ARSIP BULANAN : September 2012

Sekilas Tentang Orang-Orang Hebat :)

22 September 2012 23:35:43 Dibaca : 113

Kenalkan, namaku Nita, seorang gadis yang saat ini sedang menuju fase pendewasaan. Saat ini umurku 19 tahun, dan akan memasuki kepala 2 tahun ini tepatnya 19 Desember nanti. Aku tergolong orang yang hebat. Yah.. hebat, karena aku merupakan hasil pembuahan antara sang sel telur dan sang juara yang dengan hebatnya berhasil mengalahkan ratusan hingga ribuan peserta lainnya yang saling berlomba satu sama lain mendekati putri malu didalam rahim seorang wanita hebat. Aku dilahirkan di Gorontalo, ayahku seorang Guru di salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta yang ada di Gorontalo, dan ibuku merupakan seorang karyawati di salah satu instansi yang ada di Gorontalo. Bangga.. mungkin kata yang pas menggambarkan perasaanku bisa lahir, tumbuh dan dibesarkan di tengah-tengah keluarga kecil ini. Keluargaku terdiri dari 4 anggota, seorang ayah dan ibu tentu saja, dan seorang saudara laki-laki yang lebih dulu hadir dibanding aku sehingga aku sering menyebutnya dengan panggilan kakak. Usiaku dengannya terpaut 5 tahun, namanya Iton lengkapnya Desmiyanto Soga. Soga merupakan nama belakang dari ayahku, dan sudah merupakan tradisi di Gorontalo bagi setiap anak untuk menggunakan nama belakang dari sang ayah. Ayahku juga mendapatkan nama belakang itu dari ayahnya ayahku yang merupakan kakekku, dan mungkin kakekku juga mendapatkan nama belakang itu dari ayahnya, dan begitulah seterusnya. Ayah dan ibuku juga tergolong orang tua yang hebat. Mereka mampu membesarkan aku dan kakakku hingga bisa menjadi orang seperti saat ini. Mereka berhasil mendidik kami menjadi anak-anak yang berpendidikan, mereka mampu memenuhi semua kebutuhan kami, kebutuhan lahiriah maupun kebutuhan batiniah seperti kasih sayang yang tak henti-hentinya diberikan secara cuma-cuma dan sangatlah tulus. Perhatian, pengorbanan, dan suar lelah yang takkan ternilai harganya mampu membuat kami tumbuh menjadi anak-anak yang normal dan alhamdulillah selalu diberikan nikmat kesehatan. Dan itulah yang membuat aku bangga telah hadir ditengah-tengah keluarga kecil ini, aku bangga telah menjadi satu-satunya putri dari kedua orang hebat ini, dan aku bangga menjadi adik kecil dari satu-satunya kakak laki-lakiku tersayang. Terima kasih.. Terima kasih telah diijinkan hadir diantara orang-orang hebat ini, diantara orang-orang yang mampu membesarkan aku dengan ribuan kasih sayang dan sejuta kehangatan.

Terima Kasih Mama Papa Kakak. You are the greatest of all the great :) {}

*Peluk cium dari orang yang telah diberikan segudang kebahagiaan. Nta!*

Tugas 2

21 September 2012 20:57:10 Dibaca : 107

TYPE DATA DARI TIAP DBMS

 

1.    MySQL

  • TINYINT : Ukuran 1 byte. Bilangan  bulat terkecil dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -128 sampai dengan 127 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 255. Bilangan tak bertanda ditandai dengan kata UNSIGNED
  • DATETIME: Ukuran 8 byte. Kombinasi tanggal dan jam dengan jangkauan dari ‘1000-01-01 00:00:00’ sampai dengan ‘9999-12-31 23:59:59'
  • CHAR(M) : Ukuran M byte, 1<=M<=255. Data string dengan panjang yang tetap. CHAR(1) cukup ditulis dengan CHAR.
  • SET(’nilai1’,’nilai2’,..) : Ukuran 1,2,3,4 atau 8 byte tergantung jumlah anggota himpunan maks 64 anggota.
  • SMALLINT : Ukuran 2 byte. Bilangan bulat dengan jangkauan untuk bilangan bertanda -32768 sampai dengan 32767 dan untuk yang tidak bertanda 0 sampai dengan 65535

 2.   Oracle

  • Varchar2(size) : string yang memiliki panjang karakter vaiable dengan panjang maxial sebesar size. Tipe data ini memperbolehkan penyimpanan semua karakter yang dapat dimasukkan melalui keyboad. Maksimum size yang dapat disimpan sebesar 4000 bytes (karakter). Tipe data ini juga memungkinkan untuk mneyimpan data numerik. Biasanya space akan langsung dieliminasi jika menggunakan tipe ini.
  • Char(size): string dengan panjan gkarakter tetap sebesar ukuran size. Tipe data ini mempunyai kemampuan yang hampir sama yakni menyimpan karakter, hanya saja maksimum size yang disimpan hanya sebesar 2000 bytes.
  • Number(p,s) : tipe data number memiliki presisi p dan s digit dibelakan koma jika kita abaikan p dan s berarti dianggap sebagai tipe number floating point. Tipe data ini menyimpan bilangan interger sampai maksimum dari digit integer tersebut. misal untuk spesifikasi (5,2) berarti 3 digit sebelum koma dan 2 digit dibelakang koma.
  • Long : data karakter dengan ukuran panjang bervariasi, hingga mencapai 2 GB.(tipe data seperti ini tidak dapat digunakan sebagai primary key).
  • Timestamp : tipe ini mirip dengan date. Di dalam tipe ini terdapat komponen waktu yang dapat langsung ditampilkan tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu dengan fungsi to_char.

 3.   PostgreSQL

  • NUMERIK : Jenis numerik dapat menyimpan nomor dengan sampai 1000 digit presisi dan melakukan perhitungan dengan tepat. Hal ini terutama dianjurkan untuk menyimpan sejumlah uang dan jumlah lain di mana ketepatan diperlukan. Namun, aritmatika pada nilai-nilai numerik yang sangat lambat dibandingkan dengan tipe integer, atau ke tipe floating-point yang dijelaskan di bagian selanjutnya.
  • Karakter : SQL mendefinisikan dua jenis karakter utama: karakter yang bervariasi (n) dan karakter (n), dimana n adalah bilangan bulat positif. Kedua jenis dapat menyimpan string hingga karakter n (tidak bytes) panjangnya. Sebuah usaha untuk menyimpan string lagi ke dalam kolom jenis akan menghasilkan kesalahan, kecuali kelebihan karakter semua ruang, dalam hal ini string akan dipotong dengan panjang maksimum. (. Ini kecuali agak aneh diperlukan oleh standar SQL) Jika string untuk disimpan lebih pendek dari panjang menyatakan, nilai-nilai karakter jenis akan ruang-empuk, nilai-nilai yang bervariasi tipe karakter hanya akan menyimpan string pendek.
  • Biner : Sebuah string biner adalah urutan oktet (atau byte). String biner dibedakan dari string karakter dalam dua cara: Pertama, string biner khusus memungkinkan oktet menyimpan nilai nol dan lainnya "non-printable" octets (biasanya, oktet luar kisaran 32-126). Karakter string melarang nol oktet, dan juga melarang setiap nilai oktet lainnya dan urutan nilai oktet yang valid sesuai dengan encoding set yang dipilih dalam database karakter. Kedua, operasi pada string biner memproses byte yang sebenarnya, sedangkan pengolahan string karakter tergantung pada pengaturan lokal. Singkatnya, string biner yang tepat untuk menyimpan data yang programmer berpikir sebagai "byte mentah", sedangkan string karakter yang sesuai untuk menyimpan teks.
  • Waktu (Date/Time) : Tanggal dan waktu input diterima di hampir semua format yang wajar, termasuk ISO 8601, SQL-kompatibel, POSTGRES tradisional, dan lain-lain. Untuk beberapa format, pemesanan hari, bulan, dan tahun di tanggal input adalah ambigu dan ada dukungan untuk menentukan diharapkan memesan bidang ini. Mengatur DateStyle parameter untuk MDY untuk memilih bulan-hari-tahun penafsiran, DMY untuk memilih hari-bulan-tahun penafsiran, atau Ymd untuk memilih tahun-bulan-hari interpretasi.
  • Boolean Type: PostgreSQL menyediakan boolean SQL tipe standar. boolean dapat memiliki salah satu dari hanya dua negara: "true" atau "palsu". Sebuah negara ketiga, "tidak diketahui", diwakili oleh nilai null SQL.

4.   DB2

  • Relation : Relationship antara entiti merupakan ekuivalensi dalam database pada sebuah pernyataan. Sebuah pengiriman beberapa “Parts” mensyaratkan bahwa “Supplier” harus terdaftar sebagai “Supplier”. Relationships dalam database akan muncul sebagai relasi “foreign key” antara 2(dua) tabel atau akan muncul sebagai sebuah tabel yang terpisah. Relationships didalam sebuah database menjaberkan aturan hubungan antar entiti yang berelasi. Jika setiap pengiriman “Parts” harus dikirim oleh Supplier yang terdaftar maka dapat kita buat relasi many-to-one antara “Shipments” dan “Supplier”.
  • Attribute : Entiti ekuivalensi dalam database pada sebuah benda/objek. Mewakili objek seperti “Supplier”, “Parts”, dan “Shipment”. Setiap berisi satu beberapa attribute. Attribute merupakan ciri-ciri dari objek yang ingin kita.
  • Domain: Domain merupakan alias dari “built-in data types”, termasuk presisi dan range nilai/value yang dapat kita masukkan. Beberapa domain, misalkan tipe data boolean, merupakan pre-defined data types pada Adaptive Server Anywhere, dimana presisi nilainya 1 dan range nilainya 1(benar) atau 0(Salah), kita juga dapat menambahkan domain sesuai kebutuhan kita.
  • Tuple : Pada relasional database, semua data disimpan dalam tabel-tabel, yang terdiri dari baris dan kolom. Satu baris data/objek memiliki attibute-attibute, satu baris data inilah yang biasa disebut tuple.
  • Cardinality : Cardinality mengindikasikan jumlah instance/row/tuple/record yang berelasi atau berkorespondensi antara entiti yang satu dengan satu entiti yang lain. Ada beberapa nilai yang dapat kita pilih dalam menentukan cardinality suatu relai, antara lain : One-To-One Relatonshpis, dimana relasi antar entiti tabel adalah satu berbanding satu. One-To-Many Relationships, dimana relasi antar entiti adlah satu berbanding banyak.

 

source :

 

http://www.hendrik-perdana.web.id/basis-web/pemrograman-php/141-tipe-tipe-data-yang-didukung-oleh-mysql/

 

http://itfromzerotohero.wordpress.com/2010/12/02/tipe-data-dalam-oracle/

 

http://denysutani.wordpress.com/2008/11/11/pengenalan-db2-9/

 

Tugas 1

14 September 2012 13:21:05 Dibaca : 120

Database adalah : sekumpulan informasi atau fakta yang saling berhubungan dan berkaitan yang diorganisir dan disimpan dalam komputer secara sistematik sehingga mampu memenuhi informasi secara optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

DBMS (Database Management System) adalah : sistem yang secara khusus dibuat untuk memudahkan pemakai dalam mengelola basis data. Database Management System atau Sistem Manajemen Basis Data merupakan suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.

Contoh DBMS seperti :

  • Microsoft Access adalah pengolah data base yang canggih yang biasanya digunakan untuk mengolah berbagai jenis data dengan pengoperasian yang mudah, misalnya digunakan untuk menampung daftar pelanggan maupun pendataan data karyawan.



  • SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. SQL Server banyak digunakan pada dunia bisnis, pendidikan atau juga pemerintahan sebagai solusi database atau penyimpanan data. Berbagai macam skala bisnis mulai yang kecil sampai skala enterprise bisa menggunakan Microsoft SQL Server sebagai database servernya.

SQL Server Comparison Tool 1.3


  • Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.



  • MySQL adalah sebuah perangkat lunak pembuat database yang bersifat terbuka atau open source dan berjalan disemua platform baik Linux ataupun Windows dan juga bersifat network sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (pengguna banyak)

source : http://riyan214.wordpress.com/2011/03/18/contoh-dbms/

Perusahaan dan Industri

14 September 2012 09:50:35 Dibaca : 77

Perusahaan merupakan suatu tepat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Sedangkan Industri dapat didefiniskan sebagai suatu kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi penggunaannya.

  Industri

  Perusahaan