SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ILMU ERGONOMI

02 September 2022 14:33:35 Dibaca : 228 Kategori : Tugas Kuliah

PENGERTIAN ERGONOMI

Istilah ergonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata, yaitu “ergon” yang berarti kerja dan “nomos” yang berarti aturan atau hukum. Jadi, secara ringkas, ergonomi adalah aturan atau hukum dalam suatu sistem kerja. Ergonomi adalah ilmu tentang manusia yang menggunakan peralatan di lingkungan tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Ergonomi bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif lingkungan pada orang-orang untuk memungkinkan orang tersebut memaksimalkan kontribusi mereka terhadap pekerjaan yang ditugaskan (Cherie Berry, 2009).

SEJARAH  DAN PERKEMBANGAN ERGONOMI

MASA PURBA

Pada zaman dahulu, manusia masih hidup dalam lingkungan alam yang sangat primitif, dimana kehidupan manusia sangat bergantung pada aktivitas dan kreativitas tangan. Alat, perlengkapan, perkakas atau rumah sederhana, dibuat hanya untuk mengurangi keganasan alam saat itu. Selanjutnya, perubahan waktu, meskipun lambat, telah mengubah cara hidup manusia dari keadaan primitif menjadi manusia yang berbudaya dengan berbagai tantangan dan tuntutan. perubahan ini antara lain terlihat pada perubahan desain peralatan yang digunakan, dari batuan tidak berbentuk menjadi batuan dengan bentuk dan fungsi tertentu, seperti gerinda batu menjadi pisau. Perkembangan alat-alat sederhana ini menunjukkan bahwa manusia memang cenderung dan mampu selalu mencari cara untuk mempermudah hidup. Masih banyak lagi tindakan manusia yang serupa dari abad ke abad. Namun, itu terjadi apa adanya, jarang dan tanpa arah, kadang-kadang bahkan secara kebetulan.

MASA PERANG DUNIA

Di Amerika Serikat, disiplin ergonomi juga dikenal sebagai faktor manusia, sering dikaitkan dengan Perang Dunia Kedua (Wickens dan Hollands, 2000), meskipun kemajuan berkontribusi pada pembentukannya, itu dapat ditelusuri setelah pergantian abad 20. Sebelum oerang dunia II, fokusnya adalah merancang orang agar sesuai dengan mesin yang mereka gunakan melalui percobaan (mendesain orang agar sesuai dengan mesin), daripada merancang mesin agar sesuai dengan manusia. Hal ini terdapat dalam karya Frederick Taylor (1989) tentang seleksi, pelatihan, jadwal istirahat kerja dan studi gerak dan waktu pada pekerja industri.

Banyak Kemajuan dalam pembelajaran Ergonomi berasal dari kebutuhan militer. Dengan dimulainya Perang Dunia I, konflik pertama menggunakan pesawat yang baru dibangun dalam pertempuran, kebutuhan akan metode pemilihan dan pelatihan pilot yang memenuhi syarat muncul. Ini mendorong perkembangan psikologi penerbangan dan awal penelitian aeromedis. Terlepas dari kemajuan yang dibuat selama periode ini, Meister (1999) berpendapat bahwa dorongan atau dorongan untuk mengembangkan disiplin ergonomi tidak dapat dipenuhi, karena tidak adanya "krisis teknologi dan personel seperti Perang Dunia Kedua".

Pecahnya Perang Dunia Kedua dan tuntutan kebutuhan saat itu merupakan katalisator bagi perkembangan disiplin ilmu ergonomi. Pertama, kebutuhan untuk memobilisasi dan mempekerjakan sejumlah besar laki-laki dan perempuan membuat seleksi individu untuk beberapa pekerjaan menjadi tidak mungkin. Jadi fokusnya adalah bagaimana merancang kapasitas orang dan meminimalkan konsekuensi negatif dari keterbatasan mereka. Kedua, Perang Dunia II melihat kemajuan teknologi yang akhirnya memaksa manusia untuk beradaptasi dan mengimbangi desain yang kurang tepat.

Ini paling jelas terlihat dalam kecelakaan pesawat dengan pilot yang sangat terlatih, tetapi memiliki masalah dengan alat pengaturan pesawat dan tampilan instrumen tidak cocok untuk pekerjaan itu.ergonomis (Fitts dan Jones, 1947). Psikolog eksperimental masih terus mempelajari masalah ini dengan mengadaptasi teknik laboratorium. Dengan demikian, disiplin ergonomi mulai muncul, yang bahkan mungkin tidak disadari oleh manusia yang terlibat di dalamnya saat itu (Meister, 1999).

MASA REVOLUSI INDUSTRI

Sebenarnya, disiplin ergonomi mulai diperkenalkan secara resmi pada tahun 1949, tetapi kegiatan terkait muncul beberapa dekade sebelumnya. Beberapa peristiwa penting dalam dekade terakhir mengenai perkembangan ergonomi secara sederhana dapat diilustrasikan dalam penjelasan di bawah ini.

Thackrah (Inggris, 1831) adalah seorang dokter dari Inggris yang melanjutkan karya seorang Italia bernama Ramazzini, dalam rangkaian kegiatan terkait lingkungan kerja yang tidak nyaman yang dirasakan para pekerja. Thackrah mengamati postur pekerja ketika itu adalah bagian dari masalah kesehatan yang menjadi perhatiannya. Saat itu, ia mengamati seorang penjahit yang bekerja dengan posisi dan ukuran furnitur yang tidak sesuai secara antropometri, pencahayaan yang buruk menyebabkan tubuh membungkuk, yang menyebabkan keluhan tentang pinggangnya.

Mengembangkan lebih lanjut, Gilbreth (USA, 1911) mengamati dan mengoptimalkan metode kerja, dalam hal ini analisis gerak yang lebih rinci. Sebuah studi gerak yang diterbitkan pada tahun 1911 menunjukkan cara memperbaiki postur tubuh yang kendur dengan merancang sistem meja yang dapat diatur naik turun sesuai dengan ukuran antropometrik pengguna (dapat disesuaikan). 

Dewan Penelitian untuk Kelelahan Industri (Inggris, 1918) didirikan untuk menangani masalah yang muncul di pabrik senjata selama Perang Dunia Pertama. Mereka menunjukkan bagaimana output tenaga kerja meningkat setiap hari karena jumlah jam kerja berkurang per hari. Dalam perkembangan selanjutnya, Elton Mayo Et.al (USA, 1933), seorang warga negara Australia, memulai penelitian di sebuah perusahaan listrik Amerika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh variabel fisik seperti cahaya dan waktu istirahat terhadap faktor efisiensi operator dalam perakitan listrik.

Pada pertengahan tahun 1960-an, bidang ergonomi terus tumbuh dan berkembang di berbagai belahan dunia. Selain itu, disiplin ilmiah ergonomi diperlukan di bidang lain, termasuk perangkat keras komputer (1960-an), perangkat lunak komputer (1970-an), pembangkit listrik tenaga nuklir, dan sistem ruang angkasa, gas (1980-an), makroergonomi, internet dan otomatisasi (1990-an), dan teknologi adaptif. (Tahun 2000-an). Bidang ergonomi baru juga telah muncul, seperti ergonomi saraf dan nano. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, bidang-bidang seperti bioteknologi dan nanoteknologi menjadi hal yang menarik untuk diikuti dan dipelajari tentang penemuan-penemuan baru yang akan dibutuhkan untuk menerapkan ergonomi merupakan solusi terbaik.

Di era industri 4.0, di mana segala hal menjadi tersambung dalam internet, penerapan ergonomi menjadi salah satu isu penting mengingat ergonomi digunakan untuk, salah satunya, kelelahan kerja. Dalam penerapannya di era industri 4.0, ergonomi memegang peran penting untuk mendesain segala hal yang ergonomis, salah satunya adalah desain interface suatu website. Dalam penerapannya, ergonomi digunakan supaya interface tidak membuat orang yang menggunakannya tidak harus berfikir dua kali untuk memahami suatu menu dalam interface. Selain itu, interface juga dirancang, apakah menu satu dengan menu lain harus berdekatan atau diletakkan di tempat tertentu berdasarkan fungsi, ataupun seringnya banyak orang menggunakannya. Selain itu, ergonomi juga digunakan untuk merancang “smart product”, yang berbasis Internet of Things. Contoh paling sederhana adalah penerapan lampu yang dirancang bisa diatur menggunakan smartphone berdasarkan kapan cahaya lampu harus lebih terang karena di saat itu ada aktifitas belajar, sehingga mata tidak mengalami kelelahan karena kurangnya cahaya. Contoh lain adalah diterapkannya sensor dalam kaus yang juga tersambung dengan internet, yang mana bertujuan kondisi penggunanya bisa diketahui lewat smartphone, sehingga sakit yang terjadi bisa langsung diketahui dan ditangani dengan tepat. (TIM Dok. HMTI/FST).