Re-View Distro Linux

09 January 2014 12:01:58 Dibaca : 107

Assalamualaikum.
Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan atau sekedar me-review kembali, distro linuxn yang saya kembangkan. Distro yang saya kembangkan ini merupakan turunan dari debian yakni Ubuntu. Nah, tidak banyak bicara, saya akan langsung menjelaskan.

Pertama-tama, kita kan telah mengenal apa itu Linux dan apa itu Ubuntu. Linux itu sistem operasi bertipe UNIX yang menggunakan monolithic kernel. Ubuntu adalah sistem operasi yang menggunakan kernel Linux. Merupakan turunan dari linux Debian.

Saya mengembangkan Distro Linux yang saya ambli acuannya dari Ubuntu. Sebenarnya saya sudah mengambil acuan dari turunannya ubuntu, tapi laptopnya tidak mendukung dan selalu saja ERROR :’( .

Pertama yang saya lakukan yaitu menginstall Ubuntu 12.04, saya memakai dualboot. Setelah terinstall Ubuntu 12.04, saya mulai dengan meng-update melalui terminal, sebelum mulai menginstal aplikasi-aplikasi yang saya ingin tambahkan. Saya mendownload aplikasi : Gimp(utk mengatur skala gambar, berguna utk mengubah gambar yang saya ingin pakai di dsktop maupun di plymouth, super-boot-manager(utk mempercantik plymouth atau mengganti plymouth), dan cairo-dock(utk mempercantik desktop, dengan animasi-animasinya).

Distro yang saya kembangkan yaitu nama distronya RMos(RealMadrid Operating System). Saya memberikan nama itu, karna saya juga fans Madrid “Hala Madrid” Madridista. Hehehehe, dari pada ungkit-ungkit tentang Madrid, ntar lama lagi -__-. Oke, tujuannya yaitu tentang sepak bola. Dari History real madrid, team real madrid FC(gambar), kostum RealMadrid(gambar), Stadion, dan player.

Disamping itu, saya juga juga menambahkan Game di RMos, tapi masih yang cocok dengan linux, tidak seperti yang di Windows.

Begitu juga plymouth saya ganti, deskotp background dan lockscreen, tampilan desktop juga saya ubah, icon dash home, software center, tampilan terminal. Itu yang saya tambahkan ke distro Linux saya.
Sistem pemaketan, sama seperti turunan debian, yakni dpkg, dan utk isntal, upgrade, update, remove tetap pakai apt-get ......

Fiturnya sudah saya sebutkan tadi di atas. Heheheh, simple kan. Tapi ini belum bisa saya publikasikan file ISO-nya, sebab masih banyak yang harus di update, upgrade, dan di install utk pelengkap. Masih ada kekurangannya lagi :’( :’(. Jadi maaf mas bro, mba bro. J. Sekian pengenalan dan review Distro linux saya, maaf yaa kalau ada salah-salah kata atau yang tidak sesuai dengan EYD.

 

Apa itu UNIX ? Berikut sedikit penjelasannya.

20 November 2013 20:39:37 Dibaca : 170

UNIX? Apa itu ? baru tau. berikut ini penjelasannya, saya juga baru tau tntang UNIX, jadi sama2 belajar yaa bro, jeng, mba, mas. !

UNIX adalah sistem operasi yang mendukung multi-user dan multitasking yang digunakan sebagai sistem operasi baku pada berbagai jenis komputer,terutama komputer mini baik sebagai workstation atau server (sistem yang menyediakan pelayanan pada jaringan).Karena dengan unix sebagai server berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya menjadi mudah. Unix adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksperimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service). Unix adalah salah satu sistem operasi pertama yang ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat-tingkat, yaitu C.

Selanjutnya, ciri2 sistem UNIX . Dikutip dari slahsatu blognya orang, (udah ngucapin terima kasih kok) oke. Bukan PLAGIAT too =D.

1. Multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan. Keuntungan dengan adanya ciri multiuser :
-Penghematan perangkat keras
-Data dapat diakses oleh banyak pemakai secara serentak

2. Multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan tugas pada saat bersamaan dari sebuah terminal.

3. Portabilitas : Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain atau pada berbagai jenis komputer.

4. Sistem berkas / directory yang hierarkis : memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi / data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan mudah untuk mengaksesnya.

5. Utilitas : merupakan program yang disesuaikan dengan kebutuhan/tugas tertentu

Selanjutnya Arsitektur UNIX

 

Alat yang menghubungkan (interface) ke kernel, kita sebut dengan system call, library yang berfungsi secara umum dibangun di atas interface system call. Tetapi program aplikasi bebas menggunakan keduanya (system call dan kernel). Shell adalah suatu aplikasi khusus yang menyediakan alat penghubung (interface), untuk menjalankan aplikasi yang lain.

 

sekian, dan terimakasih.

 

SISTEM OPERASI KELAS A - PERTEMUAN KE 11

19 November 2013 21:42:39 Dibaca : 46

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada pertemuan ke 11 sistem operasi, kita membahas materi tntang LINUX.

Linux yaitu nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix, linux itu sebenarnya kepanjangan dari Like Unix tetapi bukan Unix. Unix yaitu software yang bisa me-manage hardware.

Awalnya Linux pertama kali di kembangkan dgn 3 varian utama :

- Debian

- Redhat

- Slackware.

Sistem Pemaketan.

Pada awalnya sebuah aplikasi (source code ) di linux, belum berbentuk sebuah package. Untuk itu kita perlu melakukan build terlebih dahulu, sebelum di compile dan digunakan.
Open source : aplikasivyang belum di compile .

Biasanya dalam meng-compile aplikasi, biasanya terjadi bug. Bug : keslahan alur pemikiran si progrmer, atau yang meng-compile.

Alurnya :

 

managemen pemaketan bertujuan utk mempermudah utk mempaketkan aplikasi yang masih berbasis source.

Demikian rangkuman singkat. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

TUGAS SISTEM OPERASI

03 November 2013 22:27:43 Dibaca : 87

Membuat direktori UNIX =kita ketikan mkdir UNIX lalu enter.

untuk melihat materi selanjutnya, silahkan masuk ke alamat blogsopt ini http://mohamadashari.blogspot.com/ 

Terima Kasih.

 

PERTEMUAN KE 9 SISTEM OPERASI

02 November 2013 09:47:39 Dibaca : 121

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada pertemuan ke 9 sistem operasi, kta awali dgn pengumpulan tugas video 4, 5, 6.

setelah itu dulanjtkan dengan materi yakni Bash Shell. Bash merupakan bahasa penerjemah atau comand language interpreter untuk sistem operasi linux. sebelum masuk ke bash, kita trlebih dahulu mngetahui perintah2 nya. seperti mkdir, rmdir, rm, cat, cal, cp, cd dan lain-lain. stelah itu, bru kita bisa mnjalanknnya.

Variabel di dalam pemrograman bash shell sama pentingnya dengan variabel dalam bahasa pemrograman lain. Variabel di dalam bash shell menggunakan huruf kapital keseluruhan untuk penulisannya. Contohnya adalah PATH, COLOR, dan sebagainya.

ada perintah yang dpat membuat file tnpa 'nano'. yakni, cat. dgn cara cat > cobacoba (misalkan file yang kita inginkan) lalu enter. setelah itu. tuliskan file nya. lalu save dgn cara ctrl C 'C'.

lalu lihat apakah ad di terminalnya dgn cara ls-l lalu enter.

sekian rngkumannya. semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong