MENGENAL JURUSAN KESMAS

04 August 2021 13:42:48 Dibaca : 13

Kesehatan masyarakat (public health) didefinisikan sebagai "ilmu dan seni mencegah penyakit", memperpanjang hidup, dan meningkatkan kualitas hidup dengan melakukan upaya-upaya terorganisasi dan memberi pilihan informasi kepada masyarakat, organisasi (publik dan swasta), komunitas, dan individu.Menganalisis determinan kesehatan pada suatu populasi dan ancaman-ancaman yang dihadapinya merupakan hal mendasar dalam kesehatan masyarakat. Kesehatan yang dimaksud di sini mencakup kesejahteraan fisik, psikologis, dan sosial. Sementara itu, masyarakat yang dimaksud dapat berupa segelintir orang ataupun keseluruhan penduduk desa atau kota; dalam kondisi pandemi, masyarakatnya dapat mencakup beberapa benua.

Kesehatan masyarakat merupakan bidang antardisiplin, yang melibatkan ilmu-ilmu seperti epidemiologi, biostatistika, ilmu sosial, dan manajemen pelayanan kesehatan. Subbidang lainnya yang dianggap penting di antaranya kesehatan lingkungan, kesehatan komunitas, kesehatan jiwa, ekonomi kesehatan, kebijakan kesehatan, penyuluhan kesehatan, politik kesehatan, kesehatan dan keselamatan kerja, disabilitas, masalah gender dalam kesehatan, serta kesehatan seksual dan reproduksi.

Kesehatan masyarakat, bersama dengan pelayanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier, merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan suatu negara secara keseluruhan. Kesehatan masyarakat dilaksanakan melalui surveilans penyakit dan indikator kesehatan, serta melalui promosi perilaku hidup sehat. Perilaku umum yang diinisiasi kesehatan masyarakat di antaranya promosi mencucitangan, menyusui, vaksinasi, pencegahan bunuh diri, penghentian merokok, pemahaman tentang obesitas, meningkatkan aksesibilitas kesehatan, dan distribusi kondom untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular seksual.

Ada perbedaan yang signifikan dalam mendapatkan akses layanan kesehatan dan inisiatif untuk melakukan upaya-upaya kesehatan masyarakat antara negara maju dan negara berkembang, serta di antara sesama negara berkembang. Di negara-negara berkembang, infrastruktur kesehatan masyarakatnya masih terbentuk — mungkin tidak tersedia cukup tenaga kesehatan yang terlatih, sumber daya keuangan, atau dalam beberapa kasus, pengetahuan untuk memberikan pelayanan medis dan pencegahan penyakit tingkat dasar. Masalah kesehatan masyarakat yang utama di negara-negara berkembang adalah kesehatan ibu dan anak yang buruk, yang makin diperburuk oleh malnutrisi dan kemiskinan.

Sejak awal peradaban manusia, masyarakat telah mempromosikan kesehatan dan memerangi penyakit di tingkat populasi. Dalam masyarakat pra-industri yang kompleks, intervensi-intervensi yang dirancang untuk mengurangi risiko yang mengancam kesehatan sering kali diinisiasi oleh berbagai pemangku kepentingan, seperti penguasa, jenderal militer, atau pemuka agama. Britania Raya merupakan negara yang memulai pengembangan kesehatan masyarakat sejak abad ke-19, karena Britania Raya merupakan negara urban modern pertama di dunia. Inisiatif kesehatan masyarakat awalnya berfokus pada sanitasi (misalnya sistem pembuangan limbah di Liverpool dan London), pengendalian penyakit menular (misalnya vaksinasi dan karantina), serta pengembangan berbagai ilmu pengetahuan, misalnya statistika, mikrobiologi, epidemiologi, dan ilmu-ilmu teknik.

 

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_masyarakat

PKKMB

04 August 2021 13:31:42 Dibaca : 17

Pengertian 

PKKMB ( Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ) yang pada jaman dulu dikenal dengan nama OSPEK adalah kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang ada di semua kampus perguruang tingi di seluruh indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan sesuai dengan surat edaran kemenristekdikti No.253/B/SE/VIII/2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, yang menjelaskan beberapa hal sebagai berikut:

  • Program PKKMB adalah program institusi bukan program mahasiswa, karen itu PKKMB menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi dengan kepanitiaan melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.
  • PKKMB diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat, penyelenggaraan PKKMB difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental.

 

LANDASAN

  1.  Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi
  3. dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  4. Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam
  6. Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai Bencana Nasional.
  7.  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi
  8. dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9.  Peraturan Menteri Pendidiakan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

 

ASAS PELAKSANAAN

Asas pelaksanaan PKKMB terdiri dari:

  1.  Asas keterbukaan, yaitu semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi/substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelenggaraan kegiatan;
  2. Asas demokratis, yaitu semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut; dan
  3.  Asas humanis, yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan serta anti kekerasan

 

TUJUAN DAN HASIL YANG DIHARAPKAN

Tujuan umum PKKMB adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

TUJUAN KHUSUS:

  1.  Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 (empat) pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika);
  2.  Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi;
  3. Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar;
  4.  Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat;
  5. Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar: Kampus Merdeka;
  6. Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab;
  7. Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile learner)

HASIL YANG DIHARAPKAN:

  1.  Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan;
  2.  Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru;
  3. Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari; dan
  4. Terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

 

PELAKSANAAN

METODE PELAKSANAAN

  1. Penyampaian Materi Dilaksanakan dengan metode daring atau webinar yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing perguruan tinggi.
  2. Bentuk Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah dan metode lain yang disesuaikan dengan kondisi daring serta memanfatkan media kreatif/teknologi informasi yang familiar dengan generasi milenial.
  3. Tempat penyelenggaraan adalah di tempat tinggal masing-masing atau menyesuaikan kondisi masing-masing wilayah.
  4.  Waktu Kegiatan dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 5 (lima) hari, dimulai pada pukul 07.00 dan berakhir maksimal pukul 17.00 atau waktu yang disesuaian dengan karakteristik serta kebutuhan setiap institusi.
  5. Peserta kegiatan pengenalan kampus ini adalah mahasiswa baru atau mahasiswa yang belum pernah mengikuti PKKMB.

ORGANISASI KEPANITIAAN

Kegiatan ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi dengan melibatkan unsur dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi perguruan tinggi. Panitia berada di bawah koordinasi pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dan bertanggung jawab kepada pimpinan perguruan tinggi.

PENDANAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN KEUANGAN

Kegiatan ini didanai oleh perguruan tinggi masing-masing. Pertanggung jawabankeuangan oleh pemimpin perguruan tinggi, dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuanyang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

 

 

 

 

 

http://fmipa.unsoed.ac.id/v3/content/apa-itu-pkkmb-pengenalan-kehidupan-kampus-mahasiswa-baru

https://dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/panduan-umum-pengenalan-kehidupan-kampus-bagi-mahasiswa-baru-pkkmb-tahun-2021/

PROFIL UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

04 August 2021 12:58:55 Dibaca : 14

   

Sejarah Universitas Negeri

GorontaloUniversitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan universitas yang dikembangkan atas dasar perluasan mandat (wider mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo. Keberadaan Universitas Negeri Gorontalo dimulai dari Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo berdasarkan surat keputusan pejabat Rektor UNSULUTTENG Nomor 1313/II/E/63 tanggal 22 Juni 1963, Cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963, IKIP Manado Cabang Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 114 tahun 1965 tanggal 18 Juni 1965, FKIP UNSRAT Manado di Gorontalo berdasarkan Keppres nomor 70 tahun 1982 tanggal 7 September 1982, STKIP Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, IKIP Negeri Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001.

Perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni 2004. Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo yaitu, tanggal 1 September 1963 sebagaimana dinyatakan dalam surat keputusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963. Dalam perjalanannya selama 50 tahun telah mengalami tujuh kali pergantian pimpinan dan enam kali perubahan nama lembaga.

 

 

Arti Logo Universitas Negeri Gorontalo

                           

Keterangan Logo:

  1. Kurva segi lima sama sisi adalah ornamen khas daerah Gorontalo melambangkan lima sila dari dasar negara pancasila yang menjadi azas UNG, serta lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut {Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu}
  2. Kerangka bunga teratai yang telah mekar penuh mengandung harapan UNG akan menghasilkan SDM yang utuh dan berkualitas.
  3. Lingkaran bola dunia melambangkan komitmen untuk mencapai visi, misi dan tujuan UNG, sedangkan warna biru melambangkan keamanan dan perdamaian.
  4. Buku berwarna putih yang terbuka memiliki makna sikap terbuka dan semangat yang tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya.
  5. Pena berbentuk ornamen lima mata melambangkan antara ilmu agama, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya merupakan satu kesatuan yang utuh dalam dunia pendidikan.
  6. Mahkota raja berwarna hitam dengan hiasan kuning emas melambangkan kebudayaan, keteguhan dan kejayaan suatu martabat.23 butir emas melambangkan hari bersejarah masyarakat Gorontalo, di mana tanggal 23 Januari 1942 sebagai hari kemerdekaan masyarakat Gorontalo dan sekaligus tanggal 23 Juni 2004 hari peresmian UNG oleh Presiden RI.
  7. Sayap burung Maleo berwarna jingga melambangkan semangat juang yang tinggi serta gerakan dinamis civitas akademika dalam mengembangkan UNG

 

Fakultas dan Jurusan di UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

Fakultas Ilmu Pendidikan

  • S1 ~ Pend, Guru Pend, Anak Usia Dini (B)
  • S1 ~ Pend, Guru Sekolah Dasar (B)
  • S1 ~ Bimbingan dan Konseling (B)
  • S1 ~ Manajemen Pendidikan (A)
  • S1 ~ Pend, Luar Sekolah (B)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • S1 ~ Pend, Geografi (A)
  • S1 ~ Teknik Geologi (B)
  • S1 ~ Pend, Matematika (B)
  • S1 ~ Matematika (B)
  • S1 ~ Statistika (B)
  • S1 ~ Pendidkan Fisika (A)
  • S1 ~ Fisika (B)
  • S1 ~ Pend, Kimia (A)
  • S1 ~ Kimia (B)
  • S1 ~ Pend, Biologi (A)
  • S1 ~ Biologi (B)

Fakultas Ilmu Sosial

  • S1 ~ Sosiologi (B)
  • S1 ~ Ilmu Komunikasi (B)
  • S1 ~ Pend, Sejarah (B)
  • S1 ~ Pend, Pancasila dan Kewarganegaraan (B)

Fakultas Sastra dan Budaya

  • D3 Pariwisata (A)
  • S1 ~ Pend, Bahasa Indonesia (B)
  • S1 ~ Pend, Bahasa Inggris (B)
  • S1 ~ Pend, Seni Drama, Tari dan Musik (B)

Fakultas Teknik

  • S1 ~ Teknik Elektro (B)
  • S1 ~ Teknik Sipil (B)
  • S1 ~ Teknik Arsitektur (B)
  • S1 ~ Teknik Industri (B)
  • S1 ~ Sistem Informasi (B)
  • S1 ~ Pend, Teknik Kriya (B)

Fakultas Pertanian

  • S1 ~ Ilmu dan Teknologi Pangan (B)
  • S1 ~ Agribisnis (B)
  • S1 ~ Agroteknologi (B)
  • S1 ~ Peternakan (B)

Fakultas Olahraga dan Kesehatan

  • S1 ~ Kesehatan Masyarakat (B)
  • S1 ~ Farmasi (B)
  • S1 ~ Ilmu Keperawatan (B)
  • S1 ~ Pend, Kepelatihan dan Olahraga (B)
  • S1 ~ Pendidkan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (B)

Fakultas Ekonomi

  • D3 Administrasi Perkantoran (B)
  • S1 ~ Manajemen (B)
  • S1 ~ Administrasi Publik (B)
  • S1 ~ Akuntansi (B)
  • S1 ~ Ekonomi Pembangunan (B)
  • S1 ~ Pend, Ekonomi (B)

Fakultas Hukum

  • S1 ~ Ilmu Hukum (B)

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • S1 ~ Manajemen Sumber Daya Perairan (B)
  • S1 ~ Budidaya Perairan (B)
  • S1 ~ Teknologi Hasil Perikanan (A)

Pasca Sarjana

  • S2 ~ Pend, Bahasa Inggris (B)
  • S2 ~ Pend, Kependudukan dan Lingkungan Hidup (B)
  • S2 ~ Pend, Matematika (B)
  • S2 ~ Pend, Dasar (B)
  • S2 ~ Pend, Biologi (B)
  • S2 ~ Pend, Fisika (B)
  • S2 ~ Administrasi Pend, (B)
  • S2 ~ Agribisnis (B)
  • S2 ~ Ilmu Kelautan dan Perikanan (B)
  • S2 ~ Pend, Pancasila dan Kewarganegaraan (B)
  • S2 ~ Teknologi Pend, (B)
  • S2 ~ Pend, Ekonomi (B)
  • S2 ~ Ilmu Administrasi (B)
  • S2 ~ Ilmu Hukum (B)
  • S2 ~ Pend, Luar Sekolah (B)
  • S2 ~ Pend, Bahasa dan Sastra Indonesia (B)
  • S3 ~ Ilmu Administrasi
  • S3 ~ Ilmu Pendidikan
  • S3 ~ Pend, Bahasa
  • S3 ~ Pend, Ilmu Pengetahuan Alam

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong