ARSIP BULANAN : September 2012

tugas 2

21 September 2012 21:05:31 Dibaca : 107

 

Type Data pada DBMS ?

My SQL : 5 type MY SQL

1.Decimal (M[,DD] [ZEROFILL]

bilangan floting-poin yang "unpacked". tidak dapat bersifat unsigned. memiliki sifat mirip dengan char. kata "unpacked" berati bilangan disimpan sebagai string, menggunakan satu karakter untuk setiap digitnya. jangkauan nilai dari desimal sama dengan double, tetapi juga tergantung dari nilai atribut M dan D yang disertakan. jika D tidak diisi akan dianggap 0. jika M tidak diisi maka akan dianggap 10.

2.Date

sebuah tanggal. MY SQL menampilkan tanggal dalam format 'YYYY-MM-DD'. jangkauan nilainya adalah '1000-01-01' hingga'9999-12-31'.

3. Datetime

sebuah kombinasi dari waktu (jam) dan tanggal. MySQL menampilkan waktu dan tanggal dalam format 'YYYY-MM-DD HH:MM:SS.' jangkauan nilainya adalah '1000-01-01 00:00:00' hingga '9999-12-31 23:59:59'

4.Char(M) [BINARY]

String yang memiliki lebar tepat. nilai M adalah dari 1 hingga 255 karakter. jika ada sisa, maka sisa tersebut di isi dengan spasi (misalnya nilai M adalah 10, tapi data yang disimpan hanya memiliki 7 karakter, maka 3 karakter sisanya diisi dengan spasi (misalnya nilai M adalah 10, tapi data yang disimpan hanya memiliki 7 krakter, maka 3 krakter sisanya di isi dengan spasi). spasi ini akan di hilangkan apabila data dipanggil. nilai dari char akan disortir dan diperbandingkan secara case-insensitive menurut defaul charakter set yang tersedia, kecuali bila atribut binary disertakan.

5. Tinyblob dan TinyTEXt

sebuah BLOB (semacam catatan) atau TEXT dengan lebar maksimum 255 (2^8-1) karakter.

 

ORACLE : 5 type oracle

1.NCHAR

Tipe data NCHAR adalah tipe data Unicode-only. Bila Anda membuat sebuah tabel dengan kolom NCHAR, Anda akan diminta menentukan panjang kolom dalam karakter. Anda mendefinisikan karakter nasional saat Anda membuat (create) database Anda.

 

2.VARCHAR

Jangan menggunakan tipe data VARCHAR. Gunakan VARCHAR2 sebagai gantinya. Meskipun tipe data VARCHAR saat ini identik dengan VARCHAR2, tipe data VARCHAR dijadwalkan akan didefinisikan ulang sebagai tipe data terpisah yang digunakan untuk string karakter variabel-panjang dibandingkan dengan perbandingan semantik yang berbeda.

3.LONG

Jangan membuat tabel dengan menggunakan kolom LONG. Gunakan kolom LOB (CLOB, NCLOB, BLOB) sebagai gantinya. kolom LONG didukung hanya untuk kompatibilitas. kolom LONG menyimpan string karakter yang mengandung variabel-panjang sampai dengan 2
gigabyte -1 atau 231-1 byte. Kolom LONG memiliki banyak karakteristik kolom VARCHAR2. Anda dapat menggunakan kolom LONG untuk menyimpan string teks panjang. Panjang nilai LONG mungkin dibatasi oleh memori yang tersedia pada komputer Anda.

 

 

 

4.NVARCHAR2

Tipe data NVARCHAR2 adalah tipe data Unicode-only. Bila Anda membuat sebuah tabel dengan kolom NVARCHAR2, anda akan diminta menyertakan jumlah maksimal karakter yang dapat diisikan kedalamnya. Oracle kemudian menyimpan setiap nilai dalam kolom persis seperti yang Anda tentukan itu, asalkan nilai tidak melebihi panjang maksimum kolom.

5.RAW dan LONG RAW

Tipe data RAW dan LONG RAW menyimpan data yang tidak secara eksplisit dikonversi oleh
Oracle Database ketika memindahkan data antara sistem yang berbeda. Tipe data ini
dimaksudkan untuk data biner atau string byte. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan
LONG RAW untuk menyimpan grafik, sound, dokumen, atau array data biner, yang
penafsirannya tergantung pada penggunaan masing-masing.

POSTGRESQL : 5 type postgresql

1.Numeric Jenis

Ketik nama Penyimpanan ukuran Deskripsi Rentang smallint 2 rentang byte kecil tetap presisi -32.768-32.767 bilangan bulat 4 byte pilihan biasa untuk tetap presisi -2147483648 sampai 2147483647 bigint 8 byte berbagai macam tetap presisi -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 desimal variabel yang ditentukan pengguna presisi batas, pasti ada
numerik variabel yang ditentukan pengguna presisi batas, pasti ada nyata 4 byte variabel-presisi, eksak 6 digit desimal presisi presisi ganda 8 byte variabel-presisi, eksak 15 presisi desimal digit
urut 4 byte autoincrementing bulat 1-2147483647
bigserial 8 byte besar autoincrementing bilangan bulat 1-9223372036854775807
Sintaks dari konstanta untuk jenis numerik dijelaskan dalam Bagian 1.1.2. Jenis numerik memiliki set lengkap operator aritmatika dan fungsi yang sesuai.


2. The tipe integer

adalah pilihan yang biasa, karena menawarkan keseimbangan terbaik antara kisaran, ukuran penyimpanan, dan kinerja. Jenis smallint umumnya hanya digunakan jika ruang disk adalah pada premium. Jenis bigint hanya boleh digunakan jika kisaran bilangan bulat tidak cukup, karena yang terakhir ini pasti lebih cepat.

3.Floating-Point Jenis

Tipe data nyata dan presisi ganda yang eksak, variabel-presisi tipe numerik. Dalam prakteknya, jenis ini biasanya implementasi dari IEEE Standard 754 untuk Binary Floating-Point Arithmetic (single dan double presisi, masing-masing), sejauh bahwa prosesor yang mendasari, sistem operasi, dan compiler mendukungnya.

4.Serial Jenis

Jenis data serial bukan tipe yang benar, tetapi hanya sebuah kenyamanan notasi untuk menyiapkan kolom identifier (mirip dengan properti AUTO_INCREMENT didukung oleh beberapa database lain).

5.

DB2 : 5 type DB2

1.tipe data numerik.

yang masing-masing memiliki karakteristik sendiri. Untuk data numerik, menggunakan kolom numerik daripada kolom string. Kolom numerik membutuhkan ruang kurang dari kolom string, dan DB2 memverifikasi bahwa data memiliki tipe yang ditugaskan.
Contoh: Asumsikan bahwa DB2 menghitung berkisar antara dua nomor. Jika nilai memiliki tipe data string, DB2 mengasumsikan bahwa nilai dapat mencakup semua kombinasi karakter alfanumerik. Sebaliknya, jika nilai memiliki tipe data numerik, DB2 dapat menghitung rentang antara dua nilai lebih efisien.

2.String tipe data
DB2 ® mendukung beberapa jenis data string: karakter string, string grafis, dan string biner.
Karakter string berisi teks dan dapat berupa fixed-panjang atau yang bervariasi-panjang. String grafis berisi data grafis, yang juga dapat berupa fixed-panjang atau yang bervariasi-panjang. String biner berisi string byte biner dan bisa berupa fixed-panjang atau yang bervariasi-panjang. Semua jenis data string dapat direpresentasikan sebagai benda besar.


3.XML tipe data
XML tipe data digunakan untuk mendefinisikan kolom dari tabel yang menyimpan nilai-nilai XML. Ini pureXML ® tipe data menyediakan kemampuan untuk menyimpan dokumen XML well-formed dalam database.
Semua data XML disimpan dalam database dalam representasi internal. Karakter data dalam representasi internal dalam skema UTF-8 encoding.

4.
The VARCHAR, VARGRAPHIC, dan VARBINARY tipe data

memiliki batas penyimpanan 32 KB. Namun, aplikasi sering perlu untuk menyimpan dokumen teks besar atau data tambahan jenis seperti audio, video, gambar, gambar, dan kombinasi teks dan grafis. Untuk objek data yang lebih besar dari 32 KB, Anda dapat menggunakan benda besar yang sesuai (LOB) tipe data untuk menyimpan benda-benda.

5. ROWID tipe data


Anda menggunakan tipe data ROWID untuk secara unik mengidentifikasi baris dan permanen dalam subsistem ® DB2. DB2 dapat menghasilkan nilai untuk kolom ketika baris ditambahkan, tergantung pada opsi yang Anda pilih (DIHASILKAN SELALU atau DIHASILKAN OLEH DEFAULT) ketika Anda menentukan kolom. Anda dapat menggunakan kolom ROWID di meja untuk beberapa alasan.


 

 

 

 

Riwayat kehidupan

21 September 2012 09:12:13 Dibaca : 123
[Tanpa Konten]

tugas 1

14 September 2012 10:31:58 Dibaca : 253

Database adalah :

Beberapa definisi tentang Database menurut beberapa ahli :

1. Menurut Gordon C. Everest :
Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.
2. Menurut C.J. Date :
Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
- Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
- Data output adalah data yang dihasilkan sistem
- Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem

database adalah kumpulan informasi yang di simpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

 

DBMS (Database Manajemen System) adalah :perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database mempunyai fasilitas membaut, mengakses, memanipulasi, dan memelihara basis data.

DBMS adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang di rancang untuk mengelolah suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang di minta banyak pengguna.

DBMS merupakan perangkat lunak yang di rancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelolah koleksi data dalm jumlah yang besar.DBMS juga di rancang untuk dapat melakukan manipulasi data secara lebih mudah.

contoh DBMS adalah :

1. MICROSOFT ACCESS
Developer : Microsoft

 

 

Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah program aplikasi dari Microsoft yang ditujukan untuk kalangan rumahan atau perusahaan kecil menengah karena kapasitas datanya sangat terbatas. Microsoft Access menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Access Engine. Untuk instalasinya membutuhkan space di hardisk yang lumayan besar. Engine ini hanya bisa dijalankan di lingkup sistem operasi Windows saja. Untuk keamananya tidak begitu bisa dihandalkan walaupun sudah mengenal konsep relationship.
Kelebihan dan Kekurangan :
• Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien atau server.
• Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL). Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

 

2. MICROSOFT SQL SERVER
Developer : Microsoft
Link :www.microsoft.com/sql
Macam Edisi : SQL Server Compact Edition (SQL CE), SQL Server Express Edition, SQL Server Workgroup Edition, SQL Server Standart Edition, SQL Server Enterprise Edition, SQL Server Developer Edition.

 

 

Microsoft SQL Server adalah program Sistem Manajemen Dasis Data Relasional. Susunan dari Microsoft SQL Server dibagi menjadi tiga komponen. SQL OS yang melakukan layanan utama pada SQL Server, misalnya mengatur aktifitas, pengaturan memori, dan pengaturan Input/Output. Relational Engine yang bekerja sebagai penghubung komponen database, tabel, query, dan perintah tersimpan dan Protocol Layer yang mengatur fungsi-fungsi SQL Server.
Kekurangan :
• Hanya dapat diimpelementasikan pada 1 unit server, jika terdapat tambahan server maka hanya akan berfungsi sebagai pasif / standby server (tidak memiliki kemampuan Technology Cluster Server seperti halnya pada DMBS Oracle).
• Hanya bisa berjalan pada satu platform system operasi yaitu Microsoft Windows.
• Merupakan software berlisensi dan berharga mahal untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
Kelebihan :
• Cocok untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah, dan besar sehingga mampu untuk mengolah data dengan jumlah yang besar.
• Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
• Untuk diterapkan pada pembangunan suatu program aplikasi, akan mudah dalam melakukan koneksi dengan computer client yang pembangunan aplikasinya menggunakan software yang sama platform dengan MS-SQL, misalnya Microsoft Visual Basic.
• Memiliki tingkat pengamanan / security data yang baik.
• Memiliki kemampuan untuk back-up data, rollback data, dan recovery data.
• Memiliki kemampuan untuk membuat database mirroring dan clustering.

 

3. ORACLE
Developer : Oracle Corporation

 

 

Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut:
• Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
• Menangani manajemen space dan basis data yang besar
• Mendukung akses data secara simultan
• Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
• Menjamin ketersediaan yang terkontrol
• Lingkungan yang tereplikasi
Kekurangan:
• Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari.
• Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
• Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk perusahaan kecil maupun menengah.
Kelebihan :
• Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi.
• Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar.
• Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user.
• Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar.
• Memiliki kemampuan Technology Cluster Server, dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server.
• Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
• Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.

 

4. MySQL
Developer : MySQL AB
Versi Terakhir : 5.0.41 (Mei 2007)
Link :www.mysql.com

 

 

My SQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data yang diciptkan untuk dapat dilakukan instalasi secara gratis (open source). Hingga saat ini MySQL telah lebih dari 6 juta instalasi.
Kekurangan :
• Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data.
• Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluster Server.
Kelebihan :
• Free (bebas didownload)
• Stabil dan tangguh
• Fleksibel dengan berbagai pemrograman
• Security yang baik
• Dukungan dari banyak komunitas
• Kemudahan management database
• Mendukung transaksi
• Perkembangan software yang cukup cepat.

 

 

 

aku ingin hidup

14 September 2012 09:51:01 Dibaca : 113

katika itu aku berada dalam ruangan yang begitu terang. ruangantersebut berwarna putih.aku terbaring sambil memandang ke kanan dan kekirisedangkan pakaianku berwarna putih.aku sangan terkejut.kemudian, aku bangun dari tempat tidurkau dengan langka pertama.pikiranku mulai melayang tanpa tujuan. tetapi hanya ada satuhal yang ku rasakan : mungkinkah aku telah jauhdari duniaku??? aku diam............ tapi tiba-tiba aku mendengar suara teriakan di sebelah telinga kiriku. aku terus mendengarnya, ternyata mamaku memanggilku untuk pergi kekampus.