PETA KERJA SETEMPAT

18 March 2023 16:42:12 Dibaca : 2884 Kategori : Tugas Kuliah

A. Definisi Peta Kerja setempat

Peta kerja setempat merupakan peta yang menyangkut hanya satu sistem kerja saja yang biasanya melibatkan orang dan fasilitas dalam jumlah terbatas. Tujuannya jelas untuk mempermudah perbaikan suatu sistem kerja sehingga dicapai suatu keadaan ideal untuk saat itu.

B. Jenis-Jenis Peta Kerja Setempat

1. Peta Pekerja-Mesin

Peta pekerja-mesin merupakan peta yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu menganggur dari interaksi antara pekerja dan mesin. peta ini merupakan alat yang baik untuk dipakai dalam mengurangi waktu menganggur. Informasi penting yang dapat diperoleh dari peta ini adalah hubungan yang jelas antara waktu kerja operator (pekerja) dan waktu kerja mesin yang ditangani.

a. Kegunaan peta pekerja-mesin

  • Dapat mengubah tata letak tempat kerja
  • Dapat mengatur kembali gerakan-gerakan kerja
  • Dapat merancang kembali mesin dan peralatan
  • Dapat memperkirakan adanya penambahan mesin bagi seorang pekerja atau sebaliknya penambahan pekerja bagi suatu mesin

b. contoh

Seorang pembeli datang ke toko, kemudian memesan kopi kepada pelayan toko tersebut sebanyak satu kilogram dengan pesanan khusus atau digiling pada saat itu. Setelah mendapat pesanan, si pelayan pergi mengambil kopi dari tempatnya, menyiapkan mesin giling, memasukkan kopi ke dalam mesin giling, kemudian menjalankan mesin tersebut. Si pembeli dan pelayan menunggu sampai selesai menggiling, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini kira-kira selama 12 menit. Setelah kopi menjadi halus, dimasukkan ke dalam kantong kemudian diberikan kepada pembeli. Si pembeli membayar kepada pelayan, pelayan menerima pembayaan dan dicatat dalam “buku keuangan”.

Terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk melayani pemesan sebanyak satu kg kopi yaitu 70 detik. Dalam tempo 70 detik, waktu efektif bagi si pembeli hanya 22 detik (yaitu untuk melakukan pemesanan, menerima kopi hasil penggilingan, dan melakukan pembayaran). Ini berarti si pembeli menganggur sebanyak 69% dari waktu total. Sementara sang pelayan bekerja efektif selama 49 detik (70 % dari waktu total). Sedangkan mesin giling bekerja efektif 21 detik (30% dari waktu total).

2. Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

Peta ini mengggambarkan semua gerakanpada saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan. Melalui peta ini, dapat dilihat semua operasi secara cukup lengkap, yang berarti mempermudah perbaikan operasi tersebut.

a. Kegunaan Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

  • Dapat menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan
  • Mengurangi gerakan yang tidak efektif sehingga mempersingkat waktu kerja
  • Dapat dipakai sebagai alat untuk menganalisis tata letak stasiun kerja
  • Sebagai alat untuk melatih pekerja baru, dengan cara yang ideal

b. Lambang

Elemen menjangkau (Re) Elemen memegang (G)Elemen membawa (M)Elemen mengarahkan (P)Elemen menggunakan (U)Elemen melepas (RI)Elemen menganggur (D)Elemen memegang untuk memakai (H)

c. Contoh

Tangan kiri bertugas menyimpan baut-U yang sudah selesai dirakit ke tempat penyimpanan. Pada saat tangan kiri melakukan gerakan menyimpan, yang terdiri dari elemen gerakan membawa (M) dan melepas (RI), tangan kanan menganggur (UD). Elemen gerakan menjangkau (RE), yang merupakan “titik permulaan” peta, dilaksanakan setelah tangan kiri selesai melepaskan baut-U di tempat penyimpanan.

 

 

Sumber :

http://industrialengineeringtelkom.blogspot.com/2014/05/peta-kerja-setempat.html

https://www.slideserve.com/herman-carter/peta-peta-kerja-setempat-peta-pekerja-dan-mesin