sejarah perkembangan komputer
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
1. GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
ColassusMark IENIACEDVACUNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama adalah
Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kodebiner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Komputer pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.
Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.
2. GENERASI KEDUA
Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini. Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibandingkan generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi in, ukuran komputer lebih kecil. Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer..
3. GENERASI KETIGA
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam satu tempat. tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi ketiga penyimpana memorinya lebih besar dan diletakkan diluar (eksternal). Penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi lebih kecil sehingga lebih menghemat ruang. komputer generasi ketiga juga mulai menggunakan komponen IC atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:
Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.Peningkatan dari sisi software.Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).Penggunaan listrik lebih hemat.Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.Harganya semakin murah.Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain.
4. GENERASI KEEMPAT
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu (integreted circuits). LSI kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).
Perkembangan berikutnya juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, 80586 yang lebih dikenal dengan nama: Pentium dan lainnya lagi. Sedang pabrik Motorola mengeluarkan model 6502, 6800 dan lainnya.Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.
Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code). Sebagai catatan bahwa pada komputer-komputer generasi keempat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Sehingga pada generasi ini belum ditentukan standar sebuah komputer terutama personal computer (PC
5. GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi. Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
linux
pengerian linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
statistika
Kumpulan Tugas Statistik
Lispan husain (614413048)
Faperta (agribisnis) kelas (a)
Jawaban Statistik Bab 1
Statistik adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan sesuatu, misalnya statistik penduduk, statistik kelahiran, statistik pendidikan, statistik produksi, statistik pertanian, statistik kesehatan.
Statistika adalah suatu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisa data yang berupa angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna.
Data statistik adalah keterangan atau fakta mengenai sesuatu persoalan bisa berbentuk kategori contoh : rusak, baik, senang, puas, berhasil, gagal dan sebagainya atau juga berbentuk bilangan.
Data diskrit adalah data yang diperoleh dari hasil menghitung atau membilang (bukan mengukur).
Data kontinu adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran.
Data kuantitatif adalah Data yang berbentuk angka, atau data kualitatif yang diangkakan (skoring).
Data kualitatif adalah data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar.
Atribut adalah hal-hal yang dibutuhkan intuk melakukan suatu kegiatan.
Data intern adalah data yang menggambarkan keadaan dalam organisasi.
Data ekstern adalah data yang menggambarkan tentang keadaan di luar organisasi.
Data primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti langsung dari responden.
Data sekunder adalah Data yang diperoleh dalam bentuk sudah jadi yaitu diolah dan disajikan oleh pihak lain.
Data mentah adalah data yang baru dikumpulkan dan belum pernah mengalami pengolahan apapun.
Sensus dan Sampling
Sensus dilakukan bila kita tidak bisa mengambil sampling dari suatu keadaan, karena keadaan tertentu tidak bisa diwakilkan oleh beberapa sampling saja.
Contoh : keadaan kemiskinan penduduk suatu daerah
keadaan pendidikan penduduk suatu daerah
Sampling dilakukan bila kita bisa mengambil sampling dari suatu keadaan, karena keadaan tertentu dapat diwakilkan oleh beberapa sampling saja.
Contoh : pemilihan obat antara obat generik atau obat paten, dimana kebanyakan
masyarakat lebih menyukai obat paten.
Populasi dan Sampel
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas ; obyek atau subyek yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
Contoh : misalnya akan melakukan penelitian dilembaga x, maka lembaga x ini
merupakan populasi. Lembaga x mempunyai sejumlah orang atau subyek dan obyek yang lain. Hal ini berarti populasi dalam arti jumlah atau kuantitas. Tetapi lembaga x juga mempunyai karakteristik orang-orangnya misalnya motivasi kerjanya, disiplin kerjanya, tata ruang, produk yang dihasilkan dll.
Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.
Contoh : karena keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat
menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu. Apa yang
dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan diberlakukan untuk
populasi. Untuk itu sampel yang diambi; dari populasi harus betul-betul representatif (mewakili).
Bila sampel tidak representatif ibarat orang buta disuruh menyimpulkan karakteristik gajah. Satu orang memegang telinga gajah maka ia menyimpulkan gajah itu seperti kipas. Orang kedua memegang badan gajah katanya seperti tembok besar. Orang ketiga memegang ekornya katanya gajah itu kecil bulat seperti seutas tali.
Statistik penduduk adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang jumlah penduduk.
Statistik keuangan adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang data-data keuangan.
Statistik pertanian adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang keadaan pertanian untuk menentukan apakah pupuk, obat-obatan, varietas tanaman berpengaruh terhadap peningkatan hasil tanaman.
Statistik produksi adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang biaya-biaya produksi.
Statistik pendidikan adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang taraf pendidikan.
Statistik kesehatan adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang data-data kesehatan.
Statistik kecelakaan adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang jumlah kecelakaan yang terjadi.
Statistik kematian adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang jumlah kematian.
Statistik ekonomi adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang keadaan ekonomi dimana statistika mengambil peranan dalam pengambilan keputusan.
Statistik perusahaan adalah kumpulan angka-angka yang menerangkan tentang keadaan sutau perusahaan apakah mengalami kemajuan atau kemunduran.
Statistika deskriptif adalah statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu statistik hasil penelitian, tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (generalisasi atau inferensi).
Statistika induktif adalah statistika yang membicarakan cara-cara menganalisa data serta mengambil kesimpulan (yang pada dasarnya berkaitan dengan 2 masalah utama yaitu parameter populasi dan pengujian hipotesis).
Sensus dilakukan bila kita tidak bisa mengambil sampling dari suatu keadaan, karena keadaan tertentu tidak bisa diwakilkan oleh beberapa sampling saja.
Contoh : keadaan kemiskinan penduduk suatu daerah
keadaan pendidikan penduduk suatu daerah
Sampling dilakukan bila kita mengambil sampling dari sutu keadaan, karena keadaan tertentu dapat diwakilkan oleh beberapa sampling saja.
Contoh : pemilihan obat antara obat generik atau obat paten, dimana kebanyakan
masyarakat lebih menyukai obat paten.
Populasi tak hingga adalah populasi yang beranggotakan tak hingga.
Contoh : melakukan undian dengan sebuah mata uang logam secara terus menerus.
Populasi terhingga adalah populasi yang banyaknya anggota terhingga.
Contoh : mahasiswa di seluruh Indonesia.
Banyaknya kendaraan umum di Indonesia.
Jumlah penduduk dunia.
Yang harus diperhatikan bila kita akan menyusun angket :Isi dan tujuan yang digunakanBahasa yang digunakanTipe dan bentuk pertanyaanPertanyaan tidak menduaTidak menanyakan yang sudah lupaPertanyaan tidak menggiringPanjang pertanyaanUrutan pertanyaanPrinsip pengukuranPenampilan fisik angket
Perlunya data diperiksa kembali sebelum pengolahan dilakukan :Agar data yang didapat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.Agar data yang sudah diolah dapat digunakan kembali sebagai pembanding dari penelitian yang akan datang.Agar tidak terjadi penelitian fiktif karena data yang didapat tidak sesuai dengan keadaan di lapangan.
Jawaban Statistik Bab 2
Data diskrit
- Banyak mahasiswa Universitas A ada 6479 orang
- Ekspor batubara Indonesia selama tahun 2000 mencapai jumlah 13,7 ribu metrik ton (1 metrik ton = 1000,0065 kg).
Bukan data diskrit
- Luas areal sawah di daerah itu 567,5 km
- Penilaian yang diberikan seorang guru kepada muridnya
Data kontinu
- Kecepatan kendaraan tiap jam
Bukan data kontinu
- Gaji pegawai dalam rupiah
- Hasil minyak mentah Indonesia tiap tahun
- Banyak kecelakaan lalu lintas tiap hari
3. a. Rp. 2.456.832,63 = Rp.2.457.000
b. 300.972 = 301.000
c. 2.012,4 meter = 2.000 meter
d. 6.142 unit = 6000 unit
4. a. 0,0045 hingga per ribuan = 0,004
b. 0,000098503 hingga per jutaan = 0,000098
c. 126,99953 hingga dua desimal = 126,99
a. Februari = 31.579.996 x 100 % = 71,249 % ~ 71,25 %
44.323.384
b. Maret = 32.576.945 x 100 % = 71,777 % ~ 71,78 %
45.386.150
c. April = 29.736.410 x 100 % = 68,037 % ~ 68,04 %
43.705.631
d. Mei = 29.361.617 x 100 % = 68,172 % ~ 68,17 %
43.069.333
Jawaban Statistik Bab 3
Karena nilai yang didapat merupakan total dari seluruh nilai pada tabel kontingensi, walaupun cara penjumlahan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah, hasil yang didapat totalnya pasti sama.Distribusi Frekuensi
Nilai Gaji
Klas interval
1.005.100
1
1.204.230
2
1.403.360
3
1.602.490
4
1.801.620
5
2.000.750
6
– Penyajian data dalam bentuk diagram : untuk membandingkan data dari berbagai kelompok. Juga untuk keadaan yang serba terus.
- Grafik digunakan untuk penyajian data secara komunikatif dimana grafik selalu menunjukan hubungan antara ” jumlah ” dengan variabel lain, misalnya waktu.
Bila akan menggunakan diagram :Batang komponen disusun kesamping
Pada grafik batang visualisasi difokuskan pada luas batang (panjang x lebar), namun kebanyakan penyajian data dengan grafik batang, lebar batang dibuat sama, sedangkan yang bervariasi adalah tingginya.
Contoh : Perkembangan jumlah anggota koperasi primer
Batang 2 arah
Digunakan untuk menunjukan perkembangan juga untuk perbandingan, karena dibuat batang 2 arah, maka penggambaran harus dibedakan misalnya dengan memberi warna yang berbeda. Jika klasifikasi atribut bernilai sangat besar dibanding lkasifikasi lain, maka batang yang bernilai besar dipatahkan.
Contoh : Jumlah perbandingan murid laki-laki dan perempuan dari tingkat SD, SMP, ST, SMA, SMEA.
Garis
Biasanya untuk menunjukan perkembangan suatu keadaan. Perkembangan tersebut bisa naik bisa turun. Hal ini akan nampak secara visual melalui garis dalam grafik. Dalam grafik terdapat garis vertikal yang menunjukan jumlah (frekuensi) dan yang mendatar menunjukan variabel tertentu.
Peta
Diagram peta dinamakan cartogram dalam pembuatannya digunakan peta geografis dimana data terdapat. Diagram peta biasanya juga digunakan untuk menggambarkan sutu keadaan daerah atau wilayah.
Contoh : Pertumbuhan penduduk di Jabar.
Akibatnya kesimpulan yang didapat tidak atau kurang mencerminkan kasus yang terjadi dan dapat terjadi penyimpangan yang dapat menyebabkan suatu masalah yanh baru. Data yang ditampilkan oleh diagram garis jika pembagian skalanya terlalu lebar atau terlalu sempit data yang ditampilkan perbedaannya bisa tidak terlihat.
Pemutusan batang : Jika ketinggian batang yang dibuat tepat pada angka yang didapat pada data.
Pemutusan sumbu : Jika panjang atau tinggi sumbu sesuai dengan data yang paling tinggi atau besar nilainya.
Jawaban Statistik Bab 4
lKriterium Sturges
K = 1 + 3,3 log n
K = 1 + 3,3 log 20
= 1 + 3,3 . 1,3
= 5,29 ~ 5
Distribusi Frekuensi
No
Kelas
Kelas
Interval
Frekuensi
1.
30 – 45
6
2.
46 – 60
6
3.
61 – 75
4
4.
76 – 90
3
5.
91 – 105
1
20
Jawaban Statistik Bab 5
Jumlah Perkebunan dan Areanya Akhir tahun 1962
Area (Ha)
Jumlah
Perkebunan
Xi
1 – 25
80
13
26 – 50
86
38
51 – 100
89
75,5
101 – 250
180
175,5
251 – 500
181
375,5
501 – 1000
252
750,5
1001- 2500
203
1750,5
2501 – 5000
36
3750,5
5001 – 10.000
11
7500,5
1. Luas areal rata-rata untuk tiap perkebunan lihat kolom xi
Median = 375,5
Median adalah nilai tengah dari kumpulan nilai yang ditulis secara berurutan dari yang kecil ke yang lebih besar atau sebaliknya.
2. a. K3 – K1 adalah rumus rentang antara kuartil yaitu selisih antara K3 dan K1
K3 = kuartil atas
K1 = kuarti bawah
b. D7 – D3 adalah Rumus Desil yaitu jika sekumpulan data yang telah disusun
dibagi menjadi 10 bagian yang sama.
c. P90 – P10 adalah rentang 10 – 90 Persentil
d. ½ (K3 – K1) adalah rumus simpangan kuartil atau deviasi kuartil yaitu harga
setengah dari RAK.
3.l
Jawaban Statistik Bab 6
Data = 6 7 3 2 4 7 8 2 3 1
Data setelah disusun = 1, 2, 2, 3, 3, 4, 6, 7, 7, 8
Range atau Rentang
R = X max – X min = 8-1 = 7
RAK = K3 – K1
K1 = i (n + 1)
4
Letak = K1 = i (n + 1) = 11/4 = 2¾
4
Letak antara 2 dan 3
Nilai K1= X2 + ¾ (X3 –X2)
= 2 + ¾ (2 -2)
= 2
Letak K3 = 3 x (10 + 1)/4 = 33/4 = 8¼
Letak antara 8 dan 9
Nilai K3 = X8 + ¼ (X9 – X8)
= 7 + ¼ (7 – 7)
= 7
Jadi nilai RAK = 7 – 2 = 5
SK (Simpangan Kuartil)
SK = ½ (K3 – K1)
= ½ (7 – 5)
= 1
Rata rata simpangan kuartil (RS)
X = 1 + 2 + 2 + 3 + 3 + 4 + 6 + 7 + 7 + 8
10
= 4,3
No
Nilai
Simpangan (xi – x)
S.kuadrat (xi-x)2
1.
1
-3,3
10,89
2.
2
-2,3
5,29
3.
2
-2,3
5,29
4.
3
-1,3
1,69
5.
3
-1,3
1,69
6.
4
-0,3
0,09
7.
6
1,7
2,89
8.
7
2,7
7,29
9.
7
2,7
7,29
10.
8
3,7
13,69
56,1
Variansi (S2)
S2 = 56,1
Simpangan baku (S) atau Standar Deviasi
S = √56,1
= 7,49
Cara Biasa
Nilai
fi
Xi
Xi2
fiXi
fiXi2
30 – 34
2
32
1.024
64
2.048
35 – 39
1
37
1.369
37
1.369
40 – 44
3
42
1.764
126
5.292
45 – 49
8
47
2.209
376
17.672
50 – 54
4
52
2.704
208
10.816
55 – 59
2
57
3.249
114
6.498
60 – 64
10
62
3.844
620
38.440
Jumlah
30
16.163
1.545
82.135
S2 = 1/n-1 { Σ fi (xi)2 – (Σ fixi)2/n }
S2 = 1/30-1 { 82.135 – (1545)2/30 }
= 1/29 { 82.135 – 79.567,5 }
= 1/29 { 2567,5 }
= 88,53
S = √ 88,53
= 9,4
Cara Koding
Nilai
fi
Xi
Ci
Ci2
fiCi
fiCi2
30 – 34
2
32
-3
9
-6
18
35 – 39
1
37
-2
4
-2
4
40 – 44
3
42
-1
1
-3
3
45 – 49
8
47
0
0
0
0
50 – 54
4
52
1
1
4
4
55 – 59
2
57
2
4
4
8
60 – 64
10
62
3
9
30
90
Jumlah
30
27
127
Dari Tabel :
P = 5
n = ∑ fi = 30
∑ fiCi = 27
∑ fiCi2 = 127
S2 = 52 ( 30 x 127 – ( 27 )2 / 30 ( 30-1 ) )
S2 = 52 ( 3810 – 729 / 870 )
S2 = 25 x 3,54
S2 = 88,53
S = 9,4
Carilah rata-rata ukur dari ( Geometrik mean ) :20,23,18,25 dan 273,5 dan 8
Jawab :
a. 20,23,18,25,27
â–º U = n √ X1. X2. X3..Xn
5 √ 18.20. 23.25.27
5 √ 5.589.000
5.589.0001/5
Log U = log 5.589.0001/5
= 1/5 log 5.589.000
Log U = 1..349
U = 1349
U = anti log 1349
U = 22,35
b. 3,5,8
U = 3 √ 3.5.8
= 3 √ 120
= 120 1/3
Log U = log 120 1/3
= 1/3 log 120
Log U = 0,693
U = anti log 0,693
U = 4,9
Rata-rata tengah dan rata-rata hitung dari pembayaran rekening listrik 5 rumah tangga di Desa A dengan data pembayaran masing-masing = 10.025,6.555,12.500,9.000,13.000
Jawab :
Rata-rata X = X1+X2+X3+X4+X5
N
= 10.025 + 6.555 + 12.500 + 9.000 + 13.000
5
= 51080
5
= 10.216
Median dari ; 6.555, 9.000, 12.500, 13.000, 14.000
Jawab : 10.025 + 12.500 = 11.262,5
2
a). Rata-rata daya tahan dari ke-20 baterai tersebut ?
Jawab :
158+272+127+184+213+135+140+220+200+130+111+160+193+131+281+192+217+242+116+281
20
= 3703 = 185,15 jam
20
b.) â— Median
Jawab :
111+116+127+130+131+135+140+158+160+184+192+193+200+213+217+220+242+272+281+281
â–º 184+192 = 188 jam
2
â— Kwartil pertama dan kedua
1. Letak K1 = 1 (20+1) = 5 1/4
4
Letak K1 antara data ke-5 dan ke-6
Nilai K1 = X5 + ¼ ( X6-X5 )
= 131 + ¼ ( 135-131 )
= 131 + ¼ ( 4)
= 132
2. Letak K2 = 2 ( 20 + 1) = 42/4 = 10 1/2
4
Letak K2 adalah antara data 10 dan 11.
Nilai K2 = X10 + ½ ( X11-X10)
= 184 + ½ ( 192-184)
= 184 + ½ ( 8 )
= 184 + 4
= 188
7. Jawab : A-B = 30 Km/jam
B-C = 40 Km/jam
C-D = 50 Km/jam
Rata kecepatan untuk seluruh perjalanan : 30+40+50 = 40 Km/jam
3
8. Diketahui : Jarak antara kedua resonansi dari P 1- 6 adalah 30,4 cm, 31,0 cm, 30,9 cm,
30,1 cm, 30,8 cm, 30,5 cm.
a. Rata-rata yang betul
= 30,4 cm + 31,0 cm + 30,9 cm + 30,1 cm + 30,8 cm + 30,5 cm / 6
= 30,61 cm
b. Simpangan baku
No
Nilai
Simpangan (xi – x )
S.kuadrat ( xi – x )2
1.
30,4 cm
- 0,21
0,0441
2.
31,0 cm
0,39
0,1521
3.
30,9 cm
0,29
0,0841
4.
30,1 cm
- 0,51
0,2601
5.
30,8 cm
0,19
0,0361
6.
30,5 cm
- 0,11
0,0121
0,5886
S2 = 0,5886
S2 = √0,5886
= 0,7672
9. a. Kriterium Sturges
K = 1 + 3,3 log n
K = 1 + 3,3 log 20
= 1 + 3,3 . 1,3
= 5,29 ~ 5
Distribusi Frekuensi
No
Kelas
Kelas
Interval
Frekuensi
1.
30 – 45
6
2.
46 – 60
6
3.
61 – 75
4
4.
76 – 90
3
5.
91 – 105
1
20
b. Median
32, 35, 38, 40, 42, 44, 48, 50, 52, 56, 58, 60, 65, 70, 74, 75, 80, 82, 84, 92
Jadi mediannya = 56 + 58/2 = 57
Modus
- Modus 1 ( 30 – 45 )
Bb = 37,5
b1 = 6 – 0 = 6
b2 = 6 – 6 = 0
p = 15
Mo = 37,5 + 15 ( 6/6 + 0 )
= 37,5 + 15 = 52,5
- Modus 2 (46 – 60 )
Bb = 53
b1 = 6 – 6 = 0
b2 = 6 – 4 = 2
p = 15
Mo = 53 + 15 ( 0/0 + 12 )
= 53
.
Jawaban Statistik Bab 8
Himpunan bilangan : 2, 3, 7, 8, 10,
Cari momen 1, 2, 3, 4
Jawab :
Data
(xi –x)
(xi –x)2
(xi –x)3
(xi –x)4
2
-4
16
-64
256
3
-3
9
-27
81
7
1
1
1
1
8
2
4
8
16
10
4
16
64
256
0
46
-18
610
Jadi m’1 = 0
m’2 = 46
m’3 = -18
m’4 = 610
5.
X
f
ci
fici
fici2
fici3
fici4
61
5
-2
-10
20
-40
80
64
18
-1
-18
18
-18
18
67
42
0
0
0
0
0
70
27
1
27
27
27
27
73
8
2
16
32
64
128
Jumlah
100
15
97
33
253
P = 3
n = 100
m’1 = 3 x 0,15 = 0,45
m’2 = 9 x 0,97 = 8,73
m’3 = 27 x 0,33 = 8,91
m’4 = 81 x 2,53 = 204,93
Sehingga dengan menggunakan hubungan diatas :
m2 = 8,73 – (0,45) = 8,53
m3 = 8,91 – 3.(0,45)(8,73) + 2.(0,45)3
= -2,69
m4 = 204,93 – 4(0,45)(8,91) + 6.(0,45)2(8,73) -3(0,45)4
= 199,38
Varians S2 = m 2 = 8,53
objek sosial pedesaan dan pertanian
Objek sosiologi pedesaan yaitu dimana seluruh penduduknya (masyarakatnya) tinggal di pedesaan secara terus menerus tinggal dan menetap disana dan bertani. Contoh : si A tinggal di desa B dan memiliki pertanian dan bertani di desa B.
Objek sosiologi pertanian yaitu dimana seluruh penduduknya (masyarakatnya) yang bertani tanpa memperhatikan tempat tinggalnya. Contoh : si A tinggal di kota B dan memilki pertanian di desa C.
by ipan.....