Jagung (zea mays L)

13 February 2013 20:34:28 Dibaca : 1135

Jagung(Zea mays L) adalah tanaman rerumputan tropis yang sangat adaptif terhadap perubahan iklim dan memiliki masa hidup 70-210 hari. Jagung dapat tumbuh hingga ketinggian 3 meter. Jagung memiliki nama latin Zea mays. Tidak seperti tanaman biji-bijian lain, tanamn jagung merupakan satu satunya tanaman yang bunga jantan dan betinanya terpisah

Jagung merupakan tanaman semusim dan termasuk jenis rumputan/graminae yang mempunyai batang tunggal, meski terdapat kemungkinan munculnya cabang anakan pada beberapa genotipe dan lingkungan tertentu. Batang jagung terdiri atas buku dan ruas. Daun jagung tumbuh pada setiap buku, berhadapan satu sama lain. Bunga jantan terletak pada bagian terpisah pada satu tanaman sehingga lazim terjadi penyerbukan silang. Jagung merupakan tanaman hari pendek, jumlah daunnya ditentukan pada saat inisiasi bunga jantan, dan dikendalikan oleh genotipe, lama penyinaran, dan suhu.

jagung merupakan tanaman musiman (anual) atau hanya sekali.tinggi tanaman jagung sangat bervariasi,meskipun tanaman jagung memiliki ketinggian 1m-3m.Itupun tergantung pada perawatanya dan benih jagung itu sendiri.Tanaman jagung dapat di ukur dari permukaan tanah hingga ruas teratas sebelum bunga jantan.

Jangung sangat bermanfaat bagi masyarakat,terutama pada daerah gorontalo.Karena jagung merupakan salah satu makanan pokok.Jagung dapat di olah berbagai macam cara untuk menghasilkan suatu produk,seperti jagung di jadikan pop corn,Maizena,dan lain sebagainya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong