Link 20 Perintah Ubuntu

17 November 2021 13:59:23 Dibaca : 10

https://drive.google.com/folderview?id=1EwSh7eToPmpEy3JeOZT6LiiZE4zjGwrP

Link Cara Menginstal APK Linux Mint

10 November 2021 13:00:22 Dibaca : 3

https://drive.google.com/folderview?id=1EwSh7eToPmpEy3JeOZT6LiiZE4zjGwrP

Penjelasan Struktur-Struktur Direktori Linux

02 November 2021 19:06:16 Dibaca : 14

                             Struktur Direktori Linux

(root) : merupakan induk dari susunan direktori di linux dan merupakan tempat dimana semua direktori berada.

/bin/ : directory ini berisi progam perintah esensial yang dibutuhkan oleh semua user. progam-progam disini dapat dijalankan, meskipun tidak ada sistem file lain yang di mount. Directory ini tidak memiliki subdirectory.

/boot/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dan file-file yang berhubungan dengan proses booting, memuat Linux Kernel dan file lain yang diperlukan LILO dan GRUB boot manager.

/dev/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan konfigurasi device atau hardware dari sistem, seperti harddisk (hda, sda), terminal (tty) etc.

/etc/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan skrip installation pada /etc/rc.d subdirektory dan file-file konfigurasi dari sistem, misalkan konfigurasi service, penjadwalan etc.

/home/: berfungsi untuk menyimpan data/dokumen untuk user yang ada di komputer linux.

/root/ (root directory) : adalah struktur paling dasar yang harus bisa melakukan boot, perbaikan atau mengembalikan sistem seperti dalam keadaan semula.

/lib/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan library dasar dari system termasuk modul driver yang dapat diisi pada sistem boot.

/media/ : direktori yang berfungsi untuk mounting removable media seperi drive CD-ROM, floopy disk etc.

/opt/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi tambahan diluar aplikasi bawaan dari linux.

/sbin/ : merupakan direktori yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi dasar dari linux yang dijalankan oleh super user (root) misalnya mount, shutdown, umount.

/usr/ : merupakan direktori untuk menyimpan aplikasi yang diinstall oleh user, misalkan OpenOffice, Kate , chrome dan sebagainya.

/var/ : merupakan direktori untuk menyimpan informasi pencatatan log sistem, web server, mailbox dan data-data aplikasi.

/tmp/ : berisi file-file sementara yang dibutuhkan sebuah aplikasi yang sedang berjalan.

/mnt/ : yang berisikan mount point tempat untuk kamu memasang floopy-disk dan CD-ROM.

/srv/ : direktori yang berisikan data atau service yang dibutuhkan oleh sebuah server misalnya,menjalankan FTP server.

Fasilitas Dan Fakultas Yang Ada Di Universitas Gorontalo

Halo semuanya! Untuk kalian para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin masuk ke Universitas Negeri Gorontalo, pasti dari kalian semua ada yang bertanya-tanya apa saja Falutas atau Jurusan dalam Universitas Negeri Gorontalo dan apa saja fasilitas yang tersedia disana?

Kali ini saya akan menjelaskan nya disini okay! Berikut ini adalah fasilitas yang ada di Universitas Gorontalo.

 

Fasilitas Universitas Negeri Gorontalo

1. Hotel Damhil

Universitas yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Gorontalo ini memiliki hotel bernama Hotel Damhil. Letaknya masih di dalam kawasan kampus, tepatnya di Jalan Ir. H. Joesoef Dalie.

Di sini, terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para tamu. Antara lain gedung pertemuan (convention center) yang berkapasitas 600 orang.

Tempat ini biasanya digunakan pihak kampus saat mengadakan acara besar. Di luar fungsinya sebagai penginapan, Hotel Damhil juga berperan menjadi tempat praktik dan laboratorium belajar mahasiswa, khususnya dari jurusan pariwisata. Eits! Untuk kamu yang berada di jurusan lain seperti arsitektur atau manajemen juga bisa menggunakan nya loh.

Bagi kampus, kehadiran hotel memberi manfaat tersendiri, yaitu menjadi sumber pemasukan guna membiayai kebutuhan operasional. Lewat keuntungan tersebut diharapkan bisa menekan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari mahasiswa UNG.  

2. Asrama Mahasiswa

Nah, kalau hotel ditujukan untuk tamu-tamu dari luar yang menginap di Gorontalo. Kalau untuk mahasiswa dari luar daerah, Universitas Negeri Gorontalo menyediakan dua asrama mahasiswa. Jadi kalian tidak perlu khawatir mencari tempat tinggal atau indekos.

Hal menyenangkan nya adalah, di dalam asrama mahasiswa terdapat fasilitas yang melengkapi kebutuhan kamu, seperti tempat ibadah, klinik kebugaran dan sarana olahraga. Mulai dari stadion sepakbola, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli sampai lapangan takraw, semuanya tersedia di sini. Fasilitas tersebut bisa kamu gunakan untuk melepas penat dan pastinya membuat tubuh jadi makin sehat.

Kampus juga mengerti kebutuhan mahasiswa untuk mendapat akses internet gratis. Oleh karena itu, di asrama mahasiswa tersedia Pusat Internet. Ada 30 unit komputer dengan kecepatan akses 256 kbps yang memudahkan browsing di dunia maya. Kalian bisa memanfaatkannya untuk mengakses layanan jurnal online.  Selain mahasiswa, fasilitas ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

3. Asrama Bidik Misi

Di kampus UNG, ada juga asrama Bidikmisi. Seperti namanya, tempat tinggal ini khusus bagi kalian yang menerima Beasiswa Bidikmisi. Asrama berlantai empat tersebut bukan hanya sebagai tempat tinggal selama kuliah. Tapi juga menjadi wadah pembinaan mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Caranya lewat program pembinaan Asrama Bidikmisi yang difokuskan pada peningkatan kualitas individu, serta kualitas iman dan taqwa dari mahasiswa.

Bagi kalian yang masih malu berbicara di depan umum, tempat ini sangat cocok untuk kalian. Alasannya, karena terdapat pelatihan public speaking yang bisa mendorong kamu berani tampil dan speak up di depan umum.

Kalau kalian memanfaatkan fasilitas asrama yang ada di kampus, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan. Pertama, menghemat uang saku selama masa kuliah. Kedua, menjadi sarana pelatihan soft skill. Seperti melalui training khusus yang diadakan di Asrama Bidikmisi. Ketiga, bagi kalian mahasiswa yang merantau, kamu akan punya keluarga baru.

Dengan tinggal di asrama, kalian bisa menambah teman dari berbagai jurusan dan daerah yang sama-sama kuliah di Universitas Negeri Gorontalo. Kamu tidak akan sendirian karena ada banyak teman yang bikin hari-hari kamu semakin ramai. 

4. Radio Kampus

Selain hotel dan asrama, ada lagi fasilitas asyik di Universitas Negeri Gorontalo,yaitu radio kampus. Pendengarnya bukan cuma mahasiswa, melainkan juga masyarakat umum di kota Gorontalo. Lewat radio, berbagai berita terkait aktivitas mahasiswa di dalam kampus akan mudah tersiarkan. Sarana komunikasi ini juga menunjang eksistensi komunitas mahasiswa di kampus.  

5. Perpustakaan

Tak lupa fasilitas yang selalu ada disekolah maupun universitas lain juga ada disini, yaitu perpustakaan. Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo ini termasuk salah satu yang terbaik di provinsi Gorontalo. Bahkan sudah terakreditasi A. Konsepnya berupa perpustakaan modern yang membuat orang-orang di dalamnya betah berlama-lama membaca.

Gedung perpustakaan yang terdiri dari dua lantai ini mampu menampung aktivitas mahasiswa di dalamnya. Ada banyak koleksi buku dari berbagai bidang untuk menunjang studi kamu. Selain itu, ada juga jurnal ilmiah, majalah dan surat kabar. Dari koleksi-koleksi tadi, 75% berbahasa Indonesia, 20% bahasa Inggris dan 5% bahasa lainnya.

Untuk membuat pengunjungnya semakin betah, perpustakaan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan dan akses wifi. Tidak diragukan lagi Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo akan menjadi fasilitas favorit Quipperian nantinya.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Universitas Negeri Gorontalo juga memiliki Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multimedia, serta Balai Bahasa dan Persiapan Studi Luar Negeri. Keberadaan sarana tersebut untuk menunjang mahasiswa yang berencana melanjutkan kuliahnya di luar Indonesia. 

Sekian fasilitas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo, sangat bagus dan nyaman bukan? Selanjutnya kita lihat fakultas apa saja yang terdapat di Universitas Negeri Gorontalo

Daftar Fakultas Yang Ada Di Universitas Negeri Gorontalo

Fakultas Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniS1 Pendidikan Guru Sekolah DasarS1 Bimbingan dan KonselingS1 Manajemen PendidikanS1 Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

S1 Pendidikan GeografiS1 Teknik GeologiS1 Pendidikan MatematikaS1 MatematikaS1 StatistikaS1 Pendidkan FisikaS1 FisikaS1 Pendidikan KimiaS1 KimiaS1 Pendidikan BiologiS1 Biologi

Fakultas Ilmu SosialSosiologi

S1 Ilmu KomunikasiS1 Pendidikan SejarahS1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Fakultas Sastra dan Budaya

S1 Pendidikan Bahasa IndonesiaS1 Pendidikan Bahasa InggrisS1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan MusikD3 Pariwisata

Fakultas Teknik

S1 Teknik ElektroS1 Teknik SipilS1 Teknik ArsitekturS1 Teknik IndustriS1 Sistem InformasiS1 Pendidikan Teknik Kriya                              S1 Teknik Informasi

Fakultas Pertanian

S1 Ilmu dan Teknologi PanganS1 AgribisnisS1 AgroteknologiS1 Peternakan

Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan

S1 Kesehatan MasyarakatS1 FarmasiS1 Ilmu KeperawatanS1 Pendidikan Kepelatihan dan OlahragaS1 Pendidkan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Fakultas Ekonomi

S1 ManajemenD3 Administrasi PerkantoranS1 Administrasi PublikS1 AkuntansiS1 Ekonomi PembangunanS1 Pendidikan Ekonomi

Fakultas Hukum

S1 Ilmu Hukum

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

S1 Manajemen Sumber Daya PerairanS1 Budidaya PerairanS1 Teknologi Hasil Perikanan

Itulah beberapa Fakultas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo, jadi kalian mau masuk yang mana nih?

Sekian informasi yang dapat saya berikan, maaf jika ada kekurangan dalam bahasa maupun tanda baca, terima kasih.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

06 August 2021 09:18:57 Dibaca : 2

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komputer

 

Halo semuanya, untuk kalian para pengguna Smartphone dan Komputer pasti tak asing dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam perjalanannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Istilah TIK pertama kali muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa tak diragukan lagi bisa mengubah kehidupan manusia saat inj. Hal ini dapat dilihat dari dua masa, yaitu pada awal masa sejarah dan pada Era modern.

Perkembangan teknologi informasi pada masa prasejarah dimulai dari tahun 3000SM yang pada saat itu Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Sementara di era modern perkembangan pertama teknologi informasi dimulai dengan adanya media cetak, yaitu surat kabar atau koran, melalui media ini manusia mulai dengan lebih mudah mengakses bebagai informasi dari belahan dunia.

Selanjutny adalah penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini berkembang dan menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.

Masuk abad ke-20, antara tahun 1910-1920, perkembangan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) Komunikasi suara tanpa kabel mulai ditemukan.

Komputer elektronik, juga sebagai wujud perkembangan TIK, beroperasi prtama kali pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.

Hingga sekarang alat-alat diatas lebih berkembang dari telepon kabel menjadi Smartphone yang tanpa kabel, Komputer Elektronik sekarang menjadi Komputer yang modern serta tak lupa Laptop yang telah hadir dimasa kini, setelah ini apakah akan ada alat-alat baru yang lebih mudah lagi?

Sekian sejarah berkembang nya Teknologi Informasi Dan Komunikasi, maaf jika ada bahasa maupun tanda baca yang kurang nyaman dilihat.

 

   

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong