ARSIP BULANAN : September 2012

Tugas 2

21 September 2012 11:02:33 Dibaca : 30

Tipe Data ( DBMS )

1. Tipe data MySQL

 

  • DECIMAL [(M)(D)] : Bilangan floating-point yang "unpacked". Tidak dapat bersifat unsigned. Kata "unpacked" berarti bilangan disimpan sebagai string, menggunakan satu karakter untuk setiap digitnya. Jangkauan nilai dari DECIMAL sama dengan DOUBLE, tetapi juga tergantung dari nilai atribut M dan D yang disertakan. Jika D tidak diisi, akan dianggap 0. Jika M tidak diisi, maka akan dianggap 10.
  • DATE : Sebuah tanggal. MYSQL menampilkan tanggal dalam format 'YYYY-MM-DD'. Jangkauan nilainya adalah '1000-01-01' hingga '9999-12-31'.
  • TINYBLOB dan TINYTEXT : Sebuah BLOB (semacam catatan) atau TEXT dengan lebar maximum 255.
  • ENUM ('value 1', 'value 2',...) : Sebuah enumerasi, yaitu objek string yang hanya dapat memiliki sebuah nilai, dipilih dari daftar nilai. Sebuah enum maksimum dapat memiliki 65535 jenis nilai.
  • SET ('value 1', 'value 2',...) : Sebuah set, yaitu objek string yang dapat memiliki 0 nilai atau lebih, yang harus dipilih dari daftar nilai 'value 1', 'value 2',... Sebuah SET maksimum dapat memiliki 64 anggota.

 


2. Tipe data ORACLE

 

  • NUMBER (precision, scale) : Untuk kolom yang menampung data angka yang memiliki total panjang sebanyak precision dan angka dibelakang koma sebanyak scale. Precision mulai dari 1-38 sedangkan scale mulai dari -84 sampai 127.
  • RAW (size) : Data binner dalam format RAW, size dalam ukuran byte, maksimum size adalah 2000 byte.
  • BFILE : Merupakan reference kepada file binner dari sistem operasi.
  • CHAR (size) : Untuk menyimpan string/karakter dengan panjang tetap, maksimum panjangnya 2000, defaultnya 1 byte dan akan ditempatkan disebelah kanan sampai panjang terpenuhi dengan memakai spasi.
  • ROWID : String berbasis 64 yang merepresentasi alamat unik tiap baris dalam tabel.

 


3. Tipe data Postgresql

 

  • NUMERIK : Jenis numerik dapat menyimpan nomor dengan sampai 1000 digit presisi dan melakukan perhitungan dengan tepat. Hal ini terutama dianjurkan untuk menyimpan sejumlah uang dan jumlah lain di mana ketepatan diperlukan. Namun, aritmatika pada nilai-nilai numerik yang sangat lambat dibandingkan dengan tipe integer, atau ke tipe floating-point yang dijelaskan di bagian selanjutnya.
  • Karakter : SQL mendefinisikan dua jenis karakter utama: karakter yang bervariasi (n) dan karakter (n), dimana n adalah bilangan bulat positif. Kedua jenis dapat menyimpan string hingga karakter n (tidak bytes) panjangnya. Sebuah usaha untuk menyimpan string lagi ke dalam kolom jenis akan menghasilkan kesalahan, kecuali kelebihan karakter semua ruang, dalam hal ini string akan dipotong dengan panjang maksimum. (. Ini kecuali agak aneh diperlukan oleh standar SQL) Jika string untuk disimpan lebih pendek dari panjang menyatakan, nilai-nilai karakter jenis akan ruang-empuk, nilai-nilai yang bervariasi tipe karakter hanya akan menyimpan string pendek.
  • Biner : Sebuah string biner adalah urutan oktet (atau byte). String biner dibedakan dari string karakter dalam dua cara: Pertama, string biner khusus memungkinkan oktet menyimpan nilai nol dan lainnya "non-printable" octets (biasanya, oktet luar kisaran 32-126). Karakter string melarang nol oktet, dan juga melarang setiap nilai oktet lainnya dan urutan nilai oktet yang valid sesuai dengan encoding set yang dipilih dalam database karakter. Kedua, operasi pada string biner memproses byte yang sebenarnya, sedangkan pengolahan string karakter tergantung pada pengaturan lokal. Singkatnya, string biner yang tepat untuk menyimpan data yang programmer berpikir sebagai "byte mentah", sedangkan string karakter yang sesuai untuk menyimpan teks.
  • Waktu (Date/Time) : Tanggal dan waktu input diterima di hampir semua format yang wajar, termasuk ISO 8601, SQL-kompatibel, POSTGRES tradisional, dan lain-lain. Untuk beberapa format, pemesanan hari, bulan, dan tahun di tanggal input adalah ambigu dan ada dukungan untuk menentukan diharapkan memesan bidang ini. Mengatur DateStyle parameter untuk MDY untuk memilih bulan-hari-tahun penafsiran, DMY untuk memilih hari-bulan-tahun penafsiran, atau Ymd untuk memilih tahun-bulan-hari interpretasi.
  • Boolean Type : PostgreSQL menyediakan boolean SQL tipe standar. boolean dapat memiliki salah satu dari hanya dua negara: "true" atau "palsu". Sebuah negara ketiga, "tidak diketahui", diwakili oleh nilai null SQL.

 


4. Tipe Data DB2

 

  • DB2 Everyplace : Versi ini merupakan versi DB2 yang terkecil, berukurang hanya sekitar 350kb. Versi ini dibuat untuk para pengguna handheld seperti PDA, smartphone
  • DB2 Express : Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, Solaris atau Windows.
  • DB2 Express-C : Versi ini merupakan entry level data server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 2 CPU dan memory hingga 4GB dan memiliki sistem operasi Linux, atau Windows. Versi ini dapat digunakan untuk tujuan evaluasi dan dapat digunakan secara gratis.
  • DB2 Personal Edition : Merupakan DBMS untuk single user yang ideal untuk desktop ataupun laptop. Dapat digunakan untuk create, modifikasi dan mengatur banyak database lokal.
  • DB2 Workgroup Server Edition : Versi ini merupakan DBMS untuk multi user, client/ server yang didesign untuk komputer yang memiliki hingga 4 CPU dan memory hingga 16GB dan memiliki sistem operasi Linux, Windows, Solaris, Linux, AIX dll. Memiliki fitur yang sama dengan DB2 Express namun dengan skala yang lebih besar.

 

 

 

Tugas 1

14 September 2012 10:09:38 Dibaca : 38

Data Base adalah :

 

data yang saling berhubungan. hubungan antar data dapat ditunjukkanmelalui adanya kolom kunci dari stiap file yang ada. dari setiap file terdapat record - record yang memiliki jenis yang sama, bentuk yang sama, besar yang sama, yang merupakan kumpulan satu entitas yangt seragam.

DBMS (DataBase Management System) adalah : Software yang menhandle atau menangani seluruh akses pada Data Base untuk melayani user. DBMS khusus di desain untuk melindungi dan memanage Data Base.

Contoh DBMS adalah :

-  Acces (Microsoft Office Acces) :

Microsoft Acces (Microsoft Office Acces) adalah sebuah program aplikasi basisi data komputer relasional untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

-  DB2 :

DB2 adalah keluarga sistem manajemen database reasional (RDBMS) produk dari IBM yang melayani sejumlah sistem operasi yang berbeda platform. menurut IBM, DB2 memimpin pangsa pasar database dan kinerja.

-  Visual Fox Pro :

Visual Fox Pro adalah bahasa pemograman berorientasi objek dan prosedural dari microsoft. awalnya bahasa pemograman ini dikenal dengan nama FoxBASE.

-  MySQL :

921411011 Tinggalkan Komentar...

penampilan sederhana

14 September 2012 09:50:23 Dibaca : 21

meskipun banyak uang. memeiliki segalanya tapi dia sangat ramah dan baik dengan orang dalam segi berpakaiyannya pun terlihat sangat sederhana. dia sangat di sayangi oleh orang-orang yang dekat denganya, dia juga sangat mencintai pekerjaanya, bagi dia mencintai pekerjaan itu di ibaratkan mencintai diri sendiri.