitu perintah CLI untuk melakukan perubahan permission dari suatu file sesuai dengan yg diinginan.

Setelah pemberian materi itu kemudian ada latihan-latihan yg akandi selesaikan dan langsung di praktekkan di depan dan siapa yg dapat menjawabnya dengan benar maka akan mendapatkan nilai plus (+) untuk perbaikan nilai-nilai sebelumnya.

Dan yang terakhir di berikan tugas kelompok video lanjutan yg akan di kumpul minggu depan beserta dengan tugas video yg perindividu.

Sekian dari saya , trima kasih …..

Wassalam….

[PERTEMUAN 3-SISTEM OPERASI-KELAS A]

21 October 2013 10:51:29 Dibaca : 12

Assalam,,,,

Pada hari kamis tepatnya tanggal 17 oktober 2013 kami belajar Sistem Operasi yaitu tentang BASH SHELL

-Apa itu shell ? Shell merupakan perangkat lunak bawaan sistem operasi yang di gunakan untuk menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dengan sistem operasi.

Di Ubuntu, Shell berbasis teks dapat dipangging dari “Application>>Accessories>>Terminal”. Perlu di INGAT bahwa terminal bukan BASH tetapi terminal sebagai media untuk menampilkan BASHnya. BASH merupakan singkatan dari Bourne Again Shell, Bourne ini diambil dari nama pencipta atau yang mengembangkan Bourne Shell yaitu Steve Bourne.

-Kemudian bagaimana untuk mencetak atau cara meliht semua nama user baru telah dibuat yaitu dengan perintah cat/etc/group.

-kemudian SU yang merupakan Super User, sebelum masuk ke super user harus izin dulu kepada super user, kemanapun kita akan keluar atau pindah maka kita harus izin ke super usernya, kecuali apabila kita berada di Homenya kita sendiri itu tidak perlu izin kepada super user.

-setelah itu tentang remastersys yaitu untuk membuil direktori baru. Kemudian cat, cat bisa di tambahkandengan beberapa parameter .

Dan apabila bingung dengan suatu program maka kita tinggal menggunakan Help.

Sekian yang saya ketahui ..

Wassalam ….

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong