ARSIP BULANAN : February 2013

"Dorm"

22 February 2013 20:31:26 Dibaca : 142

Assalamu'alaikum wr wbr..

haii readers, apa kabar? long time no see :') the reason why? ok, let me tell the reason hohoho 3:)

well, sudah hampir seminggu saya absen dari dunia perblogan (?) dikarenakan sibuknya saya sebagai mahasiswa yang memiliki tanggung jawab dalam memprtahankan beasiswa saya sebagai mahasiswa terpandai (?) hahahahaha justkid readers :) but, i'm serious about the scholarship ^^

sudah hampir seminggu saya tinggal di asrama mahasiswi berpesrtasi (Re : Rusunawah), dan dikarenakan banyak hal yang tidak meungkinkan saya dalam membuat blog setiap hari seperti yang saya harapkan, maka dengan sangat menyesal maka hari ini tepat didepan pintu masuk asrama dengan keadaan yang memprihantinkan saya berdoa agar kiranya hotspot disini tidak akan membuat saya makin meradang (?)

readers, mungkin dalam 3 bulan kedepan saya belum bisa sering-sering memberikan blog-blog yang bisa bermanfaat bagi kalian readers :)

sekiranya mungkin ini dulu yang bisa saya tulis di blog kali ini, dikarenakan pintu asrama akan segera ditutup dan itu artinya kamipun akan segera digusur (?)

akhir kata Wassalam :)

Rainbow

14 February 2013 23:37:45 Dibaca : 110

Assalamu'alaikum wr.wbr.

 

malam readers apa kabar? semoga selalu sehat dan selalu semangat ya readers :)
well, hari ini saya mau membahas mengenai pelangi. semoga bermanfaat readers ^_^

Pelangi terbentuk karena pembiasan sinar matahari oleh tetesan air yang ada di atmosfir. Ketika sinar matahari melalui tetesan air, cahaya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda, dan warna merah adalah warna yang paling terakhir dibengkokkan, sedangkan ungu adalah yang paling pertama. 

Pelangi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah lengkungan warna spektrum di langit sebagai akibat adanya pembiasan sinar matahari oleh titik hujan atau embun. Semua warna yang dihasilkan oleh pelangi berawal dari cahaya matahari. Matahari itu sendiri memiliki beberapa warna yang disebut polikromatik. Cahaya yang dapat ditangkap jelas oleh mata manusia hanya ada tujuh warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (mejikuhibiniu). Nah ke tujuh cahaya inilah yang di kenal sebagai cahaya tampak.

Pernah ada seseorang yang bertanya, mengapa warna merah letaknya selalu diatas sedangkan ungu letaknya di bawah pada pelangi? Ternyata, ini disebabkan karena cahaya merah pada pelangi adalah spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang paling panjang atau memiliki frekuensi paling rendah ketimbang spektrum cahaya lainnya pada pelangi. Sehingga pada pelangi warna merah selalu berada diatas dan sebaliknya warna ungu selalu di bawah hal ini tidak lain karena panjang gelombang pada cahaya ungu rendah atau memiliki frekuensi paling tinggi.

Keunikan pelangi adalah hanya dapat dilihat sesaat setelah hujan dan disertai cahaya matahari, biasanya terjadi di pagi maupun sore hari saat sudut antara matahari dan bumi masih rendah. Posisi pengamat juga menentukan ternyata, yaitu jika diantara hujan dan sinar matahari, dan sinar matahari berada di belakang si pengamat. Sehingga terjadi garis lurus antara matahari, pengamat, dan busur pelangi. Akibatnya terbentuklah pelangi dari hasil pembiasan dan posisi pengamat tadi.

Sumber :

Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan balai pustaka.

http://www.google.com

 

well bagaimana readers? semoga bermanfaat ya.. sekian, Wassalam :)

Flood

12 February 2013 22:04:25 Dibaca : 68

Assalamu'alaikum wr.wbr

 

Malam readers, apa kabar? semoga semakin baik dan semangat selalu ya readers :)

 

well tonight, berhubung sedang musim hujan dan seperti yang sudah kita ketahui hujan selalu identik dengan kata "banjir" maka saya mau sedikit membahas mengenai banjir.. selamat membaca ^_^

 

Banjir merupakan peristiwa terbenamnya daratan (yang biasanya kering) karena volume air yang meningkat. Banjir dapat terjadi karena peluapan air yang berlebihan di suatu tempat akibat hujan besar, peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai.

Di banyak daerah yang gersang di dunia, tanahnya mempunyai daya serapan air yang buruk, atau jumlah curah hujan melebihi kemampuan tanah untuk menyerap air. Ketika hujan turun, yang kadang terjadi adalah banjir secara tiba-tiba yang diakibatkan terisinya saluran air kering dengan air. Banjir semacam ini disebut banjir bandang.

Penyebab banjir – Diantara beberapa penyebab banjir adalah:

Ilegal Loging (Penebangan hutan liar)
Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.
Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.
Faktor alam penyebab terjadinya banjir adalah:
Badai juga dapat menyebabkan banjir melalui beberapa cara, di antaranya melalui ombak besar yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Selain itu badai juga adanya presipitasi yang dikaitkan dengan peristiwa badai. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah, jadi ketinggian laut dapat naik beberapa meter pada mata guntur. Banjir pesisir seperti ini sering terjadi di Bangladesh.

Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulau gunung berapi yang membentuk kawah (seperti Thera atau Krakatau) dapat memicu terjadinya gelombang besar yang disebut tsunami yang menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai.

well bagaimana pendapat anda mengenai postingan saya hari ini readers? semoga selalu bermanfaat ya readers.. sekian dulu untuk hari ini.

sekian dan wassalam :)

 

Rainy [Part 4]

11 February 2013 20:27:22 Dibaca : 81

Assalamu'alaikum wr wbr.

 

Haii readers, selamat malam! :) well, hari ini saya masih mau membahas mengenai hujan. tapi kali ini saya akan membahas mengenai hujan es..

 

Hujan es atau secara ilmiah disebut Hail adalah fenomena alam yang kebanyakan terjadi saat musim penghujan tiba, dapat terjadi di daerah sub-tropis dan juga tropis atau daerah equator. Peristiwa ini biasanya diawali dengan datangnya awan besar, tebal dan terlihat berlapis-lapis yang disebut dengan awan Comulo Nimbus, berada pada satu daerah minimal selama satu hari.

Adanya awan yang berdiam selama satu-dua hari membuat suhu udara menjadi panas karena sinar matahari yang jatuh ke bumi tidak bisa dipantulkan atau terbawa angin secara keseluruhan. Uap air yang kemudian terbawa keatas menjadi beku karena suhu udara di atas (awan) sangat dingin, yaitu dibawah nol deraajat celcius. Hal itulah yang membuat air membeku menjadi gumpalan atau bahkan bongkahan, dan saat terbawa ke dataran rendah dengan suhu yang lebih hangat, kemudian turunlah hujan es disertai dengan angin dan suhu yang mendadak dingin sebelumnya.

Hujan es seringkali terjadi di Indonesia, karena merupakan daerah tropis dengan suhu yang cukup hangat disertai angin laut yang cukup untuk terjadinya siklus hujan es. Seperti baru-baru ini yang terjadi di Jambi, dengan besaran es sebesar kelereng, atau yang terjadi di Depok dengan besaran es seperti batu kerikil.

Pihak Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa kapan terjadinya hujan es tidak bisa diprediksi kecuali dengan melihat bentuk awannya. Selain itu, hujan es yang disertai angin tidak terlihat dalam satelit dan radar hujan. Jadi kalau cuaca sangat panas dan terik tiba-tiba berganti gelap, kita berhati-hati saja. (dari berbagai sumber/edo)

 

Well, saya rasa cukup sekian dulu blog saya untuk hari ini.

kurangnya mohon dimaklumi, sekian Wassalam :)

Rainy [Part 3]

08 February 2013 23:46:28 Dibaca : 77

Assalamu'alaikum wr wbr..

 

selamat malam readers!! apa kabar malam ini? semoga tetap semangat ya readers :)

 

Well, malam ini saya masih akan membahas mengenai hujan. Yaa berhubung musim hujan telah datang di tempat tinggal saya :) Ok, pada kesepatan kali ini saya akan membahas mengenai hujan asam.

 

Hujan asam ini dapat terbentuk akibat dari proses reaksi gas yang mengandung sulfat. Sulfat dioksida (SO2) yang bereaksi dengan Oksigen (O2) dengan bantuan dari sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.

Proses ini akan menghasilkan sulfat trioksida (SO3) yang menyatu setelah reaksi tersebut, yakni melalui air laut yang naik ke udara dengan tujuan menghasilkan asam sulfida (H2SO4), proses ini kemudian menyatu dengan gas yang terdapat di udaraseperti amonia yang menghasilkan susunan partikel baru yaitu asam sulfat amonia.

Partikel yang tersisa dan mengendap di udara akan membentuk tetesan halus yang dipindahkan oleh angin dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Ketika tempat jatuhnya air hujan sudah tepat, maka tetesan asam belerang (sulfat) dan butiran-butiran sulfat amonia akan terurai di air hujan dan jatuh ke permukaan bumi menjadi hujan asam.

Hujan asam tidak baik untuk lingkungan hidup (ekosistem) dan sangat berbahaya jika digunakan oleh manusia, karena air hujan asam mempunyai rasa yang sangat pahit dan dapat meningkatkan kadar keasaman air.

Nitrogen Oksida (NO) bersama sulfat oksida (SO) merupakan bagian dalam pembentukan hujan asam. Nitrogen oksida akan mengubah oksigen dan sinar ultraviolet menjadi asam nitrogen. Seperti zat yang lainnya, ia akan tersisa di udara bersama hembusan angin serta mendapatkan tempat yang cocok untuk hujan deras, kemudia terurai membentuk hujan asam yang terasa pedas dan menyengat.

 

well, cukup sekian dulu untuk hari ini ya readers.. semoga bermanfaat..

sekian, Wassalam :)

Kategori

Blogroll

  • Masih Kosong