Sejarah Dan Perkembangan Ergonomi

03 September 2022 17:52:58 Dibaca : 70

Sejarah dan perkembangan ergonomi Dimulai pada tahun 40-an, ketika muncul sebagai disiplin ilmu. Itu timbul dari pemahaman bahwa tidak semua manfaat dari peralatan teknis akan mungkin jika orang tidak dapat memahami potensi penuh dari menggunakan peralatan tersebut.. Secara sederhana, ergonomi adalah studi dan desain peralatan dan instrumen yang paling sesuai dengan tubuh manusia dan pergerakannya. Dasar ergonomi sudah ada sejak nenek moyang pertama manusia modern mulai membuat alat primitif untuk memudahkan tugas. Setelah Revolusi Industri, mesin dan peralatan pabrik mulai dibangun dengan pertimbangan desain, yang hari ini kita sebut sebagai karakteristik ergonomis.. Ergonomi dalam arti modern mulai menjadi populer selama Perang Dunia Kedua. Peralatan militer, mesin dan senjata - khususnya pesawat terbang - menjadi jauh lebih kompleks. Ergonomi terus berkembang setelah inovasi Perang Dunia Kedua, ketika prinsip-prinsipnya mulai diterapkan pada teknologi yang lebih modern.. Ilmu ergonomi modern mencakup pekerjaan insinyur industri, dokter pekerjaan dan banyak bidang lainnya. Hampir setiap aspek kehidupan modern mencakup tingkat yang dirancang secara ergonomis.

Ergonomi dalam senioritas

     Pentingnya desain yang baik di antara manusia dan peralatan telah diperhatikan sejak awal dalam pengembangan spesies. Sejarah ergonomi tanggal kembali ke zaman manusia pertama. austrolopitecus prometheus memilih batu yang bermanfaat sebagai alat dan membuat sendok tulang antelop, dalam upaya yang jelas untuk membuat dan memilih objek untuk membuat tugas lebih mudah. Bukti arkeologis telah ditemukan alat, peralatan untuk berburu dan peralatan lainnya di dinasti Mesir dan Yunani kuno. Alat-alat ini dibuat oleh manusia dan menggambarkan prinsip-prinsip ergonomis yang cukup canggih untuk zamannya.

Ergonomi di abad ke-20

     Wojciech Jastrzebowski menciptakan dunia ergonomi, pada tahun 1857, dalam narasi filosofis "berdasarkan kebenaran ilmu alam". Konsep pertama untuk membantu pekerja beroperasi lebih produktif diterbitkan pada pertengahan 1900-an. Pada pertengahan 1900-an, produksi industri sebagian besar bergantung pada tenaga manusia dan konsep ergonomis dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi pekerja. Manajemen ilmiah, metode yang meningkatkan efisiensi pekerja dengan meningkatkan proses kerja, menjadi populer. Dengan revolusi industri, mesin seperti mesin pemintalan Jenny (mesin yang menghasilkan benang untuk membuat kain) dan pabrik penggilingan (metode menyetrika mineral film tipis) dikembangkan untuk meningkatkan proses kerja. Ini adalah motivasi yang sama di balik sebagian besar aspek ergonomi. Frederick W. Taylor adalah pelopor dalam pendekatan ini dan mengevaluasi karya-karya untuk menentukan cara terbaik untuk mewujudkannya. Di Betlehem Steel, Taylor secara dramatis meningkatkan produksi pekerja dan upah dalam tugas paleo dengan menggabungkan sekop dengan jenis bahan yang sedang dipindahkan (abu, mineral atau batubara). Frank dan Lilian Gilbert membuat karya lebih efisien dan kurang melelahkan melalui analisis gerakan dan alat standar, bahan dan proses kerja. Saat menerapkan proses ini, jumlah gerakan saat menempatkan batu bata berkurang dari 18 menjadi 4,5, memungkinkan laju penempatan mereka meningkat dari 120 menjadi 350 batu bata per jam.. Sebagian besar desain era ini diciptakan untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi produksi, alih-alih menciptakan kenyamanan penggunaan bagi para pekerja yang terlibat.

Ergonomi dalam Perang Dunia II

     Perang Dunia Kedua dianggap sebagai prinsip nyata dari studi ergonomi. Perang Dunia Kedua memunculkan minat besar pada interaksi antara manusia dan mesin, mengingat bahwa efisiensi peralatan militer yang canggih (seperti pesawat terbang) dapat dikompromikan oleh desain yang buruk atau desain yang membingungkan.. Konsep desain mesin yang sesuai untuk ukuran prajurit dan tombol kontrol yang cukup dimengerti dan logis, berkembang. Psikolog eksperimental mempelajari kecelakaan udara dan menyimpulkan bahwa banyak kecelakaan terjadi karena konsep desain yang buruk atau tidak logis yang tidak memperhitungkan tubuh manusia. Ini adalah awal dari studi tentang kemampuan manusia ergonomi. Karakteristik kognitif manusia mulai diperhitungkan untuk desain mesin. Ini adalah bagaimana ilmu pengetahuan tentang faktor manusia telah berkembang dalam konteks psikologi terapan.

Ergonomi modern

     Saat ini, bidang ilmiah ini tidak hanya menyediakan desain yang nyaman dan aman, seperti yang mencegah kesalahan manusia dan yang ditemukan dalam produk yang biasa digunakan; itu juga berkembang ke bidang kedokteran, alat perang, penerbangan, lalu lintas, sistem lalu lintas dan fasilitas umum. Dari tahun 1960, disiplin diperluas ke peralatan komputer, diikuti oleh studi perangkat lunak untuk komputer di tahun 70-an. Kemudian, ia memasukkan penggunaan Internet dan otomatisasi teknologi adaptasi, dari tahun 2000. Di Amerika Serikat, peneliti berfokus pada ilmu perilaku, seperti psikologi eksperimental dan teknologi. Untuk bagiannya, penekanan di Eropa adalah pada fisiologi manusia. Saat ini, ilmu ergonomi adalah kombinasi dari beberapa disiplin ilmu, termasuk psikologi, teknik dan fisiologi. Ketika datang ke ergonomi, itu tidak lagi mengacu pada masalah fisik dan keluhan. Ergonomi saat ini telah menjadi bidang yang sangat luas yang mencari lebih dari pencegahan masalah kesehatan. Fokusnya saat ini adalah pertanyaan tentang bagaimana menyelaraskan manusia dengan pelaksanaan tugasnya.