Teori & Pendekatan Sifat Pemimpin

24 September 2022 11:14:22 Dibaca : 24

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki pengaruh terhadap suatu kelompok, sangat lumrah kita melihat dalam suatu perkumpulan terdapat orang-orang yang berpengaruh. Hal ini diperuntukkan untuk menjaga sebuah keteraturan dalam organisasi agar keseimbangan dalam organisasi dapat terjaga dengan baik. Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa pemimpin yang ideal memiliki sebuah peran atau karakter untuk menjaga kestabilan dalam berkelompok (berorganisasi), hal ini ditujukan juga untuk menjaga pengaruhnya terhadap sekelompok orang dan juga keharmonisan didalamnya. Contoh peran pemimpin yakni, bersifat infomasional, bisa memotivasi, bisa membuat rencana, bisa membuat keputusan.

Berdasarkan penjelasan diatas, muncul sebuah pertanyaan yaitu bagaimana cara kita untuk mengukur orang itu sebagai pemimpin? Pertanyaan ini bisa terjawab dengan beberapa pendekatan yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh atau pemikir-pemikir. Salah satunya yakni pendekatan yang dikemukakan oleh para penulis buku dasar-dasar kepemimpinan yang diterbitkan oleh yayasan cedekia mulia mandiri diantaranya yaitu:

-          Teori genetik

Teori ini didasarkan pada orang bisa menjadi seorang pemimpin apabila dalam garis keturunannya itu ada yang pernah menjadi pemimpin. Jadi menurut teori ini siapapun yang memiliki ayah atau ibu seorang pemimpin diapun bisa menjadi seorang pemimpin.

-          Teori sosial

Menurut teori ini semua manusia berhak menjadi seorang pemimpin atau semua orang itu bisa menjadi seorang pemimpin. Maka dari itu menurut teori ini menolak adanya teori genetik asalkan seseorang mau dan mampu untuk menjadi pemimpin maka dia akan menjadi seorang pemimpin

-          Teori linkungan

Teori ini menjelaskan bahwa setiap orang jika berada dalam lingkungan yang orang-orangnya notabennya adalah seorang pemimpin, maka dia bisa menjadi seorang pemimpin.

-          Teori bakat

Menurut teori bakat ini pemimpin bisa kita lihat berdasarkan pencapaiannya artinya kita bisa meliha seorang pemimpin berdasarkan track record dan prestasi semasa hidupnya, jadi orang yang seperti ini bisa menjadi seorang pemimpin.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong