ARSIP BULANAN : August 2021

Fasilitas Dan Fakultas Yang Ada Di Universitas Gorontalo

Halo semuanya! Untuk kalian para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin masuk ke Universitas Negeri Gorontalo, pasti dari kalian semua ada yang bertanya-tanya apa saja Falutas atau Jurusan dalam Universitas Negeri Gorontalo dan apa saja fasilitas yang tersedia disana?

Kali ini saya akan menjelaskan nya disini okay! Berikut ini adalah fasilitas yang ada di Universitas Gorontalo.

 

Fasilitas Universitas Negeri Gorontalo

1. Hotel Damhil

Universitas yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Gorontalo ini memiliki hotel bernama Hotel Damhil. Letaknya masih di dalam kawasan kampus, tepatnya di Jalan Ir. H. Joesoef Dalie.

Di sini, terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para tamu. Antara lain gedung pertemuan (convention center) yang berkapasitas 600 orang.

Tempat ini biasanya digunakan pihak kampus saat mengadakan acara besar. Di luar fungsinya sebagai penginapan, Hotel Damhil juga berperan menjadi tempat praktik dan laboratorium belajar mahasiswa, khususnya dari jurusan pariwisata. Eits! Untuk kamu yang berada di jurusan lain seperti arsitektur atau manajemen juga bisa menggunakan nya loh.

Bagi kampus, kehadiran hotel memberi manfaat tersendiri, yaitu menjadi sumber pemasukan guna membiayai kebutuhan operasional. Lewat keuntungan tersebut diharapkan bisa menekan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dari mahasiswa UNG.  

2. Asrama Mahasiswa

Nah, kalau hotel ditujukan untuk tamu-tamu dari luar yang menginap di Gorontalo. Kalau untuk mahasiswa dari luar daerah, Universitas Negeri Gorontalo menyediakan dua asrama mahasiswa. Jadi kalian tidak perlu khawatir mencari tempat tinggal atau indekos.

Hal menyenangkan nya adalah, di dalam asrama mahasiswa terdapat fasilitas yang melengkapi kebutuhan kamu, seperti tempat ibadah, klinik kebugaran dan sarana olahraga. Mulai dari stadion sepakbola, lapangan tenis, lapangan basket, lapangan voli sampai lapangan takraw, semuanya tersedia di sini. Fasilitas tersebut bisa kamu gunakan untuk melepas penat dan pastinya membuat tubuh jadi makin sehat.

Kampus juga mengerti kebutuhan mahasiswa untuk mendapat akses internet gratis. Oleh karena itu, di asrama mahasiswa tersedia Pusat Internet. Ada 30 unit komputer dengan kecepatan akses 256 kbps yang memudahkan browsing di dunia maya. Kalian bisa memanfaatkannya untuk mengakses layanan jurnal online.  Selain mahasiswa, fasilitas ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.

3. Asrama Bidik Misi

Di kampus UNG, ada juga asrama Bidikmisi. Seperti namanya, tempat tinggal ini khusus bagi kalian yang menerima Beasiswa Bidikmisi. Asrama berlantai empat tersebut bukan hanya sebagai tempat tinggal selama kuliah. Tapi juga menjadi wadah pembinaan mahasiswa di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Caranya lewat program pembinaan Asrama Bidikmisi yang difokuskan pada peningkatan kualitas individu, serta kualitas iman dan taqwa dari mahasiswa.

Bagi kalian yang masih malu berbicara di depan umum, tempat ini sangat cocok untuk kalian. Alasannya, karena terdapat pelatihan public speaking yang bisa mendorong kamu berani tampil dan speak up di depan umum.

Kalau kalian memanfaatkan fasilitas asrama yang ada di kampus, kamu bisa mendapat berbagai keuntungan. Pertama, menghemat uang saku selama masa kuliah. Kedua, menjadi sarana pelatihan soft skill. Seperti melalui training khusus yang diadakan di Asrama Bidikmisi. Ketiga, bagi kalian mahasiswa yang merantau, kamu akan punya keluarga baru.

Dengan tinggal di asrama, kalian bisa menambah teman dari berbagai jurusan dan daerah yang sama-sama kuliah di Universitas Negeri Gorontalo. Kamu tidak akan sendirian karena ada banyak teman yang bikin hari-hari kamu semakin ramai. 

4. Radio Kampus

Selain hotel dan asrama, ada lagi fasilitas asyik di Universitas Negeri Gorontalo,yaitu radio kampus. Pendengarnya bukan cuma mahasiswa, melainkan juga masyarakat umum di kota Gorontalo. Lewat radio, berbagai berita terkait aktivitas mahasiswa di dalam kampus akan mudah tersiarkan. Sarana komunikasi ini juga menunjang eksistensi komunitas mahasiswa di kampus.  

5. Perpustakaan

Tak lupa fasilitas yang selalu ada disekolah maupun universitas lain juga ada disini, yaitu perpustakaan. Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo ini termasuk salah satu yang terbaik di provinsi Gorontalo. Bahkan sudah terakreditasi A. Konsepnya berupa perpustakaan modern yang membuat orang-orang di dalamnya betah berlama-lama membaca.

Gedung perpustakaan yang terdiri dari dua lantai ini mampu menampung aktivitas mahasiswa di dalamnya. Ada banyak koleksi buku dari berbagai bidang untuk menunjang studi kamu. Selain itu, ada juga jurnal ilmiah, majalah dan surat kabar. Dari koleksi-koleksi tadi, 75% berbahasa Indonesia, 20% bahasa Inggris dan 5% bahasa lainnya.

Untuk membuat pengunjungnya semakin betah, perpustakaan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan dan akses wifi. Tidak diragukan lagi Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Gorontalo akan menjadi fasilitas favorit Quipperian nantinya.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, Universitas Negeri Gorontalo juga memiliki Laboratorium Bahasa, Laboratorium Multimedia, serta Balai Bahasa dan Persiapan Studi Luar Negeri. Keberadaan sarana tersebut untuk menunjang mahasiswa yang berencana melanjutkan kuliahnya di luar Indonesia. 

Sekian fasilitas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo, sangat bagus dan nyaman bukan? Selanjutnya kita lihat fakultas apa saja yang terdapat di Universitas Negeri Gorontalo

Daftar Fakultas Yang Ada Di Universitas Negeri Gorontalo

Fakultas Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniS1 Pendidikan Guru Sekolah DasarS1 Bimbingan dan KonselingS1 Manajemen PendidikanS1 Pendidikan Luar Sekolah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

S1 Pendidikan GeografiS1 Teknik GeologiS1 Pendidikan MatematikaS1 MatematikaS1 StatistikaS1 Pendidkan FisikaS1 FisikaS1 Pendidikan KimiaS1 KimiaS1 Pendidikan BiologiS1 Biologi

Fakultas Ilmu SosialSosiologi

S1 Ilmu KomunikasiS1 Pendidikan SejarahS1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Fakultas Sastra dan Budaya

S1 Pendidikan Bahasa IndonesiaS1 Pendidikan Bahasa InggrisS1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan MusikD3 Pariwisata

Fakultas Teknik

S1 Teknik ElektroS1 Teknik SipilS1 Teknik ArsitekturS1 Teknik IndustriS1 Sistem InformasiS1 Pendidikan Teknik Kriya                              S1 Teknik Informasi

Fakultas Pertanian

S1 Ilmu dan Teknologi PanganS1 AgribisnisS1 AgroteknologiS1 Peternakan

Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan

S1 Kesehatan MasyarakatS1 FarmasiS1 Ilmu KeperawatanS1 Pendidikan Kepelatihan dan OlahragaS1 Pendidkan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi

Fakultas Ekonomi

S1 ManajemenD3 Administrasi PerkantoranS1 Administrasi PublikS1 AkuntansiS1 Ekonomi PembangunanS1 Pendidikan Ekonomi

Fakultas Hukum

S1 Ilmu Hukum

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

S1 Manajemen Sumber Daya PerairanS1 Budidaya PerairanS1 Teknologi Hasil Perikanan

Itulah beberapa Fakultas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo, jadi kalian mau masuk yang mana nih?

Sekian informasi yang dapat saya berikan, maaf jika ada kekurangan dalam bahasa maupun tanda baca, terima kasih.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

06 August 2021 09:18:57 Dibaca : 2

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komputer

 

Halo semuanya, untuk kalian para pengguna Smartphone dan Komputer pasti tak asing dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam perjalanannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Istilah TIK pertama kali muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa tak diragukan lagi bisa mengubah kehidupan manusia saat inj. Hal ini dapat dilihat dari dua masa, yaitu pada awal masa sejarah dan pada Era modern.

Perkembangan teknologi informasi pada masa prasejarah dimulai dari tahun 3000SM yang pada saat itu Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Sementara di era modern perkembangan pertama teknologi informasi dimulai dengan adanya media cetak, yaitu surat kabar atau koran, melalui media ini manusia mulai dengan lebih mudah mengakses bebagai informasi dari belahan dunia.

Selanjutny adalah penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini berkembang dan menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.

Masuk abad ke-20, antara tahun 1910-1920, perkembangan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) Komunikasi suara tanpa kabel mulai ditemukan.

Komputer elektronik, juga sebagai wujud perkembangan TIK, beroperasi prtama kali pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.

Hingga sekarang alat-alat diatas lebih berkembang dari telepon kabel menjadi Smartphone yang tanpa kabel, Komputer Elektronik sekarang menjadi Komputer yang modern serta tak lupa Laptop yang telah hadir dimasa kini, setelah ini apakah akan ada alat-alat baru yang lebih mudah lagi?

Sekian sejarah berkembang nya Teknologi Informasi Dan Komunikasi, maaf jika ada bahasa maupun tanda baca yang kurang nyaman dilihat.

 

   

Istilah-Istilah Dalam Teknologi Informasi Serta Pengertian nya

Halo semuanya! Seperti yang kalian ketahui dalam setiap Pendidikan memiliki istilah-istilah nya sendiri seperti Pendidikan Agama, Kimia, Biologi dan lainnya. Kali ini saya akan memberikan beberapa istilah dalam Pendidikan Teknologi Informasi yang tentunya akan membantu kalian untuk memahami dan akhirnya bisa mengetahui apa arti dari istilah-istilah tersebut.

Berikut ini beberapa istilah dalam Pendidikan Teknologi Informasi sesuai huruf Alphabet:

A

Acces : Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori yatu ke disk drive. 

Accessibillity : Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows. 

Access Method : Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpanan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sitem. 

Access Time : Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori. 

Accessories : Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint dan lain sebagainya. 

Accumulator : Bagian dari arithmatic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain. 

Acknowledge : Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement. 

Accoustic Coupler : Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital. 

ACL (Access Control Unit) : Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak boleh oleh host tertentu. 

ACPI (Advanced Configuration Power Interface) : Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. 

Active Task Button : Tombol perintah yang terletak pada taskbar  yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi. 

Active : Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alata atau sistem yang sedang digunakan saat ini. 

ActiveX : Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.

ADC(Analog/Digital Converter) :Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Address : Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.

Adobe PageMaker :Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop :Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines) :Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. 

Advertiser :Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

Affiliate Site :Halaman dimana iklan merchant dimasukkan. Kita bisa memasukkan iklan merchant ke sembarang halaman yang ada dalam website, dan letaknya boleh disembarang tempat.

AGP (Accelerated Graphics Port) :Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

AI (Artificial Intelligence) :Ilmu yang mengembangkan komputer supaya dapat bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seperti layaknya manusia.

ALGOL (Algortihmic Oriented Language) :Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk membuat program-program science. 

Aligment :Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

Align :Dari kata alignment, yaitu perintah dalam program pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.

Allocate :Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.

ALOHA :Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.

Alt Key :Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

ALU (Arithmetic and Logical Unit) :Bagian dari CPU yang berguna untuk memproses data secara logika dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.

Application Program :Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

ARPANET : Jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari Internet.

Assembler :Program yang berfungsi untuk mengkonversi program dengan bahasa Assembly ke dalam bahasa mesin.

Assembly :Proses penerjemahan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.

Assembly Language :Bahasa pemrograman tingkat rendah yang lebih menyerupai bahasa mesin dalam bentuk yang mudah diingat. 

B

Background : Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman web. 

Backplane : Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman web. 

Backspace : Tombol keyboard bersimbl yang terletak diatas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus saut karakter sebelum kursor saat ini. 

Backup : Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya. 

Bandwith : Kapasitas transmsisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikas,i bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. 

Banner : Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scroolbar samapi ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Ineternet Explorer yang mendukung perintah banner. 

Bar Code : Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan. 

Baterai CMOS : Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply. 

Baud : Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik. 

Binary : Sistem penomoran yang digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status on dan off.

Bit : Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memilki dua keadaan, on atau off. 

Black Box : Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam. 

Bluetooth : Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.Brainware : Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.

Break : Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan meneka tombol CTRL + C. 

Break Point : Beberapa komputer memiliki sebuah sakelar yang akan membuat komputer akan berhenti di  titik tertentu dalam program, sehingga operator dapat memeriksa jalannya program; atau dapat juga dengan jalan meletakkan perintah stop dalam program. Perintah ini dapat dihapus apabila program telah berjalan dengan baik.

Buffer : Tempat penyimpanan data sementara. Hal ini sering digunakan ketika transmisi data harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi data dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardware, buffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.

Broadcast : Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan. 

Browse : Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk. 

Browser : Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.

Browsing : Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet. C

Cache : Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.

Cancel : Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.

Caps lock :Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol huruf menjadi huruf besar.

Caption :Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.

Catalog : Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.

Chace : Sebutan untuk kartu grafik seperti VGA card.

Chaining :Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah program terlalu besar masuk dalam memori, program harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, hasilnya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai program selesai diolah.

Channel :Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.

Chat: Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.

CHDIR : Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS.

CHIP : Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.

Click : istilah untuk mewakili pemilihan obyek atau menu dengan menekan salat satu tombol mouse.

Client : Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.

Client - Server : Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe). 

D

Data : Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database : Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa. 

Decision Support System : Salah satu sistem informasi berbasis komputer yang menyajikan informasi secara khusus bagi pihak manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan.

Declaration : Proses pengenalan tipe data suatu variabel kepada kompiler sehingga akan diketahui berapa banyak memori yang harus disiapkan untuk masing-masing variabel.

Decreament : Untuk mengurangi nilai suatu variabel satu demi satu.

Decompress : Mengembalikan file-file yang telah dimampatkan (compress) ke keadaan semula.

Default : Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.Demodulation : Proses mengubah sinyal analog menjadi bentuk digital.

Desktop : Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja.

Desktop Publishing (DTP) :Software yang digunakan untuk membuat dan mengatur format pada pencetakkan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP adalah Ventura dan Pagemaker.

Dial :  Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat Internet melalui saluran komunikasi.

Dial Line : Istilah lain untuk menyebutkan penghubung saluran (switch connection).

Dial Up : jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.

Dial Up Line : Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up, terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.

DIR : Dalam sistem operasi DOS berarti perintah untuk menampilkan daftar semua file dalam disk aktif ke layar.

Dial Up Terminal : Sebuah terminal pada saluran pemindah.

Disconnect : Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhubung dengan jaringan manapun.

Disconnect time-out : Batas waktu yang digunakan oleh switched network untuk melakukan pemutusan hubungan komunikasi apabila sebuah stasiun dalam keadaan tidak aktif melebihi batas waktu tersebut.

Disk : Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.

Documentation : Dokumentasi yang menyimpan deskripsi tertulis sebuah program termasuk nama program, fungsi program, masukan/keluaran yang dibutuhkan, kemungkinan ditulis dalam algoritma, bagaimana struktur datanya, dan sebagainya.

Domain :Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan. Misalnya co.id untuk Indonesia. Sedangkan co atau com untuk lembaga komersial dan net untuk lembaga yang berhubungan dengan Internet.

Domain Name : Bagian dari URL atau alamat situs yang menunjukkan kepemilikan, misalnya andinomaseleno.com menunjukkan alamat itu dimiliki oleh andinomaseleno.

Drag :Istilah yang menggambarkan kegiatan menggerakkan mouse sambil tetap menekam tombol mouse.

Drag and Drop : Istilah yang menggambarkan kegiatan memilih suatu obyek dan menggerakkan mouse ke lokasi baru sambil tetap menekan tombol mouse sebelah kiri (drag), kemudian meletakkan obyek di lokasi tersebut (drop).

E

Eject : Perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas di awal halaman. Apabila saat ini posisi kertas berada di tengah, maka sisa halaman akan diabaikan dan meletakkan kertas berikutnya di awal halaman.

E-mail : Surat-menyurat melaluin internet Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.

E-mail Address : Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS. 

Encode : Kegiatan mempersiapkan suatu rutin program ke dalam bahasa mesin sehingga dapat segera dilaksanakan oleh komputer.

Encoder : Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya mampu menerima satu masukan saja, yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran. 

Encryption : Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.

End : Tombol pada keyboard, berfungsi untuk menggerakkan kursor ke akhir baris.

Error: Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

Ethernet : Sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protokol yang banyak digunakan dan diadaptasi oleh perusahaan lain. 

Eudora : Program aplikasi layanan e-mail di Internet.

F

Facsimile : Alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini. 

Fading : Gangguan saluran transmisi, terutama pada sistem gelombang mikro ketika sinyal-sinyal yang dikirim melalui berbagai jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir. 

Failure :Pernyataan yang menunjukkan bahwa alat terkait tidak berjalan dengan semestinya.Female

Fetch : Program software untuk memindahkan file yang dikembangkan oleh Dartmouth College untuk Macintosh. Program ini menyediakan akses ke FTP yang bersifat user friendly.

File : File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang disesuaikan dengan posisinya dalam file.

Folder : Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seperti Windows dan Macintosh, folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).

G

Gigabyte : Suatu istilah untuk menyebutkan suatu citra yang memiliki warna abu-abu, alias hitam dan putih. Greyscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam – putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka Grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan.

Guestbook  : Fasilitas interaktif dalam sebuah halaman web yang mengizinkan pengunjungnya untuk menulis pesan. 

H

Homepage :Halaman pertama dari suatu Web Site.

Host :Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.

Host Name : Nama dari komputer dalam Internet, digunakan untuk menunjukkan skema penamaan URL.

I

Internet Explorer : Suatu browser Web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft.

Intranet : Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada

J

Java : Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total. 

JavaScript : Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.

JPEG (Joint Photographic Expert Group) :Format file yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan dapat terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dll.

K

KBps  :Kilobytes per second.

KHz :Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik. 

Konektor Power :Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh sehingga tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.

L

LAN : Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps. 

Layer : Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut

Link : Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau Internet.

Listserv : Software manajemen mailing list.

Load Time : Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer.

Locate : Perintah yang digunakan dalam Linux/Unix untuk mendapatkan file tertentu. Hanya saja perintah locate ini harus didahului dengan slocate untuk melakukan updating informasi file dalam host tersebut.

Localhost :  Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya.

Log : Catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi dijalankan. terkadang Log juga digunakan untuk menganalisa status suatu aplikasi.

Login : Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.Logout : Keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out. 

Itulah beberapa istilah dalam Pendidikan Teknologi Informasi, maaf jika ada kekurangan dalam bahasa, tanda baca maupun penulisan, sekian terima kasih.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong