Tugas 1

14 September 2012 13:21:05 Dibaca : 120 Kategori : 921411026 Tugas 1

Database adalah : sekumpulan informasi atau fakta yang saling berhubungan dan berkaitan yang diorganisir dan disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga mampu memenuhi informasi secara optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

DBMS (Database Management System) adalah : sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Database Management System atau Sistem Manajemen Basis Data merupakan suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.

Contoh DBMS seperti :

  • Microsoft Access adalah pengolah data base yang canggih yang biasanya digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah, misalnya digunakan untuk menampung daftar pelanggan maupun pendataan data karyawan.



  • SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. SQL Server banyak digunakan pada dunia bisnis, pendidikan atau juga pemerintahan sebagai solusi database atau penyimpanan data. Berbagai macam skala bisnis mulai yang kecil sampai skala enterprise bisa menggunakan Microsoft SQL Server sebagai database servernya.

SQL Server Comparison Tool 1.3


  • Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.



  • MySQL adalah sebuah perangkat lunak pembuat database yang bersifat terbuka atau open source dan berjalan disemua platform baik Linux ataupun Windows dan juga bersifat network sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (pengguna banyak)

source : http://riyan214.wordpress.com/2011/03/18/contoh-dbms/