Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

06 August 2021 09:18:57 Dibaca : 2309

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komputer

 

Halo semuanya, untuk kalian para pengguna Smartphone dan Komputer pasti tak asing dengan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam perjalanannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Istilah TIK pertama kali muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa tak diragukan lagi bisa mengubah kehidupan manusia saat inj. Hal ini dapat dilihat dari dua masa, yaitu pada awal masa sejarah dan pada Era modern.

Perkembangan teknologi informasi pada masa prasejarah dimulai dari tahun 3000SM yang pada saat itu Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Sementara di era modern perkembangan pertama teknologi informasi dimulai dengan adanya media cetak, yaitu surat kabar atau koran, melalui media ini manusia mulai dengan lebih mudah mengakses bebagai informasi dari belahan dunia.

Selanjutny adalah penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini berkembang dan menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.

Masuk abad ke-20, antara tahun 1910-1920, perkembangan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) Komunikasi suara tanpa kabel mulai ditemukan.

Komputer elektronik, juga sebagai wujud perkembangan TIK, beroperasi prtama kali pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.

Hingga sekarang alat-alat diatas lebih berkembang dari telepon kabel menjadi Smartphone yang tanpa kabel, Komputer Elektronik sekarang menjadi Komputer yang modern serta tak lupa Laptop yang telah hadir dimasa kini, setelah ini apakah akan ada alat-alat baru yang lebih mudah lagi?

Sekian sejarah berkembang nya Teknologi Informasi Dan Komunikasi, maaf jika ada bahasa maupun tanda baca yang kurang nyaman dilihat.

 

   

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong