ARSIP BULANAN : December 2023

Nama                      : Difa Nurul Asyifah Nadjamuddin

Nim                         : 561420031

Prodi                       : S1-Teknik Industri

Mata Kuliah          : Six Sigma

Dosen Pengajar   : Dr. Trifandi Lasalewo, S.T., M.T & Nurfaisal Harun, S.T., M.T

 

Pada semester ini kami mempelajari ilmu six sigma, awalnya saya kurang mengetahui apa saja yang akan di pelajari dalam matakuliah Ilmu six sigma ini, tetapi dengan adanya materi-materi yang diberikan oleh dosen Bapak Trifandi Lasalewo, S.T., M.T dan juga Bapak Nurfaisal Harun, S.T, M.T kami jadi mengetahui apa saja yang akan dipelajari di six sigma. Penerapan metode Six Sigma dapat membawa banyak manfaat, seperti peningkatan kualitas produk, peningkatan efisiensi produksi, pengurangan biaya, dan peningkatan kepercayaan pelanggan.  

Matakuliah six sigma membawa pemahaman mendalam tentang konsep-konsep kualitas. Selama pembelajaran saya dapat mengetahui konsep DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control ) memberikan pemahaman yang jelas untuk memahami dan mengatasi masalah dalam suatu proses, selain belajar tentang konsep DMAIC, kami juga belajar tentang penggunaan seven tools secara mendalam seperti check sheet, diagram pareto, diagram histrogram, fishbone, scatter diagram, control chart. Semua seven tools yang kami pelajari ini memiliki fungsinya masing-masing.

Belajar six sigma memberikan peluang pengembangan keterampilan analisis data, manajemen proyek dan kepemimpinan. Selain itu, pembelajaran ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, fokus pada kualitas dan efisiensi, serta kesadaran terhadap kebutuhan pelanggan. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Dr. Trifandi Lasalewo, S.T., M.T dan juga Bapak Nurfaisal Harun, S.T., M.T karena dengan mempelajari six sigma saya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga. Terima Kasih atas dedikasi, dan semangat mengajar yang bapak berikan selama perkuliahan ini. semoga bapak sehat selalu, dan bisa membimbing mahasiswa selanjutnya.