Fungsi dan peran kepemimpinan

20 September 2022 13:15:52 Dibaca : 12

A. Fungsi Kepemimpinan

 

Fungsi kepemimpinan merupakan gejala sosial, karena harus diwujudkan dalam intraksi antar individu di dalam situasi sosial suatu kelompok atau organisasi karena fungsi kepemimpinan sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu organisasi, tanpa ada penjabaran yang jelas tentang fungsi pemimpin mustahil pembagian kerja dalam organisasi dapat dapat berjalan dengan baik. Sondang P. Siagian dalam bukunya Teori dan Praktek Kepemimpinan mengatakan beberapa fungsi kepemimpinan sebagai berikut: Pimpinan sebagai penentu arah dalam usaha pencapaian tujuan Pemimpin sebagai wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak-pihak di luar organisasi Pemimpin sebagai komunikator yang efektif Pemimpin sebagai mediator, khususnya dalam hubungan ke dalam, terutama dalam menangani situasi konflik Pemimpin sebagai integrator yang efektif, rasional, objektif dan netral (Siagian, 1999). Fungsi kepemimpinan menurut Rivai (2002), bahwa kepemimpinan berhubungan langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok/organisasi masing-masing yang mengisyaratkan bahwa setiap pemimpin berada di dalam dan bukan di luar situasi itu. Fungsi kepemimpinan merupakan gejala sosial, karena harus diwujudkan dalam interaksi antar individu di dalam situasi sosial suatu kelompok/organisasi.

 

Fungsi kepemimpinan sendiri dikelompokkan dalam dua dimensi berikut (Rivai, 2002)

 

1. Dimensi yang berkenaan dengan tingkat kemampuan mengarahkan (direction) dalam tindakan atau aktivitas pemimpin.

 

2. Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan (support) atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksanakan tugas-tugas pokok kelompok/organisasi.

 

B. Peran Kepemimpinan

 

Kegiatan kepemimpinan dalam keperawatan mencakup banyak hal. Kegiatan tersebut mencakupcara mengarahkan, menunjukkan jalan, menyupervisi, mengawasi tindakan anak buah, mengoordinasikan kegiatan yang sedang atau akan dilakukan, dan mempersatukan usaha danberbagai individu yang memiliki karakteristik yang berbeda (Gillies,1994). (Dengan demikian, kegiatan kepemimpinan selalu bersinggungan dengan kegiatan dalam manajemen. Brosten, Hayman dan Naylor (1979) menyebutkan bahwa kegiatan kepemimpinan paling sedikitmencakup beberapa hal yang terkait dengan kegiatan manajerial, yaitu perencanaan, pengorganisasian, motivasi, dan pengendalian.

 

Peran pertama meliputi :

 

1. Peran Figurehead Sebagai simbol dari organisasi.

 

2. Peran Leader Berinteraksi dengan bawahan, memotivasi dan mengembangkannya.

 

3. Peran Liaison Menjalin suatu hubungan kerja dan menangkap informasi untukkepentingan organisasi.

 

Peran kedua terdiri dari 3 peran juga yakni :

 

1. Monitior Memimpin rapat dengan bawahan, mengawasi publikasi perusahaan, atau berpartisipasi dalam suatu kepanitiaan.

 

2. Disseminator Menyampaikan informasi, nilai-nilai baru dan fakta kepada bawahan.

 

3. Spokeman Juru bicara atau memberikan informasi kepada orang-orang di luar organisasi 

Sejarah Singkat Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 08:35:32 Dibaca : 7

Universitas Negeri Gorontalo atau disingkat dengan UNG adalah perguruan tinggi di Gorontalo Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Yang awalanya kampus ini adalah junior college yang masih menjadi bagian dari FKIP Universitas Sulawesi Utara - Tengah. 

 

Perjalanan sejarah UNG selama 41 tahun hadir sebagai Institusi Pendidikan, sebagai berikut :

 

1963 Junior collage FKIP Unsulteng

1964 Cabang FKIP IKIP Yogyakarta cabang Manado

1965 IKIP Manado cabang Gorontalo

1982 FKIP Universitas Sam Ratulangi

1993 STKIP Gorontalo 

2001 IKIP Negeri Gorontalo 

2004 Universitas Negeri Gorontalo

10 Fakultas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo

18 September 2020 08:32:13 Dibaca : 4

Universitas Negeri Gorontalo memiliki 10 fakultas, yaitu:

 

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam
  3. Fakultas Ilmu Sosial
  4. Fakultas Sastra dan Budaya
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Pertanian
  7. Fakultas Ilmu Olahraga dan Kesehatan
  8. Fakultas Ekonomi
  9. Fakultas Hukum
  10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

LOGO UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

18 September 2020 08:27:16 Dibaca : 3

Keterangan Logo

  1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}
  2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.
  3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.
  4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.
  5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.
  6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat. 23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.
  7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong