ARSIP BULANAN : February 2024

Di dalam suatu perusahaan penerapan manejemen sangat begitu penting agar tujuan perusahaan tersebut akan tercapai dan juga akan meningkatkan mutu pada suatu perusahaan tersebut. kalau bicara soal perusahaan kita tak lepas dengan sejarah revolusi industri yang terjadi pertama kali di negara inggris pada tahun 1760-1830. Demikian penjelasan tentang setiap perkembangan menejemen di perindustrian dan para tokoh yang berpengaruh pada saat itu beserta ide-idenya tentang perindustrian.

1. Perkembangan Pertama

sebelum adalanya revolusi industri proses krja manusia baik itu produksi ataupun jasa merupakan pekerjaan yang sangat sulit karena membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang banyak mengapa demikian karena manusia ketika bekerja hanya menggunakan alat-alat manual di dalam proses pengerjaannya. namun ketika revolusi industri pertama terjadi di inggris pada tahun 1760-1830 kegiatan kerja manusia sudah tidak lagi menggunakan alat-alat manual dan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan pekerjaannya karena sudah diciptakannya suatu mesin untuk mempermudah manusia dalam bekerja dan mesin yang pertama kali diciptakaan yaitu mesin uap. Mesin uap ini digunakan untuk keperluan kapal laut sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas di industri sektor tekstil.

Tokoh yang paling berpengatuh di pengkembangan industri pertama ini adalah : James Watt ide yang paling terkenal darinya itu adalah ia menciptakan mesin uap untuk kemudian meningkatkan produktivitas pada kinerja kapal laut yang sebelumnya menggunakan tenaga angin untuk kemudian menggerakkan kapal tersebut. Dengan diciptakannya mesin uap kapal-kapal dapat berlayar lebih jauh lagi bahkan sampai ke beberapa negara untuk menjalin proses perdagangan.

2. Perkembangan Kedua

kemunculan perkembangan industri 2.0 terjadi karena membludaknya permintaan pada suatu pabrik transportasi yang menekankan kepada pekerja untuk membuat produk tranportasi secara massal hal ini membuat pekerja kewalahan dalam melaksanakan kerja-kerja pada pabrik tersebut, perkembangan industri 2.0 ini terjadi pada awal abad ke-20. maka diciptakanlah suatu mesin yang berbasis teknologi untuk kemudian menggantikan mesin uap dan alat yang diciptakan pada saat itu adalah conveyor belt atau ban berjalan. penerapan mesin yang berbasis teknologi ini banyak memudahkan pekerja untuk menghasilkan produk transportasi secara massal, karena dengan alat ini mereka dapat menghasilkan produk trasportasi secara massal tanpa harus membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

Tokoh yang berpengaruh di perkembangan ini adalah Nikola Tesla dan Thomas Alva Edison ide untuk memudahkan para pekerja dengan penerapan tenaga listrik dalam bekerja dan juga di perkembangan ini diciptakannya juga tranportasi-transportasi yang mengandung tenaga listrik seperti mobil, motor, tank, dan jenis transportasi lainnya.

3. Perkembangan Ketiga

kemunculan perkembangan industri 3.0 di tandai dengan kemunculan teknologi komunikasi dan informasi serta komputerisasi, perkembangan industri ini terjadi pada akhir abad ke-20 setelah munculnya penggunaan listrik dan penggunaan ban berjalan untuk memproduksi transportasi massal. massa 3.0 ini bertujuan untuk menciptakan kerja-kerja otomatisasi pada suatu perusahaan industri agar kemudian dapat meningkatkan mutu pada suatu perusahaan tersebut. artinya di dalam memproses suatu produk hanya dengan mengontrolnya dari setiap komputer para pekerja untuk menghasilkan produk-produk tersebut. di dalam penerapan komputerisasi ini sangat begitu membantu perusahaan dalam melakukan proses manufaktur tetapi disamping penggunaan sistem ini tak banyak pula pekerja-pekerja yang tidak di bekerjakan lagi. 

Tokoh yang berpengaruh di perkembangan ini adalah Charles Babbage dijuluki dengan sebutan "bapak komputer" orang yang pertama kali memperkenalkan dan menerapkan komputerisasi di dunia dari gagsannya membuat setiap perusahaan di kala itu mengunakan komputerisasi di dalam setiap aktivitas produksinya. dia beranggapan bahwa ketika menerapkan komputerisasi di dalam satu sektor perindustrian maka akan meningkatkan produktivitas suatu perusahaan tersebut.

4. Perkembangan Keempat

Perekmbangan industry 4.0 ini terjadi karena di latar belakangi dengan pesatnya penggunaan teknologi internet secara cepat. Kalau ketika di perkembangan-perkembangan sebelumnya mereka berfokus pada penghasilan produksi dalam jumlah yang banyak, pada pengkembangan kali ini mereka berfokus pada pelayanan secara cepat dan juga penggunaan alat-alat secara praktis. Pada perkemangan kali ini pula mulai dirancanglah robotik-robotik yang akan di gunakan dalam sektor perusahaan karena mereka beranggapan bahwa ketika di dalam penggunaan mesin pada setiap sektor perindustrian akan menghasilkan produk yang bentuknya sama, produktivitas semakin meningkat karena robot tidak pernah kenal lelah, dan satu hal yang terpenting adalah dapat menghasilkan produk yang banyak tampa waktu yang lama.

Tokoh yang paling berpengaruh di perkembangan kali ini adalah Robert E. Kahn yang menciptakan Protokol TCP/IP untuk melakukan pertukaran data pada jaringan internet. Dan Vinton G. Cerf yang disebut sebagai bapak pendiri internet karena atas peran kuncinya dalam pembuatan Protokol TCP/IP yang menjadi basis dari jaringan internet.

5. Perkembangan Kelima

Pada perkembangan kali ini degadang-gadang sebagai era kombinasi antara manusia, mesin, alat, serta lingkungan. suatu cara mengintegrasikan antara beberapa hal tersebut, tentu ini adalah zaman yang sangat bagus karena manusia memiliki peluang untuk dipergunakan kembali di berbagai macam sektor industry.

Tokoh yang berpengaruh dan sekaligus mecetuskan suatu ide ini adalah Shinzo Abe selaku Perdana Menteri Jepang

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong