PETA KERJA KESELURUHAN

30 March 2023 23:25:54 Dibaca : 1813 Kategori : Tugas Kuliah

# Definisi Peta Kerja

Peta kerja adalah suatu alat yang menggambarkan kegiatan kerja secara sistematis dan jelas. Lewat peta-peta ini kita bisa melihat semua langkah atau kejadian yang dialami oleh suatu benda kerja dari masuk ke pabrik sampai akhirnya menjadi produk jadi, baik produk lengkap maupun bagian dari produk lengkap.

# Peta Kerja Keseluruhan

Lambang-lambang yang digunakan dalam Peta Kerja Keseluruhan adalah:

# Macam-Macam Peta Kerja Keseluruhan

1. Peta Proses Operasi

Suatu peta proses operasi menggambarkan langkah- langkah operasi danpemeriksaan yang dialami oleh bahan dalam urutannya sejak awal sampai menjadi produk jadi utuh maupun sebagai bagian setengah jadi. Peta ini memuat informasi tentang: waktu yang dihabiskan, material yang digunakan, dan tempat atau alat mesin yang dipakai. Sesuai dengan relevansinya, pada akhir keseluruhan proses dinyatakan keberadaan penyimpanan.

2. Peta Aliran Proses

Peta aliran proses adalah suatu diagram yang menunjukkan urutan-urutan dari operasi, pemeriksaan, transportasi, menunggu dan penyimpanan yang terjadi selama satu proses atau prosedur berlangsung. Di dalamnya dimuat informasi-informasi yang diperlukan untuk analisis seperti waktu yang dibutuhkan dan jarak perpindahan yang terjadi. Waktu biasanya dinyatakan dalam jam atau menit sementara jarak perpindahan basanya dinyatakan dalam meter.

3. Diagram Aliran

Diagram Aliran merupakan suatu gambaran menurut skala, dari susunan lantai dan gedung yang menunjukkan lokasi dari semua aktivitas yang terjadi dalam Peta Aliran Proses. Aktivitas yang berarti pergerakan suatu material atau orang dari suatu tempat ke tempat berikutnya dinyatakan oleh garis aliran dalam diagram tersebut. Arah aliran digambarkan oleh anak panah kecil pada garis aliran tersebut.

 

 

sumber :

https://www.academia.edu/29360982/PETA_KERJA_KESELURUHAN

Devi Julietta http://devijulietta.blogspot.co.id/2014/05/petakerja.html https://arenakuliah.files.wordpress.com/2015/10/04-contoh-opc-kursi.pdf Adella Sirait http://dokumen.tips/documents/peta-kerjadocx.html