PETA KERJA SETEMPAT - AMALAN FADIL GAIB

19 March 2023 18:03:59 Dibaca : 14

Peta Kerja SetempatSuatu kegiatan kerja dikatakan kegiatan kerja setempat apabila kegiatan tersebut terjadi dalam suatu stasiun kerja yang biasanya hanya melibatkan orangorang dan fasilitas dalam jumlah terbatas.Sedikit berbeda dengan peta- peta analisa kerja keseluruhan, maka peta- peta kerja untuk menganalisa kerja setempat akan digunakan untuk menganalisa dan memperbaiki proses kerja yang ada di dalam suatu stasiun kerja, sehingga dicapai suatu keadaan ideal untuk itu. Yang termasuk peta- peta untuk menganalisa kerjasetempat, yaitu :

- Peta Pekerja dan Mesin

Peta Pekerja dan Mesin merupakan peta pertama yang termasuk kelompok kegiatan setempat.Peta pekerjaan dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara pekerja dan mesin.Dengan demikian peta ini merupakan alat yang baik digunakan untuk mengurangi waktu menganggur.Informasi yang paling penting diperoleh melalui peta pekerja dan mesin adalah hubungan yang jelas antara waktu kerja operator dan waktu operasi mesin yang ditanganinya.Dengan informasi ini, dimiliki data yang baik untuk melakukan penyelidikan, penganalisaan, dan perbaikan suatu pusat kerja. Peningkatan efektivitas penggunaan dan perbaikan keseimbangan kerja\ tersebut dapat dilakukan, misalnya dengan cara :1) Merubah tata letak tempat kerja2) Mengatur kembali gerakan- gerakan kerja3) Merancang kembali mesin dan peralatanAda beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat peta kerja dan mesin, yaitu :Nyatakan identifikasi peta yang dibuat, kemudian diikuti oleh informasi pelengkap yang meliputi: nomor peta, nama pekerjaan, metode sekarang atau usulan, tanggal dipetakan dan nama orang pembuat peta. Setelah semua identifikasi lengkap. langkah berkikutnya menguraikan semua elemen pekerjaan yang terjadi.

- Peta Tangan KiriĀ  Tangan Kanan

Peta tangan kiri dan tangan kanan merupakan sebuah peta yang menggambarkan semua gerakan saat bekerja dan menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, serta menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan tangan ketika melakukan suatu pekerjaan. Menurut Sutalaksana (2006), peta ini mempunyai manfaat untuk menyeimbangkan gerakan antara tangan kiri dan tangan kanan serta mengurangi kelelahan, mengurangi atau menghilangkan gerakangerakan yang tidak produktif sehingga mempersingkat waktu kerja, alat untuk menganalisis tata letak stasiun kerja dan alat untuk melatih pekerja baru. Dalam pembuatan Peta Tangan Kanan dan Tangan Kiri terdapat beberapa prinsip yang perlu dilakukan, agar diperoleh peta yang baik dan secara lengkap memberikan semua informasi tentang pekerjaan yang dipetakan.

Peta tangan kiri dan tangan kanan berguna untuk memeperbaiki suatu suatu stasiun kerja. Sebagaimana peta- peta yang lain peta ini juga mempunyai kegunaan yang lebih khusus diantaranya :1. Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan2. Menghilangkan atau mengurangi gerakan- gerakan yang tidak efisien dan tidakproduktf3. Sebagai alat untuk menganalisa tata letak stasiun kerja